Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bimbel Online Matematika untuk Persiapan Ulangan Harian Anak

Konten [Tampil]

bimbel-online-matematika

Bimbel online matematika menjadi sebuah solusi terbaik buat si Kakak dalam mempersiapkan menghadapi ulangan harian perdana di sekolahnya.

Seperti yang saya ceritakan di tulisan terdahulu saya, di mana si Kakak memang punya masalah di pelajaran matematika sejak SD.


Di mana, dia memang lumayan bisa dalam pelajaran matematika, sayangnya dia kurang suka, sehingga jadi kurang mandiri dalam mempelajari matematika. 

Parahnya lagi, karena dia nggak suka, jadinya, dia maunya belajar matematika cuman dibaca saja, malas berlatih. Padahal kan, gimana caranya bisa mengerti pelajaran yang penuh dengan angka tersebut, jika hanya dengan membaca rumus dan soal latihannya?.

Baca di sini : Bimbel Online Interaktif Bikin Belajar Bersama Anak Jadi Menyenangkan


Deg-Degan Mempersiapkan Ulangan Harian Matematika Kakak Darrell

Karena kurangnya kemandirian si Kakak Darrell untuk memahami pelajaran matematika. Tentunya bikin saya sebagai ibu, jadi deg-degan menanti ulangan harian perdana di sekolahnya, khususnya untuk mata pelajaran matematika.

bimbel-online-matematika
Sementara waktunya sudah semakin dekat, mengingat anak-anak sudah masuk di minggu ke-4 bersekolah.

Ulangan harian, biasanya diberikan oleh guru secara periodik, untuk mengevaluasi seberapa mengerti para siswa terhadap pelajaran yang diberikan.

Meskipun sifatnya hanya sebagai tes harian biasa, tapi nilai pencapaian ini juga mempengaruhi nilai keseluruhan anak nantinya.

Dan lupakan sejenak tentang nilai deh. Ulangan harian bagi para siswa justru sangat bermanfaat, salah satunya untuk membantu memudahkan siswa dalam memahami pelajaran yang diberikan. Sehingga lebih mudah memahami pelajaran lanjutannya.

Dengan kata lain, jika tahapan pelajaran dasar di kelas 7 seperti si Kakak Darrell misalnya, kurang bisa dipahami. Maka semakin memasuki pelajaran lanjutan, maka semakin sulit juga siswa memahami pelajaran tersebut.

Terlebih untuk pelajaran eksakta seperti matematika dan fisika, di mana ketika awal semester seperti sekarang, para siswa tentunya akan mulai belajar dasar-dasar yang nantinya menunjang pelajaran tersebut selanjutnya.

Sebegitu pentingnya ulangan harian perdana, khususnya untuk mata pelajaran matematika bagi kakak Darrell, sehingga wajarlah jika saya sebagai parents jadi was-was menantinya.

Dan untuk itu, saya mencari cara yang tepat, agar kakak Darrell bisa lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi ulangan harian perdana, khususnya matematika dan fisika.

Baca juga : Anak Tidak Suka Matematika, Begini Cara Saya Mengatasinya


Memilih Bimbel Online Matematika untuk Persiapan Ulangan Harian Kakak Darrell

Sebenarnya, masalah utama si Kakak jadi kurang memahami pelajaran matematika adalah, karena dia nggak suka pelajaran tersebut.

bimbel-online-matematika

Penyebabnya sih jujur saya nggak tahu pasti.

Entah karena sejak kecil udah mulai ikut les matematika dengan PR yang tanpa putus setiap harinya. Atau mungkin karena menurun dari sikap maminya, yang juga kurang suka pelajaran matematika.

Meskipun demikian, si Kakak tetap mau kok belajar dan latihan soal matematika. Masalahnya adalah, dia nggak bisa mandiri akan hal itu, selalu menunggu untuk belajar ditemanin maminya.

Padahal kan ye, selain saya adalah single fighter mom pejuang LDM dengan 2 anak yang sama-sama bergantung pada saya seutuhnya. Pun juga saya seorang mom blogger, yang punya kesibukan yang nggak bisa dipandang remeh juga.

Ditambah lagi, saya kurang menyukai pelajaran matematika, dan saya udah lupa dong pelajaran hitung-hitungan penuh angka tersebut, saking udah belasan tahun lulus kuliah, hehehe.

Jalan lainnya adalah dengan menawarkan si Kakak ikut bimbingan belajar, dan untuk lebih praktis secara waktu dan tenaga, memilih bimbingan online matematika adalah yang terbaik.

Jika si Kakak Darrell berada di tangan guru les atau bimbingan belajar yang terbaik, insya Allah secara perlahan bukan hanya membuatnya jadi lebih mengerti pelajaran matematika. Tapi juga bisa membuatnya jadi suka sehingga lebih mudah mandiri dalam mengerjakan soal-soal pelajaran tersebut. 

Dan karenanya memilih bimbel online matematika terbaik adalah hal penting, seperti Sinotif

Baca juga : Hal-Hal yang Menyenangkan Ibu Saat Anak Belajar Online


Pengalaman Wawancara Informasi Bimbel Online Matematika Sinotif

Di tulisan sebelumnya, saya sudah menjelaskan bagaimana kelebihan bimbel Sinotif. Dan karenanya, kemarin saya langsung menghubungi pihak Sinotif, untuk mencari tahu tentang detail bimbel online matematika yang mereka adakan.

Lucky me, ternyata pihak Sinotif sangat welcoming. Saya bahkan diberi waktu hingga sejam untuk bisa melakukan wawancara atau tanya jawab tentang detail bimbel online yang mereka berikan melalui Zoom Meeting.

bimbel-online-matematika

Dilayani oleh seorang CS yang cantik, Andin Zulvita, berikut saya rangkum beberapa informasi yang saya dapatkan ketika wawancara tersebut:

  • Sinotif merupakan bimbingan belajar spesialis eksakta, yang khusus di bidang matematika, fisika dan Kimia.
  • Telah berdiri selama 20 tahun dan memberikan bimbingan belajar kepada siswa mulai tingkat SD, SMP hingga SMA.
  • Didirikan pada tahun 2000 oleh founder Hindra Gunawan dan co founder Anthonyus Kuswanto, ketika sedang berkuliah di Jogja.
  • Sinotif hadir untuk membantu orang tua bebas stres, sehingga ortu punya waktu untuk me time maupun berprestasi di karir atau pekerjaan.
  • Sinotif hadir untuk menjadi partner anak untuk bebas dari kesulitan belajar dalam hitung-hitungan, sehingga anak menjadi berprestasi dan lebih bahagia.
  • Kurikulum yang dipakai Sinotif, dapat menyesuaikan dengan sekolah anak, mulai dari kurikulum nasional (kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka), nasional+ hingga kurikulum internasional.
  • Terdapat gedung fisik untuk para guru yang mengajar secara online yang berada di Gading Serpong, Sunter, Harapan Indah dan Kemang Pratama.


Permasalahan Kakak Darrell dan Solusi dari Sinotif

Setelah memberikan informasi umum tentang Sinotif, maka Kak Andin mulai menanyakan masalah atau kebutuhan kakak Darrell, akan bimbel yang bisa diberikan oleh Sinotif.

bimbel-online-matematika

Sebelumnya saya sudah memberitahukan data si Kakak, di mana dia berada di kelas 7 sebuah sekolah swasta di Surabaya, dan juga kurikulum yang dipakai sekolahnya.

Hal ini penting, agar pihak Sinotif bisa menyesuaikan pembelajaran dengan kurikulum yang dipakai di sekolah anak, sehingga bimbelnya nyambung.

Untuk level SMP, anak-anak memang baru belajar 2 pelajaran penting mengenai angka-angka, yaitu matematika dan fisika, yang mana kedua pelajaran tersebut bisa diberikan oleh Sinotif.

Selanjutnya, Kak Andin bertanya tentang kebutuhan kakak Darrell akan bimbel, di mana untuk ini mereka membutuhkan permasalahan yang dihadapi anak, sehingga mereka bisa fokus memberikan hal-hal yang sesuai dengan kebutuhan anak didik.

Untuk ini, saya ceritakan masalah ketidak sukaan dan ketidak mandirian kakak Darrell terhadap pelajaran matematika di SD. Dan saya berharap, si Kakak bisa menyukai pelajaran tersebut dengan mandiri, karena saya sadar, suka atau tidak suka, toh pelajaran ini akan selalu muncul di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Setelah mengetahui masalah dan kebutuhan calon anak didiknya, berikutnya dijelaskanlah mengenai metode dan program pembelajaran yang bisa mereka berikan.

Baca juga : Sekolah untuk Mencerdaskan Semua Anak 


Program pembelajaran bimbel online matematika dari Sinotif 

Untuk mensukseskan pembelajaran siswa, Sinotif telah menyiapkan sebuah tim yang memantau perkembangan belajar anak.

bimbel-online-matematika

Ada kepala unit yang bertugas, bertanggung jawab memantau perkembangan belajar siswa, serta menerima aspirasi dari ortu siswa.

Ada customer care yang bertugas memberikan reminder kepada siswa akan waktu bimbelnya, sehingga ortu tidak perlu khawatir anak terlewatkan waktu bimbelnya. Biasanya tim ini akan segera mengirimkan chat kepada siswa maupun ortu siswa sebelum jam masuk bimbelnya.

Bukan hanya itu, tim ini juga akan selalu memberikan laporan ketika anak sudah masuk zoom meeting, biasanya tim akan mengirimkan chat ke ortu siswa berisi screenshoot layar zoom meeting, sehingga ortu tahu anak masuk atau tidak ketika waktu bimbel-nya.

Selain itu, ada pula guru-guru Sinotif yang telah berpengalaman dan fokus dalam mengajar. Karena guru-gurunya hanya mengajar di Sinotif saja, sehingga metode dan pengetahuan mereka tidak terkontaminasi dengan metode lainnya di luar Sinotif.

Ada pula Team Academic Development yang bertugas untuk meriset dan update tentang kurikulum-kurikulum sekolah yang ada, sehingga Sinotif bisa menyamakan pembelajarannya dengan kurikulum yang dipakai di semua sekolah.    


Metode pembelajaran bimbel online matematika dari Sinotif 

Sesuai dengan tagline-nya, yaitu bimbel #OnlineRasaTatapMuka, demikianlah metode belajar yang diberikan adalah pembelajaran interaktif dua arah, dengan menggunakan platform zoom meeting

Jadi, bimbelnya berbentuk kelas online, ada guru dan beberapa siswa (tergantung dari paket yang diambil) yang belajar bareng via zoom meeting.

Bukan hanya interaksi dua arah melalui zoom, para siswa juga bisa lebih fun dan paham akan pengajaran guru meski lewat online, karena benar-benar seolah merasakan belajar tatap muka.

Di mana, dalam pembelajaran online tersebut, terdapat papan tulis digital yang berwarna warni. Dan siswa bisa melihat secara langsung coretan guru ketika menjelaskan pelajaran tersebut.

Selain itu, setiap siswa terhubung dengan gurunya melalui one note sharing. Disarankan agar setiap siswa menggunakan 2 device ketika mengikuti bimbel, yaitu laptop untuk zoom meeting, dan tablet untuk membuka one note sharing, sehingga siswa bisa langsung menjawab soal-soal yang ada, dan gurunya bisa langsung juga mengkoreksi jika ada yang masih salah.


Paket Program Sinotif 

Ada beberapa paket yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan siswa dalam mengikuti bimbel, yaitu:

  • Paket Sinotif Premier Diamond, di mana 1 guru hanya mengajar 1 siswa saja, jadi lebih fokus.
  • Paket Sinotif Premier Platinum, di mana 1 guru untuk 3-5 siswa yang belajar secara privat, sehingga guru bisa memberikan materi yang khusus dan sesuai dengan kebutuhan siswa
  • Paket Sinotif Premier Gold, yang mana merupakan paket hemat dengan 1 guru bisa mengajar 1 tingkatan kelas yang berisi 6-15 siswa.
  • Paket Sinotif Premier Silver, merupakan program belajar dengan fasilitas 24 jam. 

Kesemua paket tersebut memberikan fasilitas kepada siswanya berupa:

  • Perencanaan belajar siswa.
  • Laporan belajar harian siswa.
  • SMOL TOK atau diskusi ringan untuk memastikan kenyamanan belajar siswa.
  • Review evaluasi perkembangan hasil belajar siswa.

Baca juga : Tugas Sekolah Anak Zaman Now 


Kesimpulan dan Penutup

Menyambut waktunya ulangan harian di kelas 7 Kakak Darrell, sukses membuat saya deg-degan, khususnya untuk mata pelajaran matematika. Karena si Kakak emang agak kurang menyukai pelajaran tersebut ketika SD.

Karenanya, saya menawarkan agar ikutan bimbel online matematika dari Sinotif. Karena si kakak setuju, saya akhirnya mencari tahu tentang detail bimbel online ini.

Dan lucky me, Kak Andin dari Sinotif bahkan memberikan saya waktu sejam untuk menanyakan permasalahan serta kebutuhan kakak Darrell akan bimbel online matematika untuk persiapan ulangan hariannya. Juga menjelaskan secara detail tentang apa itu Sinotif, visi misinya, program pembelajarannya, metode pembelajarannya, serta paket-paket yang bisa diambil untuk kebutuhan anak terhadap bimbel online matematika.  


Surabaya, 07 Agutus 2023

Sumber: Pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey dan dokpri

Demikian artikel tentang pengalaman memilih bimbel online matematika untuk persiapan ulangan harian Kakak Darrell, semoga bermanfaat.

5 comments for "Bimbel Online Matematika untuk Persiapan Ulangan Harian Anak"

  1. Senangnya udah nemu cara belajar matematika yang sesuai. Semoga Darrell makin semangat belajar, ya

    ReplyDelete
  2. Tanggung jawab dan kesibuan mendidik anak semakin berat ya, ananda Rey. Karena si kakak udah SMP.

    ReplyDelete
  3. Kebalikan dari aku. Dari SD aku paling suka matematika, dan diturun dong sama anak2. Alhamdulillah.
    Tapi tetep aja manggil guru privat. Sinonim seru ya... Bisa custom gitu les nya. Kereeen

    ReplyDelete
  4. Pilihan paket belajar di Sinotif ini sangat membantu buat anak-anak yang mau belajar semisal ingin solo karir aja, atau ada temennya tapi gak rame ya. Dengan begitu bisa lebih konsentrasi lagi belajarnya

    ReplyDelete
  5. Senangnya bisa bimbel online bareng sinotif ya?
    Karena fokus pada matematika, fisika dan kimia
    Sehingga hasilnyapun bagus

    ReplyDelete