Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengurus Anak Sendiri Selalu Bikin Saya Sungkan Jika Anak Ke Toilet Dibantuin Orang Lain

Konten [Tampil]
mengurus anak sendirian

Mengurus anak sendiri, telah saya lakukan sejak si Kakak berusia 3 mingguan kalau nggak salah, sebelumnya si Kakak diurus mama saya, ketika baru lahir.

Sejak itu, nggak terlalu banyak waktu, si Kakak diurus orang lain, apalagi si Adik yang 24/7 anak mami banget, praktis bikin saya selalu sungkan dan nggak enak jika anak ke sekolah dan tiba-tiba ingin pipis dan pup, lalu merepotkan gurunya.

Di Parenting By Rey, kali ini, saya bakalan menjabarkan tentang opini saya mengenai hal area vital dan kotoran anak-anak, yang mana buat saya itu bisa dibilang hal yang memalukan kalau diliat orang.

Padahal, banyak guru TK mengatakan, kalau menemani dan bantuin anak-anak ke toilet itu adalah bagian dari tugas mereka, tapi tetap saja saya sungkan, bahkan merasa kalau area kemaluan anak-anak saya, baik kakak maupun adik, eh termasuk popok kotor anak-anak, hanya boleh saya dan papinya yang liat.

Hal ini kembali muncul di pikiran saya, lantaran beberapa waktu lalu, ketika masih dalam waktu pengenalan sekolah anak TK, selama seminggu saya menungguin si Adik di sekolah, dan menyaksikan beberapa anak ke toilet dibantu gurunya.

Beberapa waktu lain, seorang ibu juga tampak santai, ketika pakaian manasik haji anaknya amburadul nggak karuan, reflek saya berusaha bantuin dong buat benerin cara pakainya, kasian soalnya anaknya jadi jatuh keinjak kain mulu.

Eh ibunya senyum-senyum aja sambil bilang,
"Nggak apa-apa kok Mbak, kan ada gurunya yang nanti benerin"

Uwowwww...

Mungkin itu nggak salah sih, mungkin memang itu tugas guru TK, tapi buat saya yang memang jarang menitipkan anak ke orang lain, rasanya sungkan dan benar-benar nggak nyaman kalau ada orang lain yang makin repot karena anak saya.

Paling utama tuh masalah anak ke toilet.


Ketika Menitipkan Kakak Bayi ke Eyangnya


Dulu tuh, saya pernah menitipkan si Kakak bayi berusia 3 bulan, ke eyangnya (ibu mertua).
Waktu itu saya habis cuti lahiran, dan galau banget kembali bekerja, sampai akhirnya ada ide balik ke rumah mertua biar ada yang liatin si Kakak bayi saat saya kerja.

mengurus anak sendirian

Dan saya ingat banget gimana persiapannya ketika saya hendak berangkat kerja setiap harinya.

Saya bangun pukul 04.00 pagi, buat nyiapin si Kakak bayi udah siap ketika saya tinggalin.
Jadi, ketika saya berangkat di pukul 07.15, si kakak bayi tuh udah mandi, udah wangi, udah kenyang.
Susunya udah ditakar, botol susunya udah siap semua, termos telah terisi air, bahkan popok bersih sampai kantung popok kotorpun udah saya siapkan.

Itupun, saya selalu usahakan atur jadwal pup si bayi di pagi hari aja, dan pup berikutnya ketika saya udah pulang kerja.

Jadi, eyangnya benar-benar cuman bantuin bikinin susu, gendongin kalau si kakak bayi bosan, bahkan saya rela beli stroller hanya agar eyangnya nggak capek gendongin si Kakak bayi mulu.

Nggak lama kemudian, eyangnya udah dapat pembantu, saya memang nitip buat cari pembantu, rencananya buat jagain si Kakak bayi, tapi mertua bilang sayang aja kalau kerjaannya cuman jaga bayi, jadi dia disuruh ngerjain pekerjaan rumah, dan si bayi tetap dijaga eyangnya.

Saya sih manut aja, suka-suka deh, orang itu bukan rumah saya.

Meskipun demikian, mertua sering juga nitip si bayi ke pembantu tersebut.
Suatu hari, si bayi sedang digendong si Mbak tersebut, lalu pup.
Seketika saya ambil buat dibersihin, eh saya ditegur mertua, katanya biarin aja, hahaha.

Tapi jujur, saya nggak biasa loh kalau ada orang lain membersihkan kotoran anak-anak saya.
Bukan hanya orang lain, bahkan eyangnya juga.


Ketika Menitipkan Kakak Balita ke Daycare


Saya pernah nitip si Kakak di daycare atau tempat penitipan anak (berasa penitipan meong ya, hahaha).
Waktu itu dia masih berusia 4 tahun. Seusia si Adik sekarang.

  Mengurus Anak Sendiri

Syukurlah, dulu si Kakak udah lebih bisa ngontrol pipis, kalau bobok nggak pernah ngompol lagi.
Tapi, kalau pup masih harus dibersihkan.

Bukan main deh sungkannya saya ketika itu, setiap pagi si Kakak saya paksa pup dulu, biar dia nggak BAB di daycare-nya.

Kenyataannya, masih juga kadang dia BAB di sana, karena sakit perut misalnya, untungnya sih kalau pipis sama kayak si Adik sekarang, dia udah bisa bersihin sendiri, tapi saya kadang kepikiran, takut dia jatuh di toilet yang licin.
Jadi, meski si Kakak dititipin, jarang banget dia terlalu merepotkan penjaga di daycare.


Penyebab Saya Sungkan Jika Anak Ke Toilet Dibantuin Orang Lain


Kalau dipikir-pikir,  penyebab saya selalu sungkan dan nggak enakan kalau anak-anak ke toilet atau ketika BAB/BAK dibantuin orang lain, dikarenakan beberapa hal dari pengalaman diri, yaitu:


Terbiasa mengurus anak sendiri


Seperti yang saya tuliskan di atas, saya terbiasa mengurus anak sendiri, tanpa dibantu siapapun.
Si kakak bayi, cuman dijaga sebentar oleh eyangnya, sekitar 6 bulan saja.

Itupun eyangnya sama sekali nggak benar-benar ngurusin, karena segala sesuatunya udah saya siapkan sebelum berangkat kerja, dan ketika pulang, anak langsung saya ambil nggak dikasih ke siapapun lagi.

Selain itu, cuman sekitar setahunan di titipin di daycare, itupun sama seperti waktu bayi, saya udah prepare segala sesuatunya, sehingga si Kakak nggak terlalu ngerepotin atau bergantung di orang lain.

Selain daripada itu, saya selalu yang mengurus anak-anak sendiri, termasuk si adik yang bahkan nyaris nggak pernah diurus orang lain, selain papinya, itupun bisa dihitung dengan jari sih, karena papinya banyakan nggak pulangnya, hahaha.


Nggak terbiasa dibantuin pembantu


Alasan lainnya adalah, mungkin karena kebiasaan saya sejak masa kecil ya, di mana saya nggak pernah sama sekali dibantuin pembantu atau ART. Kami nggak pernah punya pembantu di rumah, jadi semuanya dikerjain sendiri.

Gara-gara ini juga, bukan hanya saya sungkan kalau anak-anak ke toilet dibantuin orang lain, saya juga bahkan kurang nyaman jika dilayani orang lain, misal di resto ada pelayan yang mau bantuin bukain botolpun, saya merasa terganggu, hahaha.


Saya jijikan banget    


Nah, sepertinya sih penyebab utamanya saya nggak terbiasa atau sungkan membiarkan orang lain mengurus atau membantu kegiatan toilet anak-anak adalah, karena saya sendiri adalah orang yang jijikan banget, hahaha.

Mungkin hal itu sebagai representatif diri, kalau saya juga nggak mau atau jijik membantu anak orang lain untuk kegiatan toilet, kayak cebokin, astagaaaaa, huhuhu.

Sejak kecil jadi orang super jijikan, untungnya pas punya bayi, jijikan itu sedikit berkurang, meskipun saya juga jijik kalau lagi makan anak minta ke toilet, auto esmosi dah saya kalau gitu, hahaha.

Bukan hanya itu, setelah anak lebih gede, rasa jijik itu muncul kembali, saya selalu cerewet banget kalau si Kakak abis dari toilet.
Bolak balik ingatin dan kadang maksa buat ulang cuci tangan pakai sabun.

Sampai segitunya saya jijikannya.
Bahkan anak-anak udah ngerti, kalau saya lagi makan, mereka nggak berani ke toilet, meski kebelet, kalaupun nggak tahan, mereka biasanya kasih kode dengan minta saya makan ke kamar sebentar, wakakakak.

Jadi kebayang kan kalau saya cebokin anaknya orang, mual dong, bahkan keponakan sendiri, nggak kuat rasanya.

Perasaan itulah yang bikin saya jadi peka, takut orang lain juga jijikan dan harus membantu kegiatan toilet anak-anak yang sebenarnya menjijikan itu, hahaha.


Penutup


Mungkin banyak orang, khususnya ibu-ibu yang mengatakan saya lebay.
Ya gimana dong, saya juga nggak minta selalu sungkan dan nggak enakan gitu kalau anak dibantuin ke toilet sama orang lain.

Mengurus Anak Sendiri

Karenanya si Adik selalu saya persiapkan sebelum berangkat sekolah, dia harus sudah pipis yang banyak, dan waktu pupnya diusahakan bukan di jam sekolah, kalaupun seharian nggak pup, paginya saya suruh jongkok aja dulu, ketimbang pup di sekolah dan ngeribetin gurunya.

Dan dari situ, bukan sekadar sungkan dibantuin ke toilet, bahkan saya sungkan anak ngerepotin gurunya untuk hal-hal seperti benerin bajunya atau semacamnya.

Sisi positifnya, anak jadi lebih malu kalau naked di depan orang lain, selain mami papinya tentunya.
Meskipun sisi nggak enaknya, jadinya rempong mulu kepikiran anak jadi nahan pipis nggak di sekolah? atau berani nggak dia minta tolong gurunya setidaknya anterin ke kamar mandi, takutnya dia jatuh kan ye, hehehe.

Ada yang samakah, Parents?
*cari temen, hehehe


Sidoarjo, 21 September 2022


Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: canva



Post a Comment for "Mengurus Anak Sendiri Selalu Bikin Saya Sungkan Jika Anak Ke Toilet Dibantuin Orang Lain"