Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Parents Day di Sekolah TK Adik Dayyan dan Ide Pembelajarannya

Konten [Tampil]

manfaat parents day

Parents day atau hari orang tua, merupakan kegiatan di mana parents diberikan waktu sehari menjadi guru di sekolah anaknya. Dan hal ini sungguh merupakan sebuah brand new experience sekaligus hal menegangkan buat saya.

Jadi, selama semester 1 tahun lalu, saya kebagian 2 kali mengikuti acara tersebut di sekolah TK Adik Dayyan.

Dan jujur, bahkan sejak diumumkan tentang hal tersebut, saya jadi nggak tenang karena bingung, mau kasih pembelajaran apa pas jadwal tugas saya?.

You know lah ya, saya adalah mamak-mamak yang sangat kurang kreatifitasnya di bidang pengajaran anak-anak. Biasanya saya bergantung sepenuhnya pada bahan ajaran yang berupa buku dan harus dibeli.

Salah satunya kayak materi kegiatan edukasi anak MFOYAB.


Cerita Serunya Kegiatan Parents Day di Sekolah Adik Dayyan

Jadi, di bulan November dan Desember tahun lalu, saya mengikuti kegiatan di sekolah si Adik (lagi). Namanya parents day.

Ketika membaca pengumuman kegiatan tersebut, pusing banget dong, secara saya tuh paling malas sebenarnya ikut kegiatan kayak gitu.

Tapi, demi anak kan ye, jadinya dilawan kemalasannya, dan jadinya saya berhasil ikut 2 kali jadwal acara tersebut.

Kegiatan pertama di adakan di bulan November, jujur saya panik banget. Selain nggak kreatif kalau masalah mengajari anak-anak TK, saya juga nggak biasa ngomong depan orang banyak.

Even ngomong di depan bocah-bocah ya.

Syukurlah, di kelompok saya, parents-nya aktif-aktif semua, jadinya si MamiRey jadi malu sendiri karena paling nggak aktif, hahaha. 

Ketika itu kami memilih tema bahasa Inggris, dan lucky me karena memang harus ada dokumentasi buat kegiatan tersebut, jadilah saya sergep jadi tukang dokumentasi aja.

Jadi, masing-masing punya andil, ada yang bawa bahan pembelajaran seperti flash card, bahan buat mewarnai, ada pula yang nyumbang konsumsi.

Kalau si MamiRey, cukup bermodal tripod aja dari rumah, kan pas banget ya sebagai konten blog kreator, *eh.

Alhamdulillah acaranya berlangsung dengan lancar, anak-anak happy karena dikasih kesempatan mewarnai benda berbentuk hewan. Apalagi setelahnya dikasih snack dan makanan kan ye.

Kali kedua kelompok saya bertugas jadi pengajar, pas banget bertepatan dengan hari ibu. Jadi para moms lainnya mengusulkan materi pembelajarannya adalah membuat prakarya saja.

Selanjutnya kami bagi tugas, siapa yang bawa bahannya, siapa yang bawa konsumsi, dan si MamiRey, lagi-lagi kebagian jadi tukang dokumentasi.

Nggak apa-apa sih, malah happy karena udah terbiasa juga kan saya sering ambil dokumentasi ketika event blogger.

Di hari kedua tersebut, Alhamdulillah lagi-lagi berjalan lancar. Anak-anak tetap happy dengan instruksi membuat sebuah kartu ucapan hari ibu untuk diberikan ke ibunya masing-masing.

kartu ucapan hari ibu

Bahkan di kali kedua tersebut, anak-anak lebih aktif. Beberapa anak malah gagal fokus ketika saya coba merekam kegiatan mereka. Bukannya fokus ke bikin prakarya kartu ucapannya, malah sibuk ngevlog seolah saya adalah camerawoman-nya, hahaha.

"Hai gaes, aku lagi bikin kartu ucapan buat ibukku!"

Ampun deh.

Satu hal yang paling saya sukai ketika acara parents day tersebut, meski anak-anak masya Allah banget tingkahnya, tapi serius loh, bikin gemes banget liat kepolosan mereka.

Over all, kegiatan parents day di sekolah si Adik Dayyan, khususnya untuk jadwal kami mengajar, berlangsung lancar dan happy

parents day tk

Bukan hanya anak-anak TK yang happy, para parents yang ngajar juga happy, khususnya saya yang memang aslinya suka banget sama anak kecil. Dan juga ikut merasakan manfaat dari kegiatan tersebut. 


Apa Manfaat Parents Day di Sekolah Anak?

Zaman sekarang sudah sangat berbeda dengan zaman dulu, di mana keberhasilan anak di bidang pendidikan bukan hanya jadi tanggung jawab guru di sekolah semata.

Keterlibatan parents dalam pendidikan anak, dibuat semaksimal mungkin. Mulai dari anak-anak dikasih PR yang sebenarnya udah berasa, parents yang dikasih PR karena nggak mungkin banget anak bisa mengerjakan tugasnya tersebut.

Hingga keterlibatan parents di berbagai kegiatan di sekolah anak, seperti acara parents day tersebut.

Selama anak-anak sekolah, jujur baru kali ini saya mengetahui ada kegiatan seperti ini di sekolah anak. Dan meski awalnya sedikit overthinking, ternyata setelahnya saya jadi bisa menikmati dan memahami, apa manfaat diadakan parents day di sekolah anak, yaitu:


1. Agar parents bisa memahami secara langsung, bagaimana tantangan guru dalam pengajaran di sekolah anak

Acara parents day bisa dibilang sebagai waktunya parents menjadi guru di sekolah anak. Di hari tersebut, parents diberi kesempatan untuk mengajar di kelas anak, dengan tema sesuai yang dipilih.

kegiatan parents day

Dengan demikian, parents akhirnya mengetahui secara langsung, bagaimana rasanya menjadi guru, apa saja tantangannya.

Kenyataannya, setelah dua kali mengikuti acara parents day, semuanya jadi berterima kasih kepada para guru yang mengajar anak-anak di sekolah. Sungguh, betapa pekerjaan menjadi seorang guru TK itu luar biasa banget tantangannya.

Harus bisa sabar menghadapi belasan anak-anak yang masih polos, banyak tingkah, banyak omong. Kami-kami yang dapat jadwal mengajar tuh ada beberapa moms, tapi nyaris kewalahan dong, hahaha. 


2. Melatih parents agar lebih kreatif terlibat pada pendidikan anak

Ini manfaat yang saya rasakan secara langsung, dengan ikut acara hari orang tua ini. Bikin saya punya pengetahuan lebih lagi tentang bagaimana sih kreatif dalam pendidikan anak.

Ternyata banyak hal-hal yang bisa dilakukan dengan belajar yang menyenangkan, yaitu bermain edukasi dengan anak.

Terlebih untuk usia anak TK, mereka masih dalam tahap belajar sambil bermain. Meskipun memang nggak dipungkiri, semakin sulit juga tantangan mereka terhadap pelajaran yang makin aduhai beratnya.


3. Sebagai ajang silaturahmi

Manfaat lainnya adalah bisa menjadi ajang silaturahmi antara sesama parents maupun dengan guru di sekolah anak.

Selama acara tersebut, bahkan sebelum hari yang ditentukan, kelompok parents yang akan mengisi pengajaran jadi lebih dekat karena diskusi mengenai ide pembelajaran.

Buat saya sebagai introvert parents, ini merupakan salah satu cara untuk bisa mengenal parents lain lebih dekat dan akrab.


3 Ide Pembelajaran Parents Day di Sekolah TK

Bagi yang masih awam dan first time mengikuti kegiatan ini, tentu saja ide pembelajaran yang akan diberikan kepada anak-anak di kelas menjadi salah satu hal yang memusingkan.

Terlebih, ada syarat yang harus dipatuhi, di mana kita tidak boleh memberikan pelajaran calistung atau baca, tulis dan hitung pada anak-anak.

Karenanya, saya ingin membagikan beberapa ide pembelajaran yang bisa diberikan pada anak, di kegiatan parents day tersebut, di antaranya:  


1. Belajar bahasa inggris dengan implementasi mewarnai

Anak-anak TK belajar bahasa Inggris itu adalah hal yang baik, dan tidak terlalu memberatkan buat mereka. Karenanya, di hari pertama kami mengadakan acara parents day, tema bahasa Inggris menjadi pilihan kami.

ide pembelajaran parents day

Lucky us, ada guru bahasa Inggris di antara kelompok saya, jadinya kami ikut ide beliau. Dan parents lainnya menyumbang ide yaitu diimplementasikan pada kegiatan mewarnai.

Cara pembelajarannya cukup mudah, di mulai dengan memberikan informasi tentang beberapa kata dalam bahasa Inggris. Ketika itu, kami memilih tema pengenalan warna dan nama hewan dalam bahasa Inggris.

Setelah anak-anak diminta untuk menyebutkan warna dan hewan apa saja yang ditunjukan, selanjutnya diteruskan dengan kegiatan mewarnai bahan berbentuk hewan, yang terbuat dari gypsum.

Anak-anak lalu mewarnai benda tersebut dengan gembira, sambil menyebutkan nama hewan yang mereka gambar, lengkap dengan warna hewan yang mereka pilih.  

Untuk tema pembelajaran ini hanya membutuhkan bahan seperti: flash card warna, benda berbentuk hewan dari gypsum, hingga alat mewarnai seperti kuas dan cat air.

 

2. Membuat prakarya

Di minggu kedua mendapatkan tugas mengajar di parents day, kami memilih tema membuat prakarya. Kebetulan kali itu bertepatan dengan hari ibu di bulan Desember lalu.

parents day anak tk

Jadi anak-anak diminta membuat sebuah prakarya untuk dijadikan kado buat ibunya.

Untuk tema ini para parents bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekolah anak, atau jika memang tidak memenuhi, bisa dibawa dari rumah. Seperti kertas, pita atau semacamnya.


3. Mengenal profesi dari parents

Ide pembelajaran acara parents day lainnya yang lebih simple adalah mengenal profesi. Untuk ini bisa mengerahkan beberapa parents dengan profesi yang berbeda.

Misal, ada yang jadi ibu rumah tangga, blogger seperti saya, guru, dokter atau lainnya.

Cara pembelajarannya, bisa berupa interaksi yang menyenangkan dan memancing anak-anak untuk mau bertanya apa saja mengenai profesi yang dibawakan parents.

Dan akan lebih menarik, jika parents yang datang, mengenakan seragamnya secara lengkap, jadi anak-anak bisa mudah membayangkan apa yang dijelaskan oleh parents.


Kesimpulan dan Penutup

Parents day atau hari orang tua adalah kegiatan di mana para parents diberi kesempatan untuk menjadi guru di sekolah anaknya. Kegiatan ini sangat bermanfaat, khususnya untuk lebih melibatkan parents dalam pendidikan anaknya.

kegiatan parents day

Ide pembelajarannya pun bisa dipilih sesuai usia anak. Misal, untuk anak-anak TK bisa dicari tema pembelajaran yang tidak melibatkan calistung yang berat.

Saya beruntung bisa merasakan jadi bagian dalam kegiatan parents day di sekolah TK Adik Dayyan, dan jadi tahu bagaimana manfaatnya secara langsung. 

Ada yang pernah ikutan kegiatan ini juga kah, Parents


Surabaya, 10 Januari 2024

#RabuParenting

Sumber: Pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey dan dokpri

Post a Comment for "Parents Day di Sekolah TK Adik Dayyan dan Ide Pembelajarannya"