Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Zonasi PPDB yang Berdampak Terhadap Investasi Properti

Konten [Tampil]
sistem-zonasi-ppdb-dan-dampaknya

Sistem zonasi PPDB sungguh menguras energi khususnya para parents, saya salah satunya. Dan setelah mengalaminya sendiri, saya tersadarkan oleh sebuah fenomena lain, yang merupakan dampak dari sistem zonasi ini, terlebih di saat pandemi baru saja berlalu, yaitu di bidang investasi properti.

Dampak ini dikarenakan banyaknya parents, yang berlomba dengan berbagai cara untuk bisa memasukan anak-anaknya bersekolah di sekolah negeri yang terbilang jauh lebih terjangkau, namun tetap dengan kualitas yang baik.

Sehingga tidak jarang, para parents terpaksa melakukan hal-hal yang di luar nalar, salah satunya dengan memindahkan alamat kartu keluarga ke lokasi yang lebih dekat dengan lokasi sekolah negeri favorit.

Hal ini tentunya menjadikan sebuah fenomena baru, yaitu lokasi dekat sekolah negeri tiba-tiba menjadi lokasi favorit untuk dihuni para parents yang mempunyai anak usia sekolah.

Baca juga : Syarat dan ketentuan Pendaftaran PPDB Surabaya 2023


Apa itu Sistem Zonasi PPDB

Mengutip dari halaman kompas.com, bahwa sistem zonasi PPDB adalah sistem penerimaan calon peserta didik baru di sekolah negeri, yang diperuntukan bagi yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Jalur zonasi adalah jalur pendaftaran PPDB yang diperuntukkan bagi calon peserta didik baru yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda). 

Aturan ini telah tercantum dalam Permendikbud No.1 Tahun 2021, tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan. 

Sejujurnya saya sangat mendukung adanya sistem zonasi ini, karena akan merealisasikan pemerataan pendidikan untuk semua masyarakat.

Selama ini saya merasa, bahwa kesenjangan sosial dan pendidikan itu bermula dari adanya sekolah dengan label 'favorit' dan 'buangan'.

Anak-anak yang tidak punya kecerdasan lebih di bidang pendidikan, terpaksa harus rela masuk sekolah di tempat yang terkesan 'buangan'. 

Dengan adanya sistem zonasi, maka semua anak yang bertempat tinggal di sekitar sekolah, dapat merasakan dan berkesempatan bersekolah di tempat yang lebih dekat dengan alamat tempat tinggalnya.

Tidak peduli itu sekolah dengan label 'favorit', sementara kecerdasan pendidikannya kurang.

Dan denga adanya sistem zonasi ini, si Kakak Darrell juga kami arahkan untuk bisa mengikuti PPDB SMP Surabaya dengan jalur ini.

Baca juga : Cara Daftar PPDB SMP Surabaya untuk Siswa Lulusan Luar Kota


Kelebihan dan Kekurangan Diberlakukan Sistem Zonasi PPDB

Tapi ternyata, adanya sistem ini, bukannya tanpa kelebihan serta kekurangan yang dialami banyak anak-anak sekolah.

Beberapa kelebihannya, seperti yang pernah saya singgung di postingan sebelumnya, di mana dengan adanya sistem ini, maka keadilan sosial dan pemerataan pendidikan dan fasilitasnya bisa lebih tercapai.

Tidak ada lagi label sekolah favorit dan buangan, sementara untuk penyediaan fasilitas pun jadi lebih merata, karena pemerintah tentunya akan lebih adil dalam memberikan fasilitas, bukan semata mendahulukan sekolah 'favorit' aja.

Namun, bukan berarti sistem ini tanpa celah negatif atau kekurangannya. Beberapa hal negatif juga muncul dikarenakan sistem ini.

Di mana beberapa orang tua jadi menggunakan semua cara demi anaknya bisa keterima sekolah negeri. Terlebih di masa pasca pandemi seperti sekarang, di mana kondisi ekonomi masyarakat belum sepenuhnya pulih. Mau tidak mau menyekolahkan anak di sekolah negeri adalah pilihan terbaik.

Mengingat sekolah negeri adalah sekolah yang difasilitasi pemerintah, sehingga minim biaya pendidikan, namun tetap memberikan kualitas pendidikan yang baik.

Baca juga : Tips dan Trik Agar Lolos PPDB Jalur Zonasi

  

Dampak Sistem Zonasi Terhadap Investasi Properti

Di sisi lain, adanya sistem zonasi ini sangat berdampak terhadap investasi properti, di mana punya properti atau rumah di dekat sekolah negeri merupakan sebuah hal utama bagi penghuninya.

sistem-zonasi-ppdb-dan-dampaknya

Hal ini bergeser dari minat para pemilik hunian beberapa tahun lalu, di mana ketika itu masih jarang yang peduli bahwa memiliki hunian dekat dengan sekolah negeri favorit, merupakan sebuah kelebihan tersendiri, karena memungkinkan akses pendidikan anak-anak jadi lebih mudah.

Beberapa tahun setelah ditetapkan sistem zonasi ini, barulah banyak orang tua yang mulai berpikir bahwa memiliki hunian dekat sekolah negeri adalah sebuah hal yang penting.

Selain bisa memudahkan anak-anak untuk mendapatkan pendidikan di sekolah negeri favorit. Pun juga bisa menjadi sebuah investasi properti yang menguntungkan.

Beberapa orang bahkan mulai mempertimbangkan untuk membeli rumah di lokasi dekat sekolah negeri impian. Bahkan mulai serius untuk menghitung kemampuannya, dalam mengajukan pinjaman ke bank untuk investasi properti dekat sekolah negeri.

Di zaman sekarang, semua orang bisa mengetahui kemampuannya mengajukan pinjaman di bank. Hal ini penting, karena sejak pandemi, banyak bank yang mulai memperketat syarat kreditnya.

Karenanya masyarakat bisa menghitung kemampuan keuangannya guna mengajukan pinjaman bank, dengan menghitungnya menggunakan kalkulator hipotek secara online. Salah satunya dengan kalkulator yang ada di website website https://www.mortgagecalculator.uk/ 


Apa Itu Mortgagecalculator?

Mortgagecalculator adalah sebuah website yang menampilkan kalkulator hipotek yang berguna untuk menghitung kemampuan seseorang guna melakukan mengajukan pinjaman keuangan di bank, berdasarkan keuangan yang dipunyai.

Website ini memiliki fitur-fitur yang memungkinkan pengunjung web untuk dapat menautkan perhitungan kemampuan keuangannya, ketika harus mengajukan pinjaman di bank.

Cara perhitungan di website ini juga sangat mudah, hanya dengan memasukan data yang diminta, yang tentunya sebelumnya harus dikonversikan dahulu ke mata uang Inggris. Setelah itu bisa mendapatkan hasil perhitungan otomatis, setelah menekan tombol perhitungan.

Pada awalnya kalkulator ini hanya melayani pasar di Inggris. Tapi perhitungan-perhitungan yang ada di website tersebut, bisa digunakan di hampir semua negara di dunia.

Hal ini dikarenakan perhitungan di website Mortgagecalculator bekerja sama hampir di semua negara, kecuali unit mata uang dan harga rumah. 

Keunggulan lain dari website ini adalah, adanya grafik pembayaran pinjaman bersama dengan tabel amortisasi bulanan hingga tahunan. Hal ini sangat bermanfaat untuk kepentingan peminjaman kredit ke bank yang dibutuhkan untuk membeli rumah dekat sekolah negeri sebagai investasi masa depan anak sekolah.

Sebagai contoh untuk halaman di website https://www.mortgagecalculator.uk/affordability/ , yang berfungsi untuk memperkirakan keterjangkauan keuangan kita ketika mengajukan pinjaman ke bank.

Untuk jenis kalkulator ini, pengguna dapat menyertakan investasi, anuitas, tunjangan, pembayaran tunjangan pemerintah di sumber pendapatan lainnya. Lalu dengan memilih frekuensi pembayaran yang benar, sehingga bisa menghitung pendapatan tahunan yang benar.

Baca juga : Biaya Perpisahan dan Wisuda Anak SD yang Dikeluhkan Masyarakat


Kesimpulan dan Penutup

Diberlakukannya sistem zonasi PPDB sekolah negeri sekarang, berdampak juga pada aspek lokasi hunian masyarakat, yang kebanyakan mulai memikirkan untuk memiliki hunian dekat sekolah favorit.

Sistem PPDB jalur zonasi memang punya beberapa kelebihan di antaranya bisa mencapai pemerataan pendidikan dan fasilitasnya untuk seluruh anak Indonesia. Namun di sisi lain juga terdapat kekurangan yang bikin para parents menghalalkan segala cara demi anaknya bisa masuk sekolah negeri favoritnya.

Di sisi lain, sistem tersebut juga berdampak terhadap investasi properti, di mana banyak orang yang mulai memikirkan untuk memiliki hunian dekat dengan sekolah favorit anaknya.

Dan untuk itu, masyarakat bisa menghitung kemampuan keuangannya sendiri, guna mengajukan pinjaman ke bank dengan kalkulator hipotek yang ada di website https://www.mortgagecalculator.uk/


Surabaya, 10 Juli 2023

Sumber:

  • https://regional.kompas.com/read/2023/04/15/155828378/ppdb-jalur-zonasi-pengertian-kuota-serta-pentingnya-usia-dan-jarak-rumah diakses 10 Juli 2023
  • https://www.mortgagecalculator.uk/ diakses 10 Juli 2023
  • Pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

Demikian artikel tentang pengaruh sistem zonasi PPDB yang sangat perdampak terhadap investasi properti, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Sistem Zonasi PPDB yang Berdampak Terhadap Investasi Properti"