Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tantangan Milenial Parents dan Matematika Kurikulum Baru VS Lama

Konten [Tampil]
tantangan milenial parents

Tantangan milenial parents terhadap pembelajaran matematika dengan kurikulum baru vs lama, baru saja saya mengerti.

Telat banget ya, menyadari apa alasannya saya jadi ngereog sendiri, setiap kali bantu mengajari si Kakak pelajaran matematika.

Di postingan terdahulu, saya udah pernah menuliskan, bagaimana si Kakak yang sepertinya emang jadi anak yang tidak suka pelajaran matematika.

Masalah besarnya adalah, matematika kan pelajaran wajib di sekolah. Jadi, mau suka atau enggak, ya wajib suka, hahaha.

Si Maminya lah yang ngalah, turun tangan membantunya sekaligus mengajarinya. Tapi ternyata, tak semudah itu beibeh!.

Bahkan ketika si Kakak masih TK, saya pernah kasih notes di bukunya yang ditujukan untuk guru TKnya. Notes tersebut berisi imbauan kepada gurunya, agar sebaiknya mengajari matematika pada anak-anak, pakai cara yang sederhana saja, biar anak nggak bingung. 

Kalau ingat hal itu, betapa malunya saya, hahaha.

Maklumlah si Mamak Rey ini terlalu kudet mengenai pendidikan, nggak update masalah kurikulum pendidikan. 

Ternyata masalahnya adalah, si Mamak ini menyamakan pelajaran matematika ala dia ketika SD, which is itu zaman baheula. Dengan matematika yang dipelajari si Kakak yang sudah masuk ke kurikulum baru, hahaha.

Dan you know, hal itu baru saya sadari setelah membaca diskusi rasa debat, yang ada di postingan akun facebook saya, beberapa waktu lalu.


Cerita Diskusi Plus Debat di Facebook Tentang Matematika Kurikulum Baru VS Lama

 Jadi, ceritanya saya tuh melihat postingan di facebook yang fokus ke gambarnya. Di gambar itu ada keterangan pengerjaan soal matematika dengan kurikulum lama yang memang lebih praktis. Dan juga ada pengerjaan soal matematika dengan kurikulum baru, dengan cara yang lebih panjang.

Jujur, saya cuman fokus di gambar itu, lalu teringatlah kembali bagaimana ngereognya diri ini ketika dulu mencoba memahami pelajaran matematika si Kakak. Yang menurut saya kok ya ribeeetttnyaaaa, hahaha.

Dan langsung deh saya share ke beranda akun pribadi, dengan tulisan kalau saya lebih pilih cara yang praktis. 

Alasannya, karena emang dulu si Kakak bingung banget memahami pelajaran tersebut, sementara maknya juga ikutan bingung ngajarin dia dengan cara lama, wakakaka.

Tak disangka, celotehan asal saya itu, mendapatkan banyak komentar yang rata-rata malah fokus ke tulisan si empunya postingan tersebut.

Tulisan akoh cuman dibaca judulnya doang, hahaha.

Jadinya banyak banget komentar yang menjelaskan tentang manfaat kurikulum baru itu, yang mana caranya lebih ribet, tapi sebenarnya bermanfaat untuk melatih penalaran anak.

Sejujurnya, saya juga setuju banget dengan cara kurikulum baru itu loh, dan tau banget manfaatnya lebih baik buat anak.

Cuman masalahnya, kagak cocok buat si Rey. Apalagi ketika itu si Rey belum ngeh tentang masalah kurikulum baru ini, kan ye.

Yang ada ngereog mulu dah si Rey, hahaha.

Tapi, biar kata ngereog, tetap aja saya bantuin si kakak, setidaknya dibikinin soal-soal. Juga sebisa mungkin saya coba pahami cara yang diajarkan di buku, lalu dengan cara itu saya coba bantu jelaskan ke si Kakak,

Nah, kan bisa Rey?

Ya iyalah bisa, si Rey mah, apa sih yang nggak bisa?. *sombong detect, halah! hahaha.

Masalahnya bukan ada di 'bisa' atau 'nggak bisa'nya. Tapi kewarasan mamak dalam mengajari anak tentang matematika. Karena... saya kasih tahu satu rahasia umum ya, si Mami Rey ini juga kagak suka dengan pelajaran matematika sebenarnya, hahaha.

Btw, ngomongin tentang orang yang nulis dan share gambar pengerjaan matematika itu. Keknya dia jadi kena juga mentalnya lantaran diserang netizen. Barusan saya iseng cek akunnya, dah nggak ada dong postingan tentang hal ini.

matematika kurikulum baru vs lama

Di sisi lain, saya kasian sama si Bapak yang iseng share gambar, eh kena hujatan netizen yang nggak malu dengan normalisasi menghakimi di postingan medsos orang.

Tapi, di sisi lainnya lagi saya nyengir aja, mengingat si empunya postingan itu juga mah, mbok ya kalau mau share sesuatu itu, pakai kata yang sopan. Nggak usah pakai memaki dengan kata kasar segala.


Cerita Membantu Kakak Darrell Mengerjakan Matematika 

Gara-gara liat gambar itu, saya kan jadi ingat masa-masa ngereog ngajarin si Kakak dulu. Ya ampuunnn, serius loh, pengen saya cuekin sebenarnya, demi menjaga kewarasan mental kan ye.

tantangan ortu milenial

Tapi, manalah saya bisa diam, kalau nilai si kakak menyedihkan, dan bikin dia harus bolak balik remidial mulu.

Ikutin les aja Rey!

Udah sih.

Si Kakak pernah ikut les kumon dong, pilih matematika pulak.

Tapi, justru menurut saya nih, si kakak tuh makin bingung karena dia ikut kumon matematika duluan. Sejak TK dia emang ikut kumon, dan udah terlihat sejak TK saya juga udah ngereog kalau ngajarin dia.

Kesal banget juga kan, you know lah biaya kumon itu nggak murah buat kami. Mana kasian banget si Kakak setiap hari ngerjakan PR. Etapi kok berasa nggak ada hasilnya.

Sekarang saya jadi berpikir, keknya si Kakak makin bingung, karena metode yang diajarkan di kumon, beda dengan diajarkan di sekolahnya.

Alih-alih bikin anak jadi terlatih nalarnya, yang ada anak jadi stres, demikian juga mamaknya, wakakakak.  

Harusnya si Kakak ikut les atau bimbel matematika biasa aja!

Enggak bisa juga sih.

Waktu SD, dia udah full day school. Pulang udah sore, sampai rumah dia minta shalat magrib dan isha di masjid. Manalah ada waktu buat ikut les lagi. Dan kasian dong!

Selain itu, mamaknya nggak sanggup buat anterin dia les, dan nggak suka juga kalau ada guru les yang datang ngajarin ke rumah, hahaha.

Jadinya ya gitu, si Rey lah yang mengalah untuk bantuin si Kakak belajar memahami matematika tersebut. 

Alhamdulillah, setiap kali saya bantuin dan temanin belajar ketika mau ujian, si Kakak selalu mendapatkan nilai bagus, bahkan seringnya sempurna alias nggak ada yang salah.

Jadi kuncinya maknya harus mau melawan stres buat ngajarin anaknya, hahaha.


Tantangan Milenial Parents dan Matematika Kurikulum Baru VS Lama

Seperti yang sudah sedikit saya singgung di atas, bahwa maksud saya menge-share tulisan itu, karena fokus ke gambarnya.

tantangan milenial parents

Saya lebih suka mengajari anak, khususnya si Kakak pelajaran matematika pakai cara yang praktis. Alasannya AKOH BUKAN GURU WOEEEEEE!!!

Alasan lainnya, emang waktu akoh semuanya buat ngajarin anak matematika?

Duh!

Ini dia sebenarnya masalah utamanya. Ketika kurikulum baru, di mana kalau saya googling, hal ini sudah ada sejak tahun 2013 silam. Udah 10tahunan doung!

Tapi coba liat deh, masih banyak anak-anak yang bingung memahami pelajaran matematika yang sebenarnya super simple, cuman caranya panjang betol, malah anak jadi bingung.

Apakah masalahnya hanya di anak saja? i don't think so!

Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada para guru, menurut saya salah satu masalahnya, karena guru kurang bisa mentransfer pelajaran dengan cara super panjang itu ke murid.

Hal ini, bukan semata karena gurunya NGGAK BISA, tapi bisa jadi karena kekurangan waktu untuk mengajarkan hal yang super panjang ini. Sementara yang mau diajarin buanyaaak.

Apalagi untuk jenjang SD ya, dulu ketika si Kakak Darrell pertama masuk sekolah SD, saya langsung linglung pas liat buku pelajarannya yang ternyata bentuknya satu buku gitu, namanya buku Tematik.

Pas dibuka, makin puyeng jugalah saiah!. Masya Alllaaaaahhhh, udahlah semua pelajaran dicampurkan ke dalam satu buku, eh nggak berurutan pulak!.

Moon maap ye... si Mamak Rey sebagai milenial parents, dulu SDnya nggak gitu.

Seingat saya, dulu tuh bukunya dipisah, matematika ya matematika aja. Pelajaran lain juga sama.

Apalagi pelajarannya, keknya nggak pernah deh saya diajarin matematika jadi puanjang kek ular begitu, hahaha.

Namun, sedemikian ngereognya saya liat buku si Kakak, ujung-ujungnya ya tetap saya ajarin juga. Meskipun kadang emang saya butuh mengademkan hati dulu, takut ngereog kayak macan melihat pelajarannya yang ribet itu. Ditambah mata pelajaran yang dicampur aduk dalam satu buku. 

Mau nangis rasanya, hiks.

So, menurut saya. Sungguh adalah sebuah tantangan luar biasa yang dihadapi milenial parents zaman now.  Di mana, kami-kami kebanyakan menjalani sekolah dengan matematika yang simple

Dan jujur ya, biar kata saya belajar matematika simple, Alhamdulillah nalar saya juga tetap jalan, karena selalu mau belajar dan open minded, hehehe. 

Sementara di zaman sekarang, anak-anak harus belajar dengan kurikulum yang berbeda dengan parents-nya. Lalu pihak sekolahpun semacam saling lempar tugas mengajari anak-anak tentang pelajarannya.

Lah, di sekolah kan ada guru, mereka tuh sekolah dan melalui pelatihan banyak serta pengalaman bertahun mengajari anak-anak.

AKOH? Duh, satu-satunya alasan mengapa saya sedemikian berterima kasih dan memuja para guru, ya karena saya nggak bisa jadi guru, hahaha.

Kesabaran saya setipis tisue Paseo, hahaha. 


Kesimpulan dan Penutup

Para milenial parents yang lahir di antara tahun 1981 hingga 1996, sebagian besar menjalani sekolah dasar dengan materi kurikulum lama. 

Saya khususnya, dulu belajar matematika dengan cara yang simple. Bahkan seingat saya, guru-guru sekolah, selalu berusaha mencari cara paling simple untuk diajarkan ke anak-anak.

Lalu, di masa sekarang, para milenial parents ini, harus menghadapi kenyataan. Jika anaknya sekolah dengan kurikulum baru yang lebih menekankan tujuan anak-anak lebih kreatif dalam berpikir. 

Contohnya, mengerjakan soal matematika, yang sebenarnya bisa lebih simple, eh jadi lebih panjang pemahamannya, hahaha. 

Karena berbagai alasan, kadang anak kurang paham dengan pengajaran guru di sekolah, dan tugas ortulah membantu anak biar lebih ngerti.

Masalahnya adalah, udahlah waktu para parents yang sangat terbatas, pengalaman belajar matematika pakai kurikulum lama pulak.

Kelar sudah, hahaha.

How about you, Parents?

Surabaya, 13 Desember 2023

Sumber: 

  • Akun facebook Reyne Raea
  • https://www.republika.co.id/berita/nce544/pakar-pembelajaran-matematika-kurikulum-lama-lebih-baik diakses 13 Desember 2023
  • Pengalaman dan opini pribadi
Gambar : canva edit by Rey dan dokpri

Post a Comment for "Tantangan Milenial Parents dan Matematika Kurikulum Baru VS Lama"