Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Albata, TK Montessori Islam Pertama di Surabaya

Konten [Tampil]

albata-tk-montessori-islam

Metode pembelajaran montessori kian marak di Indonesia, sehingga berkembang di berbagai aspek pembelajaran, salah satunya montessori Islam, yang merupakan solusi bagi anak untuk belajar agama Islam secara lebih menyenangkan.

Metode pembelajaran dengan berdasarkan pada kesadaran diri anak ini, memang sudah lama masuk ke Indonesia, dan terus berkembang seiring zaman, karena diyakini merupakan salah satu metode belajar yang menyenangkan dan efektif buat anak.


Apa itu Montessori?

Montessori adalah sebuah metode pembelajaran yang didasarkan pada aktivitas kesadaran diri sendiri, pembelajaran langsung, dan permainan kolaboratif. Metode ini berasal dari nama pengembangnya, di mana pertama kali dikembangkan oleh Dr. Maria Montessori, seorang dokter sekaligus ahli pendidikan dari Italia (1870-1952).

albata-tk-montessori-islam
Maria Montessori, source: wikipedia

Kala itu selepas menyelesaikan studi kedokterannya dalam bidang neuropatologi, Maria Montessori lalu menjadi asisten psikiater di sebuah Klinik Psikiatri Universitas Roma, untuk bertanggung jawab merawat anak-anak difabel.

Selang beberapa tahun berlalu, Maria Montessori lalu ikut bergabung di sebuah lembaga pelatihan guru untuk sekolah anak difabel dan keterbelakangan mental, Scuola Magistrale Ortofrenica. Dan di sinilah Montessori mulai mendalami serta mengembangkan metode dan sistem pendidikan yang ideal untuk anak-anak tersebut. 

Hingga akhirnya di tahun 1907, Montessori lalu membangun sekolah pertamanya, Casa dei Bambini (Children’s House), dan mulai menerapkan pendidikan metodi Montessori. 

Dalam metode montessori ini anak-anak akan didorong untuk bisa menentukan pilihan kreatifnya untuk belajar, dan guru-guru akan memandu prosesnya.

Karenanya, pada sekolah yang menerapkan metode Montessori, akan memberikan kebebasan penuh pada anak dalam mengeksplorasi dirinya, sementara guru hanya berperan sebagai pembimbingnya. 

Di sekolah dengan metode Montessori juga, tidak ada ruang kelas yang berdasarkan usia, namun semuanya dicampur dalam satu kelas. 

Dengan demikian diharapkan, anak-anak dengan usia lebih muda, bisa belajar dan berinteraksi dengan anak usia di atasnya, dan anak yang lebih tua, bisa mengembangkan kemampuannya dengan mengajarkan pengetahuannya kepada anak usia di bawahnya. 

Baca juga : Syarat Usia Anak Masuk TK dan SD

Semua hal tersebut, dilakukan oleh anak-anak dengan cara bermain, atau melakukan suatu hal dengan menggunakan alat peraga. 


Apa Bedanya Montessori dan Montessori Islam?

Karena metode pembelajaran ini telah terbukti memberikan dampak positif buat kemajuan anak, sehingga banyak yang akhirnya memberlakukan maupun mengadaptasi metode montessori.

Salah satunya adalah metode Montessori Islam.

Metode montessori Islam merupakan salah satu pengembangan dari metode montessori, di mana metode ini menggabungkan konsep montessori yang berbasis nilai maupun kaidah Islam. Dengan metode ini, anak-anak bisa belajar mengenal Islam dengan cara yang menyenangkan.

Adapun tujuan dari pembelajaran metode montessori Islam adalah, untuk mengenalkan nilai-nilai Islam pada anak sejak usia dini, sehingga dapat menumbuhkan kedekatannya dengan Allah. 

Baca juga : Anak tidak suka Matematika, Begini Cara Saya Mengatasinya


Mengenal Albata, TK Montessori Islam Pertama di Surabaya

Karena penting dan menyenangkan pembelajaran metode ini, maka dewasa ini semakin banyak sekolah yang mengadopsi metode pembelajaran yang menyenangkan ini.

Salah satunya adalah Albata, yang merupakan TK Montessori Islam Pertama di Surabaya.

Albata didikan sejak tahun 2019, dan merupakan sebuah Lembaga Pendidikan Islam resmi, di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Albata.

Albata hadir dengan tujuan mulia, yaitu:

  • Membangun generasi yang bertauhid kuat, bertaqwa & mandiri sejak dini.
  • Membangun peradaban Islami yang dimulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga.
  • Mengembangkan mindset bahwa belajar itu menyenangkan.

Untuk itu, Albata punya keunggulan demi menciptakan tujuan mulianya, yaitu:

  • Pendidikan yang berdasar pada Quran & Sunnah, di mana hal ini menjadi sebuah landasan, nilai, dan filosofi utama dari Albata.
  • Tersertifikasi montessori, sehingga memberikan pengajaran melalui pendekatan untuk fun learning.
  • Memberlakukan kurikulum terbaik, mulai dari Tauhid, Adab, Fiqh, Sirah, Tahsin, & Tahfidz.
  • Didampingi oleh pengajar yang kompeten, yang merupakan pilihan terbaik dari berbagai kampus pilihan.
Albata menyediakan 3 jenjang pendidikan utama, yaitu Toddler (untuk usia 1-3 tahun), TPQ (kelas mengaji offline dan online untuk usia 3-13 tahun) serta Kindergarten (TK Montessori Islam Online & Offline).


Albata Kindergarten atau TK Montessori Islam Pertama di Surabaya

albata-tk-montessori-islam
Source: albata.id

Albata Kindergarten atau Taman Kanak-Kanak (TK) merupakan TK montessori Islam pertama di Surabaya, yang berlandaskan Qur'an dan Sunnah, dan satu-satunya kelas formal Albata (NPSN : 70029052) yang ditujukan bagi anak usia 3 - 6 tahun. 

Sesuai dengan visi misinya, di sekolah ini anak-anak akan diberikan pembelajaran dengan metode yang Fun Learning (Montessori-Based). 

Kurikulumnya pun sangat komperhensif, di antaranya:
  • Tauhid
  • Adab & Akhlak
  • Fiqih
  • Tartil (Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah hingga Membaca Quran)
  • Tahfidz (Hafalan Quran)
  • Kurikulum Montessori (Practical Life, Sensorial, Math, Language, Culture)
  • Tri-Lingual (Indonesia, Bahasa Arab, Bahasa Inggris)

Bukan hanya itu, di Albata Kindergarten atau TK ini, anak-anak diberikan kurikulum yang materi pembelajarannya berdasarkan Quran dan sunnah, dengan metode montessori di mana diciptakannya pembelajaran yang menyenangkan dengan tools montessori lengkap.

Oh ya, di Albata Kindergarten atau TK ini, terdapat 2 jenis kelas yang bisa diikuti, yaitu:
  • Offline class (kelas tatap muka), yang dilengkapi dengan berbagai tools montessori lengkap, dan 1 kelas maksimal berisi 15 murid dengan 2 guru yang memaksimalkan pendampingan terhadap anak-anak.  
  • Online class (kelas jarak jauh), di mana kelas ini bisa diikuti oleh anak-anak yang berada di manapun, termasuk yang berada di luar Surabaya. Untuk bahan pembelajarannya juga dilengkapi dengan berbagai tools montessori lengkap yang akan dikirim ke rumah masing-masing, setiap bulannya. 

Menarik ya, Albata Kindergarten atau TK Islam ini beneran bakal menjadi salah satu tempat menyenangkan buat anak-anak usia dini dalam mengenal agama Islam.
Apalagi kelasnya juga bisa secara offline maupun online.

Parents masih penasaran dengan informasi selanjutnya?
Bisa kunjungi website resminya https://www.albata.id/kindergarten/ ya, di sana parents bisa request brosur lengkap maupun berkonsultasi langsung melalui chat whatsapp.

Atau bisa juga mengunjungi Albata Kindergarten di alamat Babatan Indah B9 No.1 Surabaya.
 

Kesimpulan dan Penutup

Mengenalkan agama Islam kepada anak usia dini adalah yang paling penting, setidaknya buat saya pribadi, karena apalah arti dunia ini, tanpa agama sebagai pedoman hidup anak.

Namun, mengajarkan agama Islam ke anak memang butuh sebuah metode yang menarik, agar lebih mudah dipelajari dan dipahami oleh anak-anak, tanpa adanya tekanan buat usia mereka.

Salah satu metode pembelajaran yang menarik dan disukai anak-anak adalah metode montessori, yang kemudian diadaptasi dalam pengajaran agama Islam, disebut montessori Islam.

Sekarang ini, banyak sekolah kindergarten atau TK yang memberlakukan metode ini dalam kurikulumnya, dan di Surabaya ada Albata Kindergarten atau TK yang merupakan TK montessori Islam pertama di Surabaya, yang dapat menjadi sekolah terbaik buat anak-anak belajar Islam di usia dini dengan menyenangkan. 


Sidoarjo, 03 Februari 2023

Sumber:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Metode_Montessori diakses 03 Februari 2023
  • https://www.albata.id/ diakses 03 Februari 2023
Gambar: Canva dan berbagai sumber

Demikianlah artikel tentang Albata Kindergarten, TK montessori Islam pertama di Surabaya yang menjadi salah satu upaya terbaik mengenalkan Islam ke anak-anak usia dini dengan cara yang menyenangkan.

13 comments for "Albata, TK Montessori Islam Pertama di Surabaya"

  1. Saya sudah lama mendengar ttg metode Montessori. Senang sekarang ada sistem Montessori yang digabungkan dengan pendidikan Islam jadinya anak bisa makin kreatif sekaligus belajar tauhid.

    ReplyDelete
  2. wahh keren yaa Albata ini, tujuannya sangat mulia. Orang tua yang ingin mengenalkan anaknya pada agama islam sejak dini cocok memilih sekolah ini.

    ReplyDelete
  3. Sekarang banyak juga belajar mengenai Montessori dan print alat peraganya melalui internet ya kak untuk diajarkan ke anak, sehingga si kecil bisa dengan bebas bermain sekaligus belajar. Terlebih jika pembelajaran melalui Montessori islam. Anak bisa belajar kaidah agama dengan cara yg menyenangkan

    ReplyDelete
  4. Nah ini ada penjelesannya montessori itu apa. Jadi paham. Aku selalu mengira montessori itu sekolah kristen karena namanya. Ternyata itu nama metode pembelajaran. Baguslah jadi ortu banyak pilihan sekolah sesuai kebutuhan si anak.

    ReplyDelete
  5. Sering dengar tentang Montessori ini sebelumnya, tapi baru sekedar tahu saja. Terima kasih, melalui tulisan ini jd nambah tahu dan juga ttg adanya TK yg menerapkan Montessori Islam.

    ReplyDelete
  6. Sekolah sekarang sudah banyak pilihan ya dan senang deh karena ada metode lain yang cocok buat anak. Di daerahku belum tahu ada gak TK kaya gini yang pakai Montessori

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah sistem ini sudah diadaptasi dalam pendidikan agama Islam, setidaknya orang tua punya pilihan tempat dan sistem belajar buat anaknya. Keren euy.

    ReplyDelete
  8. Albata ini apanya yang ngaji online itu ya mbak? TPA online maksudku, soalnya asal Surabaya juga. Kali masih satu yayasan hehe #sokteu
    Sekarang banyak sekolah mengadopsi metoide Montessori ya? Makin banyak juga sekolah Islam yang membuat kurikulum sendiri sehingga sesuai ajaran agama. Menurutku bagus2 aja sih, sehingga sekolah juga dituntut selalu berkembang dan memberikan yang terbaik buat murid2nya yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab. Albata ini ada kelas buat TK, Toddler, dan TPQ. TPQ nya bisa online juga. Metodenya insya Allah menyenangkan, disukai anak. Karena anaknya temenku ada yang ngaji di situ juga. Ustadzah2nya baik2, hehe kids friendly lah pokoknya.

      Delete
  9. Bekal ilmu agama untuk anak memang harus sejak dini dilakukan ya. Dapat dukungan dari rumah yang keluarganya membiasakan diri dengan nilai islami. Serta dukungan dari lembaga pendidikan yang menggunakan teknik belajar seperti ini. Apalagi ini Montessori Islam ya

    ReplyDelete
  10. Aku baru tahu metode Montessori ini. Kemungkinan karena jarang mengetahui kurikulum anak sekolah kali ya. Pembahasan ini menjadi pengetahuan baru. Makasi informasinya

    ReplyDelete
  11. Keunggulan motessori ini banyak sekali. Kabarnya, sekali anak mendapatkan landasan montessori, mereka akan teruuss rapiii seperti yang diajarkan. Dan ini bisa menjadi habits yang baik yang lama-lama tentunya menjadi karakter unggul.

    ReplyDelete
  12. Bagus sih memang sistem belajar Montessori ini. Sekarang ada ya sudah Montessori Islam. Bisa jadi pilihan terbaik juga untuk pendidikan anak usia dini.

    ReplyDelete