Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PPDB SMP Surabaya 2023, Syarat dan Ketentuan Pendaftarannya

Konten [Tampil]

ppdb-smp-surabaya-2023

PPDB SMP Surabaya 2023 sudah di depan mata, dan sebagai salah satu orang tua murid yang anaknya akan masuk SMP, sayapun excited sekaligus deg-degan dalam menyambutnya.

Terutama karena si Kakak Darrell rencananya akan masuk SMP negeri di Surabaya, karena kami memang sejak awal ber-KTP Surabaya, jadi rencananya akan menempuh jalur zonasi.


Dramanya adalah, si Kakak Darrell bersekolah di SD swasta wilayah Sidoarjo. Which is untuk wilayah ini pembukaan PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru jenjang SMP negeri khususnya, dimulai lebih awal sejak bulan April 2023 lalu.

Karuan saja saya jadi deg-degan, karena pas nyari berita PPDB untuk wilayah Surabaya, belum ada tanda dan hilalnya.

Dan karena sekolah si Kakak masuk wilayah Sidoarjo, otomatis semua informasi yang berasal dari sekolahnya hanyalah untuk berita sekolah di wilayah tersebut.

Galaulah saya.

Syukurlah, di bulan Mei ini, ketika iseng saya mengecek informasi yang ada, eh ternyata sudah tersedia dong. Dan biar lebih menyebar, akan saya share ulang informasi pendaftaran PPDB SMP negeri di Surabaya 2023 ini.

Baca juga : Sekolah Seharusnya Untuk Mencerdaskan Semua Anak


Apa itu PPDB SMP Surabaya 2023

PPDB adalah singkatan dari Penerimaan Peserta Didik Baru, di mana untuk semua sekolah negeri sekarang dilakukan secara online (setahu saya ya, khususnya di pulau Jawa).

ppdb-smp-surabaya-2023

Semua kegiatan PPDB sekolah negeri 2023 dilakukan secara terpisah untuk setiap daerah, dengan website yang berbeda, termasuk setiap jenjangnya.

Misal di Surabaya, tiap jenjang ada website khusus yang dipergunakan untuk kegiatan PPDB tersebut. Mulai dari validasi atau mengisi informasi diri siswa, mendaftar, hingga daftar ulang.

Jadi, tidak ada lagi pendaftaran sekolah negeri yang dilakukan di sekolah tujuan. Semuanya dikelola oleh Dinas Pendidikan wilayah setempat melalui website resmi yang dibuatnya.

Menarik sih ya, meskipun juga lumayan deg-degan juga. Karena meski Alhamdulillah saya sebagai ortu murid nggak gaptek-gaptek banget, tapi sudah jadi cerita lama dah, setiap kali pendaftaran dilakukan secara online, langsung dah websitenya down, hahaha. 

Baca juga : Cerita Hari Pertama Sekolah di TK A


Syarat Umum Pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023

Untuk bisa mendaftar dan menjadi bagian dari peserta didik SMP negeri Surabaya 2023, ada beberapa syarat umum yang harus dipenuhi, di antaranya:

  1. Anak yang akan mendaftar jadi siswa SMP Negeri di Surabaya harus berusia paling tinggi 15 (lima belas) tahun, dihitung sejak tanggal 1 Juli tahun 2023 ini.
  2. Persyaratan usia anak harus dibuktikan dengan akte kelahiran atau surat keterangan lahir yang dilegalisir pihak berwenang.
  3. Anak sudah menyelesaikan kelas 6 (enam) di Sekolah Dasar atau yang sederajat.
  4. Anak mempunyai ijazah atau surat tanda tamat belajar Sekolah Dasar (SD) atau sederajat.
  5. Semua calon siswa yang mendaftar selain jalur inklusi, wajib mempunyai KK atau Kartu Keluarga Surabaya yang diterbitkan minimal setahun sebelum waktu PPDB SMP 2023.
  6. Semua calon siswa wajib melakukan validasi data secara online sesuai waktu yang ditetapkan.
  7. Untuk calon siswa SMP negeri yang tercatat menjadi satu dengan orang tua kandungnya dalam satu Kartu Keluarga diberikan kelonggaran batas waktu.


Ketentuan Jalur Pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023

Adapun ketentuan pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023 dilakukan dalam beberapa jalur, di antaranya:


1. Pendaftaran PPDB SMP Jalur Zonasi

Karena si Kakak rencananya akan mendaftar pakai cara jalur zonasi, makanya saya akan bahas jalur ini terlebih dahulu ya.

Jalur zonasi ini diperuntukan kepada calon siswa SMP negeri di Surabaya secara umum, di mana ketentuan utamanya berdasarkan wilayah alamat KTP atau Kartu Tanda Penduduk Surabaya.

Dan beberapa ketentuan untuk jalur zonasi ini adalah:

  • Untuk jalur zonasi ini, calon siswa SMP Negeri diperbolehkan memilih 2 sekolah atau SMP, di mana zonasi pilihan pertama yaitu SMP Negeri yang berlokasi satu kelurahan dengan alamat KTP. Dan zonasi pilihan kedua yaitu SMP yang berlokasi satu kecamatan dengan alamat KTP (meskipun beda kelurahan).
  • Ketentuan penerimaan siswa di SMP pilihan berdasarkan ketersediaan kuota dalam SMP yang dipilih. Jika tidak masuk dalam kuota pilihan pertama, maka akan dialihkan ke kuota pilihan kedua, demikian sebaliknya.
  • Jumlah daya tampung atau kuota jalur zonasi paling sedikit 50% (lima puluh persen) dari daya tampung sekolah. Kuota tersebut juga dibagi untuk dua jalur, Zonasi pertama dengan daya tampung 35%, dan Zonasi kedua dengan daya tampung 15%.

Baca juga : Anak SMA Masuk Sekolah Pukul 5 Pagi? Yay or Nay?


2. Pendaftaran PPDB SMP Jalur Prestasi Nilai Rapor Sekolah (NRS)

Adapun ketentuan dari pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023 jalur prestasi nilai rapor sekolah (NRS) adalah:

  • Calon siswa merupakan warga Kota Surabaya (wajib punya KK Surabaya) dan merupakan lulusan sekolah dasar Kota Surabaya serta punya prestasi pada NRS.
  • Hanya boleh mendaftar melalui jalur NRS, tidak boleh double mendaftar dengan jalur prestasi lainnya, seperti perlombaan/pertandingan jika punya prestasi lainnya.
  • Calon siswa bisa mendaftar di 2 (dua) pilihan SMP Negeri Surabaya baik di dalam maupun di luar wilayah Zonasi alamat KKnya.
  • Seleksi calon siswa SMP negeri jalur prestasi NRS dilakukan dengan menyusun peringkat NRS semua calon siswa yang daftar dengan jalur prestasi NRS.
  • Jika terjadi kesamaan nilai, maka prioritas utama diperuntukan bagi yang memiliki nilai tertinggi di pelajaran Bahasa Indonesia, lalu Matematika, dan lalu IPA. Atau yang mendaftar paling cepat.
  • Nilai Rapor Sekolah atau NRS yang dimaksud adalah akumulasi dari nilai rata–rata rapor anak setiap semester sejak 5 (lima) semester terakhir, yaitu sejak kelas 4 (empat) sampai dengan kelas 6 (enam) semester gasal.


3. Pendaftaran PPDB SMP Jalur Prestasi Perlombaan/Pertandingan

Untuk ketentuan dari pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023 jalur prestasi perlombaan/pertandingan adalah:

  • Untuk jalur ini harus memenuhi syarat yaitu: (1) harus punya KK Surabaya, (2) punya bukti piagam atau sertifikat kejuaraan, (3) surat keterangan mengikuti lomba dari sekolah/club/instansi, (4) foto penyerahan hadiah
  • Peserta jalur ini diperuntukan bagi yang berprestasi di akademik maupun non akademik.
  • Hanya boleh memilih jalur prestasi perlombaan/pertandingan, tidak boleh double daftar dengan jalur prestasi NRS.
  • Calon siswa jalur ini bebas memilih 2 pilihan SMP baik di dalam maupun luar zonasi wilayah, yang menerima prestasi perlombaan/pertandingan.
  • Calon siswa merupakan siswa yang memenangkan kejuaraan, paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 3 (tiga) tahun sejak PPDB SMP 2023.
  • Seleksi peserta jalur ini berdasarkan skoring nilai yang ditentukan dan diatur melalui Keputusan Dinas Pendidikan.


4. Pendaftaran PPDB SMP Jalur Prestasi Perpindahan Tugas

Sementara untuk ketentuan dari pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023 jalur perpindahan tugas orang tua adalah:

  • Calon siswa harus melampirkan dokumen asli/fotokopi legalisir : (1) Surat Keputusan Pindah Tugas atau sejenis, (2) KK siswa daerah mana saja, (3) Surat tanda bukti pendataan penduduk Non Permanen dari aplikasi Puntadewa, (4) Ijazah Lulusan SD atau sederajat.
  • Calon siswa hanya boleh memilih 1 zonasi pilihan berdasarkan zonasi alamat tempat tinggalnya di Surabaya, dan jika kuota zonasi ini tercukupi, diberikan kepada yang paling cepat mendaftar.

Baca juga : Syarat Usia Anak Masuk TK dan SD yang Bikin Parents Galau


5. Pendaftaran PPDB SMP Jalur Afirmasi Kategori Inklusi

Untuk ketentuan dari pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023 jalur Jalur Afirmasi Kategori Inklusi adalah:

  • Diperuntukan bagi calon siswa penyandang disabilitas, dengan disertai dengan surat keterangan dari psikolog.
  • Adapun penempatan sekolah jalur ini berdasarkan wilayah tempat tinggal atau alamat KK Surabaya yang dimilikinya.


6. Pendaftaran PPDB SMP Jalur Afirmasi Kategori Keluarga Miskin atau Pra Miskin

Untuk ketentuan dari pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023 jalur Jalur Afirmasi Kategori Keluarga Miskin atau Pra Miskin adalah:

  • Diperuntukan bagi Calon siswa SMP yang berasal dari keluarga miskin atau pra miskin.
  • Untuk penempatan sekolah jalur ini berdasarkan jarak antara sekolah dengan alamat tempat tinggal KK di Surabaya.

Baca juga : Anak Tidak Suka Matematika, Begini Cara Saya Mengatasinya


Waktu dan Cara Pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023, Jangan Kelewatan!

Setelah memahami syarat umum serta ketentuan pendaftaran melalui beberapa jalur yang dipilih, hal yang paling penting adalah jangan sampai kelewat waktu pendaftarannya.

Jujur ini yang bikin deg-degan banget sih ya, namun untungnya, ternyata oleh Dinas Pendidikan Surabaya, dibentuk beberapa tahapan panjang dengan waktu yang ditentukan sejak jauh hari.

Dan berikut waktu dan cara pendaftaran PPDB SMP Negeri Surabaya 2023:


Tahap Awal Persiapan Pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023 

Sebagai tahapan awal, sejak April hingga paling lambat 13 Mei 2023, pihak sekolah dasar se Surabaya dipersilahkan meng-input beberapa data siswa melalui profil sekolah di website https://profilsekolahdispendik.surabaya.go.id/

Adapun data yang di-input adalah:

  1. Biodata calon siswa SMP sesuai Kartu Keluarga (KK) Surabaya. 
  2. Prestasi calon siswa selama 3 tahun terakhir (Januari 2020 - Desember 2022). 
  3. Nilai Rapor calon siswa selama di SD dari semester 7 sampai semester 11. 

Lalu muncul pertanyaan, 

"Gimana kalau anak kita bukan dari SD di wilayah Surabaya, tapi ber KTP Surabaya?"

Untuk pertanyaan itu, saya tulis secara detail di postingan lain aja yak, biar nggak kepanjangan di sini, hahahaha.

Oh ya, dari input data ini, setiap calon siswa akan mendapatkan username serta nomor token yang bisa dipergunakan untuk tahapan pendaftaran PPDB berikutnya. 

Baca juga : Sekolah Tatap Muka dan Sekolah Online, Mana yang Menyenangkan Bagi Ibu?


Tahap Validasi Data untuk pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023 

Tahap berikutnya adalah tahapan validasi data yang akan dilaksanakan sejak tanggal 22 Mei 2023 pukul 00.00, hingga tanggal 31 Mei 2023 pukul 23.59.

Pada tahap ini, semua siswa atau lebih tepatnya orang tua / wali calon siswa SMP negeri Surabaya, bisa melakukan validasi data atau pemeriksaan data calon siswa yang telah terekam di website.

Caranya, dengan mengakses website https://smp.ppdbsurabaya.net/ dan klik link yang tersedia (saat ini belum tersedia, baru ada nanti di tanggal 22 Mei 2023)

Untuk bentuk login-nya sendiri, jujur saya juga belum tahu, hahahaha.

Tapi, seharusnya dengan cara memasukan username pakai nomor siswa serta token yang dibagikan dari sekolah (SD) calon siswa tersebut. 

Setelah login, para ortu / wali calon siswa bisa memeriksa data anaknya, apakah sudah sesuai dengan yang sebenarnya. Jika ada yang masih salah atau keliru, bisa diperbaiki dengan mengisi kolom yang disediakan (bentuk jelasnya saya belum tahu sih ya, hehehe).

Dalam tahap validasi data ini, para ortu / wali sudah bisa melihat 2 pilihan SMP berdasarkan zonasi dan lainnya, selain jalur prestasi lomba atau NRS di mana untuk jalur ini juga bisa memilih SMP mana yang dituju se Surabaya.


Tahap pelaksanaan pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023 

Setelah tahapan validasi data, maka di bulan Juni 2023 nanti akan memasuki tahapan utama pelaksanaan pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023, yaitu:

1. Waktu pelaksanaan pendaftaran Jalur Zonasi

  • Uji Coba Pendaftaran (6 hari) : Tanggal 2 Jun 2023 pukul 00.00 sampai tanggal 8 Jun 2023 pukul 23.59
  • Pendaftaran (3 hari): Tanggal 20 Jun 2023 pukul 00.00 sampai tanggal 22 Jun 2023 pukul 23.59
  • Pengumuman (1 hari): Tanggal 23 Jun 2023 pukul 00.00 sampai tanggal 23 Jun 2023 pukul 23.59
  • Daftar Ulang (2 hari): Tanggal 23 Jun 2023 pukul 01.00 sampai tanggal 24 Jun 2023 pukul 23.59
  • Pemenuhan Kuota (1 hari): Tanggal 25 Jun 2023 pukul 01.00 sampai tanggal 25 Jun 2023 pukul 23.59
  • Daftar Ulang Pemenuhan Kuota (1 hari): Tanggal 25 Jun 2023 pukul 01.00 sampai tanggal 25 Jun 2023 pukul 23.59

2. Waktu pelaksanaan pendaftaran Jalur Prestasi Nilai Rapor Sekolah (NRS) dan Jalur Prestasi Lomba

  • Uji Coba Pendaftaran (6 hari) : Tanggal 2 Jun 2023 pukul 00.00 sampai tanggal 8 Jun 2023 pukul 23.59
  • Pendaftaran (5 hari): Tanggal 15 Jun 2023 pukul 00.00 sampai tanggal 19 Jun 2023 pukul 23.59
  • Pengumuman (1 hari): Tanggal 20 Jun 2023 pukul 01.00 sampai tanggal 20 Jun 2023 pukul 23.59
  • Daftar Ulang (2 hari): Tanggal 20 Jun 2023 pukul 01.00 sampai tanggal 21 Jun 2023 pukul 23.59

3. Waktu pelaksanaan pendaftaran Jalur Perpindahan Tugas

  • Pendaftaran (2 hari): Tanggal 13 Jun 2023 pukul 00.00 sampai tanggal 14 Jun 2023 pukul 23.59
  • Verifikasi (2 hari): Tanggal 13 Jun 2023 pukul 00.00 sampai tanggal 14 Jun 2023 pukul 23.59
  • Pengumuman (1 hari): Tanggal 15 Jun 2023 pukul 01.00 sampai tanggal 15 Jun 2023 pukul 23.59
  • Daftar Ulang (2 hari): Tanggal 15 Jun 2023 pukul 01.00 sampai tanggal 16 Jun 2023 pukul 23.59

4. Waktu pelaksanaan pendaftaran Jalur Afirmasi Kategori Inklusi dan Jalur Afirmasi Kategori Keluarga Miskin atau Pra Miskin

  • Pendaftaran (6 hari): Tanggal 09 Jun 2023 pukul 00.00 sampai tanggal 14 Jun 2023 pukul 23.59
  • Pengumuman (1 hari): Tanggal 15 Jun 2023 pukul 01.00 sampai tanggal 15 Jun 2023 pukul 23.59
  • Daftar Ulang (2 hari): Tanggal 15 Jun 2023 pukul 01.00 sampai tanggal 16 Jun 2023 pukul 23.59


Jangan sampai terlewat ya parents!

Baca juga : Sekolah Dasar Negeri atau Sekolah Dasar Islam, Pilih Mana?


Kesimpulan dan Penutup

I know sih, dibutuhkan ketelitian dalam membaca dan memahami syarat dan ketentuan pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023 ini. Saya sendiri juga bingung, makanya saya bela-belain merangkumnya di sini, biar lebih ngerti, hahaha. 

Dan dari semua keterangan di atas, saya coba rangkum dalam kesimpulan di bawah ini:

  1. Semua proses pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023 dilakukan oleh ortu/wali calon siswa lewat online, di website https://smp.ppdbsurabaya.net/ 
  2. Semua calon siswa PPDB SMP Surabaya 2023 harus merupakan warga Surabaya dengan bukti punya Kartu Keluarga (KK) yang telah berlaku minimal setahun dari waktu PPDB tahun ini (kecuali calon siswa untuk jalur perpindahan tugas).
  3. Semua calon siswa PPDB SMP Surabaya hanya bisa mendaftar di SMP yang sesuai zonasi atau jarak rumah ke SMP pilihan (kecuali calon siswa jalur prestasi NRS maupun prestasi lomba).  
  4. Untuk calon siswa yang mendaftar melalui prestasi nilai rapor sekolah hanya untuk sekolah dasar di Surabaya
  5. Untuk ketentuan lengkap calon siswa yang mendaftar melalui prestasi lomba bisa dilihat di website https://smp.ppdbsurabaya.net/ketentuan-prestasi-lomba
  6. Data zonasi SMP Negeri Surabaya tahun lalu bisa dilihat di website https://smp.ppdbsurabaya.net/zonasi
  7. Rekapitulasi jarak zonasi SMP Negeri Surabaya tahun lalu bisa dilihat di website https://smp.ppdbsurabaya.net/rekap-zonasi

Kira-kira, demikian informasi tentang PPDB SMP Surabaya 2023 yang berhasil saya kumpulkan dan pahami. 

Ada tambahan atau hal lain? diskusi yuk di kolom komentar aja ya, parents :)


Sidoarjo, 17 Mei 2023

Sumber: 

  • Pengalaman pribadi
  • https://smp.ppdbsurabaya.net/ diakses 17 Mei 2023
  • https://dispendik.surabaya.go.id/pemberitahuan-verifikasi-data-ppdb-smp-tahun-2023/ diakses 17 Mei 2023

Gambar : Canva edit by Rey dan website ppdbsurabaya.net

Demikian artikel tentang waktu, syarat dan cara pendaftaran PPDB SMP Surabaya 2023, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "PPDB SMP Surabaya 2023, Syarat dan Ketentuan Pendaftarannya"