Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menikah di KUA atau Menikah Pakai Resepsi?

Konten [Tampil]

menikah-di-kua-atau-menikah-resepsi

Lagi trend ya menikah di KUA, murah, simple, nggak repot, nggak ngabisin duit. Jujur bikin saya juga pengen ikutan kayak gitu.

Terus saya sadar, lah kan saya udah mamak-mamak, anak dua pula, apa-apaan kok kepengen ikutan trend nikah simple itu juga, hahaha.


Cerita Menikah dengan Resepsi

Sejujurnya, sejak dulu ketika nikah di KUA ini belum trending kayak sekarang, belasan tahun lalu (astagaaaa, udah tuwah dirimu Rey!), saya juga berpikir menikah demikian.

Kalau saya nih, murni karena emang nggak suka ribet, dan nggak terbiasa bikin acara-acaraan. Seumur-umur, rumah orang tua tuh, cuman ramai ketika adik saya meninggal dulunya.

Baca juga : Ketika Adik Berpulang

Jadi, saya yang juga jarang keluar rumah, jarang banget merasakan kumpul ramai-ramai dan banyak orang gitu.

menikah-di-kua-atau-menikah-resepsi
Ditambah, saya kan berjodoh dengan orang Jawa. Sementara orang tua di Buton. 

Saya pun udah lama banget jarang pulang ke Buton, rasa-rasanya yang dulu teman saya cuman sedikit. Karena jarang pulang, jadinya malah nyaris nggak punya teman lagi.

Dan, yang paling beralasan adalah, akoh tak punya uang banyak buat menikah dengan resepsi. Jadi ya sejak dulu tuh berpikir, pengennya nikah sederhana aja. Ala-ala nikah di KUA zaman now gitu loh.

Juga, dari pihak calon suami, nggak bisa nyumbang uang banyak-banyak kan ye. Belum harus bayar transportasi ke Buton bersama orang tuanya.

Duh, nggak deh. Nggak usah resepsi-resepsian, buang-buang duit aja!

Lalu saya menyadari, lah kan yang bayar ortu saya, wakakakaka.

Iya, dulu saya nggak punya tabungan, maklum kerja sambil mandiri ngekos sejak belum kerja malahan. Dan kurang beruntung pula dalam mendapatkan penghasilan. Jadinya gaji setiap bulan cuman cukup buat makan dan bayar kos.

Tapi ternyata, ortu saya mau bayarin acaranya. Meski dalam hati berharap, udahlah... daripada bayarin resepsi, mending duitnya buat saya aja, buat modal beli rumah kek, atau apa setelah menikah, hahaha.

Untunglah saya sadar diri. Lah.. duit, duit mama saya, kenapa jadi saya yang ngatur? hahahaha.

Jadi begitulah, saya dulu nikahannya pakai resepsi, meski nggak yang besar-besaran banget sih ya. Tapi lumayan lah menguras isi rekening mama saya, hahahaha.

Dan karena itu juga, abis nikah saya balik ke Surabaya bersama suami dan keluarganya, dengan kondisi nol rupiah alias kagak punya duit, hahaha.

Uang amplop resepsinya mana Rey? ya diambil mama saya lah, wakakakaka. Begitulah perjalanan pernikahan si Rey dimulai. Mulainya dari enol! hahaha.

Baca juga : Repotnya Menikah Beda Suku


Alasan Nurut Keputusan Orang Tua Tentang Menikah Pakai Resepsi

Mungkin ada yang berpikir, si Rey ini kan keras kepala banget ya. Kenapa nggak ngotot mau nikah KUA aja? Jadi kan duitnya bisa diminta sedikit buat modal setelah menikah?.

menikah-di-kua-atau-menikah-resepsi

Iya, si Rey emang keras kepala, tapi hatinya lembut *uhuk

Saya nggak bisa memaksa orang tua dong untuk nikahan sesuai maunya saya. Kan yang punya duit bukan saya.

Saya tuh tahu beres banget dulu, ibarat bawa badan dan surat-surat menikah aja. Waktu itu saya kan udah jadi warga Surabaya, jadi urus nikahnya di Surabaya, terus di Buton cuman kayak numpang nikah di KUA-nya.

Undangan sih dicetak di Surabaya, tapi semua itu uang ortu saya. Saya mah nurut aja, nggak tahu diri banget kalau udahlah dibayarin, eh ngotot atur-atur pulak!

Bahkan, semua hal tentang resepsi, dari katering, pelaminan, baju adat, paket make up dan perawatan, semuanya dibayarin.

Lucky me, Alhamdulillah kok mama pesannya yang nggak mengecewakan juga. Dari yang make up-nya not so bad-lah, makanan berlimpah dan enak-enak, nggak berkekurangan sama sekali. Pokoknya semuanya Alhamdulillah lancar jaya.

Baca juga : Menikah adalah Ibadah, Bukan Semata Mencari Kebahagiaan

Alasan orang tua bikin saya resepsi nikah juga mendasar sih.

Pertama, orang tua terutama Bapak pengen agar berlaku adil kepada kedua anaknya. Kakak saya menikah pakai resepsi dan juga dibayarin orang tua, masa saya enggak?

Kedua, karena sejujurnya orang tua saya memendam rasa kesal kepada banyak orang. Baik keluarga besar maupun tetangga. Yang selalu menuduh saya jadi 'perempuan nggak baik' di Surabaya.

Banyak yang bergosip, kalau saya hidup 'kumpul kebo' di Surabaya, bahkan ada keluarga sendiri yang menyebarkan gosip, kalau sebenarnya saya udah punya anak di Surabaya hasil dari 'kumpul kebo'.

Jadi, mama saya khususnya, ini menunjukan kepada orang-orang yang menggosip itu, bahwa anak perempuannya Alhamdulillah bisa bertanggung jawab dan menjaga diri, meski 9 tahun hidup sendiri di Surabaya.

Baca juga : Menikahi Lelaki Patah Hati


Menikah di KUA atau Menikah Pakai Resepsi, Pilih mana?

Dari pengalaman menikah saya, jika ditanya, lebih pilih mana? menikah di KUA atau menikah pakai resepsi? 

Jawabannya adalah, tergantung!

Kalau menikahnya pakai duit sendiri, bolehlah sedikit 'keras' ikut andil, asalkan tetap menghormati orang tua, nggak bikin hati ortu jadi kecewa.

Misal, orang tua mintanya pakai resepsi. Apalagi dengan satu alasan kuat, kayak mama saya yang pengen bikin resepsi, biar semua tahu kalau akhirnya anak perempuannya sudah menikah. Dan tidak 'kumpul kebo', apalagi udah punya anak duluan, ckckckck. 

Karena sejatinya, mengadakan acara nikahan dengan resepsi itu, sama seperti berbagi kabar bahagia, dan juga semacam pengumuman kalau kita udah nikah. Biar nggak menimbulkan fitnah ketika orang berpikir kita belum menikah tapi tiba-tiba hamil gitu, iya kan?  

Jika memang ada rezekinya, dan tidak berlebihan, it's OK sih ya mengadakan resepsi, apalagi dengan tujuan membahagiakan orang tua. Duh itu pahala dan keberkahannya, insya Allah mengalir terus menyejukan pernikahan kita.

Namun, kalau menikahnya pakai duit orang tua, apalagi dibiayainya semuanya kayak si Rey. Ya udah lah ya, nurut aja, jangan kebanyakan nana nini nunu, hahaha.

Baca juga : Perempuan Tetap Bisa Merdeka Meski Menikah dan Punya Anak 


Kesimpulan dan Penutup

Pada dasarnya, apapun pilihan masing-masing, mau nikah di KUA kek, menikah pakai resepsi kek. Yang penting berlangsung dengan lancar dan damai sih, buat saya itu yang terpenting.

Karena kenyataannya, banyak juga yang harus bersitegang dengan orang tua, gara-gara memaksakan diri untuk menikah di KUA, sementara ortu ingin dibuatin resepsi meski nggak perlu besar-besaran.

Maksudnya sih baik, biar lebih simple, nggak perlu buang-buang uang. Tapi, kalau untuk itu bikin hati ortu jadi kecewa, kok ya rasanya ada yang kurang ya menurut saya.

Terlebih, baik menikah di KUA maupun menikah pakai resepsi, dua-duanya punya kekurangan dan kelebihan yang sama. Next time deh kita bahas lebih detail tentang hal itu.

Kecuali, jika ortu memaksa ada resepsi yang berlebihan, sementara duitnya nggak ada sama sekali. 

Begituh.

How about you?

Sidoarjo, 03 Maret 2023

#FridayMarriage

Sumber: opini dan pengalaman pribadi

Gambar: canva edit by Rey

Demikian artikel tentang pilihan menikah di KUA atau menikah pakai resepsi menurut saya, semog bermanfaat.

17 comments for "Menikah di KUA atau Menikah Pakai Resepsi? "

  1. Di daerah saya yang notabene adalah desa, ada yang nikahan di KUA tapi cuma ijab qabul saja. Untuk resepsi, serah terima manten dsb tetap diadakan di rumah, itu sebagai penghormatan untuk besan

    ReplyDelete
  2. Wkwkwkwk Mulai Dari Nol... senasib kita Mbak.. Tapii alhamdulilah nggak minus jugaaa.. Sesihnya kadang banyak orang tua yang saking inginnya resepsi pernikahan anaknya samoe ngutang sana sini .. ujung ujungnya anaknya yg baru Merritt itu yg harus nanggung hutangnya.. di kampung ku demikian..

    ReplyDelete
  3. kalo aku saran sih buat adek2 yg udah masuk umur, dari sekarang sering2 ajak ngobrol ortunya, biar gak kaget pas beneran udah mau nikah. kita gak bisa ujug2 ngasih pendapat pas ujung waktu, gimana pun kita butuh doa ortu biar rumah tangga berkah

    ReplyDelete
  4. nah pengalamanku hampir sama nih sama mba Rey, aku tipe yang manut cenderung tahu beres, soalnya biaya nikah A-Z yang urus orangtuaku. dan saya juga setuju, mau dimanapun kita menikah, yang penting semuanya berjalan lancar, damai, dan barokah

    ReplyDelete
  5. Astaga, ada gitu ya keluarga yang bikin gosip separah itu? Tapi memang selalu ada aja sih yg modelan begitu.
    Secara masih single, saya memang kepikiran ingin menikah di KUA saja karena tim gak suka ribet juga. Tp ya liat nanti tergantung calon suami dan keluarga juga sih.
    jadi mari kita lihat nanti seperti apa hasilnya.
    Yang penting kan nikahnya sah di mata hukum agama dan negara, kan.

    ReplyDelete
  6. Pernikahan memang butuh banyak kompromi. Bahkan gak hanya dengan keluarga sendiri. Juga dengan keluarga calon pasangan. Karena pernikahan baru awal dari sebuah perjalanan panjang. Kurang baik rasanya kalau sejak awal udah dimulai dengan rasa kurang nyaman dari salah satu pihak

    ReplyDelete
  7. Subhanallah. Ghibahnya kejam bgt Mbak Rey :( Memang sih, salah satu alasan org merasa wajib mengadakan resepsi pernikahan ya krn tkut jadi fitnah orang2 gak ada kerjaan bgtu ya mbak.

    ReplyDelete
  8. Keduanya punya sisi spesial. Terlepas apapun pilihannya, itu yang terbaik, ya, kan?

    ReplyDelete
  9. Jaman aku nikah rata-rata penghulu datang kerumah mba, dinikahkan lalu langsung resepsi tapi saat ini banyak ya yang memilih nikah di KUA mungkin lebih sakral auranya

    ReplyDelete
  10. Sama banget, kak Rey..
    Aku dapet jodohnya gak jauh-jauh dari rumah siih..kebetulan juga temen SMA lalu kami LDR. Lalu pas minta nikah cepet ((beres lulus, langsung nikah)) tuh langsung fitnah muncul. Katanya uda begini dan begitu..

    Subhanallahu..
    Semoga Allah selalu jaga niat baik setiap hambaNya yang ingin menghalalkan sebuah hubungan antara laki-laki dan perempuan untuk hanya mengharap berkahNya.
    Aamiin~

    Nikah di KUA memang menjadi tren mungkin karena pandemi juga kali ya..
    Lebih simple, aman dan sah di hadapan Allah.

    ReplyDelete
  11. Bener juga sih mau nikah di KUA atau di gedung resepsi, yang penting sah, aman, dan lancar. Lihat kondisi keuangan dan mempertimbangkan orang tua juga. Etapi ada juga yang akad di KUA tapi resepsi juga diadakan di rumah biar semuatetanhga, saudara, dan teman datang.

    ReplyDelete
  12. Bener banget, Mba. Dari sudut pandang orangtua tentu ingin adil seadil-adilnya ke anak dan lebih lagi semua dibiayain sama ortu. Sebagai anak sih pasrah aja yang penting jadi nikah dan direstui :-D

    ReplyDelete
  13. sama mba, nikah pakai resepsi karena pilihan dan keinginan orang tua, apalagi aku anak terakhir yang akan "dilepas" yaaa, tinggal ngatur kemampuan resepsinya

    ReplyDelete
  14. Menikah di KUA ataupun di rumah kembali kepada masing-masing mempelai dan keluarganya. Kalau memang itu sudah kesepakatan di KUA ya fine-fine aja. Kalaupun mau resepsi no problem, asalh sudah kesepakatan semua pihak.

    ReplyDelete
  15. Dulu saya juga pengen nikah simple ala nikah2 KUA jaman now, tapi ya apa boleh buat, penyumbang dana terbesar memang orangtua. Padahal saya udah bilang, pengen nikah sederhana aja biar uangnya bisa saya gunakan minimal buat DP rumah. Nyatanya benar, kami baru bisa beli rumah setelah belasan tahun kemudian, karena sisa uang nikah sama sekali ga cukup buat rumah 🤣

    ReplyDelete
  16. Selama itu sah dalam agama dan hukum, ayo ayo saja. Saya nikah di rumah tapi orang KUA datang pastinya haha.
    Resepsinya juga tidak begitu mewah setidaknya cukup mengundang orang-orang terkasih

    ReplyDelete
  17. Yang lagi ramaaiii....
    Bagiku sih, apa pun pilihannya harus dinormalisasi aja.. jadi nggak ada yang menjatuhkan satu sama lain dan berlaku sebagai pilihan yang setara, sama mulianya, dan tujuan menikah tercapai.

    ReplyDelete