Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Operasi yang Ditanggung BPJS ada 19 Jenis, Apakah Operasi Indra Bekti Termasuk?

Konten [Tampil]
operasi yang ditanggung bpjs

Operasi yang ditanggung BPJS itu banyak macamnya, namun tidak semua jenis operasi, apalagi dalam kategori operasi besar, ditanggung BPJS.

BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, di mana merupakan sebuah lembaga khusus yang menyelenggarakan jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan bagi semua masyarakat Indonesia.

Ada 2 jenis BPJS, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, dan yang meng-cover beberapa jenis operasi besar adalah BPJS Kesehatan.


19 Jenis Operasi yang Ditanggung BPJS


Beberapa hari yang lalu, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan berita seorang publik figur bernama Indra Bekti yang harus dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pendarahan otak, dan harus segera menjalani operasi.

19 jenis operasi yang ditanggung bpjs

Yang lebih mengejutkan lagi, baru beberapa hari di Rumah Sakit, istri Indra Bekti, Aldilla, telah berencana membuat sebuah penggalangan dana untuk bisa membantu meringankan bebannya dalam membayar biaya rumah sakit yang nilainya konon sudah mencapai milyaran.

Rencana ini sontak membuat publik heboh dengan semua pro dan kontra, lalu beberapa mengaitkan dengan masalah klaim asuransi yang diperolehnya, termasuk BPJS.

Padahal, untuk BPJS Kesehatan sama sekali tidak bisa menanggung semua jenis operasi yang ada, apalagi jika jenis operasinya besar.

Karena itulah, betapa pentingnya masyarakat mengetahui, jenis-jenis operasi apa saja, yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Ada 19 jenis operasi yang ditanggung BPJS, di antaranya:
  1. Operasi amandel 
  2. Operasi bedah empedu 
  3. Operasi Caesar 
  4. Operasi hernia 
  5. Operasi bedah mulut 
  6. Operasi bedah vaskular 
  7. Operasi jantung 
  8. Operasi kelenjar getah bening 
  9. Operasi kista 
  10. Operasi kanker 
  11. Operasi katarak 
  12. Operasi mata 
  13. Operasi miom 
  14. Operasi Odontektomi 
  15. Operasi pencabutan pen 
  16. Operasi pengganti sendi lutut 
  17. Operasi tumor 
  18. Operasi usus buntu
  19. Operasi timektomi 

Kalau dilihat dari 19 jenis operasi yang ditanggung BPJS Kesehatan di atas, jenis operasi yang dilalui Indra Bekti, masuk ke kategori Operasi bedah vaskular.

Operasi bedah vaskular adalah sebuah tindakan pembedahan, yang bertujua untuk menyelamatkan hidup seseorang, dan dilakukan pada bagian vaskular atau sistem peredaran darah, untuk mengobati penyakit tertentu seperti stroke dan aneurisme. 


Syarat Menggunakan BPJS untuk Operasi

syarat menggunakan bpjs untuk operasi

Untuk kasus Indra Bekti, memang belum diketahui secara pasti, apakah Indra Bekti termasuk salah satu pengguna BPJS Kesehatan aktif, dan belum juga diketahui apakah keluarga menggunakan BPJS tersebut untuk membiayai operasi tersebut.

Karena, meski merupakan pengguna BPJS Kesehatan, dan operasi yang dilakukan ditanggung BPJS, ada beberapa syarat yang harus dipunyai untuk bisa menggunakan BPJS Kesehatan untuk operasi.

Adapun syarat untuk menggunakan BPJS untuk operasi adalah:
  • Pengguna BPJS punya kartu BPJS atau JKN-KIS yang masih aktif.
  • Pengguna BPJS tidak sedang menunggak iuran BPJS.
  • Wajib membawa surat rujukan dari dokter di faskes tingkat pertama (puskesmas atau klinik).
  • Pengguna wajib punya kartu pasien yang diperoleh dari rumah sakit rujukan.
Jika semua syarat tersebut dipenuhi, maka semua pengguna BPJS Kesehatan bisa mendapatkan perlindungan penuh terhadap kesehatannya, di mana BPJS Kesehatan akan menanggung seluruh biaya tindakan operasi serta perawatan yang sedang dijalankannya.


Cara Menggunakan BPJS untuk Operasi

cara menggunakan bpjs untuk operasi

Jika syarat yang harus dipenuhi, telah dipersiapkan, maka begini cara menggunakan BPJS Kesehatan untuk operasi yang ditanggung BPJS, yaitu:

Sebagai langkah awal, pasien akan diarahkan untuk berobat pada faskes I (puskesmas atau klinik) yang telah disetujui dan ditetapkan oleh BPJS Kesehatan. 

Kemudian, dokter faskes I tersebut, akan memutuskan apakah pasien perlu adanya tindakan operasi, jika iya, maka pasien diberi surat rujukan ke rumah sakit yang disarankan.

Setelah itu, di rumah sakit rujukan, dokter rumah sakit kembali memeriksa keadaan pasien, lalu mengatur jadwal operasi.
Untuk beberapa keadaan tertentu, misal pasien dalam keadaan gawat darurat, biasanya akan dilakukan penanganan secara langsung.

Dan begitulah cara menggunakan BPJS untuk operasi, dan sebenarnya semuanya mudah, asal syarat-syarat yang dibutuhkan terpenuhi dengan baik.


Penutup


Ada banyak jenis operasi yang ditanggung BPJS, namun tidak semua operasi yang ada ditanggung BPJS.

Karenanya, masyarakat wajib mengetahui jenis operasi apa saja yang bisa ditanggung penuh oleh BPJS, jika dibutuhkan.

Tentunya, semua itu bisa dilakukan, jika syarat-syarat penggunaan BPJS Kesehatan untuk operasi, bisa dipenuhi ya.

Semoga bermanfaat dan semoga kita semua selalu sehat, aamiin.


Sidoarjo, 05 Januari 2023


Sumber: 
Gambar: Canva edit by Rey

Post a Comment for "Operasi yang Ditanggung BPJS ada 19 Jenis, Apakah Operasi Indra Bekti Termasuk?"