Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Renovasi Rumah Menyambut Lebaran

Konten [Tampil]

kanopi baja ringan

River Valley Resort Home

Renovasi rumah menjadi sebuah hal yang wajib bagi sebagian orang untuk menyambut lebaran.

Di hari tersebut, para umat muslim saling bersilaturahmi dengan mengunjungi rumah satu sama lainnya. Dan untuk itulah, beberapa orang memutuskan untuk merenovasi rumahnya, demi menyambut tamu atau keluarga, agar lebih nyaman berada di rumah tersebut


Tradisi Renovasi Rumah Bagian Depan Agar Lebih Cantik untuk Menyambut Lebaran

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempercantik tampilan tempat tinggal kita, khususnya di bagian depan rumah, di antaranya:


1. Memperbaiki bentuk taman 

Taman depan rumah sangat berperan dalam mempercantik bagian depan rumah. Kita bisa mengubah bentuknya mulai dari mengganti atau menambah koleksi tanaman cantik yang ada. 

Atau bisa juga dengan menambahkan ornamen atau hal lain untuk mempercantik taman. Misal kolam ikan kecil lengkap dengan air mancur yang gemericiknya menenangkan. 


2. Mengganti atau memperbaharui warna cat 

Mengganti atau memperbaharui warna cat depan rumah juga merupakan salah satu kegiatan renovasi yang paling umum dan sering dilakukan oleh banyak orang.

Kita bisa hanya dengan memperbaharui cat yang ada agar terlihat cerah dan tidak kusam. Atau bisa juga menggantinya dengan warna-warna lain yang kekinian, sesuai dengan kepribadian kita.  

Misal, yang awalnya dicat dengan warna yang lebih soft dan calm, diganti menjadi warna cerah yang cantik namun tidak berlebihan. Hal ini akan memberikan kesan segar dan cantik pada tampilan bagian depan rumah.


3. Memperbaiki gaya fasad 

Hal lain yang bisa direnovasi dan dipercantik adalah bagian fasad rumah. Fasad rumah adalah bagian depan rumah yang terlihat dari luar.

fasad rumah
Fasad rumah | sumber: samitravasa

Kita bisa mengubah bentuk jendela atau tampilan dinding bagian depan. Bisa dengan menambahkan ornamen atau model dengan tema tertentu, misal tema natural, minimalis dan semacamnya. 


4. Renovasi pagar agar lebih fresh

Merenovasi pagar bagian depan rumah dengan disain yang lebih fresh juga bisa dilakukan sebagai bentuk renovasi rumah menyambut lebaran.

Kita bisa mengganti catnya, memperbaiki bagian yang rusak, atau mengganti jenis pagar yang ada dengan model pagar kekinian yang lebih simple namun tetap aman.

Namun sebelumnya, pastikan agar bentuk pagar kita tidak menyalahi aturan kompleks rumah tinggal kita, jika ada.


5. Membangun kanopi depan rumah

Hal penting lainnya yang bisa dilakukan dalam merenovasi rumah bagian depan adalah, dengan membangun kanopi. Hal ini penting dan bermanfaat khususnya menyambut tamu ketika lebaran nanti.

Terutama bagi yang punya keluarga besar, ketika tamu atau keluarga datang, mereka bisa duduk-duduk santai di bagian kanopi depan rumah, sehingga lebih nyaman. 

Selain itu, kanopi juga berfungsi untuk melindungi sebagian depan rumah dari hujan dan panas.


Renovasi Rumah Bagian Depan dengan Membangun Kanopi Rumah

Membangun kanopi memang merupakan hal yang paling bermanfaat dalam hal renovasi rumah bagian depan. Hal ini dikarenakan fungsinya yang sangat penting dan menguntungkan penghuni rumah.


Apa itu kanopi rumah?

Kanopi adalah sebuah atap memanjang yang merupakan tambahan di luar struktur atap rumah. Saat ini, hampir setiap rumah punya kanopi khususnya di bagian depan rumahnya. 


Apa fungsi kanopi rumah?

Adapun fungsi kanopi rumah adalah untuk melindungi bagian rumah yang terbuka, sehingga tidak terkena panas maupun air hujan secara langsung.

Dengan kanopi, rumah bagian dalam akan menjadi lebih teduh dari sinar matahari, serta tidak langsung terkena percikan air hujan.


Tips membuat kanopi rumah yang kuat dan tahan lama

Dalam membuat kanopi rumah, sebaiknya kita memperhatikan beberapa tips penting, agar kanopi yang dibangun bisa lebih kuat dan tahan lama, serta tidak menghabiskan banyak biaya yang tidak perlu.

kanopi baja ringan

Atap menggunakan Baja BlueScope Zacs® Natural – Hitam Rokan


Di antaranya:

1. Membuat desain terlebih dahulu

Sebelum memulai pembangunan kanopi, maka hal utama yang harus dilakukan adalah, membuat desainnya.

Pilihlah desain yang sesuai dengan bentuk bangunan rumah, kebutuhan dan juga sesuai dengan dana yang ada. Desain tersebut dituangkan dalam bentuk gambar, agar memudahkan perhitungan biaya maupun pelaksanaannya.


2. Hitung biaya anggaran pembangunan kanopi

Langkah selanjutnya yang juga tak kalah penting adalah, menghitung biaya anggaran pembangunan kanopi. 

Hal ini meliputi biaya bahan atau material yang akan digunakan, dan juga kita juga harus menghitung biaya pasang kanopi tersebut.


3. Pilih bahan kanopi dan atap yang kuat dan tahan lama

Agar kanopi yang dibangun bisa lebih awet dan tahan lama, pastikan untuk memilih bahan yang terpercaya baik rangka maupun atap yang akan digunakan.

Kita bisa memilih bahan dari baja BlueScope Zacs® yang memang diciptakan dari inovasi teknologi atap metal terbaik.

Kanopi menggunakan baja dari BlueScope Zacs® terbuat dari perpaduan 55% alumunium 43.5% zinc dan 1.5% silikon sebagai pelapis pelindung karat pada baja inti dengan minimum pelapis 100gr/m2. 

Kombinasi inilah yang menghasilkan lapisan superior yang lebih tahan karat dari jenis baja ringan biasa. Selain itu, telah bersertifikasi SNI dan dengan garansi minimal 10 tahun untuk ketahanan karat, dan garansi 5 tahun ketahanan warna.

Selain itu, menggunakan kanopi dengan baja ringan lebih menguntungkan. Karena materialnya lebih kokoh, cantik dengan pilihan warna yang bervariasi dan awet, tahan karat, anti rayap, anti jamur, perawatan minim serta cepat pemasangannya.


4. Gunakan tukang atau pekerja yang kompeten

Bukan hanya bahan atau material yang kokoh dan terbaik, memilih tukang atau tenaga ahli pemasangan kanopi terbaik sangat mempengaruhi kualitas kanopi yang dibuat.

Karenanya, jangan abaikan untuk mencari tukang yang terpercaya dan berpengalaman di bidang pembuatan kanopi baja ringan. 

Demikianlah hal-hal penting yang bisa dilakukan untuk renovasi rumah bagian depan dalam rangka menyambut lebaran. Salah satunya dengan membangun kanopi yang sangat berguna untuk melindungi bagian depan rumah dari air hujan langsung maupun terik matahari. 

Agar kanopi tahan lama, gunakan material yang berkualitas terbaik seperti produk-produk dari BlueScope Zacs®.


Sumber:
  • https://bluescopezacs.id/tanya-ahli/tips-merenovasi-rumah-menjelang-lebaran
  • https://bluescopezacs.id/tanya-ahli/hitung-biaya-pasang-kanopi-baja-ringan-bluescope-zacs
Gambar: https://bluescopezacs.id/  

20 comments for "Tips Renovasi Rumah Menyambut Lebaran"

  1. MasyaAllah bentar lagi puasaaa...lalu lebaran....time do flies 😁😂😇 iya nih momentum yg pas bgt utk merapikan rumah. diniatkan supaya makin nyaman sbg tempat kumpul kluarga dan ibadah bareng yessss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi betul Mba, bentar lagi bakalan unjung-unjung, waktu bebenah dan renovasi :D

      Delete
  2. Memilih jasa terpercaya untuk tukang itu emang penting. Saya punya tetangga nih mau pasang kanopi juga dan pagar. Barang semua berkualitas. Eh pas dikerjakan oleh tukang ternyata malah banyak gagal dan merugi banyak... Sayang banget kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sayang banget, harus banget cari tukang yang berpengalaman mengerjakan bahan tersebut.

      Delete
  3. Berbenah rumah itu sesuatu yang menyenangkan, meski anggarannya juga cukup perlu diperhitungkan. Terima kasih untuk referensinya tentang BlueScope Zack ini, Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar renovasinya nggak terbengkalai karena dana kurang ya :)

      Delete
  4. Kalau pas renovasi rumah tuh emang PR banget bikin kanopi yang bisa tahan lama. Soalnya sering baru beberapa tahun eh dah harus renovasi lagi. Sepertinya memilih produk dari Bluescope bisa jadi solusi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr, banyak banget kita liat kanopi rumah pada cepat rusak bahkan ambruk

      Delete
  5. Material bangunan sekarang tuh ringan dan ukurannya besar, jadi masangnya cepet. Bener banget harus pakai tukang yang paham material kekinian.

    ReplyDelete
  6. Lebaran selalu jadi momen untuk merehab rumah, cat yang baru dan hal-hal lain..ini perlu perhitungan agar tidak bablas budgetnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll, bahkan untuk sekadar ngecat, akan lebih baik kalau dihitung biayanya biar pas :)

      Delete
  7. Ibuku kemarin juga kudu renov rumah Karena memang rumah butuh banget di maintenance secara rutin. Adanya pemulihan bahan yang tepat, bikin penampilan rumah juga tampak fresh dan pastinya nyaman bagi penghuninya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, banyak manfaat penggunaan bahan bangunan yang praktis, apalagi buat renovasi kan, biar kerjaannya ga lama, sungkan sama tetangga hahaha

      Delete
  8. Perhitungan yang tepat penting untuk dilakukan saat renovasi rumah dan siapkan dana cadangan juga harus disiapkan untuk berjaga-jaga jika ada pembengkakkan biaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, setidaknya bisa diantisipasi dengan time schedule yang disesuaikan kondisi lingkungan dan cuaca :)

      Delete
  9. Boleh juga nih dijadikan rekomendasi untuk bahan bajanya. Bakalan kokoh dan awet kanopinya klo bajanya terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi seperti BlueScop Zacs.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, bahan bangunan yang awet itu kunci kenyamanan banget :)

      Delete
  10. Kebetulan nih kak, aku lagi pengen nambah kanopi didepan rumah, pias hujan lumayan masuk apalagi musim hujan gini, cus lihat lihat produk Bluescope

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaaa, masalah musim hujan tuh selalu gitu ya, perlu bikin kanopi :)

      Delete