Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Materi Kegiatan Edukasi Anak Usia 4-7 Tahun di Rumah

Konten [Tampil]
materi kegiatan edukasi anak

Sudah lama dong saya mencari rekomendasi materi kegiatan edukasi anak di rumah. Khususnya untuk usia si Adik, yang sekarang menginjak 6 tahunan.

Alasannya simple, saya nggak mau si Adik cuman teringat akan gadget, pun juga saya tipe ibu yang tidak selalu membiarkan anak-anak main di luar.

Kasian kan anak-anak, sudahlah nggak punya teman untuk main di luar rumah, nggak boleh main sama gadget pulak. Mencakup nggak boleh main HP, nggak boleh nonton TV, kecuali emang jatah gadget time-nya yang cuman seminggu 2 kali itu sih. 

Untuk anak-anak seusia si Adik misalnya, tentunya hal tersebut bikin dia tersiksa, dan kasian banget kan kalau sampai jadi stress pada anak.


Manfaat Kegiatan Edukasi Anak di Rumah

Kita pastinya tau kan, kalau ada banyak manfaat buat anak, dalam berkegiatan yang penuh edukasi di rumah. 

kegiatan edukasi anak

Bukan hanya bikin anak punya kesibukan sehingga 'nggak hapeaaaannn terooosss!'.

Tapi juga punya manfaat besar yang bermanfaat bagi tumbuh kembangnya, di antaranya:


Membangun bonding antara anak dengan parents

Bonding antara anak dan parents tuh banyak banget manfaatnya, salah satunya bikin anak selalu merasa dekat dengan parents-nya. Dan parents pun bisa lebih memahami karakter anak.

Selain itu, juga bisa memperkuat ikatan batin yang lebih dalam antara keduanya. 

Dengan memberikan berbagai kegiatan edukasi, anak dan parents bisa menghabiskan waktu bersama untuk belajar dan bermain. Karena kegiatan tersebut biasanya mengharuskan keterlibatan parents juga.


Bikin anak jadi lebih kreatif

Anak-anak yang sering melakukan kegiatan edukasi di rumah, tentunya akan lebih punya kreativitas yang tinggi. Dibantu dengan pengarahan dari orangtua, anak-anak akan lebih terlatih untuk berpikir kreatif, karena terbiasa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. 

Selain itu, kegiatan edukasi ini juga bisa mendorong anak untuk berpikir out-of-the-box dan berani mencoba hal-hal baru.


Membangun dan memperkuat good habit untuk anak

Kegiatan edukasi anak yang dilakukan di rumah, juga bisa bantu membangun dan memperkuat good habit buat anak.

kegiatan edukasi anak

Misal, menanamkan kebiasaan membaca buku setiap hari, terbiasa bikin jadwal belajar yang teratur, dan juga terbiasa mengatur atau manajemen waktu untuk bermain dan belajar. 

Sehingga anak bisa tumbuh jadi terbiasa lebih disiplin dan teratur.


Mengembangkan kemampuan anak dalam berkomunikasi

Selain melatih keterampilan akademis, kegiatan edukasi anak di rumah juga bisa bantu anak untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi. 

Sering berinteraksi dengan parents ketika belajar dan bermain, bikin anak akan terbiasa untuk mengutarakan pendapat dan bertukar pikiran. 

Ini tentunya sangat penting untuk membangun kepercayaan diri anak, dan meningkatkan kemampuan sosialnya.


Meningkatkan rasa percaya diri pada anak

Dengan seringnya berkegiatan edukasi di rumah, bisa bantu anak jadi lebih percaya diri. Tentunya hal ini dibarengi dengan aksi parents, yang sering memberikan pengarahan dan pujian saat belajar bersama.

Sehingga anak akan merasa lebih percaya diri dalam menghadapi tugas-tugas yang ada, baik di rumah maupun di sekolah. Dan nantinya akan bermanfaat bagi anak dalam menghadapi tantangan di masa depan. Karena anak yang tidak percaya diri, akan sulit bersaing di tengah gempuran era masa kini.


Terciptanya keseimbangan antara belajar dan bermain pada anak

Dengan banyaknya kesibukan anak, mulai dari tugas sekolah, hingga kegiatan di luar rumah. Kegiatan edukasi di rumah ini juga bisa memberikan keseimbangan antara belajar dan bermain. 

Dengan adanya waktu khusus untuk belajar di rumah, anak dapat lebih santai dan tidak terlalu terbebani dengan tugas sekolah. Ini juga dapat membantu anak untuk tetap bersemangat dalam belajar.


Rekomendasi Materi Kegiatan Edukasi untuk Anak Usia 4-7 Tahun di Rumah

Udah tahu kan betapa banyak manfaat pemberian materi kegiatan edukasi anak di rumah. Makanya saya juga nggak mau ngelewatin, ngasih hal-hal yang bermanfaat seperti itu.

Tapi, wait! Ada masalah besar nih, khususnya buat saya.

Masalahnya adalah... saya adalah mamak-mamak yang sangat kurang kreatif kalau masalah pembelajaran anak, hahaha.  

Nggak tahu deh, apakah mungkin karena saya dulu ketika kecil nggak pernah merasakan bersekolah TK, apalagi PAUD kan ye.

Sebenarnya di masa kini, ada begitu banyak materi pembelajaran anak untuk di rumah, yang bisa kita tiru, baik melalui Youtube, atau semacamnya.

Tapi etapi.... balik lagi ya, kalau yang namanya mamak-mamak kurang kreatif, mana waktunya juga terbatas kan ye.

As we know, saya juga harus mencari duit dari rumah kan ye, butuh duit soalnya, bukan buat 'biar keliatan berdaya' aja, hahaha.

Jadinya, saya tuh butuh alat bantu yang siap pakai gitu. Yang sudah ada materinya, sudah ada medianya, dan yang paling penting, ada instruksi jelas yang bisa dipelajari untuk dipraktikan bersama anak.

Yang paling penting juga adalah, harganya jangan terlalu mihil lah, yang masih bisa terjangkau, tapi worth it buat digunakan.

Lucky me, setelah mendalami profesi sebagai parenting blogger, saya jadi kenal banyak orang, yang di antaranya mengenalkan saya ke salah satu paket pembelajaran anak usia 4-7 tahun, namanya MFOYAB atau My First One Year Activity Book


Review Buku MFOYAB (My First One Year Activity Book) dan Tekakita.com

Awal dikenalkan ke paket pembelajaran ini, jujur saya nggak punya ekspektasi tinggi. Maklum, saya sudah pernah beberapa kali mengenal materi pembelajaran edukasi anak-anak.

my first one year activity book

Bahkan di antaranya, ada yang harganya jauh lebih mahal, dan saat ini tuh produk entah berada di mana *nangis memikirkan duitku lenyap gegara itu, huhuhu.

Baca landing page MFOYAB pun masih belum terlalu excited. Sampai akhirnya paketnya mendarat, kami unboxing, lalu si Adik langsung nggak sabaran mau ngerjain lembar-lembar kegiatannya. Maminya mah sibuk membaca petunjuknya, dan ternyata semenarik itu dong, karena ini tuh super lengkap banget nget!.

cara menggunakan mfoyab

MFOYAB atau My First One Year Activity Book adalah sebuah paket materi pembelajaran untuk kegiatan edukasi anak di rumah.

Paket ini berisi 4 bundle buku yang berisi ratusan lembar kegiatan anak yang bisa dilakukan di rumah. Total 256 halaman berwarna, yang bisa digunakan setiap hari, selama 12 bulan.

Materinya pun, dirancang sesuai dengan kurikulum anak PAUD dan TK.

Selain materi pembelajaran, ada juga halaman dongeng, nggak perlu bingung lagi mau dongengin anak, tapi nggak hafal dongeng apa yang harus dibacain. 

Ada juga banyak materi sains, yang ini paling disukain si Adik dong. Serta 1000an kosa kata bahasa Inggris, yang bisa anak pelajari.

bahasa inggris untuk anak

Cara mengerjakan materi pembelajaran di buku ini simple, hanya perlu 1 lembar setiap harinya, di mana anak-anak bisa melakukan beberapa hal, misal mewarnai gambar, menebalkan huruf dan lainnya.

Jadinya, kegiatannya bermanfaat banget, bisa untuk pengenalan warna, sekaligus belajar calistung serta bahasa Inggris.

Menariknya, lembarannya juga mudah digunakan, karena dibendel bukan seperti buku biasa, namun berbentuk kertas yang bisa dilepaskan. Jadi anak-anak bisa mengerjakan tugasnya per lembar, dan tidak membuat lembar lainnya rusak cepat.

Eh, anak kecil kok diajarin calistung sih!

Tenang saja, ini nggak kayak materi belajar kok, tapi semacam bermain sambil belajar.

Masih bingung memahami cara mengerjakan kegiatan di buku ini? Tenang saja, materi pembelajaran MFOYAB ini juga berkolaborasi dengan tekakita.com.

review tekakita.com

Website ini menghadirkan metode belajar secara hybrid yaitu mencampurkan pembelajaran luring atau offline, dengan daring atau online.

Sehingga anak-anak, bukan hanya menyaksikan video dari guru yang telah berpengalaman, tapi juga bisa melatih kreativitas dan kecerdasan motoriknya, khususnya buat anak usia dini. Yang dilakukan melalui ratusan aktivitas yang menyenangkan dan edukatif.

video edukasi tekakita

Dengan sistem blended learning, menjadikan sistem pembelajaran yang lebih efektif, fleksibel, dan aman. Dan di Tekakita juga diberikan arahan dan petunjuk agar parents bisa dengan mudah mendampingi anak-anak belajar di rumah sesuai dengan kurikulum yang diajarkan di TK ataupun PAUD.

cara pakai mfoyab

Oh ya, di website tekakita.com ada materi pembelajaran dengan video, yang bisa diakses melalui HP, tablet, laptop maupun TV. Si Adik paling senang mengikuti semua materinya, karena lebih interaktif.

video edukasi anak TK

Daaann, jujur nih ya, maminya juga lebih menikmati hal ini, karena gadget time anak-anak jadi lebih bermanfaat, nggak semata nonton acara TV semata.


Harga Paket MFOYAB + akses di tekakita.com 

Penasaran nggak harganya berapa?

Jadi, kita tuh belinya paket MFOYAB yang isinya 4 bundle buku berisi ratusan pembelajaran selama setahunan. Sudah termasuk akses semua fitur pembelajaran di tekakita.com.

Harganya masih terjangkau kok, Rp. 720.000, untuk materi pembelajaran selama setahun. 

Kalau dihitung-hitung, sebulan cuman Rp. 60ribuan ya, dan sehari cuman Rp. 2.000,- saja!

Apa? masih mahal? iya sih, jujur saya juga awalnya merasa itu masih termasuk mihil ya. Iya sih sehari 2reboan, tapi kan bayarnya kudu langsung setahun ya.

Sebagai mamak-mamak, masih mikir-mikir lah!

Tapiiiii....

Eh pas banget liat di website https://awalcemerlang.com/ ternyata lagi ada promo loh, cuman 199 ribu rupiah, untuk semua paket pembelajaran MFOYAB ini!

Auto check out dong saya di Tokopedianya : https://www.tokopedia.com/awal-cemerlang

Kapan lagi kan, punya materi pembelajaran kegiatan edukasi anak di rumah, senilai 500 perak sehari, tapi bisa bikin anak lebih aktif dan cerdas serta happy?

Oh ya, selain di Tokopedia, dia juga ada di Shopee ya, dengan nama akun : Awal Cemerlang.


Kesimpulan dan Penutup

Materi kegiatan edukasi anak di rumah itu penting banget sih menurut saya, apalagi di masa gadget udah berasa kek nanny banget buat para ibu kan ye.

Daripada gadgetan mulu, mending kan kasih kegiatan yang lebih bermanfaat, yang bisa melatih motorik anak lebih baik. Bisa bermanfaat lebih untuk tumbuh kembang anak, juga sebagai bonding buat anak dan parents.

Saya pakai paket MFOYAB (My First One Year Activity Book), yang merupakan lembar kegiatan harian, bisa dipakai selama setahun untuk anak, dengan petunjuk dari parents.

Dilengkapi juga dengan materi pembelajaran melalui video, dari website tekakita.com.

Parents, wajib punya deh!.

Surabaya, 25 November 2023

24 comments for "Rekomendasi Materi Kegiatan Edukasi Anak Usia 4-7 Tahun di Rumah"

  1. Bagus sekali buku MFOYAB ini ya, Mbak. sangat lengkap materi kegiatan edukasinya. Dijamin anak-anak akan lepas gadget, lalu asyik melakukan semua aktivitas dalam buku. pastinya semakin membangun juga hubungan antara anak dan orang tua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mas, pengaruh gadget pada anak ini begitu kuat, butuh hal-hal yang bisa menjauhkan anak untuk selalu hape terooosss hahaha

      Delete
  2. Wow sudah keren, bagus ada promo lagi. Saya sebagai pendidik sangat mengapresiasi produk dari MFOYAB ini yang sangat berpotensi membantu guru maupun orang tua dalam mengembangkan potensi anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, guru sekarang tuh udah banyak banget tugasnya, kalau nakanak yang diajarin masih sulit menangkap apa yang diajarin, rasanya kasian ya.
      Dengan MFOYAB anak-anak bisa dapat tambahan edukasi dari rumah :)

      Delete
  3. MFOYAB ini bagus banget sih menurutku setelah membaca uraian mbak Rey. Anak perlu sesekali dialihkan dari gadget ke hal lain seperti membaca buku. Sistemnya juga bermain sambil belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, gemes juga kalau anak-anak gadget terooosss :D

      Delete
  4. Iyaya bener banget. 720K setahun = 60K per bulan. Terjangkau banget apalagi dapat 4 bundle buku-buku. Lebih menariknya lagi, anak-anak screen timenye lebih bermanfaat. Cuss ah kepoin MFOYAB...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebiih terjangkau kaaann, ga perlu mikir terlalu heboh buat kegiatan anak di rumah

      Delete
  5. Wah keren banget MFOYAB ini ya mba. Anak-anak bisa belajar tapi dengan cara yang lebih menyenangkan. Apalagi pas ada promo gini, mamak2 kudu gercep, yuuk cuzz buruan

    ReplyDelete
  6. Dari Rp700 ribuan jadi Rp200 ribu saja, memang worth a deal banget sih. Rp700 ribu juga nggak mahal kak kalau dibandingkan dengan uang semesteran anak TK jaman sekarang yang udah jutaan, hahaha. Aku pengen jadi orangtua yang all out sama anak kalau terkait pengembangan dirinya, semoga terwujud. Amin.

    Aku juga suka ikut aktivitas sama anak, biar refreshed juga setelah tiap hari laptopan di meja kerja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin mupeng kaaaann, pas lagi promo, rugi banget kalau ga check out, karena super worth it!

      Delete
  7. Wah, langsung berbinar liat harga diskon.
    Rasanya memang dari dulu tuh gak pernah itung-itungan kalo buat anak. Apalagi buku ya.. Tapi kalau belinya random, apakah akan kepake lama?
    Nah, ada testimoni dari ka Rey, jadi mantap memilih.

    Keunggulannya juga selain ada worksheetnya juga ada pembelajaran dengan materi online. Beneran serasa belajar di sekolah online yaah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa, saya sering beli buku beginian sebenarnya, sayangnya kalau ga lengkap, kurang menarik juga buat anak. Mending beli sekalian seri begini

      Delete
  8. jalan keluar jitu nih, saya juga sedih banget lihat anak-anak udah nyandu gadget
    Jadi kalo pengen ngasih hadiah berkualitas, pilih aja MFOYAB ya?
    Kalo bingung, buka aja tekakita.com

    ReplyDelete
  9. Wah, ini media edukasi yang sangat menarik dan bermanfaat bagi anak usia 4-7 tahun ya mbak
    Harganya pun terjangkau

    ReplyDelete
  10. Paket MFOYAB ini sangat bagus desainnya untuk anak2 ya mbak, edukasi sejak dini dan harganya terjangkau. Biar tidak mainan hape mulu ya mbak, anak2 usia 4 - 7 tahun.

    ReplyDelete
  11. Wow keren sekali memang ya kak MFOYAB ini buat perkembangan anak-anak . Sistemnya keren mengajarkan anak-anak jadi lebih produktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, bikin anak-anak jadi lebih punya kegiatan positif

      Delete
  12. Menarik banget nih edukasi dari MFOYAB ini, bikin anak-anak jadi lebih aktif dan produktif ya. Untuk harga promonya juga terjangkau banget, cincay laaah dengan harga segitu dapet materi edukasi seabreg untuk setahun..

    ReplyDelete