Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikut Pelatihan Mental Health Online, Worth It Nggak?

Pelatihan mental health berbayar

Parenting By Rey - Sejak saya kenal dunia blogging secara menyeluruh, saya jadi lebih open minded terhadap mental health.

Dan sejak saat itu, saya melakukan banyak hal agar dapat meraih mental yang sehat.
Bukan karena saya merasa gila, tapi saya ingin menjadi orang yang lebih tenang dan kuat.

Selama ini saya merasa kalau punya masalah yang berkaitan dengan mental, yaitu saya merasa mudah marah, cepat berubah mood nya, sensitif, dan terlalu memaksakan hal-hal yang sempurna kepada semua orang.

Sedihnya lagi, hal itu saya paksakan kepada orang-orang terdekat saya yang merupakan orang-orang yang saya cintai dan sayangi.

Saya merasa harus mengubah semua itu, belajar menata emosi, sehingga bisa menjadi lebih tenang dan damai.

Oleh karena itu saya melakukan banyak hal, mulai dari bertemu psikolog secara langsung baik yang berbayar maupun yang gratis, atau bahkan mengikuti banyak pelatihan-pelatihan atau seminar yang membahas tentang mental health.

Pelatihan-pelatihan atau seminar yang saya ikuti pun beragam, mulai dari yang gratisan dari info-info blogger maupun parenting dari sekolah si Kakak, sampai yang berbayar dari info-info yang saya temukan pada teman-teman di media sosial.

Salah satu pelatihan yang saya ikuti dan berbayar adalah yang baru-baru ini saya ikuti yang diadakan di sebuah WA grup dengan tema mengasuh inner child.

Biasanya saat saya menerima hal-hal positif dari pelatihan-pelatihan atau seminar yang saya ikuti, saya berbagi satu atau dua kata di media sosial, tentang apa saja sih yang saya dapatkan dari pelatihan tersebut.

Dan karena hal itu saya mendapatkan beberapa pertanyaan dari teman-teman media sosial diantaranya yang paling banyak adalah,
"Mbak Rey, ikutan pelatihan online dan berbayar itu, worth it nggak sih?"
Ada yang punya pertanyaan yang sama nggak atau minimal di dalam pikirannya aja?


Pelatihan Mental Health Online Berbayar


Saya sering banget mengikuti pelatihan atau seminar mental health atau dengan tema mental health.
Namun untuk pelatihan yang berbayar baru kali ini saya ikuti.

Mengapa saya mau mengikuti pelatihan tersebut?
Karena saya pikir saya harus melakukan semua hal agar bisa menjadi lebih baik, terlebih hal tersebut masih bisa saya lakukan atau dengan kata lain berbayarnya pun tidak terlalu mahal.

Dari seringnya saya melakukan seminar atau pelatihan mental health secara online, bahkan pernah konsultasi dengan psikolog secara online dan gratis, saya dapat menyimpulkan bahwa setiap latihan itu sebenarnya ada ilmu penting yang bisa kita dapatkan terlebih kita praktekkan.

Hanya saja memang yang namanya pelatihan berbayar ataupun tidak selalu saja ada ada kelebihan-kelebihannya pada pelatihan yang berbayar dibandingkan yang tidak berbayar.

Itupun tergantung dari seberapa jumlah atau seberapa harga dari pelatihan tersebut, karena biasanya semakin mahal atau semakin banyak biaya yang kita keluarkan maka semakin banyak pula apa yang kita dapatkan, bahkan untuk pelatihan mental health biasanya ada konsultasi pribadi juga.

Dan menurut pengalaman saya, konsultasi pribadi jauh lebih terasa hasilnya dibandingkan dengan latihan secara berkelompok.

Karena jika berkelompok, kita malah jadi gagal fokus karena di dalam sebuah grup atau forum, meskipun berbayar ada banyak orang yang ikut andil menceritakan masalah masing-masing, sehingga kadang kita jadi lupa dengan apa masalah kita sendiri semacam ke trigger dengan masalah orang lain.

Jadi, menurut saya jika memang ingin ikut pelatihan mental health secara berbayar dan online sebaiknya cari yang ada fasilitas konsultasi pribadi, meskipun untuk hal tersebut tetap ada yang dinamakan dana yang lebih besar yang akan kita keluarkan.


Ikut Pelatihan Mental Health Online, Worth It Nggak?


Kalau menurut saya, worth it banget.
Jangankan ikutan pelatihan online mental health berbayar, bahkan ikut pelatihan online yang gratis aja sangat worth it buat saya pribadi.

Pengalaman ikut pelatihan mental health berbayar

Meskipun sejujurnya, tema-tema atau materi ataupun ilmu yang dibagikan pada pelatihan-pelatihan online tersebut sudah bertebaran banyak di internet.

Kita bisa mencarinya dalam blog website, ataupun dalam bentuk video di YouTube.

Hanya saja salah satu kelebihan kita mengikuti pelatihan secara langsung atau online adalah, ilmu yang kita dapatkan sudah dikumpulkan dan disusun sedemikian rupa, sehingga kita lebih mudah untuk mengikuti dan memahaminya.

Demikian juga dengan ilmu-ilmu atau tema yang diperoleh dalam pelatihan online berbayar, kebanyakan ilmu-ilmu tersebut juga pernah saya dapatkan di pelatihan atau seminar gratis yang saya ikuti.

Lalu, kalau worth it berarti udah lebih baik dong?.

Nah disitu masalahnya.

Karena yang namanya sebuah ilmu, mau kita dapatkan secara gratis maupun berbayar, sama-sama akan lebih bermanfaat dan berguna jika kita langsung mempraktekkan.

Jadi kembali lagi, worth it tidaknya sebuah ilmu yang kita dapatkan dalam pelatihan berbayar itu, kembali ke seberapa niatnya kita untuk mempraktekkan ilmu tersebut.

Dan memang, salah satu tips menurut saya untuk mengikuti pelatihan online berbayar tentang mental health sebaiknya pilih yang materinya ada yang diberi nama sebuah tugas.

Dengan adanya sebuah tugas, kita bisa dengan secara langsung mempraktekkan ilmu yang kita dapatkan dalam pelatihan tersebut, dan mentornya pun bisa merasakan dengan jelas apakah ilmu yang diberikan-nya bermanfaat atau tidak.

So, bagi teman-teman yang ingin mengikuti pelatihan-pelatihan online berbayar tentang mental health, entah itu dengan tema inner child, atau lainnya, silakan atuh.

Dan setelah mengikuti pelatihan nya, jangan lupa untuk mempelajari dengan jelas, bertanya, dan yang paling penting adalah mempraktekkan ilmu yang didapat dalam pelatihan tersebut.

Dan saya rasa, mengikuti pelatihan mental health secara online dan berbayar itu jauh lebih lebih baik ketimbang mengikuti yang gratisan.

Mengapa seperti itu?

Karena dengan membayar kita menjadi lebih serius dalam mengikuti pelatihannya, karena kita pasti akan berpikir kalau sudah mengeluarkan uang jadi di kita akan menghargai setiap rupiah yang kita telah keluarkan untuk hal tersebut.

Karena banyak sekali terjadi, seperti saya sendiri rajin mengikuti seminar, rajin mencari tahu dengan membaca banyak website, blog atau melihat video di YouTube.

Tapi kembali lagi kepada niat saya, Kebanyakan ilmu-ilmu yang saya baca dan saya terima itu, hanya bertahan di pikiran saja, dan masih butuh semangat untuk mempraktekkan semua itu.

Demikianlah, bagi teman-teman yang merasa butuh mendapatkan pelatihan atau seminar online mental health dengan tujuan untuk menjadi lebih baik bisa mengatasi atau memanajemen emosi dengan baik, maka boleh banget kok untuk ikutan pelatihan-pelatihan seperti itu.

Dan yang lebih penting adalah jangan lupa dipraktekkan ya.


Sidoarjo, 1 April 2021


Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

1 comment for "Ikut Pelatihan Mental Health Online, Worth It Nggak?"

  1. alhamdulillah aku juga semakin aware dengan isu mental health ini.. semoga jiwa kita ssenantiasa sehat ya mba. aku juga mulai konsul ke psikolog dan membahas tentang innerchild.

    ReplyDelete