Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya Perpisahan dan Wisuda Anak SD Dikeluhkan Banyak Ortu

Konten [Tampil]

biaya-perpisahan-dan-wisuda-anak-sd

Biaya perpisahan dan wisuda anak SD banyak dikeluhkan oleh para parents. Dan hal ini banyak terjadi setiap kali akhir tahun ajaran atau kelulusan anak.

Sebenarnya bukan hanya SD sih ya, anak TK, SMP bahkan SMA juga seringnya diadakan kegiatan perpisahan yang sukses membuat beberapa, bahkan banyak parents merasa diberatkan.

Namun, karena anak saya memang berada di jenjang SD, dan kebetulan tahun ini lulus SD, jadinya saya bakalan membahas tentang anak SD tentunya.


Fenomena Acara Perpisahan Mewah Anak Sekolah

Katanya sih, tahun 2023 ini, ekonomi di Indonesia masih lesu. Nggak usah ngomongin Indonesia deh, saya mau ngomongin ekonomi keluarga sendiri aja yang masih ngos-ngosan, hahaha.

biaya-perpisahan-dan-wisuda-anak-sd

Tapi ajaibnya nih ya, di tahun 2023 ini, fenomena perpisahan anak sekolah yang mewah, malah semakin banyak.

Well, sejujurnya hal ini memang sejak dahulu kali ya, sering banget kita dengar keluhan ortu setiap kali menjelang akhir tahun ajaran anak sekolah. Salah satunya ya biaya perpisahan yang seringnya memberatkan parents.

Namun, nggak cuman tahun-tahun belakangan yang saya dengar ada acara perpisahan di tempat wisata, you know?. Beberapa sekolah malah menyelenggarakan perpisahan mewah ke luar negeri.

Salah satunya keponakan saya, yang baru saja pulang dari Singapura, We O We dah! hahaha.

Anak saya, si Kakak Darrell yang akan lulus dari SDI tahun ini, juga mengalami hal yang sama. Mereka mengikuti acara perpisahan di luar kota, bahkan menginap di salah satu villa selama 1 malam.

Lucky me, Alhamdulillah-nya, sekolah si Kakak tidak lagi menarik uang tambahan sepeserpun, selain untuk biaya kaos yang akan dipakai ketika perpisahan yang mereka sebuh rihlah sekolah. Itupun biayanya dikumpulkan selama beberapa bulan, dan anak-anak diminta menabung khusus di sekolah untuk keperluan tersebut.

Baca Tulisan Kakak Darrell : Pengalaman Rihlah SDI Raudlatul Jannah Angkatan 14 di Blessing Hills Trawas

Jadi, si Kakak ikut serta dalam fenomena acara perpisahan anak SD yang lumayan mewah, tapi parents, khususnya maminya, nggak pakai ngomel karena kudu bayar lagi, hahaha.

Enak ya sekolah si Kakak Darrell!

Kata siapa?

Itu nggak ada lagi tambahan bayar buat perpisahan, ya karena SPP dan daftar ulangnya We O We juga, hahahaha.

Dan jujur nih, kenyataan ini sedikit banyak menghibur kami sebagai parents, karena di saat parents lainnya mengeluh dan mengomel tentang tambahan biaya anak-anak ketika perpisahan sekolah. Eh kami bisa santai dan menikmati kelebihan dari membayar SPP dan daftar ulang anak bertahun-tahun dengan ngos-ngosan, hahaha.

Dengan kata lain, akhirnyaaaaa.... ada juga kelebihan membayar SPP yang bisa dibilang mahal, dibandingkan sekolah lainnya, hehehe.

Baca Juga : Cerita 4,5 Tahun Bersekolah di SDI


Fenomena Acara Wisuda Anak Sekolah

Bukan hanya acara perpisahan sekolah anak yang kadang memberatkan parents, ada lagi tambahan acara, yaitu wisudaan.

biaya-perpisahan-dan-wisuda-anak-sd

Tauk deh, siapa juga yang ciptakan, anak-anak selain yang kuliah, lulus sekolah pakai wisuda segala. Setahu saya kan dulu tuh yang wisuda cuman anak kuliahan. Bahkan seumur-umur saya cuman sekali diwisuda, yaitu ketika berhasil lulus skripsi, hahaha.

Nah sekarang dong, bahkan anak TK juga diwisuda, anak SD, SMP dan SMA juga!

Si kakak juga rencananya akan menjalani wisuda tanggal 18 Juni 2023 nanti, dan para parents di sekolah kakak udah konfirm, dan ternyata nggak ada tambahan pembayaran lagi.

Anak-anak bahkan hanya diminta menyiapkan celana panjang berbahan kain dan berwarna hitam, atasan dan kopiahnya disiapkan oleh sekolah secara gratis, tanpa pungutan biaya sama sekali.

Alhamdulillah.

Tentu saja ini privilege buat kami sebagai parents yang udah ngos-ngosan bayar SPP dan daftar ualng selama 6 tahun, hehehe.

Sementara, di luaran banyak juga parents yang mengeluhkan hal ini, di mana bukan hanya ribet menyediakan perlengkapan wisuda buat anak-anaknya. Tapi juga ribet karena dimintai uang tambahan lagi buat keperluan wisuda anak-anak.

Dan ini yang menjadi salah satu dari banyaknya keluhan parents menjelang akhir tahun ajaran seperti ini.   

Baca Juga : Menyikapi Ekspektasi dan Harapan Orang Terhadap Anak Kita


Biaya Perpisahan dan Wisuda Anak SD dari Sekolah Mahal dan Sekolah Terjangkau

Sejujurnya buat saya, masalah perpisahan dan wisuda anak-anak sekolah ini, sebijaknya diperhatikan juga akan kemampuan para parents, jangan sampai memberatkan.

Apalagi di akhir tahun ajaran kelulusan anak-anak ini, para parents bukan hanya pusing mikirin perpisahan dan wisuda anak-anak, tapi juga pusing mikirin biaya anak ke sekolah lanjutan.

Kayak si Kakak yang rencananya akan masuk SMP negeri di Surabaya. Melihat keterbatasan jumlah sekolah negeri di Surabaya, jujur deg-degan juga menanti hasil PPDBnya. Apakah si Kakak bisa masuk, atau enggak?

Jika enggak, maka sekolah swasta menjadi opsi meski berat.

Nah, saya pikir ini bukan cuman masalah satu dua parents aja, tapi banyak. Yang anaknya nggak bisa masuk sekolah negeri terpaksa ke sekolah swasta, which is itu butuh biaya lebih juga.  

Bukan hanya sekolah swasta ding, bahkan masuk sekolah negeri pun tetap butuh biaya untuk perlengkapan sekolah anak kan.

Nggak heran jika banyak parents yang protes berat akan kegiatan perpisahan dan wisuda anak yang dinilai memberatkan.

Apalagi, di beberapa sekolah terkesan sangat dipaksakan, di mana nggak punya uang dan nggak bisa ikut pun, wajib bayar.

Kalau enggak, ya ijazah ditahan *aneh banget!

That's why kami para parents yang beruntung karena anak-anak nggak perlu ada tambahan biaya untuk kegiatan akhir tahun, merasa sangat bersyukur.

Sudahlah kami nggak perlu mengeluarkan uang tambahan lagi, segala acaranya di-handle pihak sekolah pulak. Jadi parents cuman terima jadi, tunggu undangan dan menghadiri acara wisuda anak-anak aja.

Meskipun dibalik ketenangan kami di akhir tahun ajaran sekolah anak ini, tersimpan ngos-ngosan membayar SPP yang luar biasa buat rekening kami, hahaha.

Baca Juga : Biaya Masuk SDI Raudlatul Jannah 2021 


Kesimpulan dan Penutup

Biaya perpisahan dan wisuda anak sekolah khususnya SD banyak dikeluhakan parents di akhir tahun ajaran sekolah seperti ini.

Hal ini wajar sih, karena banyak parents yang masih bingung menghadapi dan menyiapkan biaya untuk anak melanjutkan sekolah. Eh ketambahan biaya untuk perpisahan dan wisuda anak.

Syukurlah di sekolah kakak Darrell tidak ada lagi tambahan biaya untuk perpisahan maupun wisuda, karena semuanya telah include dalam SPP dan uang daftar ulang setiap tahunnya.


Sidoarjo, 07 Juni 2023

Sumber: Pengalaman dan opini pribadi

Gambar: Canva edit by Rey dan dokpri

Demikian artikel tentang biaya perpisahan dan wisuda anak SD yang banyak dikeluhkan ortu, semoga mendapatkan solusi terbaik dari dinas pendidikan setempat.

1 comment for "Biaya Perpisahan dan Wisuda Anak SD Dikeluhkan Banyak Ortu"

  1. Menurut saya, pendidikan kita makin aneh. Haha .... Urusan mudah dibuat rumit. Kalau biaya ditanggung sekolah bolehlah. Jika memberatkan orang tua? Apa sipembuat kebijakan tuh gak mikir? Sebab, di pedesaan masih banyak orang tua yang kesulitan keuangan

    ReplyDelete