Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hoala dan Koala, Kenali Karakter Animasi Lagu Anak Indonesia

Konten [Tampil]
hoala dan koala animasi 3D musik dan lagu anak indonesia

Parenting By Rey - Hoala dan Koala adalah sebuah karakter dalam animasi lagu anak Indonesia yang hadir untuk menemani anak-anak bergembira dengan lagu-lagu anak yang sesuai usia mereka, serta mudah dipahami anak-anak.

Bermula dari rasa sedih sang pencetusnya, akan kondisi anak-anak Indonesia di masa sekarang, yang mengalami krisis lagu anak Indonesia.

Hampir semua anak, lebih kenal lagu berbahasa asing, yang hanya sedikit bisa dipahami oleh anak-anak kecil. Lebih parahnya lagi, anak-anak sejak kecil familier dengan lagu nge-beat dari media sosial instagram hingga TikTok.

Seperti yang saya tuliskan di postingan saya tentang lagu anak Indonesia, saya rasa Hoala & Koala ini adalah jawaban paling pas dalam menghadapi tantangan di musik dan lagu anak Indonesia masa kini.

Setelah mengenal animasi dan lagu anak Indonesia ini, anak-anak saya jadinya punya favorit baru di YouTube, yaitu nonton Hoala & Koala.

Oh ya, FYI nih, saya membatasi banget anak-anak dalam screen time gadget. 
Namun karena memang anak-anak butuh hiburan, terlebih selama pandemi ini mereka selalu di rumah saja sepanjang waktu, nggak pernah keluar bertemu teman, jadinya saya masih sedikit memberikan mereka kelonggaran untuk memakai gadget, dengan hanya dibatasi dengan waktu dan aplikasi yang mereka boleh akses.

Salah satu akses yang saya perbolehkan adalah YouTube, tentu saja masih dalam batasan menonton hal-hal yang udah saya tonton dan pastikan bahwa itu aman buat mereka, karenanya betapa bahagianya saya ketika mengenal Hoala & Koala, di mana anak-anak terutama si Adik, gembira banget karena dia suka niruin lagu dalam tontotannya.

Dan begitulah, sudah beberapa waktu ini, anak-anak selalu mengakses Youtube dengan menonton Hoala dan Koala setiap harinya, hingga mulai hafal beberapa lagunya.


Sekilas Tentang Hoala dan Koala, Animasi dan Lagu Anak Indonesia


Hoala & Koala adalah karakter dalam bentuk animasi 3D yang akan menjadi teman bermain dan bernyanyi anak-anak di Indonesia saat ini.

Berangkat dari keprihatinan sang pendiri yang melihat zaman sekarang anak-anak jarang lagi mengenal lagu anak Indonesia sesuai usia.

Sehingga sebagai wujud dari kecintaannya terhadap anak-anak Indonesia, diciptakanlah animasi 3D Hoala & Koala yang lucu banget dan pas banget buat teman bernyanyi anak-anak.

Hingga saat ini Hoala & Koala sudah mengeluarkan 5 album dan lebih dari 45 judul lagu anak-anak baru dan easy listening buat usia anak-anak Indonesia.

Dan kesemuanya bisa kita dinikmati melalui YouTube, Spotify hingga iTunes.
Kalau si Kakak dan si Adik sih seringnya mengakses dari YouTube, dan hampir setiap hari mereka mengakses dan menyanyikan lagu-lagu Hoala dan Koala sampai berulang kali.


Mengenal Karakter-Karakter di Animasi 3D Lagu Anak Indonesia Hoala dan Koala


Karakter Hoala & Koala ini ada beragam, dan masing-masing punya kepribadian seperti layaknya anak-anak masa kini, yang memang tumbuh di era digital.

Menurut pendirinya, sengaja karakter Hoala & Koala digambarkan dalam animasi 3D, karena dengan demikian karakternya tak akan pernah lekang oleh waktu, karena nggak mungkin tumbuh dewasa serta berubah suaranya.

Ada 12 karakter animasi 3D Hoala & Koala ini, yaitu:

Hoala

Karakter Hoala pada animasi 3D musik dan lagu anak Indonesia Hoala dan Koala

Hoala adalah karakter utama dalam animasi 3D musik dan lagu anak Indonesia ini.
Dia sendiri digambarkan sebagai  anak perempuan dari keluarga Awandi yang berusia 3 tahun. 

Hoala sangat suka bernyanyi, dan juga minum susu rasa cokelat dan stroberi. 
Walau usianya masih kecil, Hoala adalah anak yang sangat cerdas,  dan dia sudah bisa berbicara lancar dan bernyanyi dengan suaranya yang merdu.

Dan yang paling menggemaskan adalah, wajah cubby yang digambarkan di animasi ini, menarik buat anak-anak.

Koala

Karakter Koala pada animasi 3D musik dan lagu anak Indonesia Hoala dan Koala

Koala adalah sahabat Hoala, yang merupakan hewan ajaib karena bisa berbicara. Dia  berasal dari negeri Mykonos, yaitu sebuah dunia yang berada di dalam buku cerita kesukaan Hoala. 

Dan awal mula Koala bisa berteman dengan Hoala adalah, karena Miss Jeruk yang baik hati dengan mewujudkan keinginan Hoala, yang memimpikan punya teman baik di rumah terutama saat pandemi ini.

Miss Jeruk

Karakter Miss Jeruk pada animasi 3D musik dan lagu anak Indonesia Hoala dan Koala

Miss Jeruk adalah sebuah peri yang baik hati dan berbentuk buah jeruk. Dia  berasal dari negeri dongeng di atas awan. 

Miss Jeruk adalah sosok yang selalu setia mendampingi Hoala, dan mewujudkan begitu banyak keinginan Hoala. Pun juga selalu  mendidiknya agar Hoala tumbuh menjadi anak yang baik budinya.

Amar Awandi

Karakter Amar pada animasi 3D musik dan lagu anak Indonesia Hoala dan Koala

Amar Awandi digambarkan sebagai sosok ayah yang sangat menyayangi putrinya, Hoala. Dia sendiri merupakan seorang pengusaha sukses dari sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang digital.
Jadi mikir ini sebagai pendiri Hoala dan Koala ya, hahaha.

Nara Awandi

Karakter Nara pada animasi 3D musik dan lagu anak Indonesia Hoala dan Koala

Nara Awandi sebagai  ibu yang terbaik dari Hoala, dia berprofesi sebagai ibu rumah tangga dan menemani Hoala setiap harinya di rumah. Ibu Nara senantiasa berusaha menjadi ibu yang baik terutama dalam mendidik Hoala, dan dia juga banyak menyampaikan nasihatnya dalam bentuk lagu.

Rubin

Karakter Rubin pada animasi 3D musik dan lagu anak Indonesia Hoala dan Koala

Rubin adalah seekor rubah yang pemalu.
Dia pertama kalinya diperkenalkan dalam lagu dengan judul "Rubah Ngintip". 

Rubin juga adalah seekor rubah pemalu, yang selalu lebih sering mengintip dari kejauhan saja, dan saking pemalunya, dia selalu berbicara tanpa berani menatap lawan bicaranya.
Lucu ya.

Lincul

Karakter Lincul pada animasi 3D musik dan lagu anak Indonesia Hoala dan Koala

Sedangkan Lincul adalah seekor ular periang yang lucu, dia adalah seekor ular yang dibesarkan oleh sebuah keluarga kelinci. 

Karena itulah dia selalu merasa berbeda dari keluarganya, sang kelinci, dan Lincul memutuskan selalu pakai bando kelinci di kepalanya, dengan demikian dia dapat berbaur dengan keluarga kelinci lainnya. Dan karena itulah, Lincul jadi seekor ular betina yang sangat periang.

Burhan

Karakter Burhan pada animasi 3D musik dan lagu anak Indonesia Hoala dan Koala

Burhat adalah seekor burung hantu pesulap, dan juga seekor burung hantu yang punya mata rabun ketika siang hari. 

Meskipun demikian, dia sangat menyukai semua tentang  sulap. Sayangnya, karena padangannya selalu kabur di siang hari, trik sulapnya selalu saja gagal, hahaha.

Bu Aya

Karakter Bu Aya pada animasi 3D musik dan lagu anak Indonesia Hoala dan Koala

Bu Aya adalah sosok guru taman kanak-kanak, yang mengajar Hoala dan teman-temannya di sekolah. Dia dikenal sebagai guru yang sabar, bijaksana meski sering banget teledor. 

Di balik semua kekurangannya, Bu Aya adalah sosok guru sangat penyabar, dan tentunya ia disayangi oleh semua muridnya.

Serigili

Karakter Serigili pada animasi 3D musik dan lagu anak Indonesia Hoala dan Koala

Serigili adalah sosok seekor serigala jantan yang suka sedih, meski baik hati tapi dia sering ditakuti oleh orang lain, dikarenakan perawakannya yang terlihat menyeramkan. 

Serigili jadi sering sedih akan hal ini, jadinya dia memutuskan untuk pakai bulu domba berwarna merah muda, dengan demikian dia terlihat tidak menyeramkan lagi.

Om Pong

Karakter Om Pong pada animasi 3D musik dan lagu anak Indonesia Hoala dan Koala

Om Pong adalah seekor macan jantan yang sangat pemalu, dia demikian karena punya gigi yang beda dari jenis macan umumnya. Om Pong tidak punya taring, jadinya kehilangan percaya diri, dan karena itu juga dia selalu ditertawakan oleh kawanannya. 

Hal inilah yang bikin Om Pong jadi macan yang pemalu.

Om Bre

Karakter Om Bre pada animasi 3D musik dan lagu anak Indonesia Hoala dan Koala

Om Bre adalah seekor singa jantan modern yang rambutnya diwarnai seperti orang Korea. Hal itu dikarenakan Om Bre memang menyukai K-Pop, dia juga sangat lihai ketika menari, dan disukai oleh banyak orang karena sosoknya ramahnya serta mudah berteman dengan siapa saja.


Nah gimana? lucu-lucu banget ya karakternya, bukan hanya menciptakan musik dan lagu anak Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan luar negeri, namun juga karakternya diberi nama yang sangat Indonesia banget.

Bukan hanya itu, semua pengerjaannya pun dilakukan dengan serius dan matang, melibatkan banyak musisi internasional agar aransemen musiknya lebih asyik, serta memakai alat musik anti mainstream seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, dan harpa, serta juga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Makanya, nggak heran anak-anak saya jadi suka banget pantengin Hoala & Koala maupun karakter-karakter pelengkapnya di Youtube lagu dan animasi anak.

Nah Parents lainnya, jangan lupa ajak anak-anak untuk selalu bermain dan bernyanyi bersama dengan Hoala dan Koala ya, bisa di akses di YouTube,  Spotify dan iTunes ya.

Sumber dan gambar: https://www.hoaladankoala.com/

14 comments for "Hoala dan Koala, Kenali Karakter Animasi Lagu Anak Indonesia"

  1. Wuaaaa.. Akhirnyaa ada yang menyuport lagu untuk anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, iyaaa, kasian kan anak-anak ga punya lagu anak Indonesia kayak dulu :)

      Delete
  2. Waaaah ini nih yang ditunggu-tunggu. Makasih sharingnya, mba.. Kebetulan emang lagi cari lagu yang mengedukasi kayak gini buat anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mba, senang ya kalau ada lagu yang tepat buat anak :)

      Delete
  3. Anak-anak memang butuh yg sesuai dengan jiwa dan usia mereka ya
    Hoala dan Koala adalah pilihan yg bisa disuguhkan utk buah hati kita.
    semogaaaa, anak-anak tumbuh baik, cemerlang dan bisa menggapai masa depan yg indah

    ReplyDelete
  4. Sudah lama banget yaa kita kehilangan lagu anak-anak, dan alhamdulillah akhirnya muncul Hoala dan Koala ini 😍

    ReplyDelete
  5. Seneng deh kalau ada lagu2 anak Indonesia yang beragam. Sedih akutu sama anak-anak yang sukanya nyanyi lagu dewasa.

    Ini karakternya lucu2 banget. Aku langsung search di YouTube dan ngelihatin ke anak-anak.

    ReplyDelete
  6. Wow boneka karakternya lucu banget. Semoga ini menjadi hiburan bagi anak2 yang saat ini harus akan hiburan yang mengedukasi. Termasuk jenis lagu anak yang sudah mulai punah, dengan Hoala dan Koala ini semoga ada lagu anak2 yg pas dengan usianya.

    ReplyDelete
  7. Channel ini menarik banget, Mbak. Dengan karakter kartun animasi, anak2 pasti lebih suka dan betah. Btw, Miss Jeruknya cantik banget, yaa. Pakai blush on kayaknya. Hahaha

    ReplyDelete
  8. Aku suka Burhaaan..
    So Cute sekali.

    Anak-anak selalu suka kalau melihat animasi yang ada lagu anak-anaknya begini.
    Berasa bermain, padahal ada nilai-nilai moral yang diselipkan yaa..

    ReplyDelete
  9. Makasih mba Rey, jadi ada rekomendasi nih buat keponakanku
    aku kabarin emaknya, biar nyetelinnya bukan yang games-games.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya Mba, biar nggak terpapar musik dewasa sebelum waktunya hahaha

      Delete
  10. karakternya lucu - lucu yaaa mba walaupun aku belum pernah nonton coba hehehe. Time to check it out then..

    ReplyDelete