Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Penting Agar Lolos PPDB Sekolah Negeri Jalur Zonasi

Konten [Tampil]

tips-agar-lolos-ppdb-jalur-zonasi

Tips dan trik penting agar lolos masuk sekolah negeri jalur zonasi ini, baru saya mengerti setelah tahapan pendaftaran PPDB 2023 selesai diumumkan.

Karena informasi seperti ini penting, tapi jarang banget dibahas secara mendalam, mungkin agar tidak banyak orang mengerti, biar persaingan jadi nggak banyak kali ya.

Tapi menurut saya, mau bersaing sebanyak apapun, toh keputusan akhirnya ya ada pada nasib anak-anak itu sendiri. Ya anggap aja demikian, karena jujur saya merasa PPDB ini sungguh menguras energi.

Baca juga : PPDB SMP Negeri Surabaya 2023 Beserta Syarat dan Ketentuannya


Tentang Jalur Zonasi Demi Pemerataan Pendidikan

Kalau baca-baca diberbagai artikel, jalur zonasi PPDB ini mulai diberlakukan sejak tahun 2017 silam. Dan alasan diberlakukan adalah berdasarkan Permendikbud 17/2017 tentang PPDB SD/SMP/SMA sederajat.

tips-agar-lolos-ppdb-jalur-zonasi

Dengan adanya jalur ini, diharapkan pemerataan pendidikan bisa diraih, tak ada lagi kasta-kasta dalam sekolah atau pendidikan.

Ini persis dengan pemikiran pribadi saya sejak lama sih ya, di mana saya merasa sekolah yang bagus itu hanya untuk orang pintar dan kaya saja. Sementara anak-anak yang biasa ataupun punya keterbatasan biaya, ya harus puas dengan bersekolah di sekolah yang terbilang 'buangan'.

Ketika pertama kali mengetahui, bahwa diberlakukan zonasi, sehingga semua siswa punya kesempatan bersekolah di sekolah yang berada di dekat tempat tinggalnya. Tentu saja saya merasa bahwa keadilan pendidikan akhirnya mulai diberlakukan.

Bukankah sekolah emang untuk mencerdaskan? Kalau anak udah cerdas saja yang diterima masuk sekolah. Lah terus buat apa sekolah yang mencerdaskan? Orang, anak sekolahnya udah cerdas, kan ye?.

Nah, dengan adanya sistem zonasi, maka anak-anak yang mungkin belum bisa mendapatkan nilai yang tertinggi, serta memiliki orang tua dengan keterbatasan dana. Masih punya kesempatan untuk bisa bersekolah di sekolah dekat tempat tinggalnya. Meskipun sekolah tersebut terbilang sekolah favorit.

Sehingga dengan demikian, nggak ada lagi anak-anak yang belum punya nilai yang tinggi, hanya bisa bersekolah di sekolah 'buangan'.

Dulunya sih, seperti itu saya memikirkan adanya sistem zonasi ini, dan tentu saja menyambut baik diadakan sistem ini. 

Baca juga : Cara Daftar PPDB SMP Negeri Surabaya 2023 Bagi Siswa Lulusan Luar Kota


Kelebihan dan Kekurangan Jalur Zonasi Dalam PPDB

Kenyataanya, tak ada sesuatu yang benar-benar hanya punya kelebihan saja, selalu diikuti dengan kekurangannya. Demikian juga dengan jalur zonasi pada PPDB sekarang.

tips-agar-lolos-ppdb-jalur-zonasi

Kelebihan jalur zonasi dalam PPDB

Dengan adanya jalur zonasi dengan kuota ketersediaannya mencapai 50% dalam setiap sekolah negeri. Maka akan tercipta keadilan sosial dalam pendidikan, yang tentunya akan mempercepat juga diadakan pemerataan fasilitas pendidikan dan pendukungnya di semua daerah.

Hal ini membuat pendidikan, khususnya pendidikan wajib 9 tahun. Menjadi bukan hanya milik anak-anak yang pandai secara akademik, tapi seluruh anak Indonesia.

Anak-anak juga bisa lebih aman dan mudah mengakses sekolahnya, karena lokasi sekolah yang masih terbilang dekat dari rumahnya. Hal ini membuat orang tua juga terbantukan dan tidak was-was karena anak harus menempuh jarak jauh untuk ke sekolah.


Kekurangan jalur zonasi dalam PPDB

Namun ternyata, dengan adanya jalur zonasi ini, membuka peluang curang untuk beberapa atau banyak orang. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan kuota sekolah, sementara semua orang hanya bisa mendaftar di sekolah yang ditentukan oleh sistem.

Karena itulah semua orang jadi berlomba-lomba dengan berbagai cara, agar bisa masuk sekolah negeri. Karena biarpun pilihan sekolah swasta masih tersedia, namun tidak semua orang mampu membayar biaya sekolah yang tentunya lebih mahal ketimbang sekolah negeri.

Berbagai hal dilakukan untuk kecurangan dalam sistem ini, terlebih celah untuk kecurangan tersebut masih dengan mudah bisa dilakukan. Salah satunya dikarenakan keterbatasan ketelitian petugas saat validasi data calon siswa, khususnya dalam penentuan titik koordinat alamat tempat tinggal.

Sebenarnya, ketika pertama kali diadakan jalur zonasi ini, kuota yang disediakan dalam setiap sekolah adalah 90%. Seiring waktu, kuota tersebut terus dikurangi, mulai dari hanya tinggal 70%, sampai akhirnya di tahun 2023 hanya tinggal 50% saja. Itupun masih juga digeser oleh kuota jalur afirmasi keluarga miskin.    

Baca juga : Syarat Usia Anak Masuk TK dan SD yang Bikin Ortu Galau


Tips dan Trik Penting Agar Lolos Masuk Sekolah Negeri Jalur Zonasi

Selain keterbatasan kuota, sebenarnya ada hal lain yang bikin saya, dan mungkin beberapa ortu lainnya, gagal memasukan anaknya di sekolah negeri jalur zonasi.

tips-agar-lolos-ppdb-jalur-zonasi

Salah satunya adalah karena salah taktik, dan ketidak jelasan penulisan syarat dan ketentuan oleh pihak Diknas sebuah wilayah.

Di Surabaya misalnya, disediakan 2 macam jalur zonasi, di mana zonasi 1 dengan kuota 35% adalah sekolah yang berada 1 kelurahan dengan alamat tempat tinggal siswa.

Sementara zonasi 2 dengan kuota 15% adalah sekolah yang berada di 1 kecamatan dengan alamat tempat tinggal siswa.

Dan ternyata zonasi 1 dan 2 ini yang banyak menyumbang penyebab gagalnya berjuang di PPDB jalur zonasi. Karena pilihan 1 dan 2, tidak dibatasi hanya boleh memilih 1 zonasi saja.

Secara garis besar, saya rangkumkan hal penting, yang bisa menjadi tips dan trik untuk bisa lolos masuk sekolah negeri jalur zonasi, khususnya untuk wilayah Surabaya, di antaranya:


1. Jangan pilih zonasi yang sama terlebih jika jarak rumah ke sekolah terdekat di atas 500 meter

Untuk PPDB wilayah Surabaya, jalur zonasi memperoleh kuota sebesar 50% dari tiap ketersediaan sekolah. Namun kuota tersebut dibagi 2 pilihan, ada pilihan 1 dan pilihan 2, dengan zonasi 1 dan zonasi 2.

Di zonasi 1, terdapat pilihan sekolah-sekolah yang berada di 1 kelurahan dengan alamat rumah, namun jika nggak ada sekolah dalam se kelurahan, biasanya pilihan sekolahnya akan lebih meluas hingga jarak 2-3 KM dari titik koordinat alamat rumah.

Sementara zonasi 2, terdapat pilihan sekolah yang ada di 1 kecamatan dengan alamat rumah.

Di sinilah letak kesalahan fatal saya ketika mendaftarkan si Kakak dalam PPDB SMP Negeri 2023 di Surabaya beberapa waktu lalu.

Di mana, pilihan 1, saya memilih sekolah yang berada di zonasi 1, dan pilihan 2 pun tetap memilih sekolah lain di zonasi 1.

Hasilnya? kedua pilihan saya, bersaing dengan jarak yang paling dekat, di bawah 500 m dari alamat rumah.

Sementara pilihan zonasi 2, rata-rata diambil dari jarak di atas 500m, hingga memenuhi kuota sekolah sebesar 15 %.

Jadi, pastikan memilih 2 zonasi, yaitu pilihan pertama di zonasi 1, dan pilihan kedua di zonasi 2.


2. Jangan buru-buru validasi data, tunggu sampai di pertengahan waktu atau akhir waktu

Ini sebenarnya cara yang curang sih, di mana kalau melihat kecurangan yang terjadi tuh, karena banyak yang asal dalam melakukan peletakan titik koordinat alamat rumahnya.

Beberapa orang menandai alamat rumahnya di titik yang tidak sebenarnya, tapi dengan cara memajukan titiknya hingga dekat dengan sekolah yang diincar.

Karena melihat dari data tahun sebelumnya, jarak zonasi terjauh adalah 800-900 m dari jarak sekolah ke rumah, maka banyak yang menandai alamatnya di sekitaran 600-700 m dari sekolah. 

Lalu bagaimana bisa lolos ketika validasi data? Cari waktu di mana petugasnya kewalahan dalam memeriksa data calon siswa, biasanya di pertengahan waktu validasi, atau menjelang akhir validasi data.

Btw ini cara curang sih ya, kalau saya sih mending ke sekolah swasta aja, daripada pakai cara nggak jujur, karena saya yakin hasilnya bakalan nggak baik juga, meskipun mungkin anak berhasil masuk sekolah negeri.

Lalu kenapa dikasih ide buat curang, Mami Rey?

Nggak kasih ide sih sebenarnya, cuman mengira-ngira celah orang-orang berbuat curang aja ketika PPDB SMP negeri di Surabaya kemaren, hehehe.

Baca juga : Aturan Zonasi Sekolah Bikin Cita-Cita Jadi Berubah


Kesimpulan dan Penutup

Semakin tahun, penerimaan PPDB sekolah negeri khususnya jalur zonasi, semakin memprihatinkan. Sedih rasanya, ketika tinggal di lokasi yang berjarak 1 KM dari sekolah negeri, tapi nggak bisa masuk sekolah negeri jalur zonasi.

Namun, sebenarnya ada trik tertentu untuk memaksimalkan usaha lolos ke sekolah negeri, seperti tips penting yang saya bagikan di atas.


Surabaya, 03 Juli 2023

Sumber: opini dan pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

Demikian artikel tentang tips dan trik penting yang bisa dilakukan agar lolos masuk sekolah negeri jalur zonasi, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tips dan Trik Penting Agar Lolos PPDB Sekolah Negeri Jalur Zonasi"