Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsultasi Gizi Sirka untuk Kesehatan dan Berat Badan Proporsional

Konten [Tampil]
konsultasi-gizi-sirka

Konsultasi gizi di Sirka menjadi sebuah hal yang penting di masa kini, di mana masalah kesehatan dan berat badan porposional sudah menjadi gaya hidup kebanyakan orang.

Hal ini menjadi sebuah hal positif yang berkembang di masa kini, di mana makin banyak orang yang peduli akan kesehatan. Khususnya masalah gizi atau nutrisi yang merupakan kunci dari segala kesehatan dan juga berat badan yang seimbang.

Baca juga : Gerakan Nasional Aksi Bergizi untuk Cegah Stunting Sejak Dini 


Pentingnya Kesehatan dan Berat Badan yang Proporsional

Sejujurnya, saya pribadi lumayan telat menyadari dan konsisten peduli akan kesehatan termasuk berat badan yang proporsional.

Sebelumnya, saya hanya berlindung di balik alasan keterbatasan waktu dan kondisi untuk bisa peduli akan kesehatan diri sendiri.

Mungkin juga karena ketika sebelumnya, saya termasuk pribadi yang punya daya tahan tubuh yang kuat. Pun juga berat badan selalu terkontrol, sebanyak dan konsumtif jenis makanan apapun.

Sampai akhirnya setelah saya melahirkan anak kedua, lalu lepas menyusui si bungsu. Tiba-tiba saja berat badan naik tanpa terkontrol.

Niat hati ingin cuek, dan menganggap berat badan naik tak masalah, yang penting sehat. Nyatanya? kata siapa berat badan naik badan tetap sehat?

Seiring dengan naiknya berat badan tanpa terkontrol, berdatanganlah berbagai penyakit yang menyerang terlalu dini buat usia saya. Salah satunya sakit lutut, sampai menderita sakit pinggang dan punggung berkepanjangan.  

Kalau diperhatikan, penyebab semua penyakit yang saya derita tersebut, salah satunya penyebabnya adalah naiknya berat badan saya. Hal ini membuat kaki saya tidak cukup kuat menopang berat badan, dan hasilnya lutut dan tulang kaki saya sakit.

Baca juga : Pengalaman Terkena Syaraf Kejepit dan Sembuh Tanpa Pijat dan Dokter 

Naiknya berat badan tak terkontrol tersebut juga bukannya tanpa alasan. Selain metabolisme tubuh yang semakin berkurang seiring bertambahnya usia, pun juga dikarenakan oleh gaya hidup yang kurang sehat.

Sering begadang dan mengkonsumsi makanan asal, tanpa memperhatikan gizi yang seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh.

That's why, betapa pentingnya seharusnya konsultasi gizi saya lakukan, demi hidup yang sehat dengan berat badan yang tetap porporsional.

Baca juga : Contoh Makanan Nutrisi Tinggi untuk Anak


Apa itu Konsultasi Gizi

Konsultasi gizi adalah sebuah komunikasi dua arah antara ahli gizi dengan klien atau pasien, di mana bertujuan agar bisa menanamkan serta meningkatkan pengertian, sikap dan perilaku hidup yang sadar gizi sehat. 

konsultasi-gizi-sirka

Dengan konsultasi tersebut, pasien atau klien bisa mendapatkan saran atau pengetahuan yang benar mengenai gizi, yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan, termasuk dalam menjaga berat badan yang porposional.

Ilmu gizi memang penting, karena menjadi basis dari pola makan yang baik. Biasanya ahli gizi akan merekomendasikan konsumsi makanan sehat dan penuh gizi untuk menu makanan sehari-hari.

Dan setelahnya kita bisa menyadari dan mengetahui bagaimana makanan atau pola makan kita berdampak terhadap kesehatan.

Baca juga : Pengalaman Diare Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

 

Manfaat Konsultasi Gizi

Para pasien atau klien yang melakukan konsultasi gizi dengan para ahli gizi atau nutrisionis,tentunya akan merasakan beberapa manfaatnya, di antaranya:


1. Dapat menerapkan atau membentuk pola hidup sehat untuk jangka panjang

Jika mengetahui tentang pentingnya gizi atau nutrisi cukup dalam menunjang kesehatan, serta berat badan kita. Tentunya akan terbentuk mindset untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat secara konsisten dan jangka panjang.

Tentunya hal ini akan berdampak positif terhadap kesehatan tubuh kita, dan berat badan akan selalu terkontrol.

 

2. Dapat mereview pola makan yang sedang dilakukan

Dengan pengetahuan ilmu gizi, dari pakar gizi atau nutrisionis, tentunya kiyta bisa mereview bagaimana pola makan kita selama ini.

Apakah sudah memenuhi gizi yang dibutuhkan tubuh, atau jangan-jangan pola makan kita sangat tidak sehat, yang membuat berat badan naik tak terkontrol dan menyebabkan berbagai penyakit.


3. Dapat mengetahui pola makan terbaik yang bisa diterapkan

Karena mengetahui bahwa gizi adalah kunci dari kesehatan tubuh, dan untuk mencapai gizi yang cukup dibutuhkan pola makan yang terbaik. Maka menerapkan pola makan yang terbaik adalah hal penting untuk dilakukan secara konsisten.

 

4. Dapat mencapai tujuan sehat yang diinginkan

Dengan konsultasi gizi, kita bisa mencapai tujuan untuk hidup sehat seperti yang diinginkan. Di mana, sehat itu kunci dari hidup yang berkualitas.


5. Mendapatkan panduan makan yang cocok untuk kondisi tubuh

Dan untuk mencapai hidup sehat melalui konsultasi gizi, kita bisa mendapatkan panduan makanan yang sehat dab bergizi. Yang tentunya sudah disesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing, yang ditetapkan oleh pakar gizi.


Selain itu, dengan konsultasi gizi banyak orang yang bisa mengetahui serta mengatasi masalah gizi yang mungkin sedang dihadapinya. 

Karenanya, kebanyakan orang yang datang untuk konsultasi gizi, biasanya orang-orang punya risiko atau masalah gizi. Baik itu terkait status gizinya, pola makannya, pola hidup sehat, maupun penyakit kronis yang sedang dideritanya.

Baca juga : Ibu Hamil Makan Mie Instan, Bolehkah?


Tentang Sirka

Mungkin ada yang berpikir, bahwa konsultasi gizi itu ribet, nggak ada waktu untuk melakukannya. Jangan khawatir, semua orang bisa melakukan konsultasi gizi dari mana saja kok, melalui Sirka.

Apa itu Sirka?

Sirka adalah sebuah layanan kesehatan berbasis digital, yang menyediakan layanan kesehatan dan produk nutrisi kurasi dari tenaga medis.

Melalui layanan ini, kita bisa menikmati berbagai layanan kesehatan berupa program, bimbingan, serta pendampingan dan produk nutrisi, untuk solusi dari berbagai permasalahan yang biasa muncul karena kurangnya gizi.

Misal, masalah berat badan yang berlebihan, masalah kesehatan wanita, masalah pencernaan, hingga pencegahan berbagai penyakit kronis.

Semua layanan tersebut hadir melalui misi Sirka, yaitu untuk membantu orang-orang agar dapat mengoptimalkan kesehatan melalui nutrisi atau gizi.

Kelebihan yang bisa didapatkan dari Sirka, yaitu:

  • Dengan Sirka, kita dapat membangun kebiasaan sehat, secara bertahap, mudah, dan menyenangkan. 
  • Adanya bimbingan dan pendampingan tenaga medis yang terakreditasi, untuk memandu perjalanan sehat secara bertahap.
  • Melalui Sirka, kita bisa memantau progress harian dari pola hidup sehat secara praktis dengan edukasi kesehatan, dan menggunakan teknologi yang mudah diakses di mana saja.
  • Di Sirka, ada penggunaan bukti ilmiah dan keilmuan terbaru di ilmu gizi dan medis. Sirka juga menggunakan pendekatan Enam Langkah Kern dalam pengembangan layanan kesehatan.
  • Adanya dukungan komunitas sebagai tempat berbagi cerita, berdiskusi, dan saling support dalam perjalanan sehat yang biasa disebut dengan #TemanSirka. 

Oh ya, di Sirka kita juga bisa mendapatkan 1 x konsultasi gizi gratis, dan ada program pendampingan dari nutrisionis bersertifikasi.

Penasaran nggak sih? kunjungi aja websitenya : https://www.sirka.io/

Baca juga : Efek Minuman Bersoda Bagi Anak


Kesimpulan dan Penutup

Hidup sehat dengan berat badan yang porposional dan seimbang, bermula dari pemenuhan gizi yang cukup untuk kebutuhan tubuh.

Karenanya, konsultasi gizi itu penting adanya.

Di zaman sekarang, kita tak perlu ribet untuk masalah tersebut, karena bisa melakukan konsultasi gizi dengan para pakar gizi atau nutrisionis yang bersertifikasi di Sirka.


Surabaya, 08 Juli 2023

Sumber: https://www.sirka.io/blog/2023/07/06/konsultasi-gizi-itu-mudah-dan-bisa-dilakukan-di-mana-saja/

Gambar: Canva edit by Rey

Demikian artikel tentang konsultasi gizi melalui Sirka untuk kesehatan dan berat badan yang porposional, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Konsultasi Gizi Sirka untuk Kesehatan dan Berat Badan Proporsional"