Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar si Kecil Suka Minum Susu

Konten [Tampil]
Tips agar si kecil suka minum susu

Parenting By Rey - Si kecil nggak suka minum susu? sini kita saling menguatkan.
Ini si Adik banget, entah karena sejak bayi dia minum ASIX, dan baru lepas ASI ketika usianya menjelang 3 tahun, jadinya kok kurang begitu suka minum susu.

Biar kata saya mengerti, kalau susu bukan satu-satunya sumber nutrisi yang baik untuk anak, tetep saja saya merasa ada yang kurang, karena si Adik nggak seperti kakaknya yang suka minum susu.

Mungkin karena pengaruh Kakaknya yang sejak bayi minum susu kali ya, karena memang si Kakak nggak ASIX, campur bahkan lebih banyak minum susu formula, karena ke tidak mengerti an maminya tentang cara mengASIhi dengan benar.

Si Kakak bahkan baru mulai mengurangi minum susu, ketika dia masuk sekolah, hal ini terjadi selain karena saya kewalahan harus membuatkan dia susu setiap saat, pun juga si Kakak mulai eneg dengan susu yang sering dia minum.

Well, entah mengapa ya, kebanyakan pemikiran ibu di Indonesia itu, selalu tertanam bahwa minum susu bagi anak itu penting banget.
Meskipun memang hal tersebut memang nggak salah.


Manfaat Si Kecil Suka Minum Susu


Susu memang sangat bermanfaat, khususnya bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, karena membutuhkan begitu banyak nutrisi, agar melengkapi dan mendukung masa tumbuh kembangnya secara optimal.

Macam-macam susu

Bukan hanya itu, susu juga memiliki beberapa manfaat penting, seperti:


1. Susu kaya akan nutrisi


Susu merupakan minuman cair yang punya nutrisi lengkap, di dalamnya terdapat kandungan seperti: Vitamin D, Kalsium, Vitamin A, Protein, Vitamin B, B12, Kalium, Fosfor, dan Selenium.

Saking banyak kandungan  vitamin dan mineral pada susu, sehingga hal ini sangat penting dalam membantu cukupi kebutuhan nutrisi harian, dan tentunya sangat mendukung tumbuh kembang si kecil.


2. Susu mengandung protein penting


Manfaat susu lainnya adalah, karena merupakan sumber protein, selain dari makanan lainnya, seperti telur dan kacang-kacangan.

Protein ini sangat bermanfaat untuk banyak hal, salah satunya yang penting adalah dapat bantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak, dan tentunya memperkuat sistem imun si kecil.

Meskipun demikian, jangan biarkan anak-anak hanya mendapatkan protein dari susu saja ya, Parents.


3. Susu sebagai sumber energi


Susu punya kandungan energi yang asalnya dari lemak maupun protein yang dikandungnya, hal ini penting banget untuk anak-anak di masa pertumbuhan yang memang terkenal aktif dan susah diam.

Banyaknya aktifitas anak, akan mempengaruhi energi yang semakin banyak keluar dari tubuhnya.
Maka untuk mencukupi hal tersebut, susu bisa sangat membantu anak tetap tercukupi energinya setiap harinya, dan siap explore serta belajar dan bermain sekaligus bikin maminya puyeng, hahahaha.


4. Susu membantu pertumbuhan tulang dan gigi anak


Dalam masa tumbuh kembangnya, termasuk pertumbuhan dan kesehatan tulang maupun giginya, sangat membutuhkan beberapa nutrisi penting seperti kalsium, kalium, protein dan vitamin.

Dengan nutrisi tersebut, pertumbuhan dan kesehatan tulang si kecil akan terjaga sejak dini, dan bisa bantu turunkan risiko osteoporosis di kemudian hari.

Demikian juga dengan kandungan fosfor maupun kalsium yang sangat penting membantu proses pertumbuhan gigi anak, agar giginya sehat dan kuat.

Pastikan agak anak juga rajin menggosok gigi ya parents, agar giginya nggak berlubang dan keropos.


5. Susu membantu kesehatan saluran cerna anak


Kalau ngomongin kesehatan saluran cerna, rasanya anak-anak tuh paling rentan mengalami masalah saluran cerna dibandingkan oleh orang dewasa, karena memang saluran cerna si kecil masih lebih sensitif dibanding saluran cerna orang dewasa.

Yang namanya masalah gangguan saluran cerna, seperti mual, muntah, sembelit hingga diare, udah jadi sebuah momok menakutkan, khususnya buat saya sebagai parents.

Nah, kabar baiknya susu mengandung serat pangan yang baik untuk bakteri di dalam saluran cerna si kecil, dan keduanya harus saling berhubungan untuk dukung saluran cerna sehat.

Karenanya, susu dapat bantu mengatasi masalah saluran cerna anak, agar terbebas dari masalah saluran cerna, yang akan mempengaruhi juga tumbuh kembangnya.


6. Susu membantu mencegah anemia pada anak


Masalah anemia bukan hanya terjadi pada orang dewasa loh, justru banyak juga terjadi pada anak-anak, dan itu amat sangat berbahaya, karena mengganggu proses tumbuh kembang si kecil.

Karenanya, sebagai parents, sangat penting untuk memperhatikan asupan nutrisi anak, agar terbebas dari anemia.

Nah, susu juga banyak yang mengandung zat besi yang sangat penting untuk anak, selain itu jangan lupakan untuk memberikan makanan yang mengandung zat besi, seperti daging, ikan, hati, telur, sayuran hijau dan kacang-kacangan.


7. Susu membantu meningkatkan kecerdasan anak


Susu mengandung AA, DHA, kolin, asam lemak omega 3,6 dan 9, yang mana sangat baik untuk mendukung perkembangan otak anak.

Hal ini tentu saja bermanfaat banget untuk anak, selain juga harus diberikan stimulasi yang tepat ya parents.

Nutrisi sangat membantu tingkatkan kecerdasan anak, selain dari makanan sehari-hari, tentu saja susu memberikan manfaat tersebut. 


Tips Agar Si Kecil Suka Minum Susu


Dengan melihat banyaknya manfaat dari susu di atas, nggak salah kan ya, jika saya merasa ada yang kurang jika si kecil nggak suka minum susu.

Karena memang susu juga sangat ebrperan penting dalam tumbuh kembang anak, dengan manfaat nutrisi yang dikandungnya.

Karenanya, membuat anak suka minum susu itu penting, setidaknya saya punya beberapa tips, agar si adik mau dan suka minum susu, di antaranya:


Explore susu yang disukai si adik


Demi agar si adik mau dan suka minum susu, sering banget saya gonta ganti merk susu, dari yang harganya standar, sampai yang agak di atas standar, nggak yang terlalu mahal sih, hahaha.

Bukan hanya itu, mencoba beberapa rasa juga penting, dan ternyata si adik lebih suka susu dengan rasa cokelat, meskipun saat ini udah bertambah suka ama susu rasa strawberry.
Dan si adik eneg banget ama susu vanila atau madu.


Menawarkan susu dalam hidangan


Demi agar si adik mau minum susu, tidak jarang saya memberikannya susu dalam bentuk puding, maupun minuman dingin seperti milkshake.
Sayangnya, pemberian menu seperti ini nggak bisa dilakukan setiap saat, karena si adik mudah bosan.

minuman enak mengandung manfaat susu


Menawarkan susu dalam mug atau gelas favorit


Si adik memang pecontoh sejati kakaknya, karena kakak punya mug favorit, dia juga ikutan punya mug favorit.

Tidak jarang saya membuatkannya susu dalam mug tersebut, dan hal itu kadang berhasil, sebelum akhirnya si adik bosan, hahaha.


Meminta si kakak memberikan contoh suka minum susu


Hal yang paling ngefek buat si adik adalah, dengan meminta si kakak memberikan contoh dalam minum susu.

Hal ini lumayan berhasil, meskipun nggak bisa setiap saat, karena si kakak juga bosan minum susu setiap saat, hahaha.


Memberikan produk turunan susu


Bukan hanya pada susu, nutrisi yang dikandung oleh susu juga ada dalam produk turunan susu, seperti keju dan yogurt.

Kebetulan, si adik suka banget makan keju, maka hal ini bisa jadi pilihan agar si adik bisa mendapatkan nutrisi dari susu, dan tentunya melatihnya agar suka minum susu.


Memberikan produk susu favoritnya


Setelah perjalanan panjang mencoba banyak jenis susu dan rasanya, akhirnya kami tahu kalau si adik memang lebih suka susu dalam kotak.

Manfaat susu dari puding susu

Karenanya, untuk lebih memenuhi kebutuhan nutrisinya, kami memberikan susu kotak, meskipun sesekali masih diberi susu hangat untuk pertumbuhan.

Alhamdulillah sih, hingga saat ini, si adik belum bosan minum susu kotak, karena saya juga memberikannya bermacam jenis dan rasa dari susu kotak.


Demikianlah tips bagaimana cara saya agar si kecil suka minum susu, karena susu memang penuh nutrisi yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

Sidoarjo, 28 Oktober 2021


Sumber: 
  • Pengalaman pribadi
  • https://www.sarihusada.co.id/
  • https://www.klikdokter.com/
Gambar: Canva edit by Rey

3 comments for "Tips Agar si Kecil Suka Minum Susu"

  1. My interpreter couldnt translate this post. But i am sure that tips you shared here are very useful to our healths. Happy day. Greetings.

    ReplyDelete
  2. Di antara adek2ku, cuma aku yg ga suka susu blaaaasss 🤣. Apalagi yg putih, waduuuh Rey, baru kecium baunya aja, udah muntah duluan aku 🤣🤣🤣.

    Makanya dibanding adek2ku, cuma aku yg pendek. Mereka tinggi2 :D. Pada doyan susu pas kecil. Mama tuh selalu nyediain susu tiap pagi. Tapi aku diem2 selalu buang ke pot bunga 😂. Atau wastafel.

    Pernah tuh yaaa, si papa ntah dapat masukan darimana, eh dia malah langganan susu sapi murni, yg tiap sore di antar ke rumah. Putih, trus kalo udah lama, biasanya ada lapisan lemak di bagian atas. Beuuughhhh, aku sukses muntah2 pas minum 🤣🤣🤣. Sementara adekku, suka bangettttt. Trutama lemak tipisnya itu. Akhirnya Krn memang aku ga bisa minum susu samasekali, papa ganti sih susunya. Jadi ditambahin coklat. So udh bukan susu putih lagi. Walopun yg ini aku lebih bisa trima, tapi tetep aja kalo ga ketahuan, aku buang juga 😁. Pokoknya itu tanaman mama jadi subur gara2 aku rajin buangin susu ke pot 😅.

    Kalo anakku, syukurnya ada suka susu semua. Kecuali si Adek cuma mau susu coklat. Susu putih byeee aja, sama banget kayak emaknyaaa hahahaha

    ReplyDelete