Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PrimaKu, Aplikasi Digital untuk Monitor Tumbuh Kembang Anak

Konten [Tampil]
PrimaKu, Aplikasi Digital untuk Monitor Tumbuh Kembang Anak

Parenting By Rey - PrimaKu adalah sebuah aplikasi digital yang sangat membantu parents dalam memonitor tumbuh kembang anak.

Karena yang namanya tumbuh kembang si kecil tuh, penting banget ya untuk diperhatikan oleh semua parents, karena dalam masa tersebut merupakan masa-masa penentu si kecil di masa depannya nanti.

Karenanya, ketika saya menemukan aplikasi digital yang bagus dan lengkap banget dalam memonitor tumbuh kembang anak, rasanya senang banget karena jadi terbantukan dalam memantau tumbuh kembang si Kecil.

Aplikasi PrimaKu memang benar-benar membantu parents banget dalam memonitor tumbuh kembang anak secara lebih mudah.

Fitur-fiturnya membantu parents untuk lebih mudah mengingat dan memenuhi semua kebutuhan tumbuh kembang anak, mulai dari jadwal imunisasi, hingga masa petumbuhannya.


Pengalaman Ribetnya Memonitor Masa Tumbuh Kembang Anak


Sejujurnya, saya baru mengenal aplikasi PrimaKu ini, dan memang sih dulu ketika si Kakak lahir 11 tahun lalu, bukan hanya aplikasi PrimaKu yang belum ada, informasi tentang pertumbuhan anak dan kelengkapannya juga masih sangat minim.

Alhasil, saya bukan hanya lupa jadwal imunisasi si Kakak, tapi juga nggak tahu jenis imunisasinya tuh apa saja, dan harus dilakukan di usia berapa saja.

Saya cuman dipesanin dokter anak di RS tempat melahirkan untuk segera imunisasi di usia sekian, dan datanglah saya ke Puskesmas terdekat untuk imunisasi.
Ditanya dong sama Bidan mau imunisasi apa?

Ya saya balik nanya, untuk anak usia segini, imunisasi apa yang harus diberikan?
Hahaha.
Kena omel deh saya.
Andai saja dulu udah ada aplikasi PrimaKu.


Pentingnya Memonitor Tumbuh Kembang Anak


Masa tumbuh kembang anak adalah masa yang sangat penting dalam kehidupannya, karena amat menentukan masa depannya.

Berdasarkan data Profil Kesehatan Ibu dan Anak pada tahun 2020, tercatat tingkat prevalensi stunting pada anak balita Indonesia di tahun 2019 sebesar 27,67 persen. 

Karena hal tersebutlah, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, pemerintah Indonesia telah menargetkan prevalensi stunting anak balita tahun 2024 sebesar 14,00 persen saja. 

Berdasarkan data yang sama juga, tercatat persentase anak umur 12-23 bulan, yang menerima imunisasi dasar lengkap pada tahun 2020 baru mencapai 57,17 persen.

Angka ini tentu sangat rendah ya, yang bisa jadi karena banyak hal.
Salah satunya, kurangnya pengetahuan para parents tentang pentingnya imunisasi, dan jenis imunisasi apa saja yang harus diberikan kepada anak, sejak lahir.

Melihat permasalahan tersebutlah, PrimaKu yang didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia, hadir dan terus mengoptimalkan fitur-fitur di aplikasi guna membantu orang tua memantau tumbuh kembang anak dengan mudah dapat orang tua akses melalui smartphone. 


PrimaKu, Aplikasi Digital untuk Monitor Tumbuh Kembang Anak


PrimaKu adalah sebuah aplikasi digital yang didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), demi menciptakan anak sehat di Indonesia. 

Aplikasi ini telah ada sejak Juli 2018 yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional. 
Kehadirannya aplikasi PrimaKu ini, sangat membantu serta mempermudah orang tua di Indonesia dalam memonitor tumbuh kembang anaknya sejak lahir secara berkala dan berkelanjutan.

Hingga kini, PT Cipta Medika Informasi (PrimaKu) terus mengoptimalkan fitur-fitur unggulannya, yang hadir di dalam aplikasi teknologi monitoring kesehatan anak terdepan serta terlengkap di Indonesia. 

Nggak heran ya, sekarang tuh aplikasi PrimaKu hadir dengan fitur-fitur unggulan, dan menjadi solusi utama bagi para parents di Indonesia dalam memantau tumbuh kembang dan kesehatan anaknya, agar menjadi generasi yang sehat, kuat, dan cerdas.  

Dalam webinar yang diselenggarakan oleh PrimaKu, Kamis, 16 Desember 2021 kemarin, CFA dan Chief Executive Officer (CEO) PrimaKu, Muhammad Aditriya Indraputra, memastikan bahwa PrimaKu akan terus mengembangkan berbagai layanan untuk semakin memudahkan para orang tua dalam memantau tumbuh kembang dan kesehatan anak. 

Dan diharapkan nantinya, PrimaKu selalu memberikan kemudahan dan kesempatan yang sama kepada setiap orang tua di seluruh Indonesia,  agar dapat memonitor tumbuh kembang serta kesehatan anak secara berkala. 

Monitor Tumbuh Kembang Anak Bersama PrimaKu

Dalam acara Webinar bertemakan Monitor Tumbuh Kembang Anak Bersama PrimaKu lalu, yang bertujuan untuk memberikan informasi yang komprehensif kepada orang tua baru dalam memantau perkembangan anak membahas secara menyeluruh tentang pentingnya memantau tumbuh kembang anak secara daring, hadir pula narasumber yaitu dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes

dr. Miza juga menjelaskan pentingnya kemudahan layanan dalam memantau sekaligus memperoleh informasi yang komprehensif demi menjaga tumbuh kembang anak sejak lahir bagi orang tua, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. 

Pada periode ini, orang tua memerlukan perhatian yang ekstra agar Kesehatan pertumbuhan anak tetap terjaga. Dengan terpenuhinya kedua aspek tersebut, mereka akan lebih aktif dalam memonitor dan menjaga pertumbuhan buah hati sehingga terhindar dari masalah kesehatan.  

dr. Miza juga mengatakan bahwa aplikasi PrimaKu telah memudahkan para orang tua dalam memantau tumbuh kembang anak. 

Dengan selalu memperhatikan dan mencatat rekam medis anak, melaksanakan imunisasi secara berkala berdasarkan panduan dari aplikasi PrimaKu, serta melakukan konsultasi apabila dibutuhkan, dr. Miza yakin anak-anak akan terhindar dari masalah kesehatan. 

Selain itu, juga harus didukung asupan bergizi, seperti ASI eksklusif pada 6 bulan awal dan bisa dilanjutkan hingga anak berusia 2 tahun, serta memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) dengan komposisi nutrisi yang seimbang, dan aktivitas fisik yang sesuai dengan usianya. 


Cara Monitor Tumbuh Kembang Anak Melalui Aplikasi PrimaKu


Nah parents, udah tahu kan bagaimana penting dan perlunya kita sebagai parents menggunakan aplikasi PrimaKu untuk monitor tumbuh kembang anak.

Aplikasi PrimaKu

Aplikasi PrimaKu ini, bisa parents download di playstore ya.
Setelah download, parents bisa segera login lalu memasukan data anak secara lengkap.
Nantinya, secara otomatis aplikasi PrimaKu akan memberikan laporan tentang tumbuh kembang anak, lengkap beserta jadwal imunisasi dan sebagainya.

Untuk itu, parents bisa memanfaatkan berbagai fitur unggulan di aplikasi PrimaKu, seperti:
  • Konsultasi, pada fitur ini, kita bisa konsultasi langsung secara online dengan banyak dokter anak yang siap melayani kita.
  • Imunisasi, di fitur ini kita bisa melihat jadwal imunisasi anak kita, dan juga bisa mencatat tanggalnya agar tidak lupa.
  • Rekam medis, fitur ini menampilkan rekam medis dari anak.
  • Komunitas, di fitur ini kita bisa berdiskusi atau sharing dengan banyak Moms lainnya.
  • Pertumbuhan, nah ini yang paling menarik buat saya, karena di fitur ini kita bisa melihat grafik pertumbuhan anak dengan detail. Baik dari perkembangan berat badan si kecil, tinggi maupun lingkar kepalanya.
Ke semua fitur tersebut, dirangkum dalam fitur 'buku anak' di mana dalam buku anak kita bisa melihat dengan jelas pertumbuhan dan perkembangan anak.

Oh ya, bukan hanya itu saja, terdapat pula fitur yang berisi banyak artikel tentang kesehatan dan tumbuh kembang anak.
Jadi, pengetahuan kita, akan selalu terupdate dari aplikasi PrimaKu saja.


Kesimpulan dari PrimaKu


Menurut saya, sangat beruntung ya para parents zaman sekarang yang semakin terbantukan dengan hadirnya aplikasi monitor tumbuh kembang anak dengan PrimaKu ini.

PrimaKu, Aplikasi Digital untuk Monitor Tumbuh Kembang Anak

Karena saya pernah merasakan betapa ribetnya mencari informasi dan mencatat manual perkembangan anak kita.

Di aplikasi ini, kita tidak perlu capek-capek menulis data anak lalu mencari tahu apakah perkembangan anak itu sudah normal atau kurang atau bahkan kelebihan?

Cukup masukan data anak, dan aplikasi PrimaKu akan memberikan semua informasi detail tentang tumbuh kembang anak, jadinya akan lebih cepat terdeteksi jika terjadi sesuatu yang kurang atau lebih dalam tumbuh kembangnya, bisa dengan melihat kurva yang ada di fitur pertumbuhan anak.

Jadi, aplikasi PrimaKu sangat direkomendasikan untuk dimiliki oleh semua parents, karena memonitor tumbuh kembang anak itu penting adanya.

14 comments for "PrimaKu, Aplikasi Digital untuk Monitor Tumbuh Kembang Anak"

  1. kalau aku pribadi, aku juga mencatat rekam imunisasi kafa di aplikasi primaku karena ini aplikasi dari pemerintah jadi patut kita apresiasi meskipun harus banyak fitur yang perlu dikembangkan

    ReplyDelete
  2. aku udah instal PRIMAKU habis anak ketiga lahir nih, alhamdulillah sangat membantu buat yang nggak bisa mobile dengan leluasa kaya aku. Setidaknya, kita bisa aware lebih awal dan tumbuh kembang anak tetap terkontrol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lewat aplikasi tuh memudahkan banget ketimbang nyatat manual :D

      Delete
  3. aku udah pake, dan beneran udah keluar hasil grafik pertumbuhan anakku, jadi harus tau nih anak mana yang BBnya udah OK, dan yang mana yang harus ditingkatin

    ReplyDelete
  4. Wah keren banget nih mba aplikasi PrimaKu jadi bisa memantau kesehatan dan tumbuh kembang anak ya, dari mulai jadwal imunisasi dan lainnya. Otewe bisikkin kakak ipar biar nyobain aplikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener tuh biar kakak iparnya bisa lebih mudah memantau tumbuh kembang anak :)

      Delete
  5. aplikasi primaku emang banyak membantu banget untuk para ibu, praktis banget karena bisa memantau tumbuh kembang anak hanya lewat aplikasi hp

    ReplyDelete
  6. Saya juga pake PrimaKu untuk pantau tumbuh kembang anak. Aplikasinya sangat bermanfaat banget nih buat para ortu karena fitur2nya juga sangat membantu ya Mbak. Apalagi udah didukung juga dengan IDAI dan KemenKes jadi pastinya aplikasi ini sangat terpercaya dan recommended lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget dah ibu zaman sekarang ya, dimudahkan banget :)

      Delete
  7. Semua ada aplikasinya ya, ananda Rey. Beruntung kalian yang jadi ibu zaman sekarang. Terima kasih informasi nya.

    ReplyDelete