Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Menyekolahkan Anak Di TK Mutiara TPJ Sidoarjo

Konten [Tampil]

tk-mutiara-tpj-sidoarjo

Pengalaman menyekolahkan anak di TK Mutiara, Taman Pondok Jati, Sidoarjo ini berdasarkan cerita selama setahun si Adik Dayyan bersekolah di sekolah Taman Kanak-Kanak tersebut.

Setahunan sudah bersekolah di kelas TK A, meskipun sekelas hanya sekitar 12 anak saja. Seharusnya sekarang naik ke TK B, tapi ternyata si Adik harus pindah sekolah TK di Surabaya.

Dan sebagai perpisahan, saya review deh sekolah yang katanya udah puluhan tahun berdiri ini. Bahkan, anak-anak TK yang bersekolah di sekolah tersebut, punya ortu yang merupakan alumni TK tersebut.

Lucu juga ya, kalau anak kita bisa bersekolah di sekolah yang sama dengan kita, apalagi kalau masih bisa survive dari banyaknya sekolah TK yang akhirnya tutup untuk seterusnya.

Baca juga : Cerita Adik Dayyan Hari Pertama Masuk TK


Alasan Memilih Sekolah TK Mutiara TPJ Sidoarjo

Sebenarnya, TK ini sudah menarik perhatian kami, sejak pertama kali tinggal di kawasan tersebut, di tahun 2015 silam.

tk-mutiara-tpj-sidoarjo

Ketika itu, kami baru pindah ke Sidoarjo, dari Jombang. Dan tinggal mengontrak rumah di sebuah blok yang berada tepat di depan TK Mutiara ini.

Akhirnya saya ngomong deh sama papinya nakanak, agar si Kakak Darrell yang saat itu berusia hampir 5 tahun, sekolah di TK tersebut aja.

Namun, karena ketika itu saya akhirnya harus kembali kerja kantoran, dan nggak ada yang bisa dijadikan sekaligus penitipan si Kakak. Akhirnya urung deh kami sekolahin si Kakak di situ.

Bertahun kemudian, adiknya udah masuk usia masuk TK.

Saya yang memang paling malas anjem (antar jemput) anak-anak, akhirnya berpikir untuk mencari TK yang dekat dengan tempat tinggal kami.

Kebetulan saat itu kami tinggal di blok yang agak jauh dari TK ini, tapi ketika survey, saya jatuh cinta sama posko yang ada di depan masjid dekat TK tersebut.

Saya lalu membayangkan, bisa kali ya setiap hari saya antar si Adik sekolah sambil bawa laptop, lalu kerja di posko itu sambil menanti kepulangan sekolah si Adik.

tk-mutiara-tpj-sidoarjo
Kegiatan pondok ramadan di TK Mutiara TPJ Sidoarjo

Kebetulan juga di posko itu ada kursi dan mejanya, serta ada colokan listriknya.

Pas si Papi survey, Alhamdulillah biayanya, ya meski nggak mahal-mahal amat, tapi juga nggak murah-murah banget sih hahaha.

Tapi ya sudahlah, ketika itu juga kebetulan saya masih sering dapat job blogger, dan insya Allah mampu membayar sekolah si Adik. Karena papinya masih fokus ke sekolah si Kakak yang juga nggak murah, wakakakak.

Dan begitulah, akhirnya dengan pertimbangan karena lokasi sekolahnya yang nggak jauh-jauh amat dari tempat tinggal kami, serta ada tempat buat nunggu jika harus anjem si Adik sendiri. Jadilah si Adik masuk TK Mutiara TPJ Sidoarjo.

Baca juga : Cerita Adik Dayyan Masuk TK Mutiara TPJ Sidoarjo

    

TK Mutiara  Sidoarjo Di Mata Mami Rey

Nah, saya yakin banyak yang penasaran nih, berapa sih biaya sekolah TK yang berada di bawah yayasan Masjid Al Mukhlisin TPJ Sidoarjo ini?

tk-mutiara-tpj-sidoarjo

Biaya Sekolah TK Mutiara Taman Pondok Jati Sidoarjo

Untuk biaya masuk TK si Adik, tahun 2022 silam adalah:

  • Uang masuk Rp. 3.350.000,-. Uang ini sudah termasuk biaya formulir, uang seragam (4 macam seragam beserta asesorisnya), uang perlengkapan setahun, uang kegiatan setahun serta dana pengembangan pendidikan, juga SPP bulan Juli 2022.
  • SPP per bulan Rp. 250.000,-
  • Ada tambahan biaya komite Rp. 20.000,- perbulan.
  • Biaya daftar ulang naik ke TK B sebesar 1 juta rupiah, termasuk SPP Juli 2023. Namun belum termasuk biaya kegiatan selama setahun yang pastinya lebih mahal karena ada kegiatan akhir tahun ajaran atau perpisahan / wisuda.

Alhamdulillah sih, selama menyekolahkan si Adik di TK ini, nggak ada lagi tambahan uang lainnya, kecuali ketika ada acara, para ortu diminta ikut bazar dengan menjual sesuatu.

Semua barang dagangan serta hiasan disiapkan ortu murid.

Untuk kegiatan lain, kayak manasik haji, nggak ada pungutan lagi. Bahkan anak-anak dipinjamin pakaian manasik dari sekolah, jadi ortu nggak rempong lagi pinjam sana sini.

Kegiatan lain adalah kunjungan dalam kota, gratis. Kunjungan luar kota di Lembah Binangun Pandaan, bersama ortu murid juga gratis.

Pokoknya nggak ada lagi tambahan lainnya.

tk-mutiara-tpj-sidoarjo
Kenangan bazar Agustusan bersama mama-mama murid kelas A TK Mutiara TPJ Sidoarjo 

Jam sekolah TK Mutiara TPJ Sidoarjo

Waktu belajar mengajar TK mutiara adalah Senin-Sabtu.

Senin - Kami masuk pukul 07.30 sampai pukul 10.30

Jumat dan Sabtu masuk pukul 07.30 sampai pukul 09.30 

Baca juga : Bazar Anak TK Mutiara TPJ Sidoarjo


Kesan sebagai Ortu Murid TK Mutiara TPJ Sidoarjo

Lalu kesan saya menyekolahkan anak di TK ini adalah ya puas meski ada juga agak greget-gregetnya. Misal, wali kelas TK A yang merangkap kepala sekolah.

Karena blio adalah Kasek TK, jadinya lebih sibuk, dan selalu telat menyampaikan info penting kepada ortu murid.

Waktu perpisahan TK B kemaren misalnya, si ibu baru ngabarin kalau anak-anak akan menari Baby Shark di acara perpisahan TK B dan disuruh cari kostum sendiri hanya beberapa hari sebelum hari H.

Karuan saja ibu-ibu pada jumpalitan cari kostum yang dimaksud.

Pernah juga saya bete, ketika si Adik manasik haji di masjid Al Akbar Surabaya. Ortu murid nggak boleh masuk, jadi kami nunggu di rumah aja. Si ibu berjanji bakalan ngabarin kalau udah nyampe sekolah. 

Eh ditunggu-tunggu nggak ada kabar, ujung-ujungnya si ibu woro-woro di grup.

tk-mutiara-tpj-sidoarjo
Kenangan outbond di Lembah Binangun Pandaan

"Mama, ananda Dayyan dan bla bla bla sudah sejam nunggu belum dijemput nih Ma!"

Whatdeeeefff...

Mana saya lagi mandi pulak, keramas pulak. Karuan saja saya bingung cepat-cepat menyudahi mandi agar si Adik bisa segera dijemput.

Mbok ya pas nyampe sekolah langsung kabari Maemunaaahhh! hahaha.

Hal lainnya yang agak mengganggu kalau buat saya adalah, sekolah ini kurang pengawasan ketika pagi hari. Jadi selama setahun si Adik sekolah di sana, saya selalu mengantarnya tepat di pukul 07.30 pagi, biar pas nyampe udah langsung berbaris, jadi si Adik nggak bakal keluyuran di luar pagar tanpa pengawasan guru-gurunya.

Cuman itu saja sih yang agak bikin gregetan, lainnya Alhamdulillah memuaskan. Si Adik juga senang banget bersekolah di TK Mutiara, dan suka sama semua guru-gurunya serta temannya.

Baca juga : Outbond Anak TK Mutiara TPJ Sidoarjo di Lembah Binangun Pandaan 


Kesimpulan dan Penutup

Si Adik Dayyan Alhamdulillah telah setahun bersekolah di TK Mutiara Taman Pondok Jati Sidoarjo, dan naik ke TK B terpaksa harus pindah ke Surabaya.

tk-mutiara-tpj-sidoarjo
Tampil di acara TK Mutiara TPJ Sidoarjo

Tapi, sebenarnya si Adik berat meninggalkan guru-guru lama serta teman lama di TK yang telah berdiri selama puluhan tahun ini.

Ada yang berniat masuk TK Mutiara TPJ Sidoarjo juga?


Sidoarjo, 28 Juni 2023

Sumber: opini dan pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey dan dokpri

Demikian artikel tentang pengalaman menyekolahkan anak di TK Mutiara TPJ Sidoarjo, semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "Pengalaman Menyekolahkan Anak Di TK Mutiara TPJ Sidoarjo"