Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hasil Test Pack Samar Banget, Hamilkah?

Konten [Tampil]
Hasil test pack samar banget apakah hamil?

Parenting By Rey - Kalau hasil test pack samar banget, itu hamil nggak sih?
Demikian pertanyaan seorang teman atau bisa dibilang adik saya, beberapa hari lalu.

Dia memang udah lumayan lama menikah, makanya sering test pack, dan kali ini hasil test pack 1 garis tebal. 

Dia yang belum kunjung diberi momongan, dan kadang hal itu bikin dia tersiksa oleh pertanyaan-pertanyaan berulang.
"Udah isi, belum?"
Meski udah saya ajarin berkali-kali, kalau jawab aja udah, masa iya dia nggak berisi sama sekali, perutnya kosong dong, ga pernah makan nasi *lah? hahaha.

Pertanyaan-pertanyaan tentang test pack seperti itu membuat saya mengingat kembali masa lampau, ketika pertama kali lepas menikah.

Sama dengan pengalaman banyak pasangan setelah menikah ditanya kapan punya momongan, saya pun mengalaminya selama kurang lebih 7 bulan lamanya, sampai akhirnya saya benar-benar positif hamil.

Hanya saja, berbeda dengan kebanyakan pasangan, khususnya istri zaman now, saya memilih untuk nggak sibuk ngecekin test pack setiap bulan. 

Bahkan, pertama kali saya memegang dan menggunakan test pack tuh, setelah saya telat menstruasi beberapa hari, dan curiga saya hamil.

Dan lucky me, pas saya test pakai test pack, hasilnya 2 garis merah dan itu jelas, nggak samar seperti beberapa wanita lain.

Timbulnya garis samar pada test pack bisa mempunyai banyak makna. Hasil test pack samar banget bisa saja berarti bahwa seorang wanita telah hamil, namun dapat pula diakibatkan oleh perihal lain.

Karenanya, jika terjadi hal demikian, wajib banget dicari tahu penyebabnya.
Sebenarnya, perlengkapan uji kehamilan atau test pack ini, sangat mudah digunakan.
Pun juga hasilnya bisa lebih cepat diketahui.

Namun, kita juga wajib memahami cara kerja si test pack alias alat imut tersebut ketika bekerja mengecek kehamilan kita.

Saat kita mengandung, kandungan hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) di dalam tubuh kita akan bertambah. Nah, kenaikan hormon ini, bisa banget ditemukan lewat darah serta urine.

Dan perlengkapan test pack dirancang untuk mengecek urine buat tahu apakah ada atau enggak hormon hCG di dalam tubuh kita.

Bila hormon hCG nggak ditemukan di dalam urine, makan test pack akan menampilkan satu garis. Sebaliknya bila ada hormon hCG di dalam urine, maka si test pack akan menampilkan 2 garis. 

Sayangnya, di beberapa permasalahan, garis kedua yang timbul pada si test pack agak samar alias enggak sejelas garis satunya.

Dan ada beberapa kemungkinan yang mempengaruhi hal tersebut, yaitu:

Hasil test pack 1 garis tebal apakah itu hakil


1. Memang Positif Hamil


Jika test pack menunjukan hasil garis kedua yang samar, bisa jadi karena hormon hCG yang ada masihlah rendah, atau belum dapat ditemukan seluruhnya di tubuh. 
Karena, hormon hCG akan bertambah sesuai umur kehamilan nantinya.

Solusinya: bisa nunggu seminggu lagi, lalu ulang test pack deh.


2. Test Pack-nya Rusak


Penyebab berikutnya mengapa hasil test pack samar banget adalah, karena alat test pack-nya itu memang sudah rusak, entah kadaluarsa atau memang rusak karena terlalu lama menyentuh ujung pendeteksi urine-nya.

Solusinya: beli test pack yang baru dong, pastikan yang nggak kadaluarsa ya, dan pegang dengan hati-hati test pack-nya ketika sudah dibuka.
Setelah itu, test ulang deh.

3. Sample Urine-nya Menguap


Hasil test pack samar banget juga biasanya diakibatkan oleh proses penguapan urine pada perlengkapan uji atau test. Karenanya, saat make test pack usahakan jangan kelamaan nunggu, baca dulu keterangan yang ada di kemasan test pack yang dipakai.

Jadi jika sudah tahu berapa lama menunggu sampai akhirnya keluar 2 garis merahnya, lalu satunya samar banget, bisa jadi memang hamil, namun test pack hanya mampu membaca sedikit kandungan urine, karena keburu menguap.

Solusi: saat menggunakan tets pack, persiapkan semua barang yang dibutuhkan, termasuk stopwatch, agar hasil yang kita dapatkan lebih akurat.


4. Tanda Awal Keguguran


Penyebab lainnya mengapa hasil test pack samar banget adalah, bisa jadi karena adanya tanda keguguran dini.

Hal ini biasanya dikenal dengan istilah kehamilan kimiawi.
Di mana biasanya terjadi pada usia kandungan di bawah 12 minggu.

Saat seseorang mengalami keguguran, hormon hCG yang ada dalam darah dan urine masih bisa terbaca, meski kadarnya memang udah turun.
Karenanya hal tersebut bikin hasil test pack samar banget untuk garis keduanya.   

Etapi Parents!
Solusi: Jangan sedih dulu ya, coba deh segera periksakan ke dokter untuk lebih jelasnya. 


Secara keseluruhan, jika kita mengalami masalah hasil test pack yang samar banget untuk garis keduanya, maka sebaiknya kita bersabar dahulu, dan mengulanginya setelah seminggu atau 2 minggu kemudian.

Namun, jika memang Parents merasa khawatir akan kandungannya, segera periksakan ke dokter kandungan ya.

Semoga, meski hasil test pack samar banget, tapi beneran hamil ya, terutama buat yang menantikannya, aamiin.


Sidoarjo, 12 Agustus 2021


Sumber:
  • pengalaman pribadi
  • alodokter.com
Gambar: Canva edt by Rey

Post a Comment for "Hasil Test Pack Samar Banget, Hamilkah?"