Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menata Kamar Mandi Sederhana & Berukuran Kecil

Konten [Tampil]
Menata kamar mandi sederhana

Parenting By Rey - Kamar mandi termasuk salah satu ruangan yang wajib ada saat mendirikan sebuah rumah. 

Paling minimal harus ada 1 kamar mandi di dalam hunian tersebut. Karena kamar mandi ini punya fungsi penting untuk mandi, mencuci, dan buang air penghuni rumah.

Soal ukuran, maka itu urusan sekunder. Anda boleh-boleh saja membangun kamar mandi yang besar jika lahannya memungkinkan. 

Bahkan sah-sah saja jika Anda ingin membangun ruang khusus untuk mandi di kamar tidur Anda.

Jadi, kalau kamar tidur Anda ada 4, maka ada 4 pula kamar mandi di rumah, hahaha.

Lalu bagaimana dengan orang yang hanya punya lahan atau tanah yang kecil? 

Ya sudah, mau bagaimana lagi? 
Bangun saja 1 ruang kamar mandi untuk sekeluarga. 

Yang penting kamar mandi itu bisa digunakan untuk mandi, mencuci, dan keperluan MCK lainnya.

Tapi tahukah Anda? 
Kalau Anda termasuk orang yang kreatif dan pandai menata ruang kamar mandi yang kecil itu, maka bisa disulap jadi "besar" lho!

Jadi ukuran kamar mandi itu sebenarnya masih sama saja, namun karena Anda pintar dalam menata ruang kamar mandi tersebut, sehingga kesannya jadi terlihat lebih luas (lapang).


Bagaimana cara menata kamar mandi sederhana dan berukuran kecil?

Yuk simak trik selengkapnya berikut ini:  


1. Menggunakan Rak untuk Menyimpan Barang


Salah satu cara menata kamar mandi sederhana adalah, dengan memanfaatkan fungsi rak untuk menata barang di kamar mandi. 

Tentunya supaya barang perabotan seperti berbagai macam botol sabun dan yang lainnya tidak tercecer ke mana-mana.

Dengan cara seperti ini, juga mempermudah orang ketika hendak mempergunakan berbagai macam barang tersebut. 

Pasalnya jika tidak ditata dengan rapi tentunya membutuhkan waktu yang lebih untuk menemukan barang yang diinginkan.


2. Memanfaatkan Area Bawah Wastafel


Area bagian bawah Wastafel yang kosong dapat dimanfaatkan untuk meletakkan beberapa barang. 

Tentunya tidak asal meletakkan begitu saja, melainkan dengan memberikan tempat penyimpanan yang memiliki bentuk minimal 4 bagian atau lebih. 

Tempat bawah Wastafel ini dapat menggantikan fungsi lemari jika kamar mandi tidak memungkinkan untuk dimasukan lemari.

Fungsi dari 4 bagian tersebut adalah, untuk memisahkan berbagai macam barang yang berada di kamar mandi berdasarkan jenis dan fungsinya. Misalnya seperti sabun, sikat gigi, pasta gigi dan yang lainnya.


3. Menggunakan Area di Atas Closet


Tempat kosong seperti yang berada di atas closet dapat dimanfaatkan untuk dipasang sebuah lemari kecil. 

Dimana lemari tersebut memiliki dua sisi tempat penyimpanan, yakni sisi tempat di dalam dan juga sisi tempat di luar. 

Untuk tempat di dalam yang tertutup oleh pintu lemari dapat diisi dengan peralatan kecil semacam sikat gigi dan yang lainnya.

Sedangkan untuk bagian luar yang terbuka dapat digunakan untuk menyimpan benda besar seperti tisu dan juga handuk. Ini merupakan cara menata kamar mandi sederhana yang dapat diikuti untuk mempermudah menemukan barang yang dibutuhkan.


4. Memanfaatkan Area Sudut Kamar Mandi


Salah satu cara yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat ruangan yang berada di kamar mandi adalah dengan mempergunakan bagian sudut dari ruangan tersebut. 

Di mana sudut dari kamar mandi dapat dipasangi sebuah rak untuk penyimpanan berbagai macam barang kamar mandi.

Tidak perlu terlalu besar, cukup susun rak dengan 4 atau 5 tingkat. 

Rak-rak yang telah dipasang dapat digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang seperti sabun wajah, handuk dan yang lainnya. Bahkan jika memungkinkan baju ganti juga dapat diletakkan ditempat ini.


5. Mempergunakan Area Belakang Pintu


Ini adalah cara menata kamar mandi sederhana yang banyak digunakan oleh sebagian besar orang. Namun kebanyakan orang hanya memanfaatkan area belakang pintu kamar mandi hanya untuk tempat handuk saja.

Padahal area belakang pintu dapat dikreasikan lagi dengan lebih menarik dan lebih banyak lagi barang. 

Caranya adalah dengan menempelkan rak pada bagian belakang pintu kamar mandi tersebut.

Cara Menata kamar mandi sederhana

Itulah beberapa cara menata kamar mandi sederhana yang tadinya berukuran kecil, sehingga terkesan lebih lapang dan luas. 

Jajaran cara di atas dapat diikuti dan disesuaikan sendiri dengan kebutuhan dan keinginan pemilik rumah.

Tentunya dengan kamar mandi yang tertata rapi, akan membuat tampilannya jadi lebih bersih dan nyaman. 

Ingin info lengkap tentang tips desain rumah lainnya? Silahkan berkunjung saja ke blog Bang Izal Toy.

Semoga bermanfaat.

Pic source : Canva

34 comments for "Cara Menata Kamar Mandi Sederhana & Berukuran Kecil"

  1. konsep minimalis dalam penataan ruang memang bikin jadi maksimalis dalam penggunaannya ya mba

    ReplyDelete
  2. Memang menata layout kamar mandi itu rada tricky sih mba.
    kudu diperhatikan juga nanti saluran air dll-nya
    Tipsnya mantul banget!
    Bisa aku praktikkan di toiletku nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah saluran air ini penting banget, sebagus apapun kalau airnya mampet ya wassalam hahaha

      Delete
  3. Ruangan apa perlu luas?bagus sekali tipsnya menjadi rapi, tertata, nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting bisa ditata, kalau saya lebih suka yang minimalis sih :D

      Delete
  4. Nah ini kadang banyak sudut yang masih terlupakan ya mbak rey. Aku aja kadang bingung ingin nata kamar mandi tapi karena terbatas jadi ga pernah di ubah ubah posisinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya biasanya mengubah letak yang masih bisa diubah hahaha

      Delete
  5. kamar mandi anak sulungku nih

    karena cuma secuplik di samping tangga menuju atas, kepaksa harus putar otak

    dan benar banget semua saran mbak Rey, kamar mandi jadi terasa lapang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya Mba, jadinya kudu lebih kreatif ya biar lebih bagus kamar mandinya :D

      Delete
  6. Ya ampun liat foto-fotonya aja rasanya menyenangkan banget. Kamar mandi memang gak perlu luas-luas ya Mbak. Yang penting fungsional, rapih dan selalu bersih wangi. Di rumah saya, kamarmandi hanya pakai shower, jadi bisa hemat ruangan, gampang dibersihkan dan tentu saja lebih hemat air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, pakai shower itu beneran hemat air ya, ketimbang pake gayung, jadi lebih banyak air terbuang :)

      Delete
  7. Kamar mandi meski sempit tetep bisa nyaman kalau ditata dengan baik ya... Yang penting juga kamar mandinya harus selalu bersih dan wangi...

    ReplyDelete
  8. Aku lihat ini jadi berpikiran untuk me renov kamar mandi kuu yang imut2 tapi kalo di tutup pintunya bikin orang jadi seksieh haha... :) doakan aku bisa budgetin untuk ini yah aminn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, renovasi kamar mandi juga lumayan ya budgetnya :D

      Delete
  9. Banyak tempat dan sudut kamar mandi yang bisa dimanfaatkan ya ternyata. Berguna banget nih buat aku nata ulang area kamar mandi. Di area atas klosetku kebetulan masih kosong. Thanks lho mbak tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, daerah atas kloset itu pas banget dimanfaatin :)

      Delete
  10. Suka liat foto-fotonya ya Mbak, meski lahannya kecil bisa punya kamar mandi yang bersih dan rapi. Penempatan pot bunga ukuran mini juga menambah kesan nyamamn ya Mbak Rey, nice share...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya, kuncinya di situ ya, penempatan yang tepat :D

      Delete
  11. aku akhir akhir ini suka liatin gambar gambar desain rumah mbak, pas liat giliran foto foto kamar mandi yang "out of the box" cuman bisa bilang "wowwwww", sederhana tapi kerennn,, ada yang aksen bebatuan, keramik, tapi apikkk. nggak perlu bathtub tapi juga udah bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, saking pandemi di rumah mulu, orang-orang jadi suka bebenah rumah :D

      Delete
  12. masih tinggal di kampung nih mbak. kamar mandi masih sebagian ada yang terpisah sama rumah hahhaaha 😁 eh makasih tipsnya lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak kamar mandi di rumah ortu saya, dipisahin ama rumah, meski tetap tersambung, sih tapi ada jarak hahaha

      Delete
  13. Kamar mandi kalau sederhana tapi bersih dan tata ruangnya nyenengin, ya bikin adem yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, dan bikin kegiatan mandi juga jadi asyik :D

      Delete
  14. Great information! Cleaning issue and tidiness issue are so important for all baths. Thank you for sharing this post.

    ReplyDelete
  15. saya suka kamar mandi minimalis, peletakan shampoo dan botol-botol lainnya di tembok yang agak dicoak ke dalam, terlihat sangat simple :D

    ReplyDelete
  16. Saya suka liat kamar mandi yang minimalis. Biar ukuran kecil kalau di dalamnya rapi pasti kamar mandinya juga bakal banyak yang suka

    ReplyDelete
  17. Saya paling demen lihat interior kamar mandi minimalis. Simple dan clean. Berhubung kamar mandi di rumah sdh ga bisa diapa2in lagi, yg bisa dilakukan fokus jaga kebersihan&hygienitasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya Mba, kalau bersih pasti asyik dilihat juga :)

      Delete