Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Bengkel Terbaik Sepeda Motor untuk Moms Pejuang LDM

Konten [Tampil]

tips memilih bengkel terbaik

Memilih bengkel motor terbaik untuk sepeda motor adalah sebuah tantangan tersendiri bagi para moms. Apalagi buat para single fighter mom pejuang LDM kayak saya.

Jangankan mau milih bengkelnya ya, motornya rusak apanya.... juga saya bingung, hahaha.

Pokoknya, tahunya makai aja melulu, apa itu servis motor? apa itu ganti oli?. Bahkan ketambahan ya, masang plat motor aja, saya nggak tahu di mana dong? wakakakak,

Pas kapan hari ngurus perpanjangan STNK 5 tahunan, terus dikasih deh plat baru sama petugas di Samsat, saya ternganga. Lah ini maksudnya saya harus pasang sendiri, gitu? kirain dipasangin, hahaha.

Parah banget kan pengetahuan saya tentang sepeda motor dan segala macamnya itu. Dan saya pikir, bukan saya satu-satunya moms yang mengalaminya.

Sebenarnya sih mudah, cukup nanya suami aja kan, atau sekalian nyuruh suami deh yang urus, biar aman. Tapi, kalau pejuang LDM (long distance marriage) kayak saya. Ya mau nggak mau harus bisa mengerjakan semua sendiri.


Tantangan Moms Pejuang LDM Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor

Menjadi single fighter mom pejuang LDM itu, mengharuskan saya untuk selalu mobile pakai motor, hampir setiap hari.

Sebenarnya, saya takut sih bonceng anak-anak. Tapi, kalau bukan saya yang bonceng dan antar jemput anak sekolah, terus siapa lagi dong?.

Bukan hanya kegiatan antar jemput anak-anak, tapi ke pasar, atau ke mana saja yang butuh mobilitas, ya harus pakai motor. Alasannya, biar hemat, hehehe.

Zaman sekarang memang banyak transportasi umum yang bisa digunakan, termasuk jasa ojek atau taksi online, tapi percayalah, naik motor sendiri itu, jauh lebih hemat.

Saya hanya menghabiskan BBM sekitar 30ribuan sekitar 10-14 hari, di mana setiap hari mobile antar jemput anak sekolah hingga latihan ekstra kurikuler di luar jam sekolah dan lainnya.

Begitu pentingnya sepeda motor buat saya dan anak-anak, apalagi saya ibu-ibu, tenaganya lemes. Jangan sampai dah motor mogok di jalan, ban kempes aja saya nangis dah dorongnya, gimana kalau mogok, hahaha.

Bahkan sekadar motor nggak nyaman, itu mengganggu banget buat saya.

That's why, menjaga kondisi prima si motor adalah penting, salah satunya dengan selalu rutin merawatnya di bengkel.

Tantangan muncul ketika saya, sebagai mom yang butuh bengkel buat perawatan motor. Ternyata, bukanlah hal yang mudah untuk menemukan bengkel terbaik untuk sepeda motor, apalagi yang terpercaya.

Ditambah dengan minimnya pengetahuan moms kayak saya tentang masalah sepeda motor. Udahlah, dijamin bakalan jadi sasaran bengkel yang nakal untuk mengeruk sebanyak-banyaknya keuntungan dari ketidak tahuan tersebut.


Tips Memilih Bengkel Terbaik Sepeda Motor untuk Moms Pejuang LDM

Oleh karenanya, sangatlah penting buat para moms, khususnya pejuang LDM yang harus mengerjakan segala sesuatu sendiri, mencari tahu hal-hal penting dalam memilih bengkel terbaik untuk sepeda motor. 

Dan beberapa tips untuk itu adalah:


1. Cari bengkel yang memberikan harga yang jujur dan transparan

Lebih baik malu-maluin karena banyak nanya, ketimbang sakit hati karena ditipu, hahaha. Itu prinsip saya. Jadi, jangan malu untuk bertanya dulu tentang harga suku cadang yang maupun servis yang diberikan.  

Dan pastikan kita sudah mencari tahu harga suku cadang tersebut, sebelum ke bengkel. Jadi, ketika harga yang ditawarkan terlalu besar selisihnya dengan harga pasaran, kita bisa menolaknya. 


2. Pastikan mencari bengkel dengan mekanik yang profesional dan handal

Mekanik yang handal dan profesional dalam merawat sepeda motor kita juga penting. Jangan sampai motor malah semakin rusak, karena ditangani oleh mekanik yang asal-asalan.

Karenanya pastikan kita mencari bengkel dengan mekanik yang telah berpengalaman dalam mengatasi seluk beluk masalah pada motor.

Kita bisa mengetes kemampuan mekanik tersebut dengan menanyakan suatu masalah motor, yang sebenarnya kita juga tahu jawabannya. Jika jawabannya memuaskan dan sesuai dengan pengetahuan yang kita riset sebelumnya. Maka mekanik tersebut tentunya terpercaya dengan kehandalannya.


3. Pastikan mencari bengkel dengan peralatan yang lengkap dan modern

Memilih bengkel dengan peralatan yang lengkap dan modern juga tak kalah pentingnya. Karena dengan demikian motor kita bisa ditangani dengan tepat, efektif dan efisien.

Seperti yang kita ketahui, bahwa jenis suku cadang motor itu beragam, dan setiap jenisnya akan lebih aman jika ditangani dengan jenis yang sama, baik suku cadangnya maupun alat yang pas untuk itu.

Misal, kita ingin menganti ban motor. Akan lebih baik dan aman jika menggunakan alat bantu yang sesuai dengan ukuran jenis ban motor kita. Jika ukurannya berbeda, tentunya akan berpotensi menimbulkan kerusakan lain, misal jadi baret ataupun lecet.  


4. Pilihlah bengkel yang punya menyediakan suku cadang yang lengkap

Tips lainnya dalam memilih bengkel terbaik dan terpercaya adalah dengan melihat kelengkapan suku cadang yang disiapkan.

Dengan demikian kita tidak kesulitan mencari suku cadang yang sesuai dengan jenis motor yang kita punyai. Dan tidak perlu mengganti jenis suku cadang dengan jenis lain yang mungkin tidak cocok untuk jenis motor kita, dan berpotensi mengakibatkan kerusakan baru pada motor.


5. Pilih bengkel yang memberikan jaminan garansi

Last but not least adalah tidak kalah pentingnya memilih bengkel yang mau memberikan jaminan garansi atas tindakan mereka pada motor kita.

Ini penting banget untuk memastikan, apakah ada keluhan lain yang mungkin muncul akibat dari servis yang mereka lakukan pada motor kita. 

Dan jika terjadi hal demikian, kita tidak perlu bingung mencari bengkel lain untuk memperbaiki keluhan yang muncul.  


Pilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor Ya Planet Ban

Lucky me, sebagai seorang mom blogger yang sering blog walking ke beberapa blog teman lainnya. Suatu hari tanpa sengaja membaca tulisan teman blogger yang puas karena baru servis motornya di Planet Ban.

Kebetulan banget, saya sering banget melewati beberapa store-nya yang memang banyak terdapat di Surabaya. 

Penasaran, saya klik deh websitenya planetban.com dan ternyata banyak banget informasi menarik dan lengkap tentang pengetahuan mengenai motor di sana.

Bukan hanya itu, saya juga bisa tahu semua harga suku cadang motor yang beragam dan lengkap di sana. Ini keren banget dong, pas banget buat saya, si moms yang awalnya nggak tahu menahu tentang harga-harga pasaran suku cadang motor. 

Dan pas banget, ada promonya juga dong, duuhhh! moms mana sih yang nggak tertarik akan harga promo? hahaha.

Suku cadang yang disediakan juga beragam, ada ban dengan berbagai jenis motor, oli, hingga spare part berbagai jenis motor.

Untuk servisnya pun menarik, dengan tagline service rasa mesin baru, off course ini jadi idaman banget kan ya. Akan sangat membantu banget tuh bagi saya Moms yang harus selalu mobile ke mana-mana setiap hari, ditemani motor yang mesinnya kayak baru lagi. 

Servis yang diberikan juga beragam dan lengkap, mulai dari servis mesin, servis throttle body, servis CVT, servis injeksi hingga penggantian Oli Mesin dan Oli Gardan.

Super lengkap kan.

Karenanya, saya memilih Planet Ban sebagai bengkel terbaik untuk sepeda motor, dan merekomendasikannya untuk semua Moms. Apalagi pas banget nih ada Voucher dengan potongan harga sampai Rp 150.000 dari Planet Ban, loh!.

Caranya, klik gambar di bawah ini ya, atau link : https://bit.ly/PotonganSampai150Ribu 

voucher potongan planet ban

Surabaya, 17 Februari 2024

13 comments for "Tips Memilih Bengkel Terbaik Sepeda Motor untuk Moms Pejuang LDM"

  1. Planet Ban, kapan nih ekspansi ke Medan, hehe
    Mupeng dengan tarif terjangkau, sparepart yang murah dan segala promonya.
    Secara klo cewe ke bengkel suka "iya" mulu kalau montirnya bilang ini itu. Kan jarang paham yaa soal kendaraan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, Medan belum nih, semoga nanti merambah ke sana ya :)

      Delete
  2. Aku juga tim emak-emak yang suka tidak suka harus berurusan dengan bengkel motor, secara rutinitasnya lebih banyak menggunakan motor, untungnya di dekat rumah juga ada Planet Ban, jadi gak bingung lagi memilih bengkel terbaik yg bisa membuat nyaman makemak yg kadang suka agak2 overthinking.

    ReplyDelete
  3. Ngomongin sepeda motor dan servis nya bikin aku kangen anakku
    Karena dia yang paling rajin dan disiplin
    Kalo pulang ke Bandung, dia pasti langsung ke garasi untuk bawa sepeda motor ke planet ban

    ReplyDelete
  4. Berasa banget ya Mbak Rey saat berada di status LDM. Perempuan kudu bisa apa aja. Bisa handle segala kesulitan apapun yang terjadi di rumah. Menyaksikan sendiri soalnya. Terjadi sama ipar perempuanku yang suaminya kerja di RIG di Kalimantan. Yang ketengok paling berat itu saat ada anak sakit dan harus di rawat. Termasuk untuk urusan kendaraan (baik mobil maupun motor).

    Kejadian tuh Mbak. Saat keponakan panas tinggi di tengah malam. Iparku motornya mogok. Mobil lupa ngisi bensin. Kacau beliau. Pesan kendaraan on-line gak ada. Yah tengah malam begitu. Akhirnya gedor-gedor tetangga. Ya Allah. Miris hati.

    ReplyDelete
  5. Hal yang lumrah tahunya pakai kendaraan aja, tetapi giliran perintilan si motor nggak engeh deh, hehe. Namun, memang harus paham sih ya soal servis motor ini apa aja, biar selalu awet kendaraannya

    ReplyDelete
  6. Saya sekarang kalau servis di Planet Ban, Mbak. Kebetulan banyak dekat rumah. Dan baru hari jumat saya servis di sana. Saya suka karena pelayanan cepat dan ramah. Harga sangat transparan dan jujur.

    ReplyDelete
  7. Planet Ban udah pasti pilihan tepat. Apalagi buat emak-emak praktis kayak saya. Udahlah langsung percayain aja ket bengkel yang udah punya reputasi. Karena saya juga gak paham-paham banget otomotif. Makanya harus cari bengkel yang bisa dipercaya.

    ReplyDelete
  8. Sebagai soon to be pejuang LDM, kayaknya aku harus mulai mikirin hal-hal kayak gini deh. Soalnya ke bengkel dan pekerjaan tukang lainnya full diurus suamiku, gak kebayang kalau pas LDM kayak gimana. Biar gak diisengin orang bengkel, memang harus pilih bengkel terpercaya seperti Planet Ban ini.

    ReplyDelete
  9. Sebenernya ya, aku kalau ke bengkel gak seteliti itu juga sii..
    Tapi di Planet Ban ini bikin nyaman banget. Bengkelnya bersih dan nyaman buat nunggu pas motor di servis. Jadi, rekomended banget sih yaa..

    ReplyDelete
  10. Kalau aku yang prirotias pilihan bengkel yang paling penting itu adalah mekaniknay harus yang bener2 profesional dan paham tentang bidang perbengkelannya. Nggak papa mahal, yang penting sepeda motorku nggak nambah list penyakitnya..
    Tp kalau ada yang murah gini sih siapa yang bisa nolak yaa apalagi ada Planet Ban

    ReplyDelete
  11. Setuju banget kalau Planet Ban ini bengkel motor terbaik karena banyak keunggulannya dan punya banyak store bengkel di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete
  12. Setuju banget kalau Planet Ban ini bengkel motor terbaik karena banyak keunggulannya dan punya banyak store bengkel di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete