Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Anak-Anak Lelaki Rajin Shalat ke Masjid Meski Tanpa Ajakan Ayah, Ini yang Saya Lakukan!

Konten [Tampil]

anak-anak-lelaki-rajin-shalat-ke-masjid

Anak-anak lelaki ganteng dan shalih saya, insya Allah, sedang menikmati masa-masa hobi banget shalat berjamaah di masjid, Alhamdulillah.

Hal ini ibarat hadiah Allah tak terkira buat saya, setelah beberapa waktu lalu saya sempat merasakan kegalauan, karena si Kakak udah malas shalat subuh di masjid lagi, nggak kayak sebelumnya.

Baca juga : Membiasakan Anak Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Setiap Hari

Jadi, beberapa waktu lalu, saya kembali jadi kepikiran dan stres sendiri, gara-gara si Kakak, udah malas shalat subuh di masjid.

Bermula dari dia melihat papinya yang malas diajak shalat di masjid, lalu perlahan-lahan dia mulai rewel ketika saya bangunin ketika adzan subuh, sampai akhirnya saya jadi takut terkesan memaksa dia untuk ke masjid di subuh hari.

Akhirnya, semua kembali ke awal lagi. Si kakak shalat subuh di rumah saja, itupun saya bangunin menjelang pukul 5 pagi, biar dia nggak ngantuk di sekolah.

Sedih banget sih sebenarnya, karena bukanlah mudah membuat dia jadi dengan sadar mencintai shalat subuh di masjid.

Si Kakak memang suka banget shalat di masjid, tapi tidak dengan shalat subuh. We all know lah ya, jangankan anak kecil seperti si Kakak, orang dewasa aja malas banget disuruh ke masjid subuh-subuh.

Andai kita semua menyadari, betapa bertabur rezeki jika kita rutin membiasakan shalat di masjid, shalat subuh di rumah aja luar biasa manfaatnya, apalagi di masjid ya?

Tapi sudahlah, bagaimana pun saya nggak mau jika harus memaksa anak-anak untuk melakukan hal yang terlalu sempurna, karena meski ilmu paksaan memang work di saya, tapi saya kan perempuan ya, sementara anak-anak saya laki keduanya.

Baca juga : Pengasuhan dengan Paksaan kepada Anak

Apalagi, saya memaksanya kesannya nggak adil, terlebih si Kakak selalu protes, kenapa dia aja yang dipaksa ke masjid? sementara orang dewasa enggak ke masjid.

Iya sih, maminya juga jarang ke masjid, you know lah maminya kebanyakan acara, huhuhu.

Apalagi papinya, tauk deh ke mana dia.


Allah Bayar Usaha Saya dengan Lunas!

Saya pikir, apa yang anak-anak lakukan akhir-akhir ini, adalah karena Allah yang Maha Pengasih, yang tahu bagaimana usaha saya sebelumnya ketika membiasakan si Kakak shalat di masjid ketika subuh, sendirian pulak.

Nggak mudah dong.

Dramanya seabrek!

Tapi toh tetap saya lakukan, dan bikin si Kakak bisa rutin shalat subuh di masjid hingga hampir 3 bulanan tanpa jeda sekalipun.

Dan karena awalnya dia ikutan challenge dari sekolahnya, si Kakak beruntung mendapatkan sepeda dari challenge tersebut.

Maminya happy banget, karena si Kakak memang belum bisa saya belikan sepeda buat anak gede, meskipun si Kakak dapat lungsuran dari kakak sepupunya, tapi terlihat banget, kalau si Kakak pengen punya sepeda baru juga (padahal adiknya bekas terooosss dapatnya, hahaha).

Dengan semua perjuangan saya menjaga jadwal si Kakak, agar tetap bisa shalat subuh di masjid, bisa bangun tanpa telat ke masjid, rasanya sediiiihhh banget ketika akhirnya dia udah kembali malas.

Tapi, kesedihan saya nggak lama bertahan.

anak-anak-lelaki-rajin-shalat-ke-masjid

Si Adik yang sekolahnya emang dekat masjid, tiba-tiba selalu pengen ke masjid ketika adzan tiba. Alhamdulillah sih masjidnya lumayan dekat dengan tempat tinggal kami, tapi saya nggak bolehin si Adik berangkat sendiri, karena kudu nyebrang jalan, meskipun jalanan dalam kompleks, tapi lumayan ramai kan, sayanya parno.

Dan begitulah, jadilah si Kakak yang saya minta temani, eh nggak tahunya malah jadi hal yang paling keduanya nantikan.

Ketika libur semester selama 2 mingguan di akhir tahun kemaren, saya nggak bisa mengajak anak-anak ke mana-mana, karena lagi bokek berat, hahaha.

Tapi keduanya nggak sedih dong, karena meski selama liburan nggak ke mana-mana, tapi mereka masih bisa keluar, naik sepeda berdua ke masjid, setiap kali adzan bergema.

Siapa sangka, hal itu jadi berlangsung hingga kini, meskipun saat sudah masuk sekolah, terpaksa adik cuman boleh shalat Magrib dan Isha ke masjid, karena kakaknya baru pulang sekolah sore hari.

Melihat hal ini, diam-diam saya menitikan air mata terharu, ya Allah, betapa Allah memang Maha Mengerti, Maha Pengasih.

Dia tahu bagaimana perjuangan saya ingin punya anak-anak shaleh dan mencintai shalat, dan itu nggak mudah buat saya, karena saya cuman bisa berjuang sendiri, tanpa bantuan rutin dari papinya anak-anak.

Dan begitulah, Allah membisikan ke anak-anak, untuk mau rajin ke masjid, rajin mencintai masjid dulu, agar familier dan mencintai shalat.


Anak-Anak Lelaki Rajin Shalat ke Masjid Meski Tanpa Panutan Ayah, Ini yang Saya Lakukan!

Mungkin ada yang bertanya, apa aja sih yang saya lakukan, sehingga anak-anak suka ke masjid, padahal nggak bisa kayak teman-temannya yang lain, yang mana si Adik selalu cerita kalau ketemu teman sekolahnya di masjid, di mana temannya datang ke masjid karena diajak ayahnya.

anak-anak-lelaki-rajin-shalat-ke-masjid

Si Adik terlihat kurang nyaman membicarakan hal itu, dan saya tebak sih dia sedih, karena ayahnya tidak seperti ayah teman-temannya.

Karenanya saya cuman mendengarkan celotehannya, nggak terlalu banyak membahas hal tersebut.

Sebenarnya, nggak ada cara spesial yang saya lakukan, sehingga anak-anak doyan ke masjid, dan jangan bayangkan anak-anak saya, khususnya si Adik adalah anak shalih ajaib yang luar biasa, hahaha.

Tidak kok, si Adik ke masjid ya tentu saja tertular teman-teman lainnya, di mana masih suka lari-larian, dan maminya akhirnya kemakan omongannya sendiri, gegara dulu sering berpendapat, anak yang aktif banget, jangan diajak ke masjid.

Baca juga : Mengajak Anak Super Aktif Ke Masjid, yay or Nay?

Lah si Adik aktif  banget dong, kata kakaknya kalau di masjid dia suka lari-larian ikutan anak-anak lainnya, pengen banget saya larang ke masjid, tapi dia ngambek dan nangis dong, akhirnya pasrah saja, sambil berdoa semoga si Adik mencintai masjid, dan bisa cepat menyadari kalau shalat harus fokus.

Dan si Adik rajin ke masjid, apakah dia rajin shalat di rumah? kagak! hahaha.

Kalau siang, ketika kakaknya masih sekolah, dia terpaksa di rumah aja, terus dia ikutan maminya shalat, meski kebanyakan malas wudhu dan semacamnya itu.

Dia cuman mengendap ke depan maminya yang lagi shalat, terus dia cosplay jadi imam, wakakakak. Bikin khusyuknya mami kadang buyar, wakakkaka.

Jadi intinya, yang saya lakukan adalah membiasakan dan mengenalkan shalat dan masjid dulu ke anak-anak, khususnya si Adik. Saya ingin anak-anak bisa tumbuh dengan mencintai shalat, mencintai shalat di masjid, karena insya Allah lebih berkah, apalagi anak laki kan ye.

Jadi, saya membiarkan saja mereka rajin ke masjid setiap adzan bergema.

Jadi ceritanya apa aja yang saya lakukan sampai anak-anak suka ke masjid?


Nggak ada, saya bahkan nggak pernah nyuruh

Ya kale mau nyuruh apalagi kesannya maksa anak-anak yang mulutnya agak ember begini yak, dijamin bakalan malu sendiri maminya, ketika anak-anak bertanya,

"Kok adik sama kakak aja sih yang dipaksa ke masjid? mami kok nggak pernah ke masjid? di masjid ada juga loh perempuan yang shalat jamaah di sana!"

Nah loh! maminya keder! wakakakak 

Sebenarnya maminya selalu punya jawaban yang menaklukan semua pertanyaan mereka, tapi dipikir-pikir kok ya, keterlaluan juga maminya ini, wakakakak.

Jadinya, selama ini saya nggak pernah sama sekali nyuruh mereka shalat di masjid, kalaupun ada ngomongin masjid, isinya cuman maminya bercerita, tentang betapa beruntungnya orang-orang yang selalu shalat di masjid tersebut.


Menyambut gembira dan mendukung niat anak-anak shalat di masjid

Kalaupun ada yang sedikit saya lakukan adalah mendukung niat mereka, yang semangat shalat di masjid, baik dengan ikut menyiapkan keperluan mereka, ajarin si Adik pakai baju yang rapi ke masjid, sisirin rambutnya, demikian juga si Kakak.

Dan tidak melarang apapun yang mereka inginkan selagi positif, misal si Adik pengen naik sepeda ke masjid, meski hati mami deg-degan, karena si Adik ini memang aktif banget, toh tetap saya iyakan, dengan banyak-banyak berdoa serahkan perlindungan mereka ke Allah.

Yang paling menantang tuh, ketika hujan deras, dan adzan sudha berkumandang. Kalau si Kakak sih izin ke mami, apakah boleh shalat di masjid meski hujan deras banget? Si Adik enggak, dia maksa, bukan nanya, wakakakkaka.

Terpaksa deh, lagi-lagi dengan doa, semoga mereka nggak bikin masjid jadi rusuh karena kakinya bahkan mungkin celananya basah kena hujan.

Dan berangkatlah mereka berdua pakai payung, lalu pulangnya si Adik akan dengan gembira berlari-lari di hujan, di tengah gemuruh hati maminya yang takut entar dia sakit, wakakkaka.


Membatasi mereka main di luar

Sepertinya ini sih alasan mereka jadi rajin ke masjid, soalnya dengan shalat di masjid, mereka bisa naik sepeda meski nggak jauh-jauh amat sih ya.

Kalau enggak gitu, susah amat bisa dapat izin maminya buat naik sepeda, hahaha.

Apalagi main keluar?

Baca juga : Lindungi Pergaulan Anak dari Kata-Kata Kasar

Bahkan main di depan pagar aja, ada waktunya, cuman boleh selepas Ashar aja, dan berakhir pukul 5 sore, karena mereka harus mandi dan bersiap ke masjid.

Ini sepertinya mirip dengan alasan maminya, ketika kecil saya rajin banget ke sekolah, rajin banget ngaji, karena buat jadi alasan biar bisa keluar rumah, hahahaha.

Mungkin juga ada yang bilang, 

"Nggak baik mengajarkan anak sesuatu yang baik, jika tujuannya beda!"

Kayak anak doyan ke masjid tujuannya biar bisa keluar gitu kali maksudnya ya?

Jawaban saya?

"Yeeee biar aja! yang penting anak jadi mengenal dan mencintai masjid dulu, lama-lama terbiasa dengan shalat di masjid, lama-lama jadi habit yang susah ditinggalkan, aamiin ya Allah"


Penutup

Jadi demikianlah, sesungguhnya saya sedang bahagia dan bersyukur banget dengan kondisi anak-anak saya, yang ternyata mau ke masjid dan dalam kategori rajin, meski tanpa panutan atau ajakan ayah seperti anak-anak lainnya.

Saya menikmati setiap momennya, meskipun mungkin suatu hari nanti tiba-tiba mereka bosan ke masjid, doa saya sih semoga selalu konsisten, aamiin ya Allah.

Karena, saya sering banget mendengarkan curhat sesama mamak-mamak, betapa sulitnya meminta anak shalat ke masjid, sementara saya malah kebalik, betapa sulit membujuk si Adik nggak usah dulu shalat di masjid kalau hujan deras.

Dan bukan hanya di sini aja si Adik doyan ke masjid, di rumah eyangnya, ketika adzan berkumandang, abis deh dia merengek minta ke masjid, hahaha.

Alhamdulillah.

Sidoarjo, 25 Januari 2023

#RabuParenting

Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

Demikian artikel tentang anak-anak lelaki saya yang rajin shalat ke masjid, Alhamdulillah. Meski nggak ada ajakan atau panutan dari ayah, justru mereka, khususnya si Adik, yang rajin ngajak papinya ke masjid.

Post a Comment for "Anak-Anak Lelaki Rajin Shalat ke Masjid Meski Tanpa Ajakan Ayah, Ini yang Saya Lakukan!"