Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Momen Penerimaan Raport dan Hal Penting untuk Ditanyakan Parents

Konten [Tampil]

momen penerimaan raport

Penerimaan raport semester anak-anak bisa menjadi momen yang pas buat parents mencari tahu perkembangan ataupun sikap anak selama 6 bulan di sekolah kepada wali kelasnya. 

Karena sering terjadi, karakter anak tuh berbeda, baik di rumah maupun di sekolah. Ada yang di rumah super aktif, eh di sekolah diam, atau sebaliknya.

Nah, pas banget nih, bulan Desember ini merupakan waktunya parents bisa pamer raport anak *eh. Maksudnya momen terima raport untuk laporan hasil belajar anak selama 1 semester di sekolahnya.

Di waktu seperti sekarang biasanya wali kelas akan mengundang parents ke sekolah. Untuk bisa mengambil raport anaknya, sekaligus konsultasi dengan yang bisa disebut pengganti parent di sekolah.

Sayangnya nih, seringnya kita (saya khususnya) jadi bingung, mau nanya apa ya?. Ujungnya malah fokus nanya nilai anak doang, hehehe.


Cerita Penerimaan Raport Anak SMP, Kakak Darrell

Jadi, Senin kemaren saya ke sekolah Kakak Darrell buat terima raportnya. Jujur sejak semalam sebelumnya, saya deg-degan. Takut ada hal yang mengecewakan dari si Kakak, takut sayanya ngamuk besar ke si Kakak.

Jadi, sebelumnya udah belajar siapin mental, biar bisa mengontrol sikap dan nggak bikin si Kakak merasa down dengan sikap maknya yang kadang 11 13 sama mama Leo, hehehe.

Banyak-banyak istigfar, sampai tiba waktu saya menghadap ke wali kelasnya.

Lucky me, kami dapat giliran paling akhir, jadi bebas ngobrol sama wali kelasnya. Nggak pakai sungkan karena ditungguin parents lainnya.

Dan baru saja saya duduk, si wali kelas menyambut dengan kata-kata pujian, bahwa si Kakak lumayan berprestasi, dan nilai-nilainya pun memuaskan.

Sejenak saya nge-freeze. Seriously?

Maklum ya, sejak si Kakak SMP, saya kewalahan banget mau nemanin dia belajar. Kebanyakan sih saya cuman ngeliatin aja dia belajar. Nggak kayak waktu dia SD, saya sering terlibat belajar bareng, khususnya matematika.

Sengaja saya lebih fokus ke matematika, karena si Kakak keliatannya jadi anak yang kurang menyukai pelajaran matematika. Dan meski kebanyakan parents lainnya cuek akan hal itu, dengan mengatakan fokus aja ke pelajaran yang anak sukai. Saya tetep fokus ke matematika, karena semua pelajaran itu penting, bahkan yang anak nggak suka, bukan berarti anak malah anteng aja nilainya di bawah rata-rata kan.

Selain pelajaran matematika, pelajaran bahasa Jawa juga merupakan sesuatu yang menakutkan. Maminya nggak bisa bahasa Jawa biasa, apalagi yang 'alus' kan.

Eh pas liat nilainya, sungguh takjub.

Nilai matematika dan bahasa jawa si Kakak lumayan eh bahkan bisa dibilang bagus dong. Semoga aja gurunya nggak lagi ngehang pas ngasih nilainya, hahaha.

Selain menceritakan bahwa nilai si kakak yang memuaskan, wali kelasnya juga menceritakan tentang sikap si Kakak yang selalu positif di sekolah.

Si kakak suka membantu temannya yang kesulitan dengan telaten. Dia juga lebih mandiri dan rajin.

Duh, hal demikian ini nih yang bikin maminya bangga luar biasa. Meskipun masalah prestasi pelajaran juga membanggakan sih ya, tapi sejujurnya saya nggak terlalu memaksa anak-anak untuk bisa jadi juara dalam pelajaran.

Yang penting nilainya di atas rata-rata aja lah, menandakan anak udah belajar dan berusaha dengan baik.

Tapi masalah attitude, kemandirian, atau hal-hal yang menyangkut adab dan karakter yang baik tuh jauh lebih penting.

Syukurlah, secara umum wali kelasnya mengatakan, kalau si Kakak adalah tipe anak yang nggak neko-neko. Alhamdulillah.

Karena wali kelasnya lumayan cerewet, sayanya jadi nggak punya pertanyaan lagi. Atau bisa dibilang, semua yang ingin ditanyakan jadi blank di otak, hahaha.


Cerita Penerimaan Raport Anak TK, Adik Dayyan

Penerimaan raport si bungsu, Adik Dayyan dilakukan sehari setelah penerimaan raport kakaknya. Meskipun sedikit manyun, karena bikin saya bolak balik ke sekolah aja.

Ortu terima raport
Muka ngantuk bin bosan nungguin giliran ketemu wali kelas si Adik

Dan lagi-lagi sama kayak ketika terima raport si Kakak, saya datangnya hampir telat. Dan menjadi orang tua kedua terakhir yang menerima raport anak.

Sisi positifnya adalah, saya nggak perlu kumpul basa basi yang bikin nggak nyaman dengan parents lainnya. Iya, dasar emang si MamiRey ini, mamak-mamak introvert, hahaha.

Ternyata, untuk wali kelas TK agak berbeda, hampir semua parents punya waktu yang lumayan lama untuk berkomunikasi ketika terima raport.

Saya pun menunggu lumayan lama, sampai akhirnya bisa tiba gilirannya.

wali kelas si Adik menjelaskan kalau si Adik berkembang sesuai harapan mengikuti aturan di TK sekarang.

Btw, si Adik kan pindah sekolah, ketika naik ke TK B, karena ikut kakaknya sekolah di Surabaya. Dan ketika awal masuk TK pindahan itu, si Adik lumayan stres dalam beradaptasi.

Pertama, dia aslinya nggak suka pindah sekolah, maunya kumpul sama teman di TK A yang ada di TK Mutiara TPJ Sidoarjo.

Kedua, si Adik kaget dengan banyaknya teman sekolah TK di Surabaya, padahal sebelumnya dia hanya punya teman sekelas sekitar 12 orang kalau nggak salah.

Dan yang paling bikin stres adalah, ternyata kebanyakan TK di Surabaya tuh, terobsesi banget sama calistung, biar kata aturan Diknas melarang hal tersebut.

Untungnya, seiring waktu si Adik ternyata bisa menyesuaikan diri. Dan ketika wali kelasnya mengatakan si Adik berkembang sesuai harapan. Buat saya malah ini luar biasa.

Bayangkan aja, 6 bulan lalu si Adik tuh belum bisa menulis atau membaca dengan benar. Tapi sekarang, semua buku yang dia pinjam di perpustakaan daerah di Menur Surabaya, selalu dibaca dengan seksama.

Dan dia bisa loh membacanya. 

Wali kelasnya juga memuji perkembangan sosial si Adik, dan emang sih kalau yang ini, maminya setuju.

FYI, si Adik dan si Kakak juga sih. Keduanya tuh tumbuh dalam rumah, alias jarang keluar rumah. Pokoknya pulang sekolah ya di dalam rumah, nggak ada tuh yang namanya berteman dengan tetangga.

Mamaknya ansos, eh salah ding, emang semesta aja yang menyetujui karakter maminya yang nggak suka keluar rumah, hahaha.

Tapi ajaib, alih-alih bikin dia kaget ketemu teman banyak di sekolah, si Adik malah merindukan sekolah, karena bisa ketemu teman-temannya lagi.

Jadi kek dejavu nggak sih, karena dulu maminya juga kangen sekolah karena hanya di sekolah bisa ketemu teman dan belajar bersosialisasi. 

Over all, untuk penerimaan raport si Adik, saya berkesempatan berkomunikasi secara dua arah dengan wali kelasnya. Jadi banyak hal yang bisa kami diskusikan demi perkembangan si Adik


Hal Penting yang Harus Ditanyakan Parent Di Penerimaan Raport

Sebenarnya ada beberapa hal penting yang harus parents tanyakan kepada wali kelas anak, terutama di momen penerimaan raport anak sekolah.

penerimaan raport

Kalau untuk saya pribadi, hal penting tersebut adalah:


1. Bagaimana karakter anak saya di sekolah?

Penting buat saya mengetahui bagaimana karakter anak-anak di sekolah. Karena seperti yang saya tuliskan di atas, bahwa beberapa anak ada loh yang punya karakter berbeda di sekolah maupun di rumah.

Di rumah bisa jadi anak yang baik, eh ternyata di sekolah jadi anak yang nyebelin. Kan bahaya tuh jika parents nggak menyadari hal tersebut. Bisa-bisa pas anak mengalami sebuah masalah, parents jadi kaget dan nggak percaya karena di rumah anak baik aja kok.


2. Bagaimana sikap anak dalam bersosialisasi dengan temannya di sekolah?

Biar kata maminya ini sering dikatakan seorang ansos atau anti sosial, tapi buat saya yang namanya sosialisasi itu penting. Karenanya harus banget saya tahu, seperti apa anak dalam bersosialisasi. 

Dengan demikian saya bisa mengarahkan dengan baik, jika memang ada hal yang bikin anak merugikan temannya. Atau bisa juga dirugikan temannya.


3. Apakah anak saya pernah menjadi pelaku atau korban bullying?

Ini juga super penting banget buat saya. Memastikan anak tidak menjadi pelaku bullying, juga tidak jadi korban bullying di sekolah. 

Karena kadang anak tertutup dengan masalahnya sendiri, apalagi kalau punya rasa takut dimarahin parents-nya yang galak.

Dan iyes, saya akuin sih, kadang saya bertingkah berlebihan dalam merespon keluhan anak. Jadinya ada saat anak jadi malas ngomong, daripada kena omel, huhuhu.

Dengan mengetahui kondisinya dari wali kelasnya, saya jadi bisa memikirkan langkah apa yang bisa dilakukan, agar anak setidaknya selalu terbuka sama mamaknya yang kek singa ini, hehehe.


4. Bagaimana kemandirian anak saya di sekolah?

Hal penting berikutnya adalah tentang kemandirian, terutama buat si Adik yang masih duduk di TK ya. Sejujurnya saya tuh malu banget kalau si Adik merepotkan gurunya untuk hal-hal yang pribadi. Seperti mau pipis harus dilayanin gurunya, sementara sebenarnya si Adik juga udah bisa sendiri loh.

Kecuali untuk pup ya, si Adik memang belum bisa bersihin dengan baik. Tapi karenanya, saya selalu mengatur jadwal dia BAB, sebelum ke sekolah.

Misal, jika kemarin si Adik nggak BAB sama sekali, pagi hari sebelum ke sekolah, saya paksa dia untuk pup di kloset, biar nggak ngerepotin gurunya.

Dan tidak lupa sounding melulu, untuk hal-hal yang bisa dia lakukan, agar dilakukan sendiri, namun tetap bilang ke gurunya dulu.


5. Bagaimana shalat anak di sekolah

Ini penting buat si Kakak, meskipun kemaren saya lupa dong nanyanya. Untuk shalat wajib sih, insya Allah selalu terjaga, tapi shalat Dhuha yang ketika SD si Kakak selalu lakukan, kayaknya udah mulai bolong-bolong dilakukan di sekolah. 


6. Hal apa yang perlu ditingkatkan?

Terakhir adalah menanyakan kepada wali kelasnya, hal apa saja yang perlu ditingkatkan dari anak. Entah itu di pelajaran, atau sikapnya.

Dengan demikian ada kesepakatan yang sama dalam mendidik anak, baik sekolah maupun di rumah oleh ortu.


Kesimpulan dan Penutup

Momen penerimaan raport anak sekolah, khususnya di masa semesteran kayak sekarang. Menjadi waktu yang tepat bagi parents untuk bisa berkonsultasi langsung dengan wali kelas yang menjadi pengganti parents ketika anak di sekolah.

Karenanya, pastikan parents menanyakan hal-hal penting yang harus ditanyakan, seperti pelajarannya, karakter hingga sikap anak di sekolah.

Kalau takut lupa, akan lebih baik ditulis kisi-kisi pertanyaannya di tangan aja sih. Biar nggak ada yang ketinggalan, perkembangan yang penuh dan seimbang buat anak. Baik dalam akademik maupun adab dan karakternya.


Surabaya, 21 Desember 2023

Sumber:  Opini dan pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey dan dokpri

2 comments for "Momen Penerimaan Raport dan Hal Penting untuk Ditanyakan Parents"