Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Anak Khitan dengan Metode Super Ring

Konten [Tampil]
Khitan dengan Metode Super Ring

Parenting By Rey - Hari ini, sudah 18 hari paska si Kakak khitan dengan metode super ring, Alhamdulillah ring yang menempel di penis sudah lepas, tepatnya hari ke-9 paska dikhitan.
Agak lama juga sih ya, tapi normal juga sih kata perawat yang menangani khitan di Mitra Sunatan.

Iya, seperti yang telah saya ceritakan di postingan sebelumnya, bahwa si Kakak Alhamdulillah udah khitan, meski diwarnai beberapa drama, karena bertepatan dengan di berlakukan PPKM di Surabaya.

Lalu, setelah beberapa hari selepas si kakak khitan, eh sayanya sakit dong, dan mengkarantina diri di kamar, sehingga nggak bisa terlalu fokus mengurus perawatan paska si kakak khitan, Alhamdulillahnya sih si kakak udah lebih mengerti dan peduli dengan dirinya.

Jadi dia sendiri yang merawat luka bekas khitannya, dan Alhamdulillah nggak terlalu banyak drama paska khitan.


Apa itu Khitan Metode Super Ring?


Khitan adalah sebuah proses pelepasan kulup atau kulit yang menyelubungi ujung penis.
Dan khitan sangat bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya:
  • Mencegah resiko kanker.
  • Mencegah penyakit infeksi dan peradangan.
  • Mudah dibersihkan, ini penting banget khususnya buat para muslim.
  • Serta dapat mencegah penyakit kelamin menular.
Khitan atau sunat adalah wajib, khususnya buat lelaki muslim, dengan alasan kesehatan juga.
Karenanya, mau nggak mau, semua lelaki muslim harus menjalani khitan.
Bahkan, di zaman sekarang, banyak lelaki non muslim pun berkhitan, karena alasan kesehatan.

Saya sebagai orang tua beruntung, karena si kakak sekolah di sekolah dengan basic Islam, jadinya tanpa saya suruh pun, si kakak sendiri yang malah minta mau khitan sejak lama.

Ya karena banyak teman di sekolahnya yang udah khitan bahkan sejak dini, dan juga di sekolah dijelaskan mengenai khitan juga.

Sudah lama juga berencana mau khitan si kakak, tapi jujur sayanya nggak tega jika si kakak kesakitan, dasar ya mamak-mamak error, hahaha.

Makanya, setelah cari info tentang berbagai metode khitan, dan takjublah dengan ketika mengetahui, kalau khitan zaman now itu udah banyak banget metodenya.

Beberapa metode khitan di zaman sekarang, yaitu:
  • Metode sirkumsisi atau konvensional, yaitu metode zaman dulu yang memotong kulup penis langsung dengan pisau bedah.
  • Metode laser, yaitu metode khitan dengan cara memotong kulup dengan pemanas elektrik/laser.
  • Metode klem / ring, yaitu metode khitan dengan cara memasang alat klem pada luka penis hingga mengering.
  • Metode stapler, yaitu metode terbaru dengan menggunakan alat disposible circumcission anastomat, yang menggabungkan alat untuk memotong dan menjahit sekaligus.

Nah, karena metode stapler itu lumayan mihil buat kami, maka terpilihlah pakai metode super ring atau klem atau cincin.

Metode khitan super ring adalah, sebuah metode khitan dengan cara memotong kulup penis, lalu memasangkan ring atau cincin sunat yang super ringan, dengan berat sekitar 0,5 gram, dan ring tersebut akan lepas dengan sendirinya di hari ke-8 hingga 12 paska khitan.

Metode ini memiliki keunggulan seperti:
  • Tidak menggunakan jahitan sama sekali, dan hasil presisi dan simetris.
  • Anak bisa langsung beraktifitas setelah khitan, bahkan bisa berenang.
  • Memakai alat sekali pakai (disposible)
Selain itu, metode super ring yang si kakak gunakan ini, menggunakan metode khitan bius tanpa jarum suntik, yaitu teknologi free needle injector, yang mana mengantarkan cairan obat anestesi dengan menggunakan mekanisme semprot / spray yang dibantu dengan tenaga pegas bertekanan.

Tekanan tersebutlah yang menghasilkan pancaran cairan sehingga obat dapat berpenetrasi ke dalam kulit melalui pori-pori.

Lalu benarkan dengan alat tersebut, sama sekali nggak sakit?
Sakit juga dong kata si kakak, hahaha.
Waktu ditembakan ke penis sebanyak 4 kali, si kakak awalnya kaget, namun syukurlah sakitnya nggak terlalu terasa, kata si kakak.

Lalu, bagaimana proses khitan dengan metode super ring ini?
Sayangnya saya kemaren sama sekali nggak berani liat, cemen saya mah, hahaha.
Yang jelas, menurut cerita si kakak, awalnya si perawat memeriksa keadaan penis anak, lalu dibersihkan terlebih dahulu, karena si kakak nggak pernah bersih saat mandi dengan membersihkan penisnya.

Setelah itu, baru deh ditembakan anestesi tanpa injeksi tersebut, dan mulai memotong kulup (nggak tahu caranya gimana, soalnya nggak liat, hahaha).

Pokoknya, prosesnya nggak lama, hanya sekitar belasan menit kayaknya, dan setelah itu si kakak bahkan bisa memakai celana dalam biasa lalu memakai celana panjang.

Si papi bahkan takjub, mengingat dulu waktu kecil, setelah khitan dia rempong kesakitan dan nggak bisa pakai celana dalam, cuman pakai sarung doang.


Perawatan Paska Khitan Metode Super Ring


Sunat dengan metode super ring memang beneran asyik sih, setidaknya sebagai orang tua, saya nggak perlu repot menghadapi rewelan anak yang kesakitan paska khitan atau sunat.
Si kakak beneran nggak pake rewel sama sekali dong.

Sepulang dari khitan, dia langsung tertidur karena mengkonsumsi obat yang menyebabkan kantuk parah, dia bahkan nggak pakai celana dalam sunat khusus yang didapatkan dalam paket khitannya.
Nantilah setelah lepas mandi sore, dia coba pakai celana tersebut, namun nggak lama segera diganti, katanya nggak nyaman sama sekali.

Untung aja ambil paket yang dapat celana sunat cuman 1, ternyata nggak kepake juga.

Hari pertama dan kedua, si kakak masih dibantuin papinya dalam merawat luka paska khitan, jadi, setiap mandi, si kakak berendam air hangat yang dikasih cairan Dettol agar lukanya bisa dibersihin.

Berbeda dengan metode konvensional yang biasanya luka nggak boleh kena air, untuk metode super ring ini malah sangat dianjurkan selalu mandi dan merendam penisnya di air yang berisikan cairan bersih dan bebas kuman.

Dan karena sering dibersihkan, rajin diolesin salep, rutin minum obat, jadinya si kakak bisa melewati hari-hari paska khitan dengan biasa aja, nggak ada keluhan nyeri banget, hanya terasa nggak nyaman aja karena ada ring yang bergantung di penisnya.

Oh ya, selain rutin berendam dan membersihkan lukanya setelahnya dikeringkan.
Si kakak juga telaten banget membersihkan dan mengeringkan lalu diolesin salep lagi setiap kali lepas pipis.

Dan di hari ke-7 paska khitan, si kakak mengeluh karena bekas lukanya keluar darah, tapi menurutnya itu wajar, karena si kakak sudah membaca buku petunjuk perawatan paska khitan.
Sungguh membanggakan anak mami itu, maminya aja belum baca buku itu sama sekali, hahaha.

Dan begitulah, setelah hari ke-9, dia mengetok pintu kamar maminya yang sedang mengisolasi diri karena mengalami anosmia, dan dengan bahagia dia memberitahukan bahwa ring yang melekat di penisnya udah lepas.

Alhamdulillah.

Senang rasanya, dan Minggu sore kemaren, saya sempat melihat kondisi penisnya, Alhamdulillah udah mengering, meski masih sedikit kemerahan.
Dan memang, hasil akhirnya lebih rapi.


Kelebihan dan Kekurangan Khitan Metode Super Ring


Berdasarkan pengalaman kami yang khitan anak dengan metode super ring, menurut saya kelebihan dari khitan metode super ring adalah:
  • Minim drama anak rewel dan ketakutan, karena tanpa jarum suntik, palingan anak akan kaget sejenak ketika ditembakan cairan anestesi.
  • Minim nyeri paska khitan, dengan catatan wajib dirawat dengan telaten.
  • Anak bisa segera beraktifitas kembali, bahkan bisa berenang karena boleh banget bahkan disarankan kena air.
  • Tidak perlu pakai celana khusus khitan, karena lukanya telah terlindungi ring.
  • Nggak perlu lagi bolak balik konsultasi termasuk balik lepas jahitan atau ring, karena bisa lepas sendiri.
  • Hasil akhir lebih rapi, nggak tahu sih ya yang metode lain emang hasilnya gimana, hahaha.

Namun, ada pula kekurangan metode khitan super ring pada anak, yaitu:
  • Lumayan pricey, harga sekitar kurang lebih 1 juta rupiah, tergantung tempat khitan.
  • Anak akan merasa nggak nyaman dalam waktu hampir 10 hari, karena ada ring yang melekat pada penis anak.


Kesimpulan Khitan Metode Super Ring


Jadi demikianlah, untuk pengalaman si kakak khitan dengan  metode super ring, dan melihat dari kelebihan serta kekurangannya, maka bisa disimpulkan, bahwa khitan dengan metode ini sangat direkomendasikan.

Anak Khitan dengan Metode Super Ring

Terutama bagi para orang tua yang punya anak takut jarum suntik.
Metode ini pas banget, karena nggak pakai suntik-suntikan, dan pengerjaannya pun amat sangat cepat.

Perawatan setelah khitan pun lebih mudah, yang penting dijaga agar selalu dibersihkan dan kering dipakaikan salep, insha Allah cuman butuh waktu maksimal 10-12 hari bahkan kurang, ring yang menempel di penis akan lepas dengan sendirinya.

Jadi, nggak perlu bolak balik ke dokter atau perawat untuk konsultasi paska khitan, dan lebih praktis, serta cocok di masa pandemi ini.

So, bagi Parents yang ingin mengkhitan anak, bisa dicoba nih metode ini, harganya sekitar 1 juta rupiah, kalau ikutan event khitan bareng, berkisar minimal 1,3 juta di mana itu udah termasuk obat, celana sunat, sertifikat dan bebas konsultasi lewat WA.

Demikian, semoga bermanfaat ya, Parents.

Sidoarjo, 29 Juli 2021


Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: dokumen pribadi dan canva edit by Rey

2 comments for "Pengalaman Anak Khitan dengan Metode Super Ring"

  1. Wah, baru tahu kalau ada 4 metode khitanan. Jadi ingat zaman dulu sunat yang dikerjakan oleh dukun kampung. He he .. Selamat pagi, ananda Rey.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bu Nur, zaman sekarang makin canggih aja ya :D

      Delete