Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengajarkan Anak Tentang Makna Hari Kasih Sayang Ala Mami Rey

Konten [Tampil]

makna-hari-kasih-sayang

Makna hari kasih sayang, identik di hari ini, yang biasa disebut hari valentine. Yang biasanya memang dirayakan setiap tanggal 14 Februari. Dan nggak perlu protes dulu dong parents, saya nggak ngerayain yang gimana-gimana kok, hahaha.

Iya, i know banget, banyak yang alergi sama hari valentine. Dengan berbagai alasan.

Termasuk saya sebenarnya, dengan alasan, i don't care valentine-valentine-an! hahaha.

Iya, boro-boro rayain valentine ya, ulang tahun saya saja, sejak kecil nggak pernah dirayain. Eh iya, boro-boro dirayain ya, keluarga saya nggak ada yang ingat dong, saya lahirnya kapan, wakakaka.

Terlahir di keluarga yang hidupnya terlalu flat, kalaupun ada geronjalan, geronjalan-nya ke bawah, bisa dikatakan jarang banget geronjalan ke atas. 

Baca juga : Jajanan Khas Buton yang Dirindukan

Ya kali mau rayain ini itu. Orang kami tuh kan besar di Buton ya, di sana itu yang namanya adatnya masih kental. Salah satu adat di sana, adalah merayakan hari besar Islam dengan haroa (kalau di Jawa namanya bancakan).

Tapi, keluarga kami, sama sekali nggak pernah bikin acara demikian. Satu-satunya acara kumpul dan makan di rumah ortu, cuman karena tahlilan almarhum adik dan bapak saya, hiks.

Tapi, nggak masalah sih, saya juga udah terasuki dengan kebiasaan tersebut. Sehingga bikin saya nggak terlalu peduli dengan perayaan hari-hari yang katanya spesial.

Lebaran aja kadang malas banget buat ngapa-ngapain, apalagi valentine-valentinan, hahaha. Jadi begitu yak, sebelum menghujat si mamak Rey. Saya jelasin dulu bahwa maksud saya menulis ini biar temanya pas aja, bukan merayakan, wakakakak.


Memaknai Tanggal 14 Februari yang Katanya Hari Kasih Sayang

Buat saya, memaknai hari kasih sayang itu, sesuai masa atau usia serta kondisi sih ya.

makna-hari-kasih-sayang
Dulu, waktu kecil nggak ngeh akan valentine-valentinan. Setelah kuliah dan punya pacar, baru deh ikut-ikutan teman lainnya, memaknainya dengan serba pink, wakakaka. 

Setelah menikah, memaknainya dengan menodong suami, beliin cokelat silverqueen dan bunga palsu warna pink!. Lumayan kan, di minimarket banyak cokelat yang diskon. Dan bunga pink yang palsunya, bisa buat properti foto produk.

Baca juga : Manfaat Cokelat Bagi Seorang Mom Blogger

(Ampun deh, si Mamak Rey emang otak matre mulu, wakakakak) 

Nah kalau sekarang, anak udah dua, berat badan udah menyedihkan. Sebisa mungkin menghindari cokelat (alasan, padahal kalau ada ya diembat juga hahaha).

Jadi, untuk memaknai hari yang katanya penuh kasing sayang ini, saya memilih untuk:


1. Berusaha nggak marah seharian

Iya kan, katanya mengasihi dan menyayangi anak, masa iya masih mara-mara juga Kau Mami!. Jadi, pas banget kan, orang-orang pada romantisan. Saya romantisan sama anak-anak dengan sebisa mungkin menahan marah.

Kayaknya emang butuh banget nih, adanya hari kasih sayang yang dirayakan sejak tanggal 14 Februari - tanggal 13 Februari. Jadi ada target nggak marah-marah ala mami Rey selama setahun aka setiap hari, hahaha.

Baca juga : Terlanjur Memarahi Anak, Lakukan Hal ini! 


2. Seharian lebih meluangkan waktu untuk bonding dengan anak

Ya nggak yang cuddle seharian juga sih, boong banget mah si Mami ini. Ye kan mami butuh buat menulis, biar dapat duit. Biar bokek menjauh, hehehe.

Tapi setidaknya hari ini, saya lebih banyak meluangkan waktu, untuk physical touch ke anak-anak. Meluk, kiskis, colek-colek dan sebagainya, hahaha.

Alhasil, lihatlah tulisan saya, selesainya berjam-jam, saking dibantu si Adik juga ngetiknya. Tapi over all, anak-anak happy karena maminya nggak terlalu serius di depan laptop mulu.


3. Nodong anak-anak traktir maminya, hahaha

Ini mah akal-akalan si Mami aja ya, lagi bokek (eh perasaan si Mami ini bokek mulu ya, wakakakak). Tapi pengen ngemil kan ye.

Ya udah... manfaatin aja anak-anak minta traktirin maminya cokelat (padahal katanya menghindari cokelat, i told you, alasan doang mah si Mami Rey ini, hahaha)

Jadinya minta ditraktir si Kakak aja deh. Mumpung si Kakak lagi punya duit dikasih eyangnya, muahahahahaha.

Dan begitulah, Alhamdulillah maminya ditraktir bakso *loh! Lah, abisnya gerimis, dan bakso yang lewat lebih menggoda ternyata, qiqiqiqiqi.


Mengajarkan Anak Tentang Makna Hari Kasih Sayang Ala Mami Rey

Di luar tulisan si Mami Rey yang nggak jelas ini, sebenarnya makna yang ingin saya ajarkan ke anak-anak. Adalah memaknai hari kasih sayang, dengan selalu saling menyayangi apa adanya.

makna-hari-kasih-sayang

Itu saja sih.

Baca juga : Belajar Memahami Anak Sebagai Bentuk Mindful Parenting

Si Kakak sih, meski udah 12 tahun, tapi nggak terlalu peduli dengan hari peringatan lain, selain peringatan umat Islam. Ye kan, dia sekolah di sekolah Islam, hehehe.

Tapi, untuk seusianya, tentu saja dia ngeh, kalau hari ini tuh sering dirayakan orang banyak sebagai hari pink, eh salah. Hari valentine maksudnya.  

Dan implementasinya nggak perlu neko-neko sih, cukup dengan lebih mindful antara sesama. Menikmati waktu bersama dengan penuh bahagia. 

Kalau ngemil, ya ngemil bareng (padahal ya tiap hari juga ngemil bareng, wakakakak). Tapi biasanya sih mami ngemil sambil ngetik, anak-anak ngemil berdua aja.

Dan yang paling penting adalah, mengajarkan anak-anak, bahwa saling menyayangi dengan mindful, bukan hanya sehari aja. Tapi every day is valentine.

Harapan saya, agar anak-anak bisa tumbuh jadi anak yang penuh cinta, pandai mengekspresikan rasa cintanya kepada semua orang. Dengan kadar yang berbeda tentunya ya.

Ye kan, kadar cintanya ke maminya, pastinya beda dong dengan cintanya ke istrinya nanti, ecieeehhh si Mami Rey udah mikirin mantu, wakakakak.

Dan yang pasti, jika kita mencintai seseorang, tentunya kita akan selalu berusaha membahagiakan, dan melakukan yang terbaik untuknya.

Seperti mami, yang selalu belajar mencintai anak-anak dengan mindful, nggak pake marah-marah mulu. Awas Rey, marah-marah sama anak, bikin nggak awet muda loh! *eh, hahaha.


Kesimpulan dan Penutup

Ada banyak cara mengajarkan anak, tentang makna hari-hari yang biasanya diperingati kebanyakan orang. Tanpa perlu ikut-ikutan merayakan hari tersebut.

Salah satunya, mengajarkan anak tentang makna dari hari yang dirayakan tersebut. Seperti di tanggal 14 Februari ini, yang identik dengan hari kasih sayang.

Dan saya rasa, hal ini bisa banget untuk dijadikan sebagai momen tepat mengajarkan anak-anak, tentang makna kasih sayang tersebut. 

Dan tak lupa mengingatkan, bahwa kasih sayang, seharusnya dirayakan setiap tanggal 14 Februari - 13 Februari, if you know what i mean, hahahaha.


Sidoarjo, 14 Februari 2023

Sumber: opini dan pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

Demikian artikel tentang mengajarkan anak tentang makna hari kasih sayang ala mami Rey. Semoga bermanfaat.

17 comments for "Mengajarkan Anak Tentang Makna Hari Kasih Sayang Ala Mami Rey"

  1. kebetulan Valentine's Day 2023 saya sedang di Jakarta
    Jadi beli silverqueen deh untuk bagi2 ke keponakan
    Dengan doa banyak cinta dan agar mereka sukses
    Emang gak selalu di hari Valentine ya? ^^

    ReplyDelete
  2. menurutku tulisan kak rey ini bagus banget dan bisa dicontoh ibu-ibu dirumah untuk ngajarin anak makna hari kasih sayang. memang sebagian orang sangat menolak hari valentine dengan tidak ikut merayakan, tetapi lain hal kalau kita mau ngajarin anak dan memberi pengertian kepada anak, harus dengan cara yang halus dan positif

    ReplyDelete
  3. setuju kak, bia jadi moment yang tepat untuk mengajarkan anak-anak agar tidak latah ikut-ikutan merayakan hari yang bukan untuk kita ya

    ReplyDelete
  4. Wah iya, hari kasih sayang ya kemarin
    Ketika jadi ibu, perayaan hari kasih sayang akan lebih bermakna jika dirayakan bersama anak ya mbak
    Mengajarkan anak untuk selalu berperilaku welas asih

    ReplyDelete
  5. Saya selalu merayakan 14 Februari setiap tahun karena itu hari pernikahan saya dengan suami. Hahahaha. Kasih sayang bermakna luas. Ada banyak defenisi kasih sayang yang bisa kita petik. Bagus juga edukasinya Mba Rey.

    ReplyDelete
  6. Ada masanya ya Mbak Rey. Saya juga hidup di lingkungan keluarga yang juga cenderung flat. Hanya masih merayakan beberapa hal dengan bikin nasi kuning. Seperti saat ada yang ulang tahun, lulus sekolah atau mendapatkan pencapaian tertentu. Ini kemudian selalu rajin saya kerjakan dan wariskan. Hanya sebagai bentuk syukur akhirnya saya tambahkan dengan kegiatan bersedekah. Semoga nantinya anak-anak saya bisa meneruskan kebiasaan ini.

    Yang penting anak-anak paham bahwa memperingati kasih sayang tidak melulu soal hiburan atau bikin acara-acara seru. Yang sederhana juga bisa sarat makna.

    ReplyDelete
  7. Anak-anak memang harus diajarkan tentang makna kasih sayang, sekaligus praktik. Gak harus pas hari valentine ya... Tiap hari harus diajari. Itu menurut aku sih...

    ReplyDelete
  8. Kasih sayang tidak terbatas tanggal dan bulan, bisa kapan saja kan. Kalau terbatas tanggal dan bulan, maka entah seperti apa bila Allah SWT membatasi kasih sayangnya kan, hix.

    ReplyDelete
  9. Yes setuju mbak Rey, anak harus diajarkan berkasih sayang dengan orang tuanya yang insyaAllah kasih sayang itu akan nempel di benak mereka sampai kapanpun, keren 👍

    ReplyDelete
  10. Ngajarin anak ini emang harus kreatif ya. Bisa pada momen-momen seperti ini. Ibaratnya ngajarin dengan ngasih contoh langsung di momennya langsung juga (ini bahasanya gimana, sih, hahaa)
    Tapi apapun itu, berkasih sayang harus dilakukan sepanjang waktu...

    ReplyDelete
  11. Noted, ga ngajarin anak buat ikut-ikutan. Ini bukan sekedar cara menanamkan anak bagaimana mengungkapkan kasih sayang secara benar, tapi menumbuhkan mental anak juga untuk punya prinsip. Keren kak

    ReplyDelete
  12. Lagunya Miley - Flower berhasil jadi mood booster saya pas hari kasih sayang kemarin, Mbak.. Karena keadaan lagi nggak mendukung untuk berkumpul dengan anak-anak akhirnya menghibur diri sendiri dengan lagu itu. Receh banget 😂

    ReplyDelete
  13. Hwaaaaa ku hari valentine day ga tukaran coklat atau apapun hihii, malah beli cemilan sama pak su aja wkwkwk. G inget juga pas hari valentine 🙈 pas lihat kalender, lah iya tanggal 14 Februari
    Btw Mba Rey sama Kakak macam temen banget yaaa,,,, asik nihh abis ditraktir bakso sama kakak🤩

    ReplyDelete
  14. Kak Rey romantis ke anak-anak yaa..
    Meski bentuk romantisnya tidak harus berupa bunga atau cokelat, dengan mengajarkan kasih sayang begini, menurutku mengajarkan anak laki-lakinya untuk mencurahkan kebahagiaannya kepada wanita yang pertama dan utama untuk dikasihi sebelum berkeluarga nantinya.

    Barakallahu fiik, kak Rey dan traktiran dari ananda.

    ReplyDelete
  15. Yup.. kadang kala momen yang kebanyakan orang lakukan perayaan seperti valentine akan memantik anak bertanya.. dan itu bisa jadi momentum kita bicara tentang kasih sayang yang lebih general dan lebih detail sesuai porsinya

    ReplyDelete
  16. Ide yang bagus untuk merayakan valentine bersama keluarga

    ReplyDelete
  17. saya gak kepikiran buat menjelaskan makna hari kasih sayang ini pada anak soalnya biasanya lupa tanggal, hahaha.

    tapi memang penting yaa mengajarkan pada anak tentang makna hari-hari yang banyak diperingati orang, salah satunya yaa hari kasih sayang ini

    ReplyDelete