Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memahami Penyebab Suami Selingkuh dari Drakor Love ft Marriage & Divorce

Konten [Tampil]

penyebab-suami-selingkuh

Penyebab suami selingkuh itu beragam ya, dan apapun itu sebenarnya bukanlah menjadi alasan untuk membenarkan adanya perselingkuhan di dalam hubungan pernikahan.

Dan hal ini, menjadi menarik untuk saya bahas di Parenting By Rey kali ini, karena beberapa waktu lalu, saya menonton sekilas sebuah drama Korea dengan tema perselingkuhan, berjudul:  Love ft Marriage & Divorce.

 

Meskipun saya nontonnya banyakan di skip-nya, terlebih karena episode-nya banyak amat, terbagi dalam 3 session pulak, dengan alur cerita yang rada membosankan sebenarnya ya.

Tapi secara umum ceritanya bagus banget sih, dan wajib banget ditonton oleh pasangan suami istri, cuman emang masalahnya keterbatasan waktu ya, ini drakor super panjang soalnya, ngabisin waktu aja, hahaha.

Alurnya juga maju mundur nggak jelas, terus ketambahan hal-hal yang udah kayak sinetron aja, which is pakai acara ada roh-roh hantu segala pulak, tapi over all, not all bad sih, apalagi di session kedua, yang udah berasa drama komedi banget, hahaha.

Baca juga : Persahabatan Pria dan Wanita Dewasa Tidak Pernah Murni Sahabatan Saja


Cerita Beberapa Suami yang Selingkuh dalam Drama Korea Love ft Marriage & Divorce 

Dalam cerita drakor yang saya angkat topiknya menjadi penyebab suami selingkuh, ada 3 pasangan utama yang menjadi tokoh ceritanya, di mana ketiganya, para istri, merupakan rekan kerja yang akrab di sebuah radio.

penyebab-suami-selingkuh

Dan juga ketiganya, sama-sama punya suami yang super manis serta perhatian, meski ujungnya, eh diselingkuhin diam-diam juga.


1. Pasangan sempurna Sa Pi-young dan Shin Yoo-shin

Tokoh pasangan pertama adalah, Sa Pi-young yang diperankan oleh Park Joo-mi, yang bekerja sebagai produser di radio. Dia merupakan wanita cantik berusia 40an, yang beruntung karena punya suami seorang dokter dan juga merupakan direktur di sebuah rumah sakit, serta anak perempuan yang cantik, pintar dan menggemaskan.

Suaminya, selain tampan dan lumayan kaya, juga sangat perhatian, pandai mengambil hati Pi-young, serta karakter suami idaman banget deh.

Dia juga sosok ayah yang luar biasa menyayangi anak perempuan mereka, sehingga bagi Pi-young, mustahil banget suaminya bisa berselingkuh.

"Di rumah dia sangat manis dan memanjakan istri dan anaknya, tapi ketika bekerja, wajahnya setegas elang!" demikian penjelasan Pi-young ketika dia dan teman-temannya membahas suami yang selingkuh.

Kenyataannya, Pi-young merasa sangat naif dan polos, ketika menemukan bukti langsung perselingkuhan suaminya bersama seorang gadis muda berusia 29 tahun, A-mi.

Pi-young shock berat ketika itu, terlebih bertepatan dengan meninggalnya ibunya, yang sebelumnya ditelantarkannya tanpa tahu ibunya sedang mengidap kanker.

Sampai-sampai Pi-young kehilangan suaranya selama beberapa hari, dikarenakan rasa kaget teramat sangat bercampur dengan rasa bersalah kepada ibunya. 

Bukan hanya Pi-young, ibu mertuanya serta teman-teman dekatnya juga shock berat mengetahui kenyataan itu, tidak ada seorang pun yang menyangka, kalau lelaki family man yang romantis dan manis banget kepada anak dan istrinya itu, ternyata punya selingkuhan di belakang semuanya.

Baca juga : Ketika Suami Berhubungan Lagi dengan Mantan Pacarnya


2. Pasangan sederhana Lee Si-eun dan Park Hae-ryoon

Pasangan kedua adalah pasangan sederhana Lee Si-eun yang diperankan oleh Jeon Soo-kyeong, yang merupakan wanita berusia 50an tahun yang bekerja sebagai penulis naskah radio.

Si-eun, meskipun penampilannya bisa dibilang sangat kuyu, saking tidak pernah memperhatikan perawatan diri dan penampilannya, tapi dia beruntung karena punya suami yang seorang profesor dosen, dan juga tak kalah manis serta perhatian kepadanya.

Suaminya sangat memanjakan Si-eun, sering memberikan kejutan-kejutan manis untuk sang istri, selalu membantu pekerjaan istrinya meski sesekali di rumah, juga sering mengajak Si-eun untuk ngedate tanpa mengajak anak-anak, demi me-refresh hubungan mereka.

Sayang, saking terlalu lama Si-eun yang selalu mengutamakan anak-anak dan suaminya, jadinya dalam pikirannya selalu dipenuhi anak-anak, bahkan ketika ngedate sama suaminya pun, yang dipikirkan dan diobrolin ya anak-anak.

Sampai suatu hari, Si-eun shock dan nyaris tak percaya, ketika suaminya Hae-ryoon mengajaknya untuk cerai, alasannya suaminya sudah tidak tahan dan jenuh banget dengan hubungan mereka yang selalu stagnan. 

Dia ingin menikmati hidup yang berbeda, yang tidak monoton, padahal cuman alasannya aja, dia minta cerai karena punya wanita lain yang menantinya untuk dinikahi, yaitu seorang aktris musikal Nam Ga-bin. 

Baca juga : Pernikahan Tak Bahagia, Cerai Tak Selalu Jadi Jalan Terbaik


3. Pasangan muda Boo Hye-ryoung dan Pan Sa-hyun

Pasangan terakhir adalah pasangan muda yang belum terlalu lama menikah, Boo Hye-ryoung dan Pan Sa-hyun.

Hye-ryoung merupakan penyiar radio yang cantik berusia 33 tahun, dan terkenal, belum lama menikah dengan pemuda tampan yang bekerja sebagai pengacara.

Beruntungnya, suami Hye-ryoung merupakan anak bungsu kesayangan dari pasangan yang lumayan kaya dan baik hati, sehingga menjadikan Hye-ryoung sebagai wanita paling beruntung di dunia.

Muda, cantik, terkenal, ada duit, punya suami ganteng, pekerjaan suami juga mapan, dan kedua mertuanya sayang banget ke dia maupun suaminya.

Sayangnya, Hye-ryoung memang merupakan wanita muda yang lumayan egois dan manja. Dia hanya lebih peduli dengan penampilannya dan pekerjaannya. Boro-boro urus suami, tidurpun seringnya harus di lengan suaminya. 

Dan yup, sama seperti kedua sahabat seniornya, Hye-ryoung juga pada akhirnya mengetahui kalau suaminya berselingkuh, bahkan lebih parah lagi, selingkuhan suaminya sudah hamil, dan kebetulan banget ayah ibu mertuanya serta suaminya, sangat menantikan seorang anak, tapi Hye-ryoung masih ogah hamil, takut karirnya berantakan.


Memahami Suami Selingkuh dalam Drama Korea Love (ft Marriage & Divorce) 

Dari cerita ketiga pasangan di drakor Love ft Marriage & Divorce tersebut, menurut saya memang yang paling berpotensi punya suami selingkuh memang si Hye-ryoung ya, karena dia punya banyak kekurangan, meski wajahnya cantik dan tubuhnya menarik, serta dia terkenal.

penyebab-suami-selingkuh

Si-eun yang tak pernah memperhatikan penampilannya juga sangat berpotensi diselingkuhi suaminya, meskipun sebenarnya Si-eun tidak merawat diri, biar irit dan nggak ada waktunya juga sih, dia lelah bekerja, mengurus rumah, anak dan suaminya.

Namun, yang paling mengejutkan emang si Pi-young ya, sosok wanita cantik, perhatian kepada suami dan anak, populer, dan juga bersuamikan lelaki kharismatik yang sangat manis.

Tapi, ujung-ujungnya selingkuh juga.

Dasar lelaki yak, meski perempuan juga banyak sih yang menjadi pelaku perselingkuhan, tapi kali ini saya pengen membahas perselingkuhan dari cerita drakor tema drama perselingkuhan ini.

Di mana, penyebab suami selingkuh adalah:

Baca juga : Menikahi Lelaki yang sedang Patah Hati

1. Penyebab suami selingkuh karena ada kesempatan

Ini yang terjadi pada suami Pi-young, dalam perjalanannya menuju Amerika, dia duduk di kursi pesawat yang mana bersebelahan dengan seorang wanita muda, cantik dan ceria, A-mi.

Meski awalnya suaminya, Yoo-shin terlihat cuek dan acuh tak acuh, tak peduli dengan keberadaan gadis cantik itu, kenyataannya ketika pesawat sedang di udara, terjadi insiden, saat A-mi terjatuh ketika melangkahi kaki Yoo-shin untuk pergi memakai toilet.

Gara-gara insiden tersebut, keduanya jadi mengobrol, lalu jadi akrab, sampai di tujuanpun mereka tetap saling kontak dan bertemu, lalu dari kegiatan ngobrol tersebut, diam-diam Yoo-shin mulai membayangkan hal-hal nakal tentang A-mi.

Ternyata, A-mi pun menyukai dia, dan hubungan mereka berlanjut sampai setahunan setelah perjumpaan mereka pertama kalinya di pesawat.

A-mi yang menetap di Amerika, bahkan rela pindah ke Korea, demi bisa berdekatan dengan lelaki yang dikenalnya di pesawat tersebut.

A-mi juga tahu persis, kalau Yoo-shin udah punya istri dan anak, tapi dia sulit melepas hubungan mereka.

Yoo-shin sebenarnya sudah mencoba memutuskan hubungan mereka, terlebih ketika istrinya, Pi-young mulai curiga dari beberapa hal, sayangnya A-mi kesulitan melupakan kekasih yang juga suami orang tersebut, sampai akhirnya ketahuan Pi-young secara langsung.

Dari POV Yoo-shin, perselingkuhan yang terjadi, tidak lain dan tidak bukan karena adanya kesempatan, kesempatan mengenal wanita lain, kesempatan mengobrol dengan wanita lain di saat istrinya jauh darinya pulak.

Dan kesempatan yang selalu menghampiri mereka, untuk bertemu dan mengobrol, hingga akhirnya hubungan mereka jadi terlalu jauh, dari sekadar mengobrol.


2. Penyebab suami selingkuh karena dijadikan pelarian dari kejenuhan 

Penyebab suami selingkuh lainnya adalah, karena ingin lepas atau lari dari kejenuhan, akibat kehidupan berumah tangga yang monoton.

Terlebih jika monoton yang dimaksud tersebut adalah hanya memperhatikan kepentingan anak semata, apa-apa mikirin anak, mau ke mana selalu ajak anak, melakukan apa saja selalu bersama anak.

Bagus sih, tapi yang namanya hubungan suami istri itu, butuh waktu we time berdua doang untuk bisa menciptakan kualitas waktu yang bikin bonding suami istri jadi lebih erat dan tak tergoyahkan.

Hal ini tentu saja PR terbesar bagi para istri, karena kebanyakan yang jenuh tuh para suami, terlepas dengan ada juga satu dua istri yang merasakan hal yang sama.

Sama seperti pasangan sederhana Lee Si-eun yang terlalu fokus ke anak dan keluarga, akhirnya yang di pikiran Si-eun cuman urus kebutuhan dan makanan anak-anak, urus kebutuhan dan makanan suami, ngerjakan semua pekerjaan rumah, ikut cari uang agar keluarga bisa lebih sejahtera.

Hasilnya, pasangan sederhana ini memang berhasil mengangkat derajat keluarga mereka, namun Si-eun mengorbankan dirinya untuk itu, jadi mengalah untuk tidak terlalu peduli dengan penampilan diri, tidak pernah merawat diri, bahkan di rumahpun Si-eun langsung tidur saking lelahnya, sampai-sampai hingga 2 tahun Si-eun tidak mau atau menolak berhubungan intim dengan suaminya.

Suaminya yang awalnya bisa memaklumi, lama-lama jadi jenuh dengan semua formalitas yang monoton tersebut, lalu bertemulah dia dengan seseorang yang membuatnya merasa berbeda dan 'lebih hidup', seketika hatinya berpindah.

Baca juga : Tips Agar Tidak Jenuh jadi Ibu Rumah Tangga


3. Penyebab suami selingkuh karena menemukan perhatian yang dibutuhkan dan tidak ditemukan pada istri

Yang terakhir, ini sih yang paling rawan dan paling sering jadi penyebab perselingkuhan para suami, yaitu istri yang manja, yang tidak pernah mementingkan perhatian dan mengurus suami.

Apalagi kalau suami, tipe anak mami anak yang terbiasa dilayani di rumahnya, udah deh, auto kelar tuh rumah tangganya.

Seperti yang terjadi pada wanita cantik dan populer Boo Hye-ryoung, menikah ketika berada di puncak karir, terbiasa dimanjakan suami, jadinya Hye-ryoung menjadi sosok wanita yang super manja, boro-boro mengurus suami, memperhatikan suami aja dia nyaris nggak pernah.

Nggak pernah mengurus makan suaminya, sementara suaminya tipe lelaki yang tumbuh besar dengan dimanja oleh keluarganya.

Lalu, bertemulah sang suami dengan seorang wanita yang lebih dewasa, lebih sabar, perhatian dan keibuan, seketika suaminya berpaling.


Cara Terbaik Membantu Suami Terhindar dari Selingkuh

Dari kisah-kisah perselingkuhan yang terjadi pada suami-suami di drakor Love ft Marriage & Divorce, saya jadi terpikirkan beberapa cara terbaik untuk membantu suami terhindar dari selingkuh, yaitu:

penyebab-suami-selingkuh

1. Patuhi perintah Islam dalam interaksi lelaki dan wanita

Cara pertama yang harus dilakukan agar dapat membantu suami terhindar dari perselingkuhan adalah, menutup kesempatan berduaan atau tercurinya hati suami ketika ada wanita lain.

Islam sudah mengatur hubungan lelaki dan wanita yang bukan mahrom dengan baik dan detail, baik dari wanita yang sebaiknya tidak keluyuran tanpa mahromnya, serta lelaki yang seharusnya menundukan pandangan dari tubuh dan wajah wanita yang bukan mahromnya.

Dengan demikian, jangankan kesempatan berduaan, akan sulit terjadi percakapan sambil memperhatikan wajah wanita lain sampai akhirnya merasa tertarik secara lebih ke wanita lain.

Jadi begitulah, saya sejujurnya menjadi wanita yang sedikit kolot, which is nggak percaya ada lelaki dan wanita yang berteman dekat tanpa adanya rasa, baik di antara keduanya, atau salah satunya aja. 


2. Jadwalkan dengan rutin hal-hal menarik untuk mempererat hubungan suami istri

Punya quality we time bersama pasangan itu penting banget loh, nggak perlu yang jauh dan butuh modal besar sebenarnya. Cukup di rumah saja, atau sekadar makan bakso berdua sama suami tanpa anak-anak.

Atau bisa juga sesekali anak-anak dititipin ke rumah eyangnya, atau sekadar check in di hotel terdekat berdua dengan suami .

Jadwalkan hal-hal seperti ini, minimal sebulan sekali, untuk mempererat bonding antara hubungan suami istri, sehingga tidak ada celah untuk merasa jenuh atau bosan menjalani kehidupan berumah tangga.

Baca juga : Tips Agar Tidak Jenuh jadi Ibu Rumah Tangga

Selain itu, mempererat bonding suami istri juga bisa dilakukan dengan membangun impian bersama, seperti yang dilakukan oleh pasangan selebritas tanah air, Titi Kamal dan Christian Sugiono, di mana mereka selalu bikin impian bareng dan bersama-sama mewujudkannya.

Misal, impian jalan-jalan ke suatu tempat, maupun impian membangun rumah baru, membangun ini itu, yang bisa dilakukan secara bersama-sama, sehingga hubungan akrab suami istri terjaga.


3. Berikan cinta dan perhatian sesuai kebutuhan suami

Yang paling penting juga adalah istri bisa membantu suami terhindar dari perselingkuhan dengan cara memberikan cinta dan perhatian, sesuai kebutuhan atau bahasa kasih suami.

Yang ini tentunya berbeda di tiap lelaki ya, karena setiap manusia punya kriteria bahasa cintanya masing-masing.

Baca juga : Mengenal Bahasa Kasih Pasangan Secara Tepat agar Tidak Selingkuh

Setiap istri wajib banget mengenali bahasa kasih sayang suaminya, agar tidak perlu kewalahan memberikan semua cinta yang dibutuhkan, terutama jika istri memang tipe wanita yang selalu sibuk (eh emang ada ya wanita yang nggak sibuk? hahaha).

Maksudnya, ada wanita yang beruntung, sehingga hidupnya hanya untuk melayani dan menyenangkan suami, kerjaannya ya cuman memastikan suami dan anak-anak makan makanan sehat, memastikan kenyamanan anak dan suami, merawat diri agar menyenangkan suami.

Masalah lainnya mah pakai uang suami aja buat ngerjain ini itu, begituh.

Kalau seorang istri bisa mendedikasikan semua hidupnya untuk suami dan anak, memenuhi semua bahasa cinta ke suami bukanlah hal yang terlalu sulit.

Namun, jika wanita yang masih harus melakukan segala sesuatunya seorang diri, termasuk harus bekerja mencari uang juga, maka waktu yang dipunyai hanya sedikit, karenanya kenali bahasa kasih suami, dan berikan dengan maksimal bahasa kasih tersebut.

Misal, suami merasa dicintai kalau dilayani istri untuk semua kebutuhannya, maka masakin suami, nyiapin semua kebutuhannya adalah hal yang bikin suami sangat dicintai.

Atau ada juga suami yang bahasa kasihnya physical touch, di mana suami merasa dicintai kalau dipeluk, cuddling sama istri adalah favoritnya. 

Maka yang perlu dilakukan adalah maksimalkan hal tersebut, lainnya bisa dilakukan dengan sebisanya. Jika tangki cinta suami penuh, maka peluang untuk selingkuh jadi lebih kecil, meskipun mungkin tidak menutup kemungkinan untuk nggak selingkuh sih, karena selingkuh kan emang banyak penyebabnya, termasuk kalau udah karakter suami kek gitu, itu mah yassalam.


Penutup

Penyebab suami selingkuh itu banyak, dan di drakor berjudul Love ft Marriage & Divorce ini, kita bisa melihat POV suami tentang perselingkuhan.

Meskipun demikian, apapun alasannya, perselingkuhan sama sekali tidak bisa dibenarkan bahkan wajar jika tidak bisa dimaafkan.

Dan sebagai istri wajib banget mengetahui penyebab suami selingkuh, sehingga bisa membantunya terhindar dari hal melakukan kesalahan terbesar seperti selingkuh tersebut.

Sidoarjo, 27 Januari 2023

#FridayMarriage

Sumber: 

  • Opini dan pengalaman pribadi
  • Cerita dalam Drama Korea Love (ft Marriage & Divorce) 

Gambar: Canva edit by Rey | berbagai sumber

Demikianlah artikel tentang penyebab suami selingkuh dilihat dari point of view pelakunya, yaitu para suami, dari cerita pada drama Korea Love (ft Marriage & Divorce), semoga bermanfaat 

1 comment for "Memahami Penyebab Suami Selingkuh dari Drakor Love ft Marriage & Divorce"