Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis Asuransi yang Wajib Kamu Ketahui

Konten [Tampil]

jenis-jenis-asuransi

Seiring berjalannya waktu semakin banyak orang yang sadar betapa pentingnya asuransi. Apalagi di Indonesia mulai banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk jenis jenis asuransi terbaik sesuai kebutuhan. 

Mungkin bagi kamu para pemula, jenis asuransi yang paling familiar adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Padahal ada berbagai jenis asuransi yang disediakan oleh perusahaan asuransi Indonesia. Penasaran apa saja jenis asuransi yang menjadi produk unggulan?

Baca juga : Wajib Tahu Alasan Pentingnya Asuransi Kebakaran


1. Asuransi Retail

Asuransi retail juga dikenal sebagai asuransi otomotif yang mana jenis produk ini dikategorikan menjadi 3 kategori khusus.

Asuransi Mobil

Produk Asuransi ini memberikan perlindungan untuk mobil Anda secara seluruh jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan, kehilangan atau kebakaran. 

Produk asuransi mobil selalu dikembangkan menjadi lebih baik sehingga dapat memberikan jaminan dan perlindungan secara optimal untuk kendaraan Mobil kesayangan.

Asuransi Sepeda Motor

Jenis asuransi ini memberikan perlindungan optimal untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor. Prosedur klaim asuransi sepeda motor juga mudah karena cukup dengan mendatangi kantor cabang perusahaan asuransi terdekat. 

Asuransi Mikro

Asuransi mikro yaitu asuransi kecelakaan diri dengan administrasi yang sederhana dan premi yang ekonomis sehingga mudah didapatkan. Bagi kamu para pemula yang ingin membeli polis asuransi mikro hanya membayar premi yang cenderung kecil yaitu Rp30.000 per bulan.

Nasabah akan memperoleh santunan kecelakaan diri atau meninggal dunia. Dana santunan tersebut akan diberikan di waktu yang telah disepakati. Hadirnya asuransi mikro juga dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk lebih melek terhadap pentingnya asuransi.

Baca juga : Mewujudkan Harapan Orang Tua


2. Asuransi Komersial

Produk asuransi ini memberikan perlindungan kepada para pengusaha yang menjalankan bisnis di sektor tertentu. Bisnis ini misalnya di bidang pertambangan, manufaktur, institusi keuangan, dan ekspedisi. 

Jenis asuransi komersial terbagi menjadi 9 macam yaitu sebagai berikut.

  • Asuransi pengangkutan
  • Asuransi kendaraan bermotor
  • Asuransi kebakaran dan harta benda
  • Asuransi rangka kapal
  • Asuransi alat berat
  • Asuransi rekayasa
  • Asuransi tanggung gugat
  • Asuransi tanaman
  • Asuransi uang

Baca juga : Operasi yang Ditanggung BPJS


3. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan menjadi salah satu jenis asuransi yang cukup dikenal oleh masyarakat, bahkan pemegang polis asuransi kesehatan menempati peringkat tertinggi kedua setelah asuransi jiwa.

Dengan memiliki asuransi kesehatan maka akan mendapatkan perlindungan kesehatan jika sewaktu-waktu jatuh sakit.

Jadi untuk biaya pengobatan rawat inap maupun rawat jalan sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. Jaringan rekanan rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi juga terhitung banyak dan mudah dijangkau di berbagai rumah sakit. 

Jenis jenis asuransi memang sangat banyak dan asuransi kesehatan menjadi yang paling dibutuhkan oleh berbagai kalangan masyarakat.

Asuransi Syariah

Selain asuransi konvensional seperti yang telah dijelaskan beberapa poin di atas, ada juga produk Asuransi Syariah yang secara langsung diawasi oleh dewan pengawas Syariah. 

Hadirnya asuransi syariah memberikan kesempatan kepada banyak orang untuk mendaftarkan diri sebagai polis asuransi dengan sistem Syariah yaitu sesuai syariat Islam.

Asuransi investasi

Pernahkah kamu mendengar orang yang mendaftar asuransi tapi bisa melakukan investasi sekaligus? Asuransi investasi lebih dikenal dengan istilah unit Link.

Sebagaimana sebutan asuransi ini, asuransi unit Link selain memberikan proteksi juga memberikan nilai investasi kepada pemegang polis. Artinya, ada dua manfaat dari asuransi unit link, yaitu proteksi dan nilai tunai dari investasi.

Total premi yang dibayarkan setiap bulan oleh pemegang polis dialokasikan untuk dana proteksi dan investasi. Bagi kamu yang ingin mendapatkan proteksi dari perusahaan asuransi sekaligus belajar investasi bisa memilih jenis asuransi ini.

Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan menjadi solusi bagi kamu yang ingin mempersiapkan dana pendidikan anak sehingga masa depan anak terjamin. Premi asuransi pendidikan dibayarkan setiap bulan oleh pemegang polis dengan biaya yang berbeda-beda.

Asuransi Jiwa

Menjadi jenis produk asuransi yang paling banyak diminati oleh masyarakat asuransi jiwa memberikan benefit finansial kepada pemegang polis jika suatu saat kematian datang, menderita cacat total atau sebagian karena kecelakaan, atau sakit tiba-tiba.

Asuransi jiwa sangat direkomendasikan bagi kamu yang berperan sebagai sumber penghasilan utama dalam keluarga. Jadi jika suatu saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah dana kepada keluarga atau ahli waris.

Baca juga : Perbedaan Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional


Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa jenis jenis asuransi di Indonesia sangat banyak sehingga jika ingin mendaftar sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Kamu juga harus memilih perusahaan asuransi terpercaya dan memiliki reputasi baik sehingga dapat memberikan jaminan dan perlindungan optimal.

Salah satu perusahaan asuransi terbaik yaitu Asuransi Astra dengan slogannya Peace of Mind, sehingga dapat memberikan perlindungan untuk berbagai kebutuhan asuransi. Hadirnya asuransi Astra memberikan rasa aman dan nyaman untuk para masyarakat. 

Di sini terdapat berbagai produk asuransi dengan rate terjangkau yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Pastikan memilih perusahaan asuransi terpercaya seperti asuransi Astra untuk memberikan perlindungan optimal.

Post a Comment for "Jenis-jenis Asuransi yang Wajib Kamu Ketahui"