Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Cambridge Examination Score A* untuk Kuliah Di Luar Negeri

Konten [Tampil]
cambridge examination score a

Kuliah di luar negeri, apalagi dengan gratis karena beasiswa? Impian banget ya jika anak bisa mendapatkan kesempatan itu.

Tapi ternyata, untuk bisa lolos hal itu, anak-anak harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu, salah satunya harus mendapatkan score A* untuk Cambridge Examination-nya. 

 

5 Manfaat Kuliah di Luar Negeri

Di zaman sekarang, memilih kuliah di luar negeri tentunya merupakan hal yang sangat positif dan bermanfaat, di antaranya:


1. Agar bisa menyiapkan diri untuk bersaing di masa depan

Sejak pandemi, dunia makin berubah, dikarenakan dampak global terhadap ekonomi yang meluas. Hal ini tentunya mendorong semua pihak untuk menciptakan inovasi baru yang efektif dan canggih dari yang pernah ada. 

Tentunya ini akan membuka peluang baru dalam dunia bekerja, dan dengan kuliah di luar negeri memudahkan anak-anak untuk memanfaatkan peluang tersebut.


2. Agar dapat memperluas jaringan internasional

Sekolah, bukan hanya tempat menimba ilmu, tapi juga bisa menciptakan jaringan di antara siswanya. Ketika kuliah di luar negeri, tentunya bisa bikin anak untuk punya jaringan pertemanan yang lebih luas dalam lingkup internasional.


3. Agar dapat meningkatkan kualitas hidup

Begitu banyak peluang yang akan terbuka dengan berkuliah di luar negeri, tentunya hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup jadi lebih baik.

Anak-anak bisa belajar banyak hal baru yang mungkin tidak pernah dilihat dan diketahui langsung ketika di Indonesia, sehingga secara tidak langsung akan membentuk mereka jadi pribadi yang lebih semangat dalam berinovasi.


4. Agar berkesempatan menemukan hobi baru yang lebih efektif

Kuliah di luar negeri tentunya bisa membuat anak menemukan banyak hobi baru. Karena kondisi dan suasana di negara orang berbeda dengan Indonesia.

Hal ini juga bisa membuka peluang kerja yang lebih luas bagi anak.


5. Agar lebih mudah menguasai bahasa asing

Sudah bukan rahasia umum ya, yang namanya bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, sudah menjadi hal yang wajib di masa kini.

Dengan kuliah di luar negeri, bikin anak mau nggak mau harus sering menggunakan bahasa asing, sehingga tidak sulit bagi mereka untuk menguasai dan mengembangkan kemampuannya dalam bahasa asing.


Tips Persiapan Lulus Kuliah di Luar Negeri

Menarik ya manfaat dari kuliah si luar negeri, namun karena itu pulalah, ternyata bukanlah hal yang mudah, meskipun bukan berarti tak mungkin ya, untuk bisa lolos kuliah di luar negeri.

cambridge university

Selain dari kenyataan betapa ketat dan banyaknya persaingan yang ada.

Akan lebih bijak, agar mempersiapkan segala sesuatu untuk bisa lulus, sejak jauh-jauh harinya.

Beberapa persiapan tersebut adalah:


1. Menentukan jurusan apa yang ingin diambil oleh anak

Hal pertama yang harus dilakukan ketika anak hendak berkuliah di luar negeri adalah, menentukan jurusan apa yang ingin diambil olehnya.

Untuk ini, dibutuhkan support parents untuk memahami apa minat bakat anak. Apakah anak lebih condong ke engineering? atau ke ekonomi?.

Dengan demikian, anak bisa tahu harus memperdalam pengetahuannya di pelajaran mana, sebagai persiapan testnya.


2. Menentukan universitas yang akan dituju

Setelah tau jurusan apa yang akan diambilnya, berikutnya mencari tahu universitas mana yang akan dipilih. Apakah university of Oxford, Harvard University, Stanford University, University of Cambridge dan sebagainya.

Pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu informasi tentang kampus-kampus yang dipilih, sehingga anak tidak hanya asal memilih tanpa tahu bagaimana kondisi kampus tersebut.


3. Mencari tahu tentang negara yang dituju

Setelah menentukan kampusnya, tentunya anak telah mengetahui negara mana yang akan dituju. Sehingga anak bisa mencari tahu tentang hal-hal di negara tersebut.

Apakah anak bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungannya?. Bagaimana biaya hidup di sana?. Apakah ada asrama atau harus tinggal di mana? dan lain sebagainya.


4. Memilih tutor yang tepat agar lulus universitas yang dituju

Langkah selanjutnya adalah, memilih tutor yang tepat yang bisa membantu mempersiapkan belajar yang tepat, agar bisa lulus di universitas yang dituju.

Untuk ini, pastikan parents bisa memilih tutor yang benar-benar paham dan berpengalaman dalam membantu siswa lulus kuliah di luar negeri.

Salah satunya tutor yang bisa memberikan ketepatan pemahaman, dan latihan sesuai dengan kebutuhan anak.


5. Mencari tau jadwal Cambridge Examination

Hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah mencari tahu kapan jadwal cambridge examination diadakan, khususnya untuk universitas yang dituju.

Jika anak bersekolah di International School, biasanya informasi seperti ini mudah didapatkan dari sekolah. Namun jika tidak, kita bisa mencari tahu dengan googling di website yang terpercaya.


6. Mempersiapkan diri minimal 6 bulan sebelum Cambridge Examination dengan belajar yang tepat, agar mendapatkan score A*

Dan tak kalah penting adalah, pastikan agar anak sudah memulai persiapan mengikuti ujian tersebut, minimal 6 bulan sebelumnya.

Karena materi yang harus dipelajari ada banyak, sehingga butuh waktu bagi anak untuk menguasai semuanya. Agar bisa mengerjakan semua soal-soal yang ada, dengan hasil score A*


Webinar How To Make Your Children's Cambridge Examination Score A* Bersama Sinotif

Menyadari betapa pentingnya anak bisa mendapatkan score A* untuk cambridge examination-nya. Maka Sabtu, 9 Maret 2024 kemarin, Sinotif mengadakan sebuah webinar yang membahas hal tersebut.

bimbel cambridge

Bersama pembicara Kak Aris Widodo, sebagai Kepala Unit A 01 Sinotif, dijelaskan bagaimana sih tips agar anak bisa mendapatkan score terbaik dalam ujian cambridge-nya? 

Di antaranya adalah:

  • Pastikan anak untuk bisa membuat ringkasan materi pelajarannya.
  • Perbanyak latihan soal-soal dengan paper ujian tahun sebelumnya.
  • Berani bertanya dan mencari klarifikasi akan materi yang belum dipahami
  • Latihan simulasi ujian dengan waktu yang sesungguhnya, untuk melatih kecepatan dalam mengerjakan soal-soal yang ada.
  • Fokus pada soal-soal yang dipahami dan dikuasai terlebih dahulu, agar waktu tidak habis hanya untuk 1 soal saja.


Dukungan parents terhadap anak dalam kegiatan belajarnya juga perlu. Hadir dan membantu anak dalam mengerjakan soal-soal yang masih sulit untuknya.

Tapi, hal ini memang menantang ya, khususnya untuk parents zaman now. Gimana bisa bantuin anak dalam mempelajari materinya ya. Sementara mungkin kebanyakan parents sekolah dengan kurikulum yang berbeda dengan anak.

Namun tenang saja, daripada pusing sendiri, serahkan saja ke pakar yang berpengalaman, yaitu Sinotif

Sinotif telah berpengalaman membantu beberapa siswa mendapatkan score terbaik di cambridge examination. Hal ini karena bisa memberikan strategi terbaik kepada siswa dalam mempelajari dan memahami materi yang dibutuhkan untuk ujian tersebut. 


Tentang Sinotif

SINOTIF merupakan bimbel tatap muka virtual, live & interaktif, dan saat ini berfokus pada 3 pelajaran yaitu Matematika, Fisika, Kimia. 

Dengan bimbingan para guru spesialis di bidangnya, apalagi bisa dilakukan secara interaktif, tentunya Sinotif sangat tepat menjadi solusi penolong bagi para siswa untuk mendapatkan score terbaik di Cambridge Examination. 

Terlebih, lembaga ini sudah berpengalaman hingga 24 tahun, dari awal berdirinya di tanggal 25 Maret 2000 silam.

 Adapun keunggulan SINOTIF adalah, terdapat beberapa kelebihan, di antaranya:

  • SPECIALIZED, didukung guru-guru yang ahli di bidangnya. Semua siswa dibimbing para guru spesialis di bidangnya, juga yang ahli serta bersertifikasi khusus.
  • PERSONALIZED, yaitu lebih fokus pada kebutuhan siswanya, selalu memastikan bahwa semua siswa didiknya mendapatkan kebutuhan belajar yang nyaman dan sesuai kebutuhannya.
  • SYSTEMIZED, yaitu dapat membuat kegiatan belajar jadi mudah dan efektif, karena siswa  mendapatkan modul soal yang sistematis, dengan kombinasi gaya belajar linear dan global untuk memudahkan pemahaman konsepnya.
  • LIMITLESS, dengan layanan 24 jam nonstop, yang hadir dengan akses website e-learning untuk belajar mandiri dan tanya soal secara instan dengan aplikasi Tanya Jawab Soal, kapan pun, di mana pun.


Saat ini, Sinotif hadir dengan menawarkan beberapa paket SINOTIF premier yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan siswa dalam mengikuti bimbel, yaitu:

  • Paket Sinotif Premier Diamond, di mana 1 guru hanya mengajar 1 siswa saja, jadi lebih fokus.
  • Paket Sinotif Premier Platinum, di mana 1 guru untuk 3-5 siswa yang belajar secara privat, sehingga guru bisa memberikan materi yang khusus dan sesuai dengan kebutuhan siswa
  • Paket Sinotif Premier Gold, yang mana merupakan paket hemat dengan 1 guru bisa mengajar 1 tingkatan kelas yang berisi 6-15 siswa.
  • Paket Sinotif Premier Silver, merupakan program belajar dengan fasilitas 24 jam. 
promo sinotif

Keterangan lengkapnya, parents bisa dapatkan pada websitenya https://sinotif.com/


Kesimpulan dan Penutup

Memperoleh score A* pada cambridge examination tentunya penting banget khususnya untuk siswa yang ingin berkesempatan kuliah di luar negeri, dengan jurusan dan kampus favoritnya.

Namun untuk itu, butuh persiapan penuh bagi siswa yang dilakukan jauh-jauh dari sebelum diadakan test tersebut, agar hasilnya maksimal.

Dukungan parents sangat penting dalam membersamai anak belajar. Namun, hal ini bisa diserahkan kepada yang ahli seperti lembaga bimbel SINOTIF, yang memang sudah berpengalaman membantu banyak siswanya dalam mendapatkan score tertinggi pada cambridge examination


Surabaya, 10 Maret 2024

Sumber: 

  • Webinar 'How to make your children's Cambridge Examination Score A*'
  • https://www.ultimateducation.co.id/kuliah-di-cambridge-university/ diakses 10 Maret 2024
Gambar: Canva dan dokumen pribadi

13 comments for "Tips Cambridge Examination Score A* untuk Kuliah Di Luar Negeri"

  1. Bisa di luar negeri jelas bukan karena gayaan dan gengsi. Harus diakui beberapa hal mereka lebih unggul. Yang pasti sih, pergaulan internasional itu yang sulit didapatkan di tanah air, kecuali kalau di sekolah internasional. Cuma untuk kuliah ya mau gak mau tetap ke LN.

    Aku baru ngeh pentingnya dapetin skor A di Cambridge Examination ini. Kebayang betapa susahnya untuk mempelajari. Untungnya udah ada sinotif yang bisa bantu dan membimbing, ya.

    ReplyDelete
  2. persiapan yang benar-benar harus matang ya. Jauh-jauh hari, bahkan. Dapet beasiswa kuliah di luar negeri gratis, aku juga pengen. Cukup noted ini dulu, siapa tahu anak nanti yg bisa mewujudkan impian ibuknya bisa kuliah ke LN dg jurusan yg diminati. Perlu kepoin sinotif biar bisa goals kuliah di negeri Jiran sana ya

    ReplyDelete
  3. Belajar di luar negri perlu persiapan biaya, tenaga dan komunikasi yang baik. Pilihan paket beragam yang bisa di sesuaikan dengan dompet orangtua kita.

    ReplyDelete
  4. Semua pasti mau kulia gratis di luar negeri dengan beasiswa. Tapi eits... syaratnya pun haru Cambridge score A. Makanya persiapan harus matang ya, setidaknya dari 6 bulan sebelumnya. Wajib ikut juga bimbingan belajar.

    ReplyDelete
  5. Satu hal pasti yang kita dapatkan saat punya rezeki dan kesempatan belajar di luar negeri adalah soal network. Dari jejaring inilah kita bisa mengenal budaya yang berbeda, pengetahuan yang lebih luas, serta kesempatan untuk berkembang yang lebih mumpuni. Jadi jika memang punya dana serta kesehatan untuk menimba ilmu di luar negeri, maka lakukanlah.

    ReplyDelete
  6. Kuliah di luar negeri memang harus banyak yang dipersiapkan ya mbak
    Salah satunya ya soal bahasa ini
    Beruntung sekarang ada sinotif yang bisa membantu ya

    ReplyDelete
  7. kalo studi di luar negeri wawasan bakal jauh lebih luas lagi ya, sehingga kualitas hidup jadi berpengaruh juga lebih maju. Boleh nih tipsnya biar bisa persiapan kuliah ke luar negeri dari sekarang

    ReplyDelete
  8. Sinotif memiliki segmen berkualitas untuk membimbing anak belajar dengan sistem belajar interaktif sehingga mengasah keterampilannya dan berpeluang mendapat score terbaik untuk meraih prestasi, tidak terkecuali landasan mempersiapkan kuliah di luar negeri

    ReplyDelete
  9. Seneng banget kalau bisa sampai sekolah keluar negeri yaa.. apalagi bisa memperoleh beasiswa, tentu bukan hal yang biasa aja dan membutuhkan bimbingan terbaik dari Sinotif.

    Keren yaah..

    ReplyDelete
  10. Seneng banget ada bimbel Sinotif ini. Bakal memudahkan anak buat dapet info seputar Cambridge Examination ya. Jadi anak belajarnya juga lebih terarah dan banyak latihan soal yang bisa dibahas sama mentor

    ReplyDelete
  11. sekarang bener-bener dimudahkan dengan adanya Sinotif, mau belajar juga bisa via online. Jadi inget zaman aku kuliah dulu, yang pengen tes toefl aja kudu siap-siap ambil kelas offline di beberapa tempat bimbel. Jadi kangen masa-masa belajar kayak gini

    ReplyDelete
  12. Ughhh ini kamous impian sejak jaman esema tapi takdir ga nyampe kesana... semoga ngampus di cambridge bisa dicapai sama anaku hehe...

    Sinotif support banget yaa bantu persiapan belajar dan updtae info cambridge examination

    ReplyDelete
  13. Makasih infonya. Semoga anaaku bs melanjutkan sekolah s2nya di luar negri

    ReplyDelete