Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cerita Hari Pertama Puasa Bersama Anak-Anak Ala MamiRey

Konten [Tampil]

cerita-hari-pertama-puasa

Cerita hari pertama puasa di tahun 2023 ini terasa kurang istimewa sebenarnya. Hal ini dikarenakan saya nggak bisa ikutan puasa di hari pertama. Jadilah hanya si Kakak yang sahur dan puasa sendiri.

Mana si Kakak lagi libur sekolah kan, alhasil saya dan si Adik yang nggak puasa, jadi makan siang di depannya deh.

Untungnya, si Kakak memang udah bisa dibilang terbiasa puasa. Sekali dua kali dia puasa sunnah Senin dan Kamis. Hal ini bikin dia jadi tahan berpuasa meski ada orang makan di depannya.

Cerita hari pertama puasa kami, di mulai dari malam sebelumnya. Anak-anak, baik si Kakak dan Adik ke masjid berdua untuk shalat tarawih.

Jujur sih, agak berat melepas mereka ke masjid, terutama si Adik. Mereka memang terbiasa shalat di masjid berdua. Tapi masalahnya adalah, si Adik yang kayak gasing, kebanyakan tingkah dan saya takut itu mengganggu orang yang di masjid.

Baca juga : Anak-Anak Lelaki Rajin Shalat Ke Masjid, Begini yang Saya Lakukan

Jadi begitulah, sejak beberapa hari sebelumnya, saya udah kasih pengertian sama si Adik, bahwa dia boleh ikut kakak shalat Tarawih, dengan syarat nggak boleh kebanyakan tingkah.

Tak lupa saya jelasin kalau shalat Tarawih itu lama dan rakaatnya banyak. Kalau Adik nggak sanggup, mending nggak usah ikut kakak.

Alhamdulillah, mereka melewati malam pertama shalat Tarawih dengan aman dan damai. Dari laporan si Kakak, Adik sih mau ikut shalat, meski dia mengeluh capek, dan shalatnya masih goyang-goyang.

Alhamdulillah, bahagia rasanya mendengar itu. Nggak masalah sih jika Adik goyang-goyang shalatnya, yang penting nggak keluyuran dan mengganggu orang lain shalat.

Sayangnya Adik nggak sanggup bangun sahur, dan saya juga nggak mau maksa, daripada dia rewel bahkan muntah karena memaksakan makan di dini hari.

Cuman si Kakak yang sahur sendiri, kebetulan juga awal puasa bertepatan di hari Kamis, which is ada kegiatan shalat Tahajud dari sekolah si kakak.

Jadi, membangunkan si Kakak untuk sahur di hari pertama, belum terlalu drama.

Baca juga : Membiasakan Anak Shalat Subuh Berjamaah di Masjid

Siangnya, si Kakak juga berpuasa dengan lancar, nggak mengeluh lapar dan haus. Palingan ngeluh ngantuk, tapi dia ogah untuk tidur siang, sehingga maminya kudu melotot dulu baru dia mau tidur siang.

Waktu buka puasa dilewatkan si Kakak dan Adik di masjid. Sebelumnya si Kakak sudah meminta izin, agar selama puasa dia mau berbuka puasa di masjid.

Di sana dia bisa makan takjil yang ada di masjid, lalu pulang membawa nasi kotak. Gara-gara itu, masakan mami nggak kemakan dong.

Awalnya kesal, tapi lama-lama juga malah jadi bahagia, karena itu berarti saya nggak perlu repot nyiapin berbuka puasa, hahaha.

Setelah berbuka dan shalat Magrib di masjid, mereka pulang makan di rumah sambil bawa nasi kotak. Lalu setelah makan, balik lagi ke masjid untuk shalat Isha sekaligus shalat Tarawih.

Baca juga : Mengajak Anak Super Aktif ke Masjid

Beruntung jarak masjid dengan tempat tinggal kami sangat dekat, hanya sekitar beberapa meter saja. 

Di malam kedua tarawih, si Adik beneran nggak sanggup untuk tarawih, jadinya dianter pulang sama Kakak sebelum shalat witir.

Tapi, sampai di rumah si Adik malah menyesal, pengen ikut kakak lagi, hahaha.

Demikianlah cerita hari pertama puasa bersama anak-anak Ala MamiRey kalau parents lain, gimana cerita puasa pertamanya?  

Sidoarjo, 23 Maret 2023

Post a Comment for "Cerita Hari Pertama Puasa Bersama Anak-Anak Ala MamiRey"