Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut 5+ Cara Membasmi Tungau di Kasur, Mudah & Efektif!

Konten [Tampil]

 

Membasmi tungau
Source: freepik

Demi menjaga kenyamanan saat tidur, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara membasmi tungau di kasur secara efektif.

Tungau adalah makhluk mikroskopis yang sering berkeliaran di berbagai area rumah, terutama kasur.

Meskipun kecil, tapi tungau bisa menjadi penyebab alergi yang memicu rasa gatal atau masalah kesehatan lainnya, seperti asma dan eksim.

Untungnya, ada beberapa cara menghilangkan tungau kasur secara alami dan sederhana supaya kualitas tidur sehari-hari tidak terganggu. Yuk, simak apa saja cara membasmi tungau kasur berikut ini!


Bagaimana Cara Membasmi Tungau di Kasur?

Kehadiran tungau bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu karena dapat menyebabkan rasa gatal, ruam, bahkan sesak napas.

Oleh karena itu, berikut adalah cara membasmi tungau kasur yang bisa dicoba:


1. Mencuci dengan Air Panas

Pertama, cara membasmi tungau kasur yaitu dengan mencuci bantal, guling, selimut, sprei, dan karpet di kamar menggunakan air panas.

Cuci semua barang tersebut selama 30 menit. Supaya lebih efektif, bisa juga ditambahkan deterjen anti bakteri.


2. Menyemprotkan Larutan Garam

Cara menghilangkan tungau kasur adalah dengan menyemprotkan larutan garam. Hal ini dikarenakan garam bersifat higroskopis yang dapat menyerap kelembaban di sekitarnya.

Siapkan larutan garam ke dalam semprotan. Lalu, semprotkan larutan tersebut sarang tungau di kasur dan tunggu selama beberapa jam untuk melihat hasilnya.


3. Menggunakan Cuka

Salah satu cara membasmi tungau di kasur juga bisa dilakukan dengan menyemprotkan larutan cuka.

Cuka bersifat asam sehingga mampu membasmi tungau secara efisien. Namun, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati, terutama jika memiliki alergi atau kulit yang sensitif.


4. Membasmi dengan Lavender

Ada dua cara menghilangkan tungau kasur dengan lavender. Pertama, menyemprotkan minyak lavender ke sarang tungau di kasur untuk membasmi secara efektif.

Kedua, dengan menaruh bunga lavender kering ke dalam kain. Lalu, letakkan di kasur untuk memberikan aroma yang tidak sedap bagi tungau.


5. Memanfaatkan Sari Bawang

Cara menghilangkan tungau di kasur secara alami yaitu dengan menggunakan jus bawang.

Sama seperti lavender, bawang memiliki aroma yang tidak sedap dan menyengat bagi tungau. Cara membasmi tungau dengan bawang juga cukup mudah.

Haluskan bawang putih dan merah, lalu saring untuk mengambil sarinya. Oleskan sari tersebut ke sarang tungau di kasur dan tunggu selama beberapa jam.


6. Menyemprotkan Force Magic

Selanjutnya, salah satu cara membasmi tungau kasur adalah dengan menyemprotkan Force Magic.

Force Magic adalah produk aerosol 2-in-1 dengan bahan aktif synthetic pyrethroid yang dapat mematikan sekaligus menolak nyamuk dan serangga secara efektif.

Selain itu, Force Magic juga memiliki tekanan gas tinggi sehingga dapat membasmi tungau di area yang sulit terjangkau.


7. Menyiapkan Perangkap Tungau

Terakhir, cara membasmi tungau kasur yang bisa dicoba adalah dengan menyiapkan perangkap.

Perangkap ini bisa dibuat dengan menaruh lem lengket di sekitar tempat tidur atau mengarahkan lampu ke dekat sarang tangau untuk memberikan efek yang panas.


Demikian penjelasan mengenai beberapa cara membasmi tungau di kasur yang mudah dan efektif.

Dengan menerapkan cara-cara di atas, maka tungau di kasur dapat sepenuhnya dieliminasi, sehingga waktu untuk tidur pun tidak akan terganggu.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan area lainnya di rumah secara rutin sebagai upaya mencegah adanya sarang tungau dan gangguan lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat!

2 comments for "Berikut 5+ Cara Membasmi Tungau di Kasur, Mudah & Efektif!"

  1. Tadinya aku mau beli vacum cleaner khusus kasur Rey, tapi pas baca bisa pake force magic, mendingan itu aja deh 🤣. Kalo semprotan lain, kayak cuka dan jus bawang, selain sayang bawangnya, aku juga kuatir kasur jadi bau 😅.

    Btw force magic kalo diganti Baygon bisa ga ya?

    ReplyDelete