Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciptakan Ruang Belajar Ideal untuk Anak Agar Prestasi Maksimal

Konten [Tampil]

ruang belajar ideal

Ruang belajar ideal untuk anak itu sedikit banyak bisa mempengaruhi prestasi anak. Karenanya, menciptakan hal tersebut di rumah, bisa menjadi salah satu cara untuk anak bisa mencapai prestasi yang maksimal.

Tidak jarang, di zaman para generasi Z sekarang ini, sering banget kita temukan, anak-anak memilih kafe atau semacamnya untuk belajar.

Tidak dipungkiri, kafe atau semacamnya emang sering didisain untuk menghadirkan suasana yang nyaman. Sehingga tidak hanya cocok untuk hang out atau nongkrong, tapi juga nyaman untuk ork from cafe.

Hal ini ternyata meluas dan ditiru oleh banyak pelajar maupun mahasiswa. Kita bisa melihat di beberapa kafe ada orang-orang yang sedang sibuk mengerjakan tugas sekolah, hingga belajar kelompok.

Hal seperti ini bisa menjadi ide, untuk menciptakan kenyamanan ala cafe di rumah. Sehingga anak-anak tidak perlu mencari tempat di luar untuk bisa belajar dengan baik. Di rumahpun, di kamar mereka sendiri, anak-anak bisa menemukan kenyamanan dalam belajar, layaknya di kafe.

Untuk itulah, mengapa menciptakan ruang belajar ideal untuk anak, adalah penting dilakukan.


5 Manfaat Ruang Belajar Ideal untuk Anak

Ada banyak manfaat yang anak rasakan ketika belajar di ruang yang ideal, di antaranya:

ruang belajar ideal untuk anak


1. Agar anak bisa konsentrasi belajar

Kegiatan belajar tentunya membutuhkan konsentrasi tinggi, dan hal itu hanya bisa dilakukan jika berada di ruangan nyaman dan tenang.

Jika ruang belajar anak cukup nyaman dan kondusif, tentunya proses belajar jadi tidak terganggu. Sehingga anak bisa konsentrasi untuk memahami materi pelajarannya. 


2. Untuk meningkatkan gairah dan semangat belajar anak

Ruang belajar ideal untuk anak juga bisa meningkatnya gairah  dan semangat belajar anak. Jika anak sudah bersemangat terhadap belajar, maka akan dengan mudah menyerap semua apa yang dipelajarinya.


3. Agar anak merasa nyaman saat belajar

Kenyamanan itu penting untuk hal apa saja, ketika merasa nyaman, segala hal yang kita lakukan bisa dengan mudah dikerjakan.

Demikian juga dengan proses belajar anak, ketika dia sudah merasa nyaman, dikarenakan suasana ruang belajarnya yang ideal. Maka anak bisa belajar dengan baik dan mencapai prestasi yang maksimal.


4. Agar anak tidak stres dan tegang ketika belajar

Ruang belajar yang ideal juga bisa menekan rasa stres dan tegang pada anak ketika belajar. Kita semua tahu bagaimana otak bekerja keras menyerap apa yang dipelajari pada proses belajar.

Ruangan yang nyaman, tenang dan ideal akan membuat anak tetap relaks, meski otak dipakai untuk menyerap pelajaran.


5. Agar kegiatan belajar anak jadi efektif dan efisien

Manfaat lainnya dari ruang belajar ideal untuk anak adalah agar kegiatan belajar jadi lebih efektif dan efisien. Hal-hal yang anak butuhkan ketika belajar didisain dengan baik, sehingga anak bisa belajar dengan nyaman, tanpa perlu terganggu oleh hal-hal yang diakibatkan ruang belajar yang tidak kondusif.


Webinar Ruang Belajar Ideal untuk Maksimalkan Prestasi Anak Bersama Sinotif

Menyadari betapa pentingnya menciptakan ruangan yang nyaman untuk anak belajar, saya beruntung bisa ikutan Webinar yang diadakan oleh Sinotif

Lembaga bimbingan belajar yang berfokus pada 3 mata pelajaran eksakta ini memang selalu aktif dalam memberikan masukan yang mendukung prestasi anak jadi maksimal.

Hari Sabtu tanggal 13 Januari 2024 kemarin, mereka mengadakan sebuah webinar yang bertema 'Ruang Belajar Ideal untuk Maksimalkan Prestasi Anak'.

ruang belajar ideal maksimalkan prestasi

Menghadirkan seorang arsitek, desainer interior dan juga merupakan seorang founder dari studio desain Creata di Jakarta bernama Valerie Hartanto.

Di webinar ini, Valerie banyak memberikan masukan dan tips penting dalam menciptakan ruang belajar ideal untuk anak. Mulai dari bagaimana sebaiknya mengatur room layout kamar anak. 

Memilih furniture yang tepat, bagaimana memilih dan mengatur pencahayaan di ruang belajar anak, agar mereka bisa belajar dengan nyaman.

Hingga sirkulasi udara, maupun warna ruangan yang nyaman untuk dipakai belajar buat anak. 


Tips penting dalam menciptakan ruang belajar ideal untuk anak ala Valerie Hartanto

Ada beberapa tips penting, yang dibagikan Valerie dalam menciptakan ruang belajar ideal untuk anak, di antaranya:


Mengatur layout ruangan anak.

layout ruangan anak

Pastikan untuk mengatur tata ruang belajar anak dengan memperhatikan kenyamanan dan keleluasaan anak bergerak. 

Tempatkan furnitur di tempat yang tidak mengganggu ruang gerak. Sesuaikan dengan kebutuhan dan karakter anak terhadap ruang belajar tersebut. 


Pemilihan furnitur di ruangan anak 

furnitur di ruangan anak

Pastikan memilih furnitur yang sesuai dengan kebutuhan belajar anak, demikian juga dengan usia dan tinggi badan anak. 

Hal ini penting, khususnya dalam memilih kursi dan meja belajarnya. Pastikan jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi, yang menyebabkan anak tidak nyaman ketika belajar. 

Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa storage untuk menyimpan beberapa perlengkapan belajar anak. Sehingga ketika belajar anak tidak perlu ke sana ke mari menyediakan perlengkapannya, atau terganggu dengan banyaknya perlengkapan yang berserakan di atas meja.


Mengatur pencahayaan

pencahayaan ruang belajar anak

Lighting
atau pencahayaan sangat penting dalam belajar anak, karenanya pastikan untuk memilih lampu yang nyaman untuk belajar, demikian juga pengaturan cahaya alami di siang hari. 

Akan lebih nyaman jika pencahayaan ruangan berasal dari beberapa sumber, misal: cahaya alami, lampu di plafon, lampu di meja belajar dan juga lampu furnitur. 

Jangan lupa untuk memilih jenis lampu yang nyaman di mata ya, misal yang warnanya white atau natural.


Sirkulasi udara

udara ruang belajar anak

Ruangan belajar anak akan lebih nyaman jika sirkulasi udaranya baik, sehingga anak selalu merasa sejuk. Sumber udara ini bisa dari angin luar ataupun dari AC. 

Pastikan mendisain jendela ruangan dengan baik agar udara bisa bebas keluar masuk. Demikian juga untuk peletakan AC, pastikan tidak berada di posisi yang mengganggu anak belajar. 


Pemilihan warna ruangan anak

Untuk memilih warna ruang belajar anak, sebaiknya cari warna dengan karakter warm colour. Hal ini berguna untuk kenyamanan anak dalam belajar.

Warna-warna yang ceria untuk ruangan anak memang bagus, tapi kurang nyaman jika dipakai sebagai ruang belajar. Alasannya, warna cerah terlalu mencolok dan membuat anak kehilangan konsentrasi ketika belajar.

Selain itu, perhatikan juga penempatan warna pada ruangan. Akan lebih baik jika warna yang ada jangan terlalu polos, namun juga tidak terlalu mencolok.


Bermanfaat banget kan ya tips dari Valerie ini, jadi punya bayangan mau disain ruang belajar anak seperti apa, biar anak-anak bisa lebih nyaman dan konsentrasi ketika belajar.

Oh ya, btw karya-karya dari Valerie Hartanto ini bisa parents intip di IGnya @iamcreata atau website iamcreata.com. 


Tentang Sinotif

Tips-tips berharga tentang bagaimana cara menciptakan ruang belajar ideal untuk anak di atas, tidak akan saya dapatkan tanpa andil SinotifParents pasti masih ingat kan, tulisan terdahulu saya tentang bimbingan belajar online ini?.

SINOTIF adalah bimbel tatap muka virtual, live & interaktif, dan saat ini berfokus pada 3 pelajaran yaitu Matematika, Fisika, Kimia. Lembaga ini tentunya sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun, sejak awal berdiri di tanggal 25 Maret 2000. 

Keunggulan SINOTIF adalah, mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya:

  • SPECIALIZED, didukung guru-guru yang ahli di bidangnya. Semua siswa dibimbing oleh tiga guru spesialis di bidangnya yang ahli dan bersertifikasi khusus.
  • PERSONALIZED, karena lebih fokus pada kebutuhan siswanya, dan selalu memastikan semua siswa didiknya mendapatkan kebutuhan belajar yang nyaman dan sesuai kebutuhannya.
  • SYSTEMIZED, yaitu dapat membuat kegiatan belajar jadi mudah dan efektif, karena siswa  mendapatkan modul soal yang sistematis, dengan kombinasi gaya belajar linear dan global untuk memudahkan pemahaman konsepnya.
  • LIMITLESS, dengan layanan 24 jam nonstop, yang hadir dengan akses website e-learning untuk belajar mandiri dan tanya soal secara instan dengan aplikasi Tanya Jawab Soal, kapan pun, di mana pun.

Ada beberapa paket SINOTIF premier yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan siswa dalam mengikuti bimbel, yaitu:

  • Paket Sinotif Premier Diamond, di mana 1 guru hanya mengajar 1 siswa saja, jadi lebih fokus.
  • Paket Sinotif Premier Platinum, di mana 1 guru untuk 3-5 siswa yang belajar secara privat, sehingga guru bisa memberikan materi yang khusus dan sesuai dengan kebutuhan siswa
  • Paket Sinotif Premier Gold, yang mana merupakan paket hemat dengan 1 guru bisa mengajar 1 tingkatan kelas yang berisi 6-15 siswa.
  • Paket Sinotif Premier Silver, merupakan program belajar dengan fasilitas 24 jam. 

Keterangan lengkap bisa dilihat pada websitenya https://sinotif.com/


Kesimpulan dan Penutup

Semua parents pastinya ingin agar anaknya bisa mencapai prestasi yang maksimal dalam pelajarannya. Untuk itu, tentunya wajib didukung oleh beberapa faktor.

Misal, adanya ruang belajar ideal untuk anak, agar proses belajar anak jadi lebih nyaman, bersemangat dan dapat berkonsentrasi penuh.

Faktor lainnya adalah faktor pendukung belajar seperti SINOTIF, yang merupakan lembaga bimbingan belajar yang fokus di 3 pelajaran utama, matematika, fisika dan kimia.


Surabaya, 14 Januari 2024

Sumber: materi webinar 'Ruang Belajar Ideal untuk Maksimalkan Prestasi Anak' Bersama Sinotif

Gambar: Canva edit by Rey dan webinar Sinotif

20 comments for "Ciptakan Ruang Belajar Ideal untuk Anak Agar Prestasi Maksimal"

  1. Terlebih untuk anak-anak, kondisi ruang belajar berpengaruh besar sama semangat dia belajar. Kita aja yang udah gede suka bergantung pada suasana ya, hehee
    Nama Sinotif semakin sering terdengar. Identik dengan sudah kredibel, bisa dipercaya dan terbukti kualitasnya.
    Kalo untuk bimbingan, Insyaallah percayakan pada Sinotif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, banyak yang milih working from cafe :D
      Karena nyaman.
      Anak-anak juga butuh kenyamanan ketika belajar

      Delete
  2. Pencahayaan itu aspek yang penting banget. Kalau beruntung dan bisa punya kursi belajar khusus, makin enak lagi sebab biasanya kalau kelamaan belajar itu yang "dimakan" duluan bagian punggung.

    Dari tulisan ini baru tahu soal Sinotif. Takjub juga dengan layanan 24 jam non stop berupa materi e-learningnya. Seneng siswa sekarang banyak alternatif belajar jadinya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrrr, kita yang ortu aja sering sakit punggung kalau kelamaan kerja duduk ya. penting memilih furnitur yang nyaman untuk anak.

      Sinotif emang ahlinya membantu ortu untuk mengajari anak-anak dengan baik

      Delete
  3. Setuju. Salah satu yang menjadi penyemangat anak belajar adalah kenyamanan tempatnya. Ruang belajar yang lengkap dan fungsinya baik pasti bikin anak lebih fokus ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Teh, anak-anak jadi nyaman, belajarnya pun semangat

      Delete
  4. Bagus-bagus banget karya Valerie Hartanto ini, jadi kepoin IG nya.
    Ruang belajar yang nyaman memang membuat anak semangat untuk belajar.
    Eh tapi kalau saya sendiri, nggak bisa tuh belajar/ngerjain tugas di kafe. Malah terdisktraksi dengan lingkungannya. Buat orang kayak saya, emang membawa suasana ala kafe ke rumah adalah solusinya. Ruangan nyaman, tapi minim gangguan

    ReplyDelete
  5. kita yang dewasa aja, pengennya kan ruang kerja yang nyaman biar bekerja makin semangat. Apalagi buat anak-anak ya, pastinya demikian juga kalau ruang belajarnya nyaman maka bakal mendukung semangatnya belajar

    ReplyDelete
  6. Sebaiknya begitu. Dua anakku punya tempat belajar yang nyaman tapi mereka lebih suka belajar di tempat tidur sampai dewasa . Kata mereka nyaman di tempat tidur. Akhirnya setelah mereka merantay ke luar kota , semuameja belajarnya aku kasuhkan orang

    ReplyDelete
  7. Saya sempat merasakan manfaatnya privacy, kamar tidur pribadi dan area belajar yang kondusif serta menyenangkan bagi anak. Satu hal yang saya praktekkan mulai anak-anak saya menginjak kelas 5 SD. Dengan kamar dan tempat belajar yang mereka inginkan, alhamdulillah mereka jadi semangat belajar. Setidaknya dengan belajar di kamar sendiri, gangguan dari luar minim dan mereka bisa belajar sesuai dengan cara mereka sendiri.

    ReplyDelete
  8. Kalau ruang belajar rapi dan tertata, anak jadi lebih semangat belajar ya mbak. Para emak juga makin semangat donk dalam menata ruangan belajar sesuai selera anak

    ReplyDelete
  9. Setuju banget sih, agar anak merasa nyaman belajar saat dirumah perlu banget untuk membuat ruang belajar yang nyaman sehingga bisa membuat anak dapat berkonsentrasi dengan baik.

    Anak akan kesulitan belajar dirumah kalau tempatnya ga kondusif dan ga nyaman lalu lebih memilih belajar di luar, seperti ke kafe.

    ReplyDelete
  10. Hampir sama dengan pekerja, kalau ruangan kerjanya nyaman, maka akan meningkatkan semangat kerja juga. Anak-anak pun begitu, ya. Dengan ruangan yang nyaman, semangat belajar akan meningkat diiringi nilai-nilai pelajaran juga.

    ReplyDelete
  11. cahaya yang pas saat belajar pasti ngebantu banget belajar yg nyaman bagi anak. Aktifitas seperti membaca dan perhatian butuh ruang yang pas dan leluasa. Hal ini penting agar anak tidak terganggu saat beraktifitas dan belajar ya kak

    ReplyDelete
  12. keren banget Sinotif
    Enggak hanya nyediain layanan bimbingan belajar dengan pendekatan yang berbeda
    Juga ngadain webinar bareng para ortu
    Karena emang ngaruh banget ruang belajar yang nyaman buat anak-anak
    Agar mereka punya ruang privasi dan bisa fokus mengatur jadwal belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, jadi pengen bikinin anak-anak tempat belajar yang nyaman, kasian kalau mereka belajarnya di sembarang tempat

      Delete
  13. Ngefek banget sih.. anak rajin belajar karena memiliki ruang belajar yang nyaman dan menyenangkan. Aku dulu seneng banget pas diijinkan dekor sendiri kamar serta memilh interiornya. Setelah itu, kaya punya kesadaran sendiri buat belajar, gak hanya mengerjakan PR, hihi.. Sinotif pasti bisa menjadi salah satu lembaga pendidikan online yang membantu anak-anak memahami pelajaran di sekolah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, kalau dekor sendiri juga lebih asyik ya, apalagi kalau bisa pilih interiornya sendiri

      Delete
  14. Ruang belajar anak yang nyaman pasti sangat berpengaruh supaya anak bisa berkonsentrasi dengan baik saat belajar. Mulai pemilihan warna sampai pencahayaan yang baik sangat diperlukan ya mba.

    ReplyDelete