Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bardi Smart Wake Up Light, Membantu Anak Mudah Bangun Pagi

Review Bardi Smart Wake Up Light

Parenting By Rey - Bardi Smart Wake Up Light ini semacam jawaban dari keluhan saya selama ini, setidaknya untuk saat ini, saya berasa terbantukan banget dengan hadirnya si bulat kece ini di dalam kamar.

Karena, semenjak hadirnya, saya bisa saving suara saya untuk membangunkan anak-anak, alias nggak perlu naikin intonasi beberapa oktaf lagi, hahaha.
Iya, membangunkan anak-anak, khususnya si kakak, dari tidurnya itu, sangatlah luar biasa butuh super extra kesabaran.
Jarang banget saya bisa melewati pagi tanpa menaikan intonasi, setidaknya naik 1 oktaf aja, itu udah pencapaian banget, hahaha.

Sebenarnya salah saya juga sih, karena sejak kecil tidak membiasakan si Kakak bangun subuh.
Saya bahkan merasa senang ketika dulu, si Kakak bangun agak siangan, biar saya punya kesempatan beberes rumah tanpa direcoki.

Nyatanya, menjadi ibu itu, udah sepaket deh direcokin anak, yang bisa kita lakukan hanya menerima dan menjalaninya dengan riang.

Karena, toh dengan membiarkan anak bangun siang, jadinya terbiasa deh, sampai pada usianya wajib sholat kayak sekarang, hiks.


Membangunkan Anak Tanpa Drama


Siapa sih yang nggak bahagia, kalau anak-anak terbiasa bangun di pagi hari, atau di waktu subuh, untuk shalat subuh dengan sendirinya, tanpa harus berulang kali dibangunin?

harga Bardi Smart Wake Up Light

Saya rasa itu adalah impian hampir semua ibu, eh bahkan bisa dibilang semua ibu, iya nggak?
Atau bahkan, setidaknya kita sebagai ibu, cukup mengetuk pintu kamarnya, atau mengusap kepalanya, anak langsung terbangun dan tanpa drama, menuju toilet buat bersiap shalat subuh.

Nyatanya, tidak semua anak bisa seperti itu.
Jangankan anak-anak ya, orang dewasa aja, kadang sulit bangun, khususnya pas shalat subuh.

Tapi, yang namanya shalat kan wajib, sesulit apapun, sebagai orang tua wajib banget berjuang membiasakan anak untuk mengerti bahwa shalat itu wajib, sehingga suatu saat anak tumbuh dan mengerti bahwa shalat ibarat kebutuhan baginya.

Bukan hanya shalat subuh, juga membangunkan anak di pagi hari, agar sekolahnya nggak telat pun, tidak jauh berbeda kesulitannya dengan membangunkan anak shalat subuh.

Terutama si kakak, yang sekarang sering banget baru bisa tidur hingga pukul 11 atau 12 malam, jadilah selepas shalat subuh, dia terkantuk-kantuk, dan terpaksa pula saya membiarkan dia untuk kembali tidur, sampai mendekati jam mulai belajar online-nya.

Ternyata, setelah itu, membangunkan si Kakak buat sekolah malah jadi lebih sulit, dan sering banget akhirnya dia telat masuk sekolah online-nya, dan kesalnya lagi, si Kakak tidak merasa masalah kalau telat.

Karenanya, dengan segala kerempongan saya sebagai IRT yang juga harus bekerja dari rumah seorang diri, saya berusaha mencari cara agar si kakak, bisa bangun dengan mudah, dan kembali disiplin dengan jadwalnya.

Lalu, saya melakukan beberapa hal ini:


1. Membatasi jadwal baca dan nontonnya


Si kakak tuh suka banget baca, karenanya saya bayarin gramedia digital bulanan khusus anak-anak, agar dia bebas membaca banyak buku di situ.

Si kakak senang banget, tapi juga sekaligus menjadi masalah baru, karena dia jadi ketagihan baca, baca dan baca sambil gegoleran.

Karena sepanjang hari kerjaannya gegoleran, alhasil ketika malam dia kesulitan tidur, karena sama sekali nggak beraktifitas dengan gerakan di siang hari.
Selain baca, nonton TV juga kesukaan si Kakak, dan sukses bikin dia gegoleran terooosss

Dengan membatasi jadwal baca dan nontonnya, si Kakak jadi mencari kegiatan lain, meski hanya sekadar lari-larian dengan adiknya, yang penting bergerak.


2. Membiasakan tidur lebih awal


Sebenarnya penyebab si Kakak selalu tidur larut malam, ya karena dia kekurangan gerak, terlebih semenjak pandemi ini dia hanya bermain dan beraktifitas di dalam rumah.

Meskipun demikian, saya selalu berusaha membiasakan si Kakak tidur lebih awal, dengan sibuk mengajak tidur mulai pukul 9 malam, meskipun seringnya sih, saya udah ngorok, mereka masih segar bugar saja, hahaha.


3. Mencari cara, agar si kakak bisa bangun dengan sendirinya


Kebetulan banget, si kakak tuh udah lama banget pengen punya jam alarm sendiri katanya, setiap kali ngemall dia selalu menunjuk jam beker impiannya, dan mengatakan, kalau pakai jam tersebut dia bakal bangun sendiri dan lebih mudah.

Sayangnya belum sempat jadi membelinya, sampai saya liat salah satu produk Bardi Smarthome yang bernama Smart Wake Up Light.

Btw, sebelumnya saya udah pakai beberapa produk Bardi Smarthome, seperti Smart Bulb 9W – RGBWW, IR Remote 10M – BLK, Extension Power Strip – 1 dan Bardi IPCam Indoor STC

Dan memang sangat terbantukan banget dengan kecanggihan produk-produk Bardi Smarthome tersebut.

Lalu, bagaimana Bardi Smart Wake Up Light, bagaimana cara produk ini membantu anak jadi mudah bangun pagi?


Review Bardi Smart Wake Up Light 


Bardi Smart Wake Up Light adalah sebuah produk yang berfungsi untuk membantu kita mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, dengan cara bisa tidur pada waktunya, terlelap dan bangun pada waktunya dengan perasaan segar.


Fitur-fitur canggih dari Bardi Smart Wake Up Light 


Bagaimana caranya Bardi Smart Wake Up Light membantu kita mendapatkan semua itu?
Tentu saja dengan fitur-fitur canggih yang ada di produk tersebut, yaitu:

fitur canggih Bardi Smart Wake Up Light

Fitur alarm

Fitur ini berfungsi sebagai alarm untuk membangunkan orang tidur, di mana fiturnya bisa diatur dengan suara alarm pilihan sendiri yang terdiri dari 7 macam jenis suara alarm, mulai dari suara burung berkicau, suara ombak, hingga musik ataupun bunyi alarm biasanya.

Saya membiarkan si kakak mengatur sendiri jenis fiturnya, agar dia semangat bangun ketika mendengar alarm tersebut berbunyi.

Keunikannya adalah, bukan hanya bisa disetting dengan suara alarm saja, tapi juga bisa sekaligus menyalakan lampunya dengan tingkat terang cahaya yang bisa diatur sedemikian rupa.


Fitur lampu bangun, tidur dan berwarna

Bardi Smart Wake Up Light ini bukan hanya sebagai alarm, tapi juga ada lampunya.
Di mana lampunya sendiri bisa diatur menyesuaikan waktu.

Ada lampu bangun, di mana jika disetting, maka lampu ini akan menyala sesuai simulasi cahaya matahari terbit, yaitu cahayanya terus menjadi lebih terang secara perlahan, sampai akhirnya alarm bangun berhenti, ketika cahayanya sudah mencapai level terang yang di-setting.

Ini bagus banget, membuat orang terbangun tanpa terkejut oleh perubahan cahaya di kamar, terlebih yang biasa tidur dengan lampu padam kayak kami.

Ketika bangun, lampu yang menjadi terang perlahan itu, memberikan kita waktu untuk semacam mengumpulkan kesadaran kita yang mungkin sebagian masih di alam mimpi, sehingga kita bisa bangun dengan perasaan segar.

Demikian juga dengan fitur lampu malam, di mana bisa disetting dengan cahaya yang redup, bahkan bisa diatur juga dengan bebunyian yang menenangkan, dan pas banget sebagai pengantar tidur.
Seperti bunyi jangkrik dan bunyi lainnya yang biasa ada di hutan, atau bunyi deburan ombak yang menenangkan seolah kita tidur di pinggiran pantai, atau juga dengan suara musik yang menenangkan.

Ingin suasana lain di dalam kamar? kita bisa mencoba menyalakan fitur lampu warna warni, yang seketika membuat ruangan jadi penuh cahaya warna warni yang lembut.


Fitur radio

Tak cukup dengan semua kecanggihannya di atas, Bardi Smart Wake Up Light ini juga punya fitur sebagai radio.
Bahkan radionya bisa dijadikan alarm bangun tidur, atau sebagai pengantar tidur.

Jadi, kita tak perlu lagi menyetel radio manual, atau melalui ponsel, yang menghabiskan baterai ponsel, lalu setelah kita tidur, radionya terus saja bunyi semalaman suntuk.

Di produk ini, radio bisa diatur sebagai pengantar tidur, di mana pada waktu tertentu maka radio akan berhenti dan menjadi senyap.


Fitur kontrol by seluler

Bardi Smart Wake Up Light ini memang bisa di atur melalui tombol-tombol manualnya yang ada di bagian samping dan atas produk.

Namun, bukan hanya selalu berbekalkan pencet-pencet di produk, kita juga bisa mengontrol dan mengatur semuanya melalui perangkat seluler kita, melalui aplikasi Bardi Smarthome.  
Jadi tentu saja lebih memudahkan, tanpa harus pencet-pencet produk langsung.

Bukan hanya itu, pengaturannya juga bisa dilakukan melalui suara melalui google assistant ataupun Amazon alexa.
Gimana? keren banget kan, makanya si kakak bahagia banget bisa punya produk secanggih ini.


Harga dan kelengkapan Bardi Smart Wake Up Light 


Bardi Smart Wake Up Light ini dijual dengan harga Rp. 495 ribu , dan dikemas dalam kotak lumayan besar dengan ukuran 21 x 16,5 x 7 cm.

Perlengkapan Bardi Smart Wake Up Light

Di dalam kotaknya berisi,
  • Perangkat Bardi Smart Wake Up Light yang berbentuk bulat.
  • 1 buah kabel micro USB.
  • 1 buah adaptor charger.
  • 1 buah mini book petunjuk manual.
  • Dan 4 buah kaki produk (2 dipasang, 2 untuk cadangan).
  •  

Cara pemasangan Bardi Smart Wake Up Light 


Pemasangannya mudah, bisa dengan mengikuti petunjuk di video berikut:



Bagaimana, mudah bukan?
Sudah makin mupeng nggak?

Demikianlah, hadirnya Bardi Smart Wake Up Light ini membuat saya terbantukan banget dalam hal saving ngomel di pagi hari.
Karena sejak adanya produk ini, si kakak demikian semangatnya terbangun sendiri ketika mendengar alarm yang dia atur sendiri, berbunyi.

Demikian juga, ketika hendak tidur, mengatur bunyi-bunyian alam dan lampu tidur yang redup, membuat si kakak jadi lebih mudah untuk tidur sesuai jadwalnya.

Dan semuanya, membuat saya jadi terbantukan banget, nggak perlu lagi pakai sounding berrrulang kali, buat nyuruh tidur apalagi bangun. 

Oh ya, selengkapnya, bisa intip di website www.bardi.co.id
Atau di akun instagramnya @bardismarthome

Dan produk ini bisa Parents dapatkan di berbagai e-commerce seperti JDID, Lazada, Blibli dan lainnya.

Jual Bardi Smart Wake Up Light

Ada yang sudah pernah nyobain kecanggihan  Bardi Smart Wake Up Light ini ?
Share pengalamannya juga yuk :)

Sidoarjo, 17 Maret 2021

Sumber: Pengalaman pribadi dan channel youtube BardiSmartHome
Gambar: Dokumen pribadi dan website Bardi


75 comments for "Bardi Smart Wake Up Light, Membantu Anak Mudah Bangun Pagi"

  1. Aduh keren bgt tapi harganya aku harus nabung bgt ini mba Rey

    ReplyDelete
  2. Jadi pas dibangunin sama suara alarm si Bardi Smart Wake Up Light ini lampunya pun bisa ikut menyala ya, jadi mau gak mau kudu melek bangun dong. Jadi sahabat bangun pagi nih, apalagi buat nanti sahur, Hmm pasti bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen punya buat adikku yang auto pingsan kalau tidur. Susahhh banget banguninnya... suka bikin asam lambung ibu negara naik pagi2😆😆

    ReplyDelete
  4. sempet ngincer ini aku tuh mba, tapi maju mundur mau beli tuh :) ternyata bagus ya biar anak lebih mandiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, anak juga jadi semangat tidur cepat dan bangun pagi :)

      Delete
  5. Saya makin senang aja ma produk BARDI. Banyak yang bagus dan menarik. Wake up light ini udah jadi 'rebutan' deh antara saya dan anak. Pengen ditaro di kamar masing-masing

    ReplyDelete
  6. Beberapa bulan lalu sempat tertarik sama Bardi ini mbak, saya pikir alat yang wake up light ini cuma gimmick ya..

    ternyata ampuh bangunin warga kamar ya? Harus beli ini mah wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi banget, membantu anak-anak, ortupun jadi lebih waras 😅

      Delete
  7. Cakep juga lampunya ya, hehe ... Anakku nih Mba tidurnya malem deh, pengen ngebiasain tidur lebih awal tapi engga bisa, soalnya dia nunggu ayahnya pulang, agak malam emang pulang kerjanya. Biasanya anak pengen main dulu, baru deh tidur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaa, anak saya dulunya juga gitu, jadinya kebiasaan :)

      Delete
  8. ternyata Bardi Smart Home punya banyak produk ya?

    salah satunya Smart Wake Up Light.

    otw cari ah ,,,

    ReplyDelete
  9. BARDIIII, gemesin banget deh, kamuu
    produk2nya nih beneran menghadirkan aura smart home buat kita semua ya.
    Yuk, yuk, Bardi, bikin Yeong Sil kayak punya Han Ji Pyeong di drakor START UP, kuy!

    ReplyDelete
  10. Wah ini keren banget Mom ... kebetulan anak saya masih pakai cara alami, yaitu suara emaknya. Tapi ini sepertinya recommended banget. ❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  11. Bardi smart home membantu di rumah dengan deaain teknologi kecerdasan buatan.

    ReplyDelete
  12. Ko kece sekaliiii... ini sih ga cuman bikin anak2 cepet bangun pagi, tapi bisa buat emak bapanya juga hehee. Jadi teratur sesuai jadwal ya..mantap nih Bardi

    ReplyDelete
  13. Wih, keren juga nih bardi smart wake up. Kecanggihan teknologi memang wajib nih menjadi solusi hidup bagi manusia.

    ReplyDelete
  14. Hihihi inget filem animasi yang dibangunkan tapi ga bangun bangun itu gak?

    "Alarm - Relatable Animation For The Mornings", nih nonton ya di Youtube ada, ini kali yang menjadikan pemicu si BARDI smartlamp bikin lampu spesial kek gitu

    ReplyDelete
  15. duh satu lagi produk bardi yang bakal bikin hidup kita lebih praktis yaa menarik nih untuk dicek-cek ah harganya

    ReplyDelete
  16. wahh lucu ya mbak lampu dari Bardi ini
    nggak cuma lucu, fiturnya bikin anak semangat bangun pagi
    ada lampu Bardi, pjj anti drama ya mbak

    ReplyDelete
  17. anak-anakku bangeet.. yang susaah bangun pagii. Habis sholat subuh malah tidur lagii.
    Cocok nih bardi smart wake up buat bangunin anak-anak yg lumayan sukanya tdur malem2 banget.

    ReplyDelete
  18. Oalah Mbak Rey, aku harus beli Bardi Smart Wake Up Light ini, biar saving tenaga ngomelin anak tiap pagi bangunin. Padahal dan SMA dan kelas 6 SD tapi bangunnya susaaaaah banget.
    Wajib punya pokoknya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, apalagi anak udah gede ya, lebih kudu ada space sabar yang besar 😅

      Delete
  19. wah ini alat harus dipunya para emak sejagad raya, membiasakan anak-anak bangun pagi. Apalagi suara alarmnya ada burung berkicau, dan lampunya ikut nyala, jadi auto bangun deh :) Damai deh kalo sedari pagi nggak ada drama mengenai bangunin anak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena aku pengen nertibin lagi jadwal tidur dan bangun anakku langsung aku bilang suami boleh nggak beliin :p Demi emak waras pagi hari. Apalagi entar anakku mau sekolah formal. Meski online tetep harus bangun pagi khan :D

      Delete
    2. Waahhh Lui udah mau sekolahhhh, jadi terharu yaaa ❤️

      Delete
  20. wah seneng banget bisa pilih suara musik apa yang dipake untuk bangunin tidur pakai bardi smart wake up light. seru pasti. jadi inget anak saya yang bangun jam setengah 7, september nanti udah wajib sholat deg-degan karena untuk bangun shalat subuh suka susah, tapi kalau shalat yg ashar, maghrib, isya suka mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya Mba, tantangan banget buat sholat Subuh :)

      Delete
  21. Mupeeengg buat punya Bardi Smart Wake Up Light!
    Soale, di zaman WFH dan PJJ gini, buat bisa konsisten bangun sebelum subuh tuh beraattt bgt
    Ga cuma anak sih, emak juga syusyaahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener Mba, anak saya abis sholat subuh bobok lagi dong :)

      Delete
  22. Menghilangkan satu tugas berat kita ya mba dipagi hari, menghindari konser bareng tetangga kalo pagi nih bangunin anak emang drama banget

    ReplyDelete
  23. Seperti punya astiten virtual pribadi ya mbak gk harus kita yang bangun tapi ada Bardi yang siap siaga bangunin. Harganya mayan dengan kualitas dan fitur canggihnya.

    ReplyDelete
  24. Bardi smart gak sekenar punya teknologi canggih ya tapi membantu aktivitas kita juga. Asyik banget anak2 jadi bisa bangun lebih disiplin ya

    ReplyDelete
  25. Wah, canggih banget ya Bardi Smart Wake Up Light ini. Bisa alarm, Atur cahaya, sampai radio juga. Jadi pengen juga. Soalnya Keponakanku agak kesulitan bangun pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaaa, setelan radio, biar cepat bangun, hahaha

      Delete
  26. Bagus banget nih lampu alarmnya. Aku harus punya juga nih karena anakku usia sekolah semua, wajib bangun pagi

    ReplyDelete
  27. Bentuk Bardi Smart Wake Up Light elegan banget yaah..
    Jatuh cinta akuu.. Jadi pengen juga niih punya Bardi.
    Canggihnya tiada tarrraaa~

    ReplyDelete
  28. naaaah oke nih kalau memang bener - bener bisa bantu anak - anak bangun pagi selalu ya mba

    ReplyDelete
  29. Canggih ya si Bardi Wake Up light ini, must have items buat di rumah nih buat di kamar anak yaa terutama mbaa

    ReplyDelete
  30. Keren banget inovasinya Bardi. Saya jadi membayangkan seandainya wake up lightnya bisa diiringi dengan suara ayam berkokok atau adzan subuh. Bisa kali ya disetel begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya Mba, semoga nanti ada fitur adzan, bakalan lebih lengkap ya, sekalian mengingatkan waktu sholat :)

      Delete
  31. Pelajaran buat aku neh Mbak. Yang ampek sekarang masih membiarkan anak bangun siang. Ditambah Utinya selalu ngelarang akalo aku bangunin anak-anak tu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu nenek-nenek banget, dulu juga mertua suka marah kalau saya bangunin anak masih subuh, padahal penting buat biasain :)

      Delete
  32. bardi smart wake up ini terobosan yang inovatif ya mba, ngebantu banget meringankan beban buibuk nih hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi betul banget, tau aja Bardi, apa yang mamak-mamak butuhkan 😀

      Delete
  33. Duh ini gemes banget ya! Buat aku yang belum menikah dan tinggal sendiri jadi berguna banget, ngga perlu ngecek hape langsung saat pagi hari, eh sudah dibangunin Bardi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iyaaa, ga bakal lagi deh sering kesiangan :)

      Delete
  34. Setuju sama caranya dan aku terapin juga sih di rumah btw keren yah bardi jadi pengen beli soalnya cape kalau tiap subuh udah kek Toa mesjid wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, itu dah, Toa masjid mah dapat pahala, kalau ini dapat dosa 🤣

      Delete
  35. Bardi Smart Wake Up Light atau Lampu Bangun bukanlah lampu biasa. Ada sejumlah fitur canggih pada lampu yang membuat kita bebas memilih dengan apa kita hendak dibangunkan. Kita bisa mengaturnya lewat smartphone tanpa perlu menyentuh lampu.
    Super duper WOW!

    ReplyDelete
  36. Enak ya zaman sekarang. Semua barang serba canggih. Kalau dulu yang banguninnya jam weker sekarang sudah ada smart lamp dari Bardi ini. Teknologi yang bener2 keren nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya, jam Beker pilihannya dikit soalnya :)

      Delete
  37. Keren-keren ya produk Bardi. Harus punya nih. Apalagi sudah mau bulan puasa. Bisa jadi cara alternatif buat bangunin sahur. Nabung ah dari sekarang buat dapetin Bardi. Semoga bisa beli sebelum puasa. Thanks mba Rey infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba, sangat bermanfaat buat bulan Ramadan besok :)

      Delete