Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar PPDB SMP Surabaya Bagi Siswa Lulusan SD Luar Kota

Konten [Tampil]

cara-daftar-ppdb-smp-surabaya

Cara daftar PPDB SMP Negeri Surabaya bagi siswa lulusan SD di luar kota Surabaya, ternyata sedikit berbeda dengan calon siswa lulusan SD di Surabaya. Hal ini dikarenakan pelaksanaan PPDB terpisah untuk masing-masing wilayah, khususnya di pulau Jawa.

Si Kakak kebetulan ingin masuk ke SMP Negeri di Surabaya. Dan kebetulan banget juga, aslinya kami kan ber KTP Surabaya. Dan saya cari-cari informasi, seharusnya si Kakak bisa masuk ke SMP Negeri di Surabaya dengan jalur zonasi.


Masalah Input Data Siswa Oleh Pihak Sekolah di Sidoarjo

Yang menjadi masalah dan baru saya sadari belakangan adalah. Berhubung si Kakak merupakan alumni SDI di Sidoarjo. Jadinya masalah data yang sebenarnya bisa di-input pihak sekolah ke website PPDB SMP 2023, beda website dan nggak bisa digunakan di PPDB Surabaya.

Masalahnya lagi, dan saya baru ngeh-nya belakangan. Dalam logika saya awalnya, pihak sekolah si Kakak bisa bantu input sendiri ke PPDB Surabaya.

Dan hal ini sudah saya sadari sejak bulan puasa lalu, ketika itu memang pendaftaran PPDB Sidoarjo sudah dibuka, dan berbeda dengan tata cara di Surabaya.

Jika di Surabaya, kalau saya lihat di website https://dispendik.surabaya.go.id/, pihak sekolah yang akan menginput semua data siswa kelas 6 yang akan lulus tahun ini.

Mulai dari biodata siswa lengkap dengan alamat untuk menentukan titik zonasi SMP negeri pilihan, prestasi siswa selama 3 tahun terakhir, hingga nilai rapor siswa dari semester 7 hingga semester 11.

Tapi ternyata, di Sidoarjo pihak sekolah hanya menginput nilai siswa. Untuk biodata dan titik alamat siswa di-input oleh ortu/wali siswa.

Namun, karena emang waktu itu masih ribet akan masa puasa dan lebaran, ditambah saya sakit setelah lebaran. Plus juga ketambahan lagi saya lebih fokus ke PPDB Surabaya. Jadinya waktu input alamat dan biodata siswa untuk PPDB Sidoarjo terlewatkan deh.

Baca juga : Cerita Bulan April, Puasa, Lebaran, Liburan dan Sakit

Maksud saya kan, kalau pas ketika itu saya ngeh, mungkin saya bisa mencoba input pakai alamat Sidoarjo. Meskipun saya kurang yakin bisa sih ya. Orang kan seharusnya nge-link sama data Kartu Keluarga kan ye, hehehe.

Nah, ternyata, pas saya ngeh itu, udah tanggal 15 Mei kemaren. Pas saya coba buka website PPDB Sidoarjo, ada keterangan bisa download data dan nilai siswa. 

Namun ketika di-klik login, nggak bisa diakses dong, dengan keterangan data yang ter-input belum lengkap bahkan belum di-save atau simpan, hiks.

Mulai deh saya merasa pusing, apalagi setelah menghubungi wali kelas si Kakak di SDI-nya dan baru menyadari dengan benar-benar, bahwa ternyata emang pihak sekolah di wilayah Sidoarjo nggak punya akses buat input data di profil sekolah wilayah Surabaya, karena beda wilayah, dan juga beda website.

Baca juga : Syarat Usia Anak Masuk TK dan SD yang Bikin Galau 


Panik Karena Batas Akhir Input Data Calon Siswa PPDB SMP Negeri Surabaya Sudah Lewat

Setelah saya menyadari bahwa data nilai si Kakak di website PPDB Sidoarjo tidak bisa diakses, tiken dan username-nya pun nggak guna jadinya, hiks.

Saya iseng cari informasi input data untuk PPDB SMP Surabaya.

Betapa terkejut dan paniknya saya, ketika menyadari kalau batas akhir input data calon siswa PPDB SMP Surabaya udah lewat. 

Batas akhirnya adalah tanggal 13 Mei 2023, sementara saya baru menyadari di tanggal 15 mei 2023.

Ya ampun, panik banget rasanya, apalagi saya nggak bisa sama sekali mendapatkan informasi, gimana sih cara input data ke PPDB Surabaya?

Saya lihat informasi di website PPDB Surabaya, akan masuk masa validasi data di tanggal 22 Mei 2023 nanti. Saya nggak tahu sih, validasi data itu maksudnya gimana?

Tapi, kalau liat di beberapa keterangan, seharusnya di masa sekarang, data siswa sudah masuk. Dan para calon siswa SMP sudah mendapatkan token dan username untuk mengakses website buat pendaftaran.

Panik dan stres jadinya.

Kesal juga karena kok bisa-bisanya saya lupain hal penting itu, di sisi lain juga nggak rela kalau akhirnya gagal masuk SMP Negeri Surabaya, gagalnya sebelum berjuang pulak, hiks.

Meskipun di sisi hati yang lain, mulai mencoba menerima, ah mungkin emang rezekinya si Kakak masuk sekolah swasta lagi. Lagian kalau swastanya tetap sekolah Islam kan malah bagus ya.

Cuman di sisi lain teringat kembali, sekolah swasta itu bikin ngos-ngosan beneran dong, hiks. Apalagi adiknya juga sudah mau masuk SD.

Dan yang paling nyesek juga, sebelumnya saya dan anak-anak sudah survey berkali-kali di lokasi SMP Negeri yang saya perkirakan masuk zonasi alamat KTP kami.

Kan kesal lagi jadinya.

Baca juga : Syarat dan Ketentuan PPDB SMP Negeri Surabaya 2023 


Mencari Informasi PPDB SMP Surabaya 2023 Langsung di Sumbernya   

Dalam kepanikan karena menyadari masa input data siswa di website sudah berakhir, saya tetap berhubungan dengan wali kelas si Kakak di SDI Raudlatul Jannah.

Alhamdulillah, pihak sekolah RJ atau Raudlatul Jannah sangat terbuka dan sangat membantu. Melalui wali kelasnya, saya diberikan informasi-informasi yang dibutuhkan. Sampai akhirnya wali kelasnya ngasih ide untuk menelpon langsung ke sekolah yang dituju.

Awalnya agak bingung sih, karena meski panik di lain sisi pikiran saya masih melanglang buana, sempat berpikir, kayaknya nggak ada hubungannya deh sama SMP yang dituju.

Orang kan sistemnya nih daftar secara online, dan semua ketentuannya dari Dinas Pendidikan wilayah bersangkutan.

Tapi, karena sudah bingung dan panik, saya nurut aja.


Mencari informasi PPDB di SMP Negeri 6 Surabaya 

Segera deh saya cari nomor telepon SMP yang dituju, dalam hal ini SMP Negeri 6 Surabaya. Beruntung teleponnya diangkat, oleh seorang bapak-bapak bernama Pak Yohannes.

Dan lucky me juga, bapak tersebut sangat membantu banget, meskipun dia juga bingung masalah si Kakak yang SDnya beda kota sama Surabaya ini.

Lalu si Bapak meminta saya untuk datang langsung ke SMPN 6 agar bertemu dengan KTU-nya, yang katanya sering berhubungan dengan Dinas Pendidikan Surabaya dan mengurus PPDB juga.

Wow sih ya, saya lagi di Taman Sidoarjo, dan jarak ke SMP Negeri 6 Surabaya itu lumayan jauh. Tapi lagi-lagi, karena bingung dan kepikiran banget, langsung deh minta anak-anak bersiap, dan kamipun berangkat ke SMP 6, naik motor dong sambil bonceng 2 bocah.

Mana si bocah kecil alias si Adik Dayyan itu doyan banget tidur di motor, aduh maaakkk, hiks.

Alhamdulillah kami sampai dengan selamat di SMP Negeri 6 Surabaya, dan Alhamdulillah juga bisa bertemu dengan KTU-nya, Pak Erwan.

cara-daftar-ppdb-smp-surabaya
Depan sekolah SMP Negeri 6 Surabaya

Namun, persis seperti dugaan saya, tentu saja pihak sekolah nggak bisa mutusin, orang semua pelaksanaan PPDB SMP ditangani pihak Dinas Pendidikan Surabaya.

Si Bapak akhirnya meminta maaf nggak bisa ngasih solusi, namun ngasih ide untuk nanya langsung ke Dinas Pendidikan Surabaya di bagian pelayanan umum.

Lucunya, si Bapak juga mewanti-wanti agar saya tidak boleh mengatakan, kalau saya dapat info tersebut dari SMP 6 (etapi si Rey malah nulis di sini, wakakakakaka).

Saya mengerti maksud si Bapak mewanti-wanti demikian, mungkin takut dikira ada 'apa-apanya' dalam proses PPDB SMP Surabaya 2023 ini.

As we know kan ye, kayaknya sekarang tuh lagi gencar-gencarnya penilaian kinerja ASN termasuk tindakan KKN yang mungkin menyertai.

Nah justru hal ini saya tulis di sini untuk menjelaskan, bahwa saya salut banget sama pihak SMP 6, karena mereka sangat membantu mengarahkan saya. Dan saya memang nggak ada 'apa-apanya' dengan pihak SMP tersebut.

Saya ke sana karena mengira-ngira zonasi KK kami masuk ke SMP tersebut, karena yang paling dekat dan 1 wilayah ya cuman SMP itu.

Oke lanjut masalah cari info lagi.

Baca juga : Pendidikan Dasar Anak yang Tak Terulang 


Mendapatkan informasi jelas dari Kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Setelah mendapatkan ide dan arahan dari pak Erwan, kami pun akhirnya menuju ke kantor Dinas Pendidikan Surabaya.

Lucky me juga, kalau masalah daerah Surabaya mah udah hafal banyak tentang jalan-jalannya. Jadi dengan mudahnya kami menuju ke jalan Jagir untuk mencari alamat kantor tersebut.

Sempat nyasar juga sih di kantor Dinas Pendidikan tapi yang untuk SMK, lalu kami diarahkan menuju gedung kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya, yang hanya berjarak beberapa bangunan dari situ, beralamat di Jl. Jagir Wonokromo No.354-356, Surabaya.

Alhamdulillahnya lagi, semua lancar, kami dengan mudah mendapatkan tempat parkir motor di tempat yang teduh di bagian belakang gedung. Disambut dengan ramah oleh satpamnya pulak.

Asyiknya mamak-mamak yang ke sana ke mari sambi meng'gembol' dua bocah ya gitu, selalu saja bertemu orang-orang yang ramah dan sangat membantu, Alhamdulillah.

cara-daftar-ppdb-smp-surabaya
Disuruh mami pose depan kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya, hahaha 

Oleh pak satpam kami diarahkan ke pintu utama dan lapor di lobby, Alhamdulillah lagi-lagi kami disambut dengan ramah oleh Mbak-Mbak di resepsionis (eh namanya resepsionis yak, berasa hotel yak, hahaha).

Kami lalu ditanya keperluannya, diminta isi buku tamu, lalu diarahkan ke bangunan pelayanan satu pintu yang berada di bagian belakang gedung utama.

cara-daftar-ppdb-smp-surabaya

Sampai di gedung yang berwarna orange tersebut terlihat suasana sedikit lengang. Hanya ada satu orang di kursi yang sedang dilayani seorang staf mas-mas. Di sampingnya ada staf ibu-ibu yang sedang makan siang.

Dan seketika ruangan jadi bau makanan, wakakakakak. Ye kan, tuh ruangan ber AC, tertutup, dan si ibu makan makanan berat di dalam, hahaha.

Tapi saya nggak masalah sih, justru salut karena saya sampai di situ udah sekitar pukul 1 siang, tapi si ibu baru makan, dan makannya pun di meja kerja, mungkin biar cepat kali yak.

Kelar makan si ibu melayani seorang yang sepertinya ambil legalisir sesuatu, setelah itu baru deh saya maju untuk dilayani.

Prosesnya sangat cepat, saya menanyakan keluhan yang dialami, lalu si ibu menjelaskan dengan detail, kalau ternyata, Alhamdulillah kami belum telat untuk mendaftar di PPDB Surabaya.

cara-daftar-ppdb-smp-surabaya

Setelah selesai konsultasi, sayapun pamit. Pas keluar, ada 2 orang ibu-ibu mengejar saya, dan ternyata masalah mereka sama persis dengan kami.

Anaknya juga bersekolah di SD wilayah Sidoarjo, sementara mereka ingin masuk SMP Negeri di Surabaya karena punya KTP Surabaya.

Cuman masalahnya nomor token dan username yang mereka dapatkan dari sekolah juga nggak bisa digunakan di PPDB Surabaya.

Karena mereka sempat mendengarkan konsultasi saya yang suaranya lumayan lantang (kebiasaan dah si Rey ini, wakakakakak). Udahlah nggak bisa ngomong bisik-bisik, ngomongnya juga pake bahasa Indonesia dengan dialeg yang beda dengan orang Surabaya kebanyakan. Sudah pasti jadi perhatian deh.

Tapi karena itu akhirnya tuh 2 orang ibu nggak perlu antri lama, mereka cuman nanya ke saya gimana solusinya, lalu kamipun pulang sambil sama-sama bernafas lega.

Alhamdulillah.

Baca juga : Pamer Nilai Rapor Anak Itu Nggak Salah Kok 


Cara Daftar PPDB SMP Surabaya Bagi Siswa Lulusan SD Luar Kota

Lalu, solusinya gimana Rey? 

Ternyata mudah kok, menurut pihak Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Untuk calon siswa dari lulusan luar Surabaya, tapi mempunyai KK atau KTP Surabaya, bisa mendaftar di SMP Negeri Surabaya melalui PPDB Surabaya dengan jalur zonasi.

Tapi gimana datanya yang belum masuk? 

Tenang saja! Untuk calon siswa lulusan luar Surabaya, terpaksa memang harus menginput data sendiri ketika proses validasi data berlangsung.

Jadi tidak masalah jika sampai waktunya validasi data di tanggal 22 Mei 2023 nanti, data anak belum ada. Bahkan nomor token dan username juga belum ada. 

Karena nantinya bisa mendaftar dengan email untuk mengisi data siswa.

Meskipun nih ya, saya sebenarnya masih was-was, karena nggak tahu pasti gimana bentuk pendaftaran tersebut. Apakah hanya ada kolom username dan nomor token siswa seperti di website PPDB Sidoarjo?

Atau memang ada kolom registrasi awal, di mana orang tua murid bisa daftar pakai email, dan mengisi semua biodata dan nilai, lalu akhirnya mendapatkan token dan username calon siswa?

Karena jujur nih, menurut saya, petugas atau staf yang menjelaskan juga belum sepenuhnya menguasai informasi yang ada. Atau mungkin sebenarnya informasi yang ada di website terlalu detail kali yak.

Tapi untuk itu nggak perlu terlalu khawatir kok, karena:

  • Waktu untuk validasi data siswa itu panjang, hingga 10 hari lamanya dong. Mulai tanggal 22 Mei 2022 hingga tanggal 31 Mei 2023. Jadi ada spare banyak waktu untuk mengurus hal-hal yang menjadi kendala ketika pengisian data di waktu validasi data tersebut.
  • Akan ada beberapa petugas atau staf yang bertugas di ruang pelayanan satu pintu kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya di masa validasi data tersebut. Petugas-petugas ini akan siap membantu orang tua atau wali calon siswa yang menemukan kendala dalam hal pengisian data nanti.
Jadi ketika tiba masa validasi data, dan ternyata orang tua calon siswa menemukan kendala dalam mengisi data. Bisa langsung datang ke kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya bagian Pelayanan Satu Pintu. 

Jangan lupa bawa dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti, Kartu Keluarga Surabaya, Akte Kelahiran Anak atau calon Siswa serta nilai rapor anak, mulai semester 7 hingga semester 11.

Si ibu petugas itu bilang sih, kalau yang penting bawa KK sama akte lahir anak saja. Tapi menurut saya sekalian bawa sama nilai rapor juga, karena berkaca di pengalaman PPDB Sidoarjo, pengisian data lengkap adalah nilai dan biodata siswa lengkap dengan titik koordinat alamat rumah berdasarkan KK.

Baca juga : Persiapan Anak Masuk TK 


Penutup dan Kesimpulan

Maafkan ya, tulisan ini banyak ceritanya ih, hahaha. Ye kan, namanya juga tulisannya By Rey, jadinya ya, Ala Rey sesuai ciri khasnya suka cerita mulu, hahaha.

Namun agar lebih jelas saya rangkum aja mengenai tata cara mendaftar PPDB SMP Negeri Surabaya 2023, untuk siswa lulusan SD di luar wilayah Surabaya, tapi punya Kartu Keluarga Surabaya.

Yaitu:

  • Semua lulusan SD wilayah luar Surabaya bisa mendaftar di SMP Negeri Surabaya melalui PPDB Surabaya jalur zonasi, asalkan memang warga Surabaya atau punya Kartu Keluarga Surabaya. 
  • Semua lulusan SD wilayah luar Surabaya dapat mengisi data calon siswa di website PPDB Surabaya secara mandiri, pada masa validasi data tanggal 22 Mei - 31 Mei 2023 nanti. 
  • Jika menemukan kesulitan untuk mendaftarkan data calon siswa di masa validasi data nanti, bisa datang ke bagian Pelayanan Satu Pintu kantor Dinas Pendidikan Surabaya, untuk dibantu registrasi dan input data calon siswa oleh petugas yang ada. Jangan lupa bawa dokumen yang dibutuhkan seperti KK, Akte lahir anak dan rapor anak.
Mudah kan, gitu kok ya kemaren saya panik bin pusing banget, hahahaha.

Sidoarjo, 18 Mei 2023

Sumber: 

  • Pengalaman pribadi
  • https://smp.ppdbsurabaya.net/pengumuman diakses 18 Mei 2023
Gambar: canva dan dokumen pribadi 

Demikian artikel tentang cara mendaftar PPDB SMP negeri Surabaya 2023 bagi siswa lulusan SD di luar kota Surabaya, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Daftar PPDB SMP Surabaya Bagi Siswa Lulusan SD Luar Kota"