Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membiasakan Anak Sholat Subuh Berjamaah Di Masjid Setiap Hari

Konten [Tampil]
Membiasakan Anak Sholat Subuh Berjamaah Di Masjid Setiap Hari

Anak lelaki sebaiknya memang dibiasakan untuk sholat subuh berjamaah di masjid setiap harinya, agar menjadi kebiasaannya yang sulit diubah ketika dewasa.

Sayangnya, membiasakan hal itu sungguhlah tak mudah.
Berkali-kali sounding ke si Kakak, untuk mau sholat Subuh di masjid, nyatanya maminya sendiri yang menyerah bangunin si Kakak yang malah bikin mami naik darah di waktu subuh, hahaha.

Sampai akhirnya, suatu hari si Kakak pulang membawa sebuah lembar jadwal, katanya itu adalah absensi dia untuk mengikuti tantangan atau challenge 40 hari sholat subuh berjamaah di masjid.
Dan bakalan saya ceritakan di Parenting By Rey kali ini.

Dan mami be like!
Hah?
Kudu bangunin si Kakak buat sholat di masjid?
Padahal sekarang tuh, sholat subuhnya sebelum pukul 4 pagi.

Lah, pada biasanya saya bangunin si Kakak sholat subuh pukul 5 aja, susahnyaaaaahhh ampun rasanya.
Tapi, begitulah si Mami Rey, biar kata penuh dengan pikiran-pikiran yang kadang banyak negatifnya, toh pada akhirnya dilakonin juga, hahaha.


Tantangan Membiasakan Anak Sholat Subuh Berjamaah Di Masjid Setiap Hari


Yang namanya kebaikan ya, pasti ada tantangannya, eh bukan hanya ada sih ya, tapi buanyaaaakkk banget tantangannya.

Membiasakan Anak Sholat Subuh Berjamaah Di Masjid Setiap Hari

Bahkan sudah ada semacam faktor why yang membuat anak mau usaha bangun dan berangkat ke masjid setiap subuh aja, masihlah luar biasa banget rasanya.

Hal ini mungkin terjadi, karena saya adalah single fighter Mom dalam mengurus anak-anak.
Mana saya kan harus membagi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan saya ngeblog dan urus medsos, which is buat mendapatkan duit kan ye, dan duitnya juga buat kebutuhan keluarga pulak.

Karena hal itu, saya yang udah terbiasa punya jadwal, membangunkan anak-anak di pukul 5 pagi buat sholat subuh, sehingga punya rentang waktu yang ditoleransi untuk nyuruh anak-anak tidur, karena toh bangunnya di pukul 5 kan.

Nah, sekarang tuh, saya wajib membangunkan si Kakak di pukul 03.45, itupun saya bangunin setelah adzan subuh terdengar, karena kasian juga waktu tidurnya jadi kurang.

Dan tentu saja hal itu mempengaruhi ritme jadwal diri saya sendiri. 

Secara detail, ada beberapa hal yang menantang dari membiasakan anak sholat subuh berjamaah di masjid setiap hari, yaitu:


1. Waktu tidur dan bangun berubah


Nggak tahu deh mungkin saya termasuk mami-mami yang terlalu idealis, tapi jujur saya idealis tuh karena ada sebab musababnya.

Salah satu idealis saya, adalah waktu tidur anak-anak harus cukup.
Minimal 7-8 jam setiap malam.
Alasannya, agar anak nggak mudah sakit, ye kan saya mengurus anak benar-benar sendiri, tak ada siapapun yang bantuin saya kalau anak sakit.

Jadi biasanya waktu bangun si kakak itu pukul 5 pagi, memang sih udah lewat waktu subuhan di masjid, tapi toh si Kakak juga nggak pernah sholat subuh di masjid, kecuali pas bulan ramadan.

Karena adanya tantangan sholat subuh berjamaah, si Kakak terpaksa bangun 1 jam lebih cepat dari biasanya, bahkan semakin ke sini memang waktu subuh itu semakin maju.
Kalau awal-awal, subuh itu tepat pukul 4 pagi, lah kok makin ke sini, jadi pukul 03.45.

Gara-gara si Kakak harus bangun cepat, jadinya pas malam saya juga nggak bisa fokus kerja, karena harus mengontrol agar si Kakak sudah siap tidur, paling lambat di pukul 9 malam.


2. Makin sulit membangunkan si Kakak yang masih ngantuk


Kadang, terutama dihari Minggu dan Senin, si Kakak tuh susah banget dibangunin, karena tidurnya molor, akibat dia kadang di weekend, dia tidur kembal selepas sholat subuh dong.
Jadinya pas malam, dia susah tidur, berakibat susahnyaaaaa dibangunin.


3. Waktu tidur saya jadi makin berkurang


Saya kan harus tetap bekerja, nulis di blog, optimasi media sosial, cari duit ceritanyeh!
Masalahnya adalah, waktu saya untuk bekerja dengan fokus itu sulit dicari, hanya bisa bekerja fokus kalau anak-anak, setidaknya si Adik udah tidur.

Kalau enggak, dijamin saya sulit bekerja, lah diajak ngomong terus sama si bocah bungsu saya itu.

Alhasil, saya terpaksa kerja di malam hari setelah si Adik tidur, dan jadinya waktu tidurnya molor, udahlah waktu tidur molor, waktu bangunnya juga harus cepat, sehingga nggak jarang, saya cuman tidur 2-3 jam lagi setiap malam hari, huhuhu.


4. Waktu jeda menunggu antar jemput si Kakak jadi lebih panjang


Si Kakak berangkat sekolah dengan memakai mobil antar jemput, dan dijemput pukul 6 pagi.
Karena bangunnya kecepatan, jadinya sekitar pukul 05.15, si Kakak udah siap dong menanti jemputan, dan mulai deh dia merayu maminya buat dibolehin liat HP.

Maminya yang nggak tega dia terkantuk-kantuk, jadinya membiarkan saja si Kakak liat HP, sambil nunggu anjemnya di pukul 6 pagi.
Dengan syarat semua persiapan ke sekolah sudah disiapkan dengan baik.


Hal Positif Dari Membiasakan Anak Sholat Subuh Berjamaah Di Masjid Setiap Hari


Meskipun banyak tantangan, yang bisa dibilang maminya loh yang paling merasakan, si Kakak mah berasa punya asisten yang loyal, huhuhu.

Membiasakan Anak Sholat Subuh Berjamaah Di Masjid Setiap Hari

Tapi, yang namanya kebaikan ya, tentu saja punya banyak hal-hal positif yang bukan cuman dirasakan si Kakak, tapi juga saya sebagai ibunya, yaitu:


1. Si Kakak jadi terbiasa sholat subuh berjamaah di masjid


Gara-gara tantangan dari sekolahnya tersebut, sampai hari ini, di mana masa tantangan tersebut udah lewat, si Kakak masih mau sholat subuh di masjid dong.

Meskipun bangunnya masih saja kek orang mau pingsan, kadang sambil rewel, dan nggak jarang bikin maminya esmosi sendiri liatnya, hahahaha.

Tapi Alhamdulillah, si Kakak masih mau berangkat sholat subuh, bahkan tetap mau ganti baju dulu, pakai baju yang rapi dan wangi.

Padahal ya, sebenarnya jarak masjid dari tempat tinggal kami itu lumayan juga jauhnya, dan lewat di tempat sepi di mana nggak ada orang yan ke masjid, karena di gang kami jarang penghuninya, tetangga kami juga mostly non muslim. 


2. Si Kakak jadi bisa bangun sholat tanpa drama melulu


Saya baru menyadari akhir-akhir ini, kalau sebenarnya, meski bangunin si Kakak masih lumayan penuh drama, tapi udah nggak separah sebelumnya yang ketika bangun pukul 5 pagi.

Mungkin karena pengaruh dia harus cuci muka dulu, ganti baju dulu, lalu jalan atau naik sepeda ke masjid, sukses bikin kantuknya hilang dengan sempurna, jadinya pas pulang dari masjid, si Kakak udah ceria tanpa kantuk lagi.
Langsung deh ganti baju, dan beberes tempat tidur dan lainnya yang menjadi kewajibannya setiap hari.


3. Si Kakak jadi tergerak menunaikan ibadah sunah lainnya


Selain si Kakak jadi rajin sholat subuh di masjid, dia juga jadi rajin ibadah sunah lainnya dong, kayak puasa sunah Senin dan Kamis.

Ini juga bikin maminya pengen pingsan sih sebenarnya, karena kudu bangun lebih pagi lagi, dan kudu cerewet dini hari mengingatkan si Kakak untuk minum lebih banyak sebelum imsak.
Ya Allah, being a parents is sooooo pengen nangis banget tau nggak sih, hiks.

Tapi jujur, semua rasa pengen nangis tersebut, berganti nangis haru mengingat si Kakak jadi familier dengan ibadah-ibadah sunah, which is secara nggak langsung mengajak maminya juga ikutan ibadah sunah kayak dia.


4. Mami jadi lebih santai karena waktu bersiap kakak lebih panjang


Hal positif berikutnya adalah, masha Allah Alhamdulillahnya, selama si Kakak mulai sholat subuh di masjid, mami udah jarang ngomel di pagi hari dong.

Karena biarpun si Kakak tetep slow motion sarapannya, mandinya, sikat giginya, ditambah mulutnya kebanyakan cerewetnya, hahaha.
Tapi, karena memang waktunya panjang, jadi nggak ada tuh namanya dia telat dan bikin anjemnya menunggunya lama.

Justru, karena dia pengen dikasih pinjam HP sebentar, jadinya dia semangat banget mandi dan melakukan semua hal dengan penuh perhatian, dan mamipun lebih tenang, meski agak senep juga sih liat dia nonton YouTube yang isinya konspirasi, hadehhhh!


Penutup


Buat saya, hal paling utama dari memiliki anak adalah, punya anak yang sholeh, yang selalu berada di jalan Tuhannya, yang selalu mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Jadi, untuk hal-hal yang menyangkut perintah Allah, rasanya sesulit apapun itu, akan saya dukung sepenuh hati.

Karena, suatu saat nanti, segala hal yang saya lakukan untuk mendukung anak mengerjakan perintah-Nya, akan kembali juga pada saya.

I mean, punya anak sholeh?
Apa lagi puncak kesuksesan kita di dunia ini sebagai ibu, selain hal itu?



Sidoarjo, 02 November 2022


Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: Canva dan dokumen pribadi

11 comments for "Membiasakan Anak Sholat Subuh Berjamaah Di Masjid Setiap Hari"

  1. masyaAllah.. sebagai orang tua pastinya kita harus effort juga yaa untuk menjadikan anak kita menjadi anak yg sholeh, yg salah satunya adalah mengajarkannya untuk sholat subuh di masjid. saya belum mengalami karena masih single, tapi selalu berkeinginan punya anak yang sholeh. Thanks yaa kak sharingnya :) Semangat selalu!

    ReplyDelete
  2. Masya Allah, keren mba Rey ngurus anak2. Kalau sekarang bangun pagi banget masih ngantuk2 ya. Shubuhnya kecepetan. Hehe. Tapi bikin ceklist challenge gini emang ngelatih habit baik yang perlu dicoba.

    ReplyDelete
  3. Setuju. Anak lelaki memang harus dibiasakan sholat subuh berjamaah di masjid. Kalau udah terbiasa maka akan menjadi habit dan anak lelaki itu jadi baik.
    Semangat, kakak. Semoga jadi anak yang sholeh ya...

    ReplyDelete
  4. wah heebat, selamat Mbak Rey
    saya juga single fighter mom untuk semua urusan anak
    sedihnya, saya gak sekuat Mbak Rey yang tegas
    Padahal manfaatnya banyak banget ya?

    ReplyDelete
  5. Masya Allah...Mba Rey dirimu beneran ya, kagum akutu
    Enggak mudah membiasakan anak sholat berjamaah. Kebayang bangets dramanya
    Tapi jika ibu tegas macam Mba Rey, bisa juga..duh malu akuu, mesti banyak belajar tipsnya. Angot-angotan anakku dan kubiarkan aja hiks
    Semangat Kakak, Adik dan Mamanya..

    ReplyDelete
  6. Salut mbak, dari awalnya mikir-mikir juga, sudah bisa konsisten bangunkan kakak buat sholat subuh berjamaah di Masjid. Apalagi sekarang tuh waktu subuhnya sebelum jam 4. Saya aja sekarang masih suka kagok, sudah dengar adzan subuh tapi kok belum dengar alarm bunyi. Lha alarm di set pukul 04.00, sementara 03.40 an adzan subuh sudah berkumandang.

    Semoga tetap konsisten ya kakak, walau nanti lembaran yang dari sekolah sudah terisi semua, kebiasaan bangun awal dan sholat subuh berjamaah di masjid tetap dilanjutkan

    ReplyDelete
  7. Waaaah semangat mba! Semoga anaknya bisa terus rajin ibadah ya :) Aku sampai sekarang terbiasa bangun pagi thanks to kartun2 di TV zaman masih kecil.

    ReplyDelete
  8. Tantangan yang bisa mengubah hidup seorang anak - dan keluarga, tentu saja.
    Wah, ini inspirasi yang bagus.

    ReplyDelete
  9. Pembiasaan sejak dini agar anak-anak sholat subuh ini menginspirasi kak, karena istilahnya memang harus dipaksakan untuk mendisiplinkan hal ini ya, sebagai bekal masa depannya nanti juga

    ReplyDelete
  10. Luar biasa mbak Rey
    Memang salah satu tugas ortu punya anak cowok adalah membiasakan mereka bisa sholat di masjid ya
    Semangat mbak Rey, semoga sehat selalu ya

    ReplyDelete
  11. Kka Rey..MashaAllah~
    Suka banget sama pembiasaan yang dilakukan kak Rey terhadap anak-anak. Karena Allah menyukai anak muda yang hatinya senantiasa tertaut dengan masjid.

    Semoga menjadi anak sholih-nya Mama dan kehidupannya digenapi dengan keberkahan yang melimpah.
    Barakallahu fiik~

    ReplyDelete