Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Cara Menggunakan Microlax Pada Si Kecil

Konten [Tampil]
cara pakai microlax untuk si kecil

Parenting By Rey - Akhir-akhir ini saya sering banget mengalami konstipasi karena kurang serat dalam makanan saya, lalu seorang sahabat menyarankan pakai microlax.

Dan semua itu mengingatkan saya ketika dulunya, punya pengalaman cara menggunakan microlax pada si kecil, yang berusia 4 tahun.

Waktu itu, si Kakak masih berusia 4 tahun, dan saya harus kembali bekerja di kantor, karena butuh duit.
Si Kakak terpaksa saya titipkan ke sebuah daycare selama seharian penuh.

Sejak pagi dia masuk sekolah, pulangnya langsung ke daycare-nya, yang untungnya sih terletak persis di depan sekolahnya tersebut.

Menitipkan anak pada orang lain memang tidak selalu bisa kita harapkan bakal bisa atau mau mengurus anak kita seperti yang kita lakukan.
Demikianlah, setelah sekian waktu tinggal di daycare tersebut, berbagai hal yang si Kakak alami.

Mulai dari rambutnya penuh kutu, mana kebetulan waktu itu rambut si kakak memang panjang sih ya.
Sampai akhirnya juga bermasalah dengan kesehatan tubuhnya, baik yang sampai di opname di rumah sakit, maupun yang sedikit ringan, macam konstipasi.

Ya gimana nggak konstipasi sih ya, si Kakak memang dulunya picky eater, dan tentu saja yang di daycare mungkin udah bingung menyuruh si Kakak makan sayuran atau makanan berserat tinggi, jadinya ya dibiarkan, dan begitulah.. suatu ketika si kakak mengeluh sakit perut, dan ketika udah lama jongkok di kloset, kok ya nggak bisa pup juga.


Drama Konstipasi Pada Si Kecil Berujung Pakai Microlax


Awalnya sih si Kakak tahan aja ketika dia nggak bisa pup, dan saat udah lama di kamar mandi nggak bisa pup juga, si kakak akhirnya nggak mau lagi berlama-lama di kamar mandi dan memilih minta digosokin minyak kayu putih ke perutnya.

cara menggunakan microlax untuk si kecil

Meski tetap merasa nggak nyaman, dan akhirnya rewel, si Kakak tetap nggak mau coba ke kamar mandi lagi untuk BAB.

Hal itu terjadi hingga hari ke-3, dan di hari ke-4 saya udah mulai panik, karena pas nanya yang jaga di daycare, si Kakak juga nggak pup udah beberapa hari di sana.

Mulailah saya berkelana mencari buah.
Coba kasih pepaya, si Kakak nggak mau.
Dicoba kasih pisang, tetep aja si Kakak cuman makan sesuap dua suap.

Duh si Kakak memang dulunya picky eater parah. sama kayak maminya banget, dulunya tapinya, hahaha.
Dipaksa makan sayur bayam dan kuahnya, dia mau sih, meski ya nggak banyak yang mau dimakan, itupun dimakan dengan terpaksa, karena maminya udah melotot, hahaha.

Sayangnya dulu, saya memang masih kurang informasi tentang masalah sembelit pada anak, yang sebenarnya bisa diatasi dulu dengan penggunaan probiotik, seperti Interlac yang sering saya berikan pada si Adik.

Tapi ya karena ketidak tahuan saya, yang ada di pikiran saya ya cuman ngasih buah dan sayur doang, yang ternyata udah nggak terlalu ngaruh, kalau kita ngasih sayur dan buah, jika udah konstipasi.

Si kakak tetap nggak bisa juga ke belakang.
Sampai akhirnya saya udah nggak tahan lagi liat dia nangis di kamar mandi, udah deh saya chat papinya, minta dibeliin Microlax


Cara Menggunakan Microlax Pada Si Kecil 


Saya yang kurang banget pengetahuan tentang obat anak, apalagi si papi.
Jadinya saya cuman minta si papi nanya ke apotik, apa ada obat pencahar yang aman buat anak, dan kalau bisa sih lewat dubur, agak parno kan kalau lewat mulut, ditelan masuk ke dalam tubuhnya, sementara si Kakak masih kecil?

Dan ternyata menurut si Papi, cuman ada microlax aja di apotik.
Dan karena macamnya cuman satu doang, ya udah si papi cuman beli yang microlax biasanya aja.

Sesampainya di rumah, drama lagi deh makaikan ke si Kakak microlax tersebut.
Jangankan mau dipakaikan ke duburnya, bahkan diajak ke kamar mandi aja si Kakak ogah, dia trauma karena nggak bisa buang air besar, dan perut serta duburnya sakit.

Alhasil, dengan semua rayuan, sampai pelototan mata (astagaaa, si mami mah, jurus andalannya ya pelototan mata, hahaha), akhirnya si kakak mau juga dikasih microlax.

Dan adapun cara menggunakan microlax pada anak adalah:
  • Buka tutup kemasan Microlax, lalu pencet perlahan hingga gelnya keluar sedikit, dan balurkan ke ujung microlax tersebut.
  • Setelahnya si kakak saya minta tiduran kayak bayi, jadi seolah-olah saya membersihkan pantat bayi, hahaha, astagaaa untung saat itu si kakak masih berusia 4 tahun.
  • Setelah mengingatkan si kakak, kalau maminya bakalan masukin ujung microlax ke duburnya, dan mami ingatkan juga kalau agak sakit tapi ini bakal membantu bisa BAB kembali, lalu perlahan ujung microlax tersebut saya masukan ke dubur si kakak. Sakit? ya iyalah, si kakak nangis jejeritan, selain sakit dia juga memang lebay sangat terhadap rasa sakit, persis maminya hahahaha.
  • Namun, meski si kakak nangis, tapi ternyata memang ujung Microlax itu masih aman kok untuk dubur anak usia 4 tahun, jadi nggak ada luka sedikitpun, asalkan pastikan udah dibalurin sebagian gel-nya.
  • Setelah ujung microlax masuk, dan nggak terlalu dalam sih, saya juga udah parno sendiri, hahaha, kemudian saya pencet setengah dari isi microlax. Mengapa setengah aja? ya begitulah, karena saya mamak parnoan, hahaha.
  • Tahan beberapa saat, sampai si kecil merasa ingin BAB, Alhamdulillah si kakak dulu sih nggak sampai 5 menitan, dia udah minta ke toilet, entah dia nggak suka ujung microlax nempel di duburnya, atau memang udah beneran kebelet, nyatanya kotoran memang akhirnya keluar, tapi ya tetap keras dan pantat si kakak sampai lecet dikit.

Kalau baca-baca cara pemakaiannya memang kudu nunggu sejenak, sampai tinja benar-benar melunak, tapi kalau anak kecil memang ribet sih, udah jejeritan duluan.
Jadinya langsung diajak ke kamar mandi, dan dipeluk biar bisa nahan pup yang sakit.

Begitulah, betapa pentingnya serat pada anak-anak, dan bayi juga.
Karena anak-anak tuh beda sama orang dewasa, yang mana kalau konstipasi, beli microlax, langsung dipakai tanpa drama.


Tentang Microlax


Microlax adalah sebuah gel obat pencahar yang diklaim efektif menuntaskan masalah susah buang air besar, baik untuk orang dewasa, lansia maupun anak-anak serta ibu hamil.
 
cara menggunakan microlax pada anak
Source: Tokopedia

Microlax diproduksi oleh PT Pharos Indonesia dan telah lama menemani keluarga Indonesia dalam mengatasi masalah susah buang air besar.

Adapun komposisi dari Microlax adalah, Na Lauryl Sulfoacetate 45 mg, Na Citrate 450 mg, Sorbic Acid 5 mg, Sorbitol 4.465 mg, PEg-400 625 mg.
Dengan dosis pemakaian anak di atas 3 tahun hingga dewasa = 1 tube sekali pemakaian.

Gel pencahar ini memang membantu banget buat atasi masalah sembelit, namun sebijaknya janganlah mengandalkan microlax terus untuk masalah pencernaan.

Selalu memperhatikan asupan makanan, terutama selalu menyeimbangkan antara jenis makanan, baik nutrisi maupun serat yang masuk ke dalam tubuh kita, terlebih anak.
Dengan demikian, pencernaan kita dan anak akan selalu lancar, dan masalah sembelit hingga susah buang air besar akan terhindarkan.

Demikianlah pengalaman dan cara saya menggunakan Microlax pada si kecil yang saat itu berusia 4 tahun, syukurlah seumur-umur baru sekali itu kami menggunakan Microlax, dan semoga kita semua sehat selalu, aamiin.

Sidoarjo, 14 Oktober 2021


Sumber: pengalaman pribadi
Gambar : Canva dan Tokopedia

11 comments for "Pengalaman Cara Menggunakan Microlax Pada Si Kecil "

  1. Yaampun, belum lama ini si Arfan juga alami sembelit mbaa.. sampai nangis2 karena gak keluar2 pup nya. dan sebenernya aku juga punya microlax di rumah tapi bodohnya adalah gak berani masukinnyaa.. sungguh drama sekali.. haha..
    ternyata ada gelnya gitu ya.. jadi yg dimasukin ke duburnya itu si gelnya itu kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iyaaa ngeri aslinya, mana anak pastilah takut. tapi daripada dia kesakitan ga bisa pup :D
      Jadi gelnya itu diolesin dulu ke ujung aplikatornya biar mudah masuknya, saya juga ga masukin dalam sih, yang penting cairan gelnya bisa menyentuk feses yang keras itu :D

      Delete
  2. Wah jadi ingat masa-masa anak-anak kecil kalau lagi sembelit emang kasihan banget, dulu aku blm tahu tentang microlax jadi perbanyak buah seperti pepaya dan pisang deh :D

    ReplyDelete
  3. Aku baru tahu mba kalau ini bisa juga digunakan untuk anak-anak. Semoga nggak sembelit lagi ya. Kasian juga anak kalau sembelit ya mba dan anak nangis :)

    ReplyDelete
  4. Orang tua ikut prihatin kalau anak ngga bisa BAB, ya. Dan bener, emang bikin parno. Btw, aku baru tahu kalau microlax bisa buat anak2 dan bumil.

    ReplyDelete
  5. thanks for sharing it mba.. I haven't really tried this products before but I guess it will be very beneficial

    ReplyDelete
  6. Wah, iya drama banget kalau anak sudah susah p*p tuh..
    Rasanya kasihan, tapi bisa bantu apa?
    Dengan mengenal cara penggunaan microlax, semoga anak-anak bisa kembali beraktivitas ceria.

    Karena anak ceria berasal dari perut yang sehat.

    ReplyDelete
  7. Kalau anakku syukurnya belom pernah pake. Tapi klo aq, udh pernah pake microlax. Haha awalnya sih agak awkward ya proses nusuknya. Cmn berhasil dan gak sembelit lagi

    ReplyDelete
  8. Microlax membantu banget lho. Anakku kan lahir dengan case khusus di mana dubur-nya hasil bikinan medis. Jadi untuk membantu anak bisa pup lancar, disarankan pake Microlax, sambil melatih dubur buatan bisa berfungsi normal. Sekarang udah gede anaknya, dan udah normal, cuma sesekali, dia akhirnya pake microlax juga tetap (cuma sekarang pake sendiri, udah malu dia kalo mamanya yang urusin... hahaha)

    ReplyDelete
  9. Orang dewasa kalo sembelit aja udah panik dan nggak nyaman beraktivitas. Gimana kalo anak kecil ya? Kasian hehe.

    Aku sendiri belum pernah coba microlax. Tp saudaraku ada yg suka beli obat luar ini karena menurut dia cukup ampuh sih mengatasi sembelit atau konstipasi

    ReplyDelete
  10. Astagaa... jadi teringat jaman anak2ku kecil dulu Rey. Hanya diriku yang sanggup melakukan tugas ini. Si ayah selalu ga tega hehee... sebenarnya enggak sakit sih karena ujung microlaxnya kan diolesin gel dari dia sendiri. Hanya saja mungkin si bocah tegang ya jadi kayak berasa sakit. Insya Allah aman sih, sudah diperhitungkan oleh produsennya kan dan lolos ijin kesehatan. Anak kecil memang sering mengalami konstipasi gini deh.

    ReplyDelete