Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Mom Tetap Sehat dan Cantik Di Bulan Ramadan Ala MamiRey

Konten [Tampil]

sehat dan cantik saat puasa

Menjadi mom yang tetap sehat dan cantik di bulan ramdan itu, dambaan banget ya. Apalagi di bulan ini banyak undangan buka bersama dari teman-teman lama maupun baru.

Kalau kumpul-kumpul, terus kitanya tetap terlihat cantik dan bugar, rasanya kan lebih lengkap kebahagiaannya.

Di luar daripada itu, selalu terlihat cantik buat para moms itu, mood booster banget. Membantu banget menahan emosi ketika puasa.

Jadi, saat emosi udah di ubun-ubun, segera istigfar, lalu cepat-cepat ngaca liat muka kita yang cantik, seketika adem dan semua emosi negatif hilang. Kalaupun masih marah, harus ditahan dong ya, entar cantiknya hilang, wakakakakakak.

Dan yang paling penting juga adalah, bukankah ibu tidak boleh nggak fit?. Entar kacau semua sekeluarga, hihihi.

Karena itulah, bagi saya pribadi, menjaga kesehatan tubuh dan kulit, biar tetap cantik di bulan ramadan adalah penting adanya.

Dan berikut, beberapa tips yang sering saya lakukan, agar tetap menjadi mom yang sehat dan cantik, meskipun sedang harus berpuasa:   


1. Mengatur jadwal minum air putih agar selalu terhidrasi

Kita semua pasti setuju, bagaimana pentingnya peran air minum terhadap tubuh dan kulit. Namun, ketika berpuasa, asupan air minum buat tubuh kan jadi berkurang ya, karena tidak boleh minum di siang hari.

atur jadwal minum saat puasa

Sementara, ketika tiba berbuka puasa, ada begitu banyak hal yang harus kita lakukan, sehingga tidak jarang melupakan konsumsi air putih dengan cukup.

Padahal, tercukupi minum air putih itu bisa dibilang skincare termurah bagi kulit. Hal ini dikarenakan air yang kita minum bisa menghidrasi setiap sel dalam tubuh, termasuk di kulit wajah, dan membuat kulit wajah menjadi segar bersinar.

Karenanya butuh banget bisa mengatur jadwal minum air putih, agar kebutuhan tubuh terpenuhi, dan kulit bisa tetap terhidrasi dengan baik.

Kalau saya biasanya pakai cara minum segelas air putih secara berkala sejak waktu buka puasa tiba. Seperti: 1 gelas air putih saat buka puasa tiba, lalu ketika selepas waktu shalat magrib minum lagi 1 gelas dan sebelum shalat isya minum lagi 1 gelas air putih.

Selepas shalat tarawih segera minum 1 gelas lagi dan menjelang tidur minum lagi 1 gelas air putih. Untuk di waktu sebelum tidur ini, biasanya saya cicil minumnya, nggak langsung segelas gitu, karena akan mengganggu waktu tidur dengan kebelet pipis mulu.

Berikutnya sesaat ketika bangun sahur, saya kumur-kumur lalu minum air putih segelas lagi, dan lanjut 1 gelas sebelum makan sahur, dan 1 gelas sebelum imsak.

Dan kalau ditotal-total, jadi 8 gelas per hari kan, dan selalu diusahakan air putih yang hangat sih, biar nggak sakit tenggorokan ketika puasa. 


2. Selalu Rutin Membersihkan Wajah

Kesibukan di bulan ramadan ini, tidak jarang membuat banyak mom yang kelelahan, sehingga abai terhadap membersihkan wajah, entah karena kecapekan lalu ketiduran, atau lupa.

Padahal, rutin membersihkan wajah itu penting banget loh buat kulit kita, karena bisa mengurangi risiko munculnya jerawat, penumpukan sel kulit mati, hingga melembabkan kulit.

Kalau kulit lembab karena terhidrasi dan bersih, kerutan kan akan delay munculnya, jadi moms bisa selalu awet muda, uhuyyy.... 

Karenanya, selelah apapun itu, jangan sampai lupa membersihkan kulit wajah. Kalau saya pribadi, biasanya nggak pernah lupa cuci muka di malam hari, karena sepaket dengan gosok gigi. Saya nggak berani tidur tanpa gosok gigi dong, karena udah tahu rasanya sakit gigi, hahaha.


3. Selalu Rutin Menggunakan Skincare Pagi dan Malam

Kalau cuci muka aja kadang lupa, apa kabar dengan skincare pagi dan malam ya, hehehe. Padahal, skincare sangat penting di bulan puasa ini, untuk membantu melembabkan kulit kita yang sedang kurang terhidrasi karena nggak minum seharian.

skincare saat puasa

Selain itu, skincare juga dapat menyelesaikan masalah ringan di kulit wajah, biar nanti tetap glowing cantik sepanjang ramadan, dan menyambut lebaran dengan kulit sehat nan cantik.

Kayaknya, target terlihat glowing ketika lebaran, bisa jadi penyemangat banyak mom untuk rajin pakai skincare nih, hehehe.


4. Selalu Rutin Menggunakan Sunscreen di Siang Hari

Termasuk dalam golongan skincare sih, tapi khusus dipakai di siang hari, dan punya manfaat super penting buat kulit cantik dan sehat, yaitu sunscreen.

Bahkan moms yang jarang beraktifitas di outdoor, pemakaian sunscreen tetap penting adanya, apalagi yang sering beraktifitas di luar, seperti saya yang harus antar jemput anak-anak sekolah.

Sunscreen melindungi kulit kita dari efek buruk paparan sinar UV, yang sangat cepat menyumbang kerutan dan flek di wajah.

Karenanya, pastikan selalu menggunakan sunscreen, dan jika SPFnya rendah, jangan lupa untuk sering-sering reapply, apalagi setelah wudhu.   


5. Cukupkan Waktu Istrahat

Di bulan ramadan ini, waktu istrahat aatau tidur kita memang banyak berkurang ya, apalagi bagi emak rempong kayak saya. Tiap hari begadang, waktu tidur malam sangat terbatas, akhirnya kulit jadi kusam.

Kenyataannya, beristrahat yang cukup, dalam hal ini tidur, adalah bagian penting dari pemulihan kulit kita. Di mana tidur dapat memberikan waktu kepada tubuh untuk memperbaiki dan meregenerasi kulit. 

Saat tidur, tubuh kita banyak memproduksi kolagen dan elastin yang sangat bermanfaat untuk membuat kulit jadi kenyal dan juga kencang.

Karenanya, di bulan puasa ini, sebisa mungkin saya menggunakan waktu sebaik-baiknya. Dan jika waktu tidur malam terpaksa harus kurang, maka saya selalu berusaha untuk meluangkan waktu di siang hari untuk melengkapi waktu tidur yang kurang tersebut.

Lumayan banget, badan terasa lebih baik dan sehat, kulit pun jadi lebih lumayan segar, meski mata tetap panda, hahaha.


6. Berolahraga Ringan Secara Rutin 

Meski bulan ramadan para mom pasti rempong ya, tapi sebisa mungkin untuk meluangkan waktu berolahraga ringan secara rutin.

yoga saat puasa

Kalau saya, cukup gerak yang sederhana saja, misal stretching leher, bahu, pinggang, lutut, dan persendian lainnya. Jika memungkinkan, saya lakukan gerakan yoga ringan cukup 15 menitan saja menjelang buka puasa. 

Selain membantu tubuh tetap bugar walau berpuasa, berolahraga ringan juga bisa menyehatkan kulit. Hal ini terjadi karena aktifitas fisik dengan teratur, dapat membantu melancarkan aliran dan sirkulasi darah. 

Dengan demikian, bisa membantu membawa banyak nutrisi dan oksigen ke kulit kita. Sehingga menjadikan kulit tampak sehat dan bercahaya.


7. Perbanyak Ibadah Agar Selalu Tenang dan Bahagia

Last but not least, tips agar mom tetap cantik dan sehat meski sedang berpuasa adalah, dengan menjaga kesehatan mental. Selalu berpikiran positif, tenang dan bahagia, bikin tubuh jadi lebih nyaman, karena pikiran tidak membebani tubuh kita.

Nah pas banget nih, mumpung bulan ramadan, jadikan momen ini sebagai cara mendekatkan diri ke Allah melalui ibadah. Insya Allah, hati selalu tenang dan bahagia, tubuh sehat dan kulit jadi sehat plus cantik.  


Demikianlah beberapa tips agar mom bisa tetap sehat dan cantik di bulan ramadan ala MamiRey, kalau moms lainnya, punya tambahan ide atau tips nggak?.


Surabaya, 21 Maret 2024

#KEBBerbagiCeritaRamadan

1 comment for "Tips Agar Mom Tetap Sehat dan Cantik Di Bulan Ramadan Ala MamiRey"

  1. Artikel informatif, walaupun saya laki2 haha, mungkin tips setelah nomor 7 : Bisa mendengarkan musik instrumental seperti Yiruma... agar lebih santai. Sekian terimakasih, salam kenal kak.

    ReplyDelete