Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya Circle dan Lifestyle di Sekolah Swasta Elit

Konten [Tampil]

biaya circle sekolah

Kemaren tuh liat postingan salah satu teman blogger di Facebook, yang meng-share sebuah tulisan status dengan judul Biaya Circle.

Inti tulisan tersebut adalah, si penulis menceritakan tentang kisah Agnes Jenifer yang dibully netizen, gegara kasih kado difuser buat ultah Ashanty.

Nggak cukup di situ, dia juga menceritakan kisah temannya, yang menyekolahkan anaknya di sekolah swasta yang terbilang elit. Namun, karena rata-rata yang sekolah di situ adalah anak orang berada, lama-lama anak temannya ini, jadi minder dan memaksa parents-nya agar dia sama kayak lainnya.

Nggak mau diantar jemput pakai motor, malu karena lainnya naik mobil. Uang jajan juga harus banyak, karena anak lain juga jauh lebih banyak.

Masih ada tambahan lagi, yaitu kisah seorang pegawai kantoran yang harus mengeluarkan kocek lebih demi ikut-ikutan filer dagu, biar ketceh, hehehe.

biaya circle dan lifestyle


Cerita Biaya Circle dan Ketakutan Parents Menyekolahkan Anak di Sekolah Swasta Elit

Tulisan status facebook tersebut, di-share teman blogger dengan tambahan caption, bahwa dia bersyukur kalau anaknya bisa masuk sekolah negeri.

Karena serem juga kalau akhirnya menyekolahkan anak di dalam lingkungan sekolah, yang mana muridnya udah paham mana tas branded asli, mana yang KW.

Belum lagi biaya circle mamak-mamak murid, yang mana ada cerita, seorang wali murid suka pakai tas branded, tapi uang sekolah anaknya, nunggak terooosss.

biaya circle

Saya jadi mengira-ngira, jangan-jangan yang dimaksud itu adalah saya.

Soalnya dulu, waktu si Kakak masih SD, dia juga sekolah yang buat kami itu masuk golongan elit. Hasilnya, sukses betol berkali-kali si Kakak nunggak bayar SPP, apalagi pas pandemi kemaren? huwaaaaaaa...

Terus saya mah dari dulu sering upload flexing pakai tas branded di IG yang di-share juga link-nya ke status WA. Dan pernah saya iseng cek siapa yang intip, eh ternyata wali kelas si Kakak juga liat dong IG flexing saya pakai tas branded itu.  

Ya pegimana dong? saya udah terlalu nyaman pakai tas branded itu, modelnya emang simple, bisa muat banyak barang pula. Dan itu bukan KW loh, aselih 100%.

Merk apa, Rey?

Nganuuuu, ituuuu.... merk Asus! 

.

.

.

.

Kaboooorrrrrr, wakakakakakakakakakakak!

Oke fokus, balik ke cerita tulisan teman blogger tersebut. 

Saya paham banget sih maksudnya, dan sayapun komen dengan menceritakan pengalaman diri menyekolahkan anak di sekolah yang bikin ngos-ngosan banget itu.

Tapi, pas scrolling kolom komentar, ternyata banyak juga yang salah mengartikan tulisan si Fani. 

Kalau saya sendiri, memang paham ketakutan Fani, si teman blogger yang share status itu. Dan jujur menurut pengalaman saya, memang apa yang ditakutkan itu juga bisa saja terjadi di banyak sekolahan, khususnya sekolah swasta yang elit.

Saya aja yang beruntung, selain emang dari sononya nggak suka kumpul-kumpul, pun juga anak saya kan laki. Ber ibu kan si Maminya yang bisa dibilang mami tomboy pulak.

Liat aja, tasnya aja suka yang yang branded, si brand Asus itu, wakakakaka.

Sekarang malah ada tambahan tas branded lainnya, yang unyu buanget, merknya ERHA Acneact, wakakakakaka.

Baju-baju maminya juga branded semua, baju favoritnya malah kaos lengan panjang branded, merknya Project Revetment and Retaining Wall Dumping 1 Pelabuhan Benoa, *loh? wakakakak.

Nggak sekalian brand PDI Perjuangan atau Golkar yak? wakakakakak.  

Fokus Rey!

I mean, mungkin karena si Kakak adalah anak laki, dia nggak pernah liat maminya sedemikian peduli dengan barang branded yang beneran branded itu. Jadinya mah, hal-hal yang ditakutkan Fani ketika menyekolahkan anak di sekolah elit, Alhamdulillah nggak pernah saya atau si Kakak rasakan.

Tapi, nggak semua anak seperti si Kakak ya, apalagi anak perempuan.

Dan bukan berarti circle pertemanan antar parents yang biasa saja.

Duh, i told you, saya berkali-kali tuh datang bertiga ke acara sekolah si Kakak, pas di parkiran, kendaraan 'mewah' kami beda sendiri.

Kalau yang lain pada datang dengan mobil yang wah, pakaian mamak-mamaknya adalah setelan gamis yang biasa ada di circle pertemanan ibu-ibu sosialita di medsos itu loh.

Mana cantik-cantik pulak, mukanya putih bersih, terlalu receh jika menganggap wajah seperti itu, cuman pakai skincare doang. Tentunya treatment di klinik kecantikan dong.

Tas nya juga mentereng, meski saya nggak pernah perhatikan sih, mereka pakai brand apa ya, tapi dari semuanya, cuman saya keknya yang pakai tas brand Asus, wakakakaka.

Kendaraan kami juga motor antik yang dari edisi terbatas saking kunonya, wakakakaak. Ada yang yang datang pakai motor, tapi keknya nggak ada yang pakai motor antik kek kami, wkwkwkw.

Jadi sebenarnya, menyekolahkan anak di sekolah yang terbilang elit itu, nggak semenakutkan itu, asalkan ada tapinya sih. Tapinya adalah bisa bermental 'NGGAK TAHU MALU KEK SI MAMIREY, wakakakakak.

Dan yang lebih penting adalah, jadilah influencer yang menginfluence anak, untuk selalu bahagia dengan apa yang dia punya, bukan orang punyai.

Etapi ini memang agak sulit nggak sulit ya. Buat saya nggak terlalu sulit, karena anak saya laki. Nggak tahu lagi kalau yang anaknya perempuan ya. 

karena dulu waktu kecil, ada juga masa saya merasa iri dengan teman yang punya barang-barang bagus. Jadi, bisa jadi ada juga anak yang merasa iri ketika barang-barang temannya bagus dan menyenangkan, ketimbang barangnya.

Biaya circle parents pun sama.

Di sekolah si Kakak dulu, sejak si Kakak kelas 1 SD, bolak balik saya diundang acara kumpul-kumpul di rumah salah satu parents yang lumayan gede. 

Si parents murid tersebut suka banget ngumpulin ibu-ibu setiap minggu, mereka rujakan lah, arisan lah, anu lah, itu lah.

Dan saya setiap minggu sibuk mengarang cerita buat alasan nggak bisa ikutan, sampai akhirnya mereka bosan undang saya, wakakakaka.

Selain kumpul-kumpul di rumah salah satu parent, ada juga acara kumpul di masjid sekolah setiap seminggu sekali buat belajar ngaji.

Ibu-ibu itu bilang, katanya kita wajib bisa ngaji, biar anak nggak protes setelah mereka bisa ngaji, eh mamanya malah nggak bisa.

Tapi lagi-lagi saya menolak, untungnya sih saya udah bisa ngaji, tinggal pendalaman lebih, itupun bisa melalui Youtube aja deh, hehehehe.

Karena, iya sih ngaji, tapi ujungnya ada acara begini, begitu dan begono. Jadi mending saya di rumah aja deh, nulis blog, cari duit, hahaha.

Jadi, saya setuju banget dengan tulisan Fani, bahwa penting banget survey mendalam tentang sekolah yang dipilih, biar nggak malah jadi beban mental sendiri.

Apalagi kalau nggak punya mental sekuat 'nggak tahu malunya' si MamiRey ini wkwkwkw.


Pengalaman Menyekolahkan Anak di Sekolah Swasta yang Terbilang Elit

Kami memang punya pengalaman menyekolahkan anak si sekolah yang terbilang elit. Memang sih nggak mahal-mahal amat buat yang lainnya mungkin ya. 

lifestyle ortu murid
Tetap tenang di tengah gempuran parents lain pakai gamis mevvah, si MamiRey pakai baju busui 1 jutaannya dan sepatu 10 jutaannya juga (tapi enolnya gelinding sih, wakakakakakak) 

Bukan SD Islam udang masuknya mencapai 100jutaan ya, hahaha. Tapi, buat kami pribadi, sejujurnya SDI si Kakak dulu tuh, benar-benar nyaris tidak mampu kami penuhin lagi bayarnya.

Waktu daftarin si Kakak ke situ emang kami udah pikirin masak-masak. Dan baik saya maupun papinya satu kata bahwa kami sama-sama setuju dan dengan sadar menyekolahkan si Kakak di situ.

Alasan saya sih sebenarnya simple. Dulu tuh saya pikir, udah nggak akan dikasih anak lagi. Kirain anak saya cuman si Kakak seorang diri.

Abisnya sampai usianya 6 tahun, nggak ada tanda-tandanya tuh saya bisa hamil lagi.

Sampai akhirnya saya cuek, dan merasa punya 1 anak aja juga asyik. Dan kami putuskanlah, mumpung anaknya cuman satu kan ye, kasih aja pendidikan yang terbaik.

Dulu tuh si Kakak ikut kursus Kumon, minta sendiri, kasiiihhhh...

Apalagi SD kan, saya dan papinya yang sama-sama fakir pengetahuan Islam, berharap banget anak bisa sekolah di SD Islam yang lebih fokus mengajarkan Islam ke anak.

Eh gedubrak dah...

Pas udah daftar yang biayanya juga nggak sedikit buat kami, eh saya hamil, wakakakak.

Dan mulailah perjuangan kami, luwaaarrrr biasa!

Meskipun demikian, sebenarnya sekolah swasta yang terbilang elit itu nggak semenakutkan seperti dugaan banyak orang.

Masing-masing sekolah selalu menjaga nama baiknya dengan ketat, sehingga mereka selalu berusaha bijak dalam bertindak.

Di sekolah si Kakak dulu misalnya.

Biar kata ustadz/ah nya beberapa kali ke tempat kami, dan liat seberapa menyedihkan tempat tinggal kami, terutama dibandingkan dengan tempat tinggal murid lainnya yang rata-rata gede dan lumayan mewah.

Tapi ustadznya tetap ramah dan baik loh, ke semua parents termasuk ke saya maupun si Kakak. Coba aja saya merasa adanya ketidak adilan kan ye, udah lama kali terekam di blog ini sikap ustadz/ah di sekolah itu, which is itu pastinya merusak nama baik sekolah.

Bahkan, ketika pandemi kemaren, si Kakak berkali-kali menunggak uang SPP. Tapi Alhamdulillah si Kakak berkali-kali juga diberi kelonggaran oleh sekolah. Dan tentunya, nggak dibedakan dengan murid lainnya.

Sekolah juga punya aturan ketat, di mana melarang segala bentuk pemberian parents ke ustadz/ah, kecuali melalui sekolah, agar semua guru dan staf bisa dengan adil menerima pemberian tersebut.

Bagaimana dengan biaya circle ibu-ibunya, atau biaya lain-lain dari kegiatan sekolah yang diadakan parents?

Kalau biaya circle ibu-ibu, tentunya ada dong. Tapi seperti yang saya tuliskan di atas, si MamiRey mah kagak tahu malu, diajak ya ditolak. Yang lain pakai branded? si Rey cuek pakai brand Asus, wkwkwk.  

Dan sikap saya tuh diselamatkan karena aturan keras sekolah, melarang segala pemberian vertikal parents ke guru. Jadi, mau hari guru kek, ultah guru kek, hari nganu kek.

Pas yang lain heboh urunan buat beliin ini, beliin itu. Si MamiRey mah, cuek dan pura-pura nggak tahu aja. Dimasukin ke grup wali murid sih, tapi sampai chatnya ribuan, jarang banget saya baca, palingan saya buka, trus clear chat, wakakakakak.

Lalu gimana dengan uang jajan anak? barang-barang branded anak?

Beruntungnya, di sekolah si Kakak dulu ada aturan batas maksimal uang jajan yang boleh dibawa anak. Bahkan kalau nggak salah, anak-anak ketika kelas 1 dilarang bawa uang jajan. 

Dan naik kelaspun, ada batas maksimal, sehingga anak-anak nggak berpotensi iri pada yang uang jajannya lebih gede.

Pun juga, sekolahnya udah include makan siang, jadi anak-anak nggak semua bawa bekal, semua ya makan makanan dari sekolah.

Namuuuunnn, aturan sekolah hanyalah aturan, ada juga yang melanggarnya, ada yang uang jajannya ternyata banyak. Tapi karena yang melanggar cuman dikit kali ya, jadi bukan masalah buat lainnya.

Selain itu, ada juga aturan sekolah, nggak boleh pakai barang berharga. Nggak boleh pakai jam mahal, apalagi emas atau berlian, dilarang keras.

Jadi, anak-anak menemui kesulitan buat flexing di sekolahan, hahaha.

Untuk biaya ini itupun terbilang amat sangat aman dan damai.

Uang SPP dan daftar ulang sekolah si Kakak emang terbilang mahal buat kami. Tapi semua itu udah include segala-galanya! 

Anak-anak mau ada acara apa kek, di mana kek, semua itu FREE aka gratis!

Bahkan anak-anak tuh 2 kali wisuda, ada wisuda baca Al-quran, ada juga wisuda kelulusan. Semuanya gratis tis! Bahkan parents diundang ya dapat snack juga tuh.

Waktu wisuda kelulusan SD kemaren, si Kakak malah dapat baju dari sekolah, dan itu, GRATIS!

Ada banyak kegiatan di luar sekolah, renang setiap bulan, berkuda, memanah, outbound dan lainnya. Semuanya gratis tis tis.

Ada kegiatan perpisahan anak SD di hotel luar kota, anak-anak menginap pula di sana, dan biayanya? enol rupiah!

Bisa dikatakan, puyengnya cuman sebulan dan setahun sekali, pas bayar SPP dan pas daftar ulang. Buku, dan lainnya, semua ditanggung sekolah. Biaya kegiatan parenting dan lainnya, semua gratis!.

Lalu gimana dengan biaya saling bersaing biar anak lebih pintar? dan dapat juara kelas?

Selama sekolah di situ, saya nggak tahu si Kakak dapat juara berapa, dan nggak tahu juga siapa yang juara 1? wakakaka.

Nggak pakai juara-juaraan sih, palingan dapat kabar aja siapa yang paling pintar matematika misalnya, karena dia menang juara olimpiade matematika atau semacamnya.

Dan yang paling penting, saya dulu udah kenyang dapat juara 1 sih, jadi nggak terlalu memaksa anak-anak harus sepintar BJ Habibie, wakakakaka.

Pokoknya saya cuman kasih tahu ke si Kakak, plis jangan tinggal kelas yak!

SPP dan daftar ulangnya MAHAAAAAALLLL! hahaha.

Dan karena itu juga, saya nggak terlalu pusing si Kakak harus ikut les anu inu, dia cuman pernah ikut Kumon ketika TK sampai SD. Itupun kemauannya sendiri, gara-gara liat iklan Kumon di TV, dan pas juga di gang sebelah tempat tinggal kami emang ada tempat les kumon.

Nggak lama kemudian, dia menyerah, dan kami mah cuek aja.

Padahal bertahun dia ikut les kumon, Matematika dan bahasa Inggris, hasilnya enol. Dia nggak bisa ngomong Inggris, bahkan bete kalau diajak maminya bahasa Inggris.

Dan saya pun nggak terlalu mempermasalahkan hal itu.

Antara mamak malas, dengan gaje emang beda tipis yak, wakakakaka.


Kesimpulan dan Penutup

Tidak dipungkiri, biaya circle dan lifestyle dalam menyekolahkan anak di sekolah swasta yang terbilang elit, menjadi sebuah momok tersendiri buat sebagian parents

Namun, berdasarkan pengalaman saya, sebenarnya nggak semua sekolah menakutkan kok. Dan saya pikir, kebanyakan sekolah swasta elit tuh, biasanya sudah menjabarkan semua biaya-biaya dan aturan sekolah dari awal sebelum anak diputuskan sekolah di situ.

Untuk masalah biaya circle sendiri, kembali ke personal masing-masing sih ya. Kalau saya pribadi, emang bukan tipe ibu-ibu yang suka kumpul, apalagi kalau harus ngeluarin duit kan ye.

Jadi, nggak ada masalah sih, buat saya. Juga buat si Kakak.

Dan saya setuju dengan tulisan Fani, bahwa sebaiknya parents benar-benar survey dan tanya secara gamblang tentang kondisi sekolah yang diincar. Biar nggak tekanan batin, kayak si MamiRey yang nyekolahkan si Adik di TK di Surabaya sekarang.

Nggak terlalu mahal sih, tapi karena nggak ada aturan ketat dari sekolah, jadinya uang gono gininya kok adaaaaaaaaa aja, huhuhu. 

How about you, parents?


Surabaya, 30 November 2023

4 comments for "Biaya Circle dan Lifestyle di Sekolah Swasta Elit"

  1. susah juga si, gk tahu malunya itu yang seperti apa bu ? tapi memang tiap karakter orang si masing2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya nggak perlu malu kalau nggak mampu :D
      Jadi, kalau emang saya nggak mampu dan nggak nyaman, selama itu bukan kewajiban sekolah, nggak bakal saya ikutan :)

      Iya sih, karakter orang berbeda-beda, tapi sebaiknya nggak perlu malu dan memaksakan diri, yang rugi diri kita sendiri :)

      Delete
  2. Setuju Rey, sebenernya yg penting punya sikap bodoamat itu ya kaaan? Ga peduli Ama ajakan para ibu2 wali murid, kita ttp konsisten tolak aja 😄.

    Tapi memang alasan kenapa aku pilih sekolah negeri utk anak2ku, ya karena kami mau sekolah yg Deket rumah. Itu pertama.

    Kedua, aku mau ngajarin anak2' utk sadar kalo sekeliling mereka masih banyak temennya yg mungkin ga terlalu mampu. Kalo sekolah swasta elit di sekitaran rumahku , itu jujurnya beneran the have, dan aku sendiri mungkin bakal ngos2an sekolahin anak di situ.

    Aku sbnrnya ga peduli Ama circle ibu2nya, tapi aku lebih mikirin circle anak2nya. Ntah kenapa kuatir aja anakku yg dibully kalo sampe uang jajan, gadget, cerita liburan, ga bisa semewah temen2nya.

    Sekolah adek dan si Kaka ini sama2 negeri tp beda lokasi. Dan itu aja, yg sekolah kakaknya, circle ibu2nya beda banget Ama circle enak2 di sekolah adik. Lebih berpunya yg sekolah adek . JD LBH banyak bikin acara. Tp selama aku bisa ikutan nyumbang duitnya aja, tanpa Harus ikutan hadir, buatku ga masalah. Aku slalu bilang masih kerja ke mereka JD ga bisa ikutan. Pdhl faktanya udh resign dan memang males gaul Ama Orang2 begitu 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak kalau nggak ikutan anjem anak-anak Mba, kemaren saya pas si kakak SD bebas menolak ajakan dan circle, karena emang jarang ketemu. Si kakak pakai anjem sekolah.
      Si Adik nih yang selalu saya anter jemput, mau nggak mau harus ketemu mamak-mamak lainnya, dan sulit nolaknya hahahaha.

      Nah iya, kemaren saya juga wanti-wanti nanya mulu sama si Kakak, Alhamdulillah sih aman, dan si Kakak masih selalu terbuka sama maknya ini :D

      Delete