Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Karakter Penting yang harus Anak Miliki Selain Takwa

Konten [Tampil]
takwa is everything dan karakter wajib buat anak

Parenting By Rey - Minggu lalu saya membahas tentang harapan orang tua kepada anak-anaknya, yang selalu setinggi langit, untuk itu dibutuhkan ilmu langit dalam mengasuh anak-anak.

Dan implementasi dari ilmu langit tersebut, berharap agar anak selalu bertakwa kepada Tuhannya. Karena tanpa takwa, segala yang dimiliki oleh anak adalah sebuah kesia-siaan belaka.

Pengetahuan dan ketakwaan, sejatinya berjalan dengan seiringan.
Karena anak yang pandai sekalipun, sukses karena pengetahuannya pun, jika tak ada takwa, maka sia-sia belaka, hidupnya tak akan pernah bermanfaat dengan baik.

Kita sebagai parents, tentunya sangat berharap kan ye, kalau anak-anak kita tumbuh jadi anak yang bertakwa, selalu berada di jalan Allah, dan menjadi seseorang yang bermanfaat bagi orang lain.
Misal, jadi pemimpin yang bertakwa, jadi dokter yang bertakwa, jadi abdi negara yang bertakwa.
Masha Allah, idaman banget ya.  

Ciri-ciri anak bertakwa itu, tentu saja selalu mengutamakan kebutuhannya akan Allah, dan tentu saja sepaket dengan berbakti kepada orang tuanya.
Seperti yang saya liat beberapa waktu lalu, ada seorang abdi negara yang viral karena memperlakukan ibunya dengan luar biasa, masha Allah. 

Karenanya, takwa itu penting, dan menjadi salah satu tagline di sekolah-sekolah ber-basic agama Islam, salah satunya di sekolah si Kakak.

Bukan hanya diajarkan kepada anak-anak, tapi hal tersebut juga dibagikan kepada orang tua atau wali murid, dalam setiap kegiatan Parenting bulanan.
Bulan lalu, saya mengikutinya, dan ingin berbagi apa yang saya dapatkan dalam Parenting Zoom yang diselenggarakan sekolah si Kakak tersebut.

Selain bertakwa, ada 5 hal yang selalu diajarkan kepada anak-anak, agar lebih bermanfaat di kemudian harinya, yaitu:


Agar Anak Punya Karakter Visionary/Dicipline


Visionary atau visioner adalah merupakan salah satu sikap dan kepribadian yang dapat menjadi acuan untuk seorang pemimpin yang baik. 
Karena pada dasarnya visioner adalah kemampuan seseorang untuk memanfaatkan peluang ke depannya.

karakter wajib untuk anak

Setiap orang tua pasti berharap anaknya menjadi orang yang bermanfaat, salah satunya menjadi pemimpin, dan pemimpin yang baik di sini salah satunya harus punya karakter pemimpin yang visioner atau visionary.

Untuk mendidik anak-anak yang punya karakter tersebut, dibutuhkan pembiasaan agar anak selalu disiplin, dimulai dari disiplin beribadah, yang mana tentu saja orang tua menjadi acuan atau contoh bagi anak-anak.


Agar Anak Punya Karakter Thinker/Creative/Inovative


Thinker adalah karakter seseorang yang selalu pemikir, yang tak hentinya mengeksplorasi pikirannya, sehingga menghasilkan hal-hal kreatif dan innovatif.
Karakter thinker juga sangat dibutuhkan di era sekarang ini, mengingat persaingan semakin ketat.

Untuk mendidik anak-anak agar bisa menajdi seorang yang pemikir dan menghasilkan kreatifitas dan inovasi tanpa batas, namun tetap berbatas pada ketakwaannya pada Tuhannya, adalah penting.

Agar anak bisa membedakan batasan dari kreatifitas yang akan dihasilkannya.
Tentunya, orang tua sangat memegang peranan penting akan hal ini.


Agar Anak Punya Karakter Responsibility/Communicator


Responsibility adalah sebuah sikap atau karakter yang positif karena bertanggung jawab penuh terhadap apa yang harus dihadapinya.

Karakter ini penting sekali, agar tercipta generasi yang lebih baik, lebih bertanggung jawab tentunya dengan ketakwaannya yang tak pernah putus kepada Tuhannya.

Untuk itu, dibutuhkan anak-anak yang bisa selalu berkomunikasi dengan baik, sehingga apapun yang menjadi tanggung jawabnya, bisa dihadapi dan dikomunikasikan dengan baik.


Agar Anak Punya Karakter Though/Pro-Active


Anak-anak yang punya karakter though dan selalu pro active, akan menjadi generasi yang penuh dengan kemajuan di segala bidang.

Tentu saja pro aktif ini disertai dengan beberapa poin sebelumnya yaitu penuh kreatifitas dan inovasi, bertanggung jawab penuh atas apa yang dia lakukan.


Agar Anak Punya Karakter Indenpendent / Patriotic


Anak yang indenpendent atau mandiri serta berjiwa patriotik akan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang lebih maju.
Selalu mencintai bangsanya, dan mengabdikan diri untuk kemajuan bangsanya.

Zaman sekarang, hal ini sangat penting, mengingat banyaknya generasi yang malah mengidolakan negara lain, alih-alih membuat negaranya jadi sebaik bahkan lebih baik dari negara lainnya.

karakter wajib untuk anak miliki

Ke-5 hal tersebut di atas, adalah harapan terbesar orang tua kepada anaknya.
Selain takwa adalah hal yang utama.

Karena semua orang tua pasti menginginkan, anak yang bertakwa kepada Tuhannya, dan menjadi pemimpin.
Anak yang bertakwa kepada Tuhannya, dan menjadi dokter, abdi negara atau apapun profesi yang membantu orang lain.

Karena takwa itu adalah segalanya.
Takwa is everything, dan tentunya punya karakter yang lebih baik yang bisa dijadikan modalnya dalam menghadapi kehidupannya di masa mendatang.

How about you, Parents?


Sidoarjo, 20 Oktober 2021

Reyne Raea untuk #RabuParenting

Sumber: parenting zoom PG Raudlatul Jannah
Gambar: Canva edit by Rey

2 comments for "5 Karakter Penting yang harus Anak Miliki Selain Takwa"

  1. Hmm..karakter penting anak ya? Menurut saya yang penting dan wajib dimiliki anak itu tentu saja yang pertama karakter kerendahan diri di hadapan Allah SWT, atau yang mbak bilang takwa tadi.

    Selain itu mungkin mengadopsi sifat Rasulullah SAW kali ya:
    1. Jujur
    2. Amanah
    3. Menyampaikan
    4. Cerdas

    Tambahannya mungkin karakter kemandirian ya. Soalnya kan kita gak pernah tau masih berapa lama lagi waktu kita membersamai mereka. Sooner mereka bisa mandiri, better.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, takwa is everything :)

      Jujur, amanah, menyampaikan itu kayaknya masuk di responsibility atau tanggung jawab Mas, trus cerdas itu ya semuanya.
      Kemandirian itu indenpendent, bukan hanya soal kemampuannya, tapi juga sikap dan pikirannya ya :)

      Delete