Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Twibbon MPLS dan Risiko Bagi Anak Jika Diupload Ke Medsos

Konten [Tampil]
twibbon-mpls-dan-risiko-buat-anak

Twibbon MPLS anak sekolah ramai berseliweran di medsos sejak awal minggu ini. Hal ini dikarenakan mulai minggu ini, anak-anak sekolah, baik TK, SD, SMP hingga SMA di Surabaya dan sekitarnya, khususnya. Mulai masuk sekolah guna MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah.

Si kakak Darrell juga mulai masuk sekolah Minggu ini, meskipun sejak Sabtu lalu bahkan sudah ke sekolah guna menyimak persiapan MPLS ini.

Dan seperti sekolah-sekolah lainnya, sejak hari Minggu, beberapa guru di grup PPDB SMP si Kakak, menyarankan agar anak-anak bikin twibbon MPLS, dan menguploadnya di instagram.

Tak lupa, para murid diminta follow akun sekolahnya, dan tag postingan twibbon-nya ke akun sekolah. Pokoknya semacam aji mumpung dah, buat nambahin follower akun dan ketenaran sekolah, hehehe.

Baca juga : Pengalaman Menyekolahkan Anak di TK Mutiara TPJ Sidoarjo


Apa itu MPLS dan Twibbon MPLS

MPLS adalah singkatan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Di mana di masa ini, para siswa atau murid baru akan mengikuti beberapa kegiatan yang bertujuan untuk mengenal lingkungan sekolahnya.

twibbon-mpls-dan-risiko-buat-anak

Adapun kegiatannya adalah berupa perkenalan program sekolah, perkenalan sarana dan prasarana di sekolah, cara belajar mengajar di sekolah. Termasuk juga penanaman konsep pengenalan diri, serta pembinaan awal kultur sekolah.

Program ini biasanya diadakan oleh semua sekolah dalam rangkah menyambut murid baru pada tahun tahun ajaran baru.

Seiring berkembangnya dunia digital, masa-masa ini dimanfaatkan juga sebagai masa yang tepat untuk branding nama sekolah. Salah satu caranya adalah melalui twibbon MPLS.

Twibbon MPLS adalah sebuah desain frame atau bingkai foto, yang dapat diisi dengan foto murid-murid baru atau peserta didik baru di sebuah sekolah. 

Adapun desain Twibbon MPLS biasanya ditentukan oleh pihak sekolah yang bersangkutan, lalu disebarkan kepada murid-murid baru, disertai ajakan untuk mengisi twibbon tersebut. Serta di-upload pada akun media sosial para murid atau ortunya.

Beberapa sekolah bahkan mengadakan sebuah lomba yang bisa diikuti para murid baru, dengan cara menyebarkan foto twibbon masing-masing di akun media sosial. Lalu mendapatkan insight yang luas yang bisa menjadi eksposure bagi nama sekolah.

Dan beberapa hadiah menarik, disediakan pihak sekolah, bagi pemenang yang mendapatkan insight paling banyak.

Baca juga : Bimbel Online Interaktif Bikin Belajar Bersama Anak Jadi Menyenangkan


Risiko Mengupload Twibbon MPLS ke Media Sosial

Dan begitulah, beraneka jenis design twibbon MPLS dari berbagai sekolah, mewarnai beranda mesia sosial minggu ini.

twibbon-mpls-dan-risiko-buat-anak

Dan seperti biasa, seiring dengan viralnya foto twibbon MPLS di mana-mana, beredar pula komentar pro dan kontra terhadap postingan foto twibbon tersebut.

Sebagian orang terang-terangan mengingatkan agar lebih bijak mengupload foto twibbon MPLS anaknya. Karena itu sama saja memberitahukan di mana anak bersekolah kepada semua orang, termasuk orang-orang yang mungkin punya niat buruk.

Saya sendiri termasuk parent yang mikir-mikir untuk upload foto twibbon anak. Sejak dulu saya memang agak tertutup tentang hal-hal pribadi seperti data anak, sekolah anak, termasuk alamat tempat tinggal hingga sudut-sudut tempat tinggal.

Ketika si Kakak masih bersekolah di SDI, saya selalu rutin membuatkan foto twibbon buat kakak, namun memang cuman di-share ke grup kelas aja.

Hal ini untuk membatasi hal-hal yang mungkin bisa disalahgunakan orang-orang yang berniat jahat. Dan mungkin juga udah jadi kebiasaan saya kali ya, jadinya nggak terbiasa aja buat pamer data anak terlalu detail.

Namun, bukan berarti saya mempermasalahkan orang-orang yang share foto twibbon MPLS anak-anak mereka juga sih. Menurut saya, setiap orang pasti punya pertimbangan masing-masing, ketika memajang foto anaknya di media sosial.

Dan saya yakin, kalau semua parents pastinya sudah mengerti, bahwa ada plus minus serta risiko yang harus ditanggung, ketika meng-upload foto twibbon MPLS anak di medsos, seperti:


1. Wajah anak tersebar di medsos

Sebenarnya nggak ada salahnya dengan wajah anak tersebar di media sosial, menurut saya loh ya. Karena saya juga sering posting wajah anak-anak, baik di medsos maupun di blog.

Cuman emang, saya sering minta izin dulu, terutama kepada si Kakak yang udah lebih mengerti tentang nyaman dan nggak nyaman wajahnya tersebar.

Nah yang jadi masalah, jika anak ternyata nggak suka jika wajahnya disebar, sementara semua foto yang sudah pernah kita upload, akan tersimpan selamanya di internet, meskipun sudah dihapus.

Selain itu, wajah anak yang tersebar, membuat orang-orang yang berniat jahat mengenali wajah anak kita. Dan bisa jadi akan lebih mudah menjalankan niat buruknya karena sudah dengan mudah mengenali wajah anak kita yang terpajang di medsos. 


2. Lokasi sekolah anak tersebar di medsos

Hal lainnya dari risiko mengupload foto twibbon anak ke medsos adalah, semua orang akhirnya tahu lokasi sekolah anak.

Jika digabung dengan poin 1 di atas, hal ini akan menjadi hal sempurna bagi orang-orang yang berniat jahat, dalam menjalankan niatnya.

Wajah anak kita jadi dikenali, sekolah anakpun diketahui semua orang. Orang-orang yang berniat jahat, misal menculik anak atau semacamnya, akan dengan mudah mencari tahu keberadaan anak di sekolah tersebut.


Hal-hal jahat yang bisa dilakukan orang lain dengan memanfaatkan wajah dan lokasi sekolah anak kita beragam. Mulai dari penculikan anak hingga penipuan dengan mengatas namakan anak.

Misal, telepon meminta uang dengan alasan anak mengalami sesuatu di sekolahnya, dan semacamnya.

Tentunya kita nggak mau mengalami hal semacam itu, kan?

Baca juga : Baby Shop Di Surabaya yang Lengkap dan Terjangkau


Kesimpulan dan Penutup

Masa pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang biasa disingkat dengan MPLS, diwarnai dengan munculnya foto twibbon MPLS anak-anak di berbagai media sosial.

Hal ini tentunya membawa dampak dan risiko tertentu buat anak, terlebih ketikan parents mengupload foto twibbon sekolah anak secara sembarangan di media sosial.

Anak-anak bisa rawan jadi korban penculikan, ataupun penipuan dengan mengatasnamakan data sekolah anak.

Karenanya, parents memang jangan lupa memikirkan risiko yang akan dihadapi, ketika foto twibbon MPLS anak tersebar di media sosial. 


Surabaya, 20 Juli 2023

Sumber: Pengalaman dan opini pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

Demikian artikel tentang Twibbon MPLS dan risiko yang bisa menghampiri anak, jika diupload sembarangan di medsos, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Twibbon MPLS dan Risiko Bagi Anak Jika Diupload Ke Medsos"