Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Cara Minta Maaf Kepada Orang Tua Dengan Baik

Konten [Tampil]
8 cara minta maaf kepada orang tua dengan baik

Parenting By Rey - Cara minta maaf kepada orang tua ini masih saya pelajari dan latih berulang-ulang, biar nantinya bisa lebih mudah dilakukan ketika bertemu orang tua.

Salah satunya adalah mama saya.
Di mana, saya dan mama tida punya hubungan yang baik, dan semakin buruk ketika bapak meninggal, dan saya ingin sekali bisa minta maaf mama.

Sebenarnya, sejak saya memutuskan kuliah di Surabaya, saya jarang sekali bisa komunikasi sama mama. Dulunya mungkin masih bisa dimaklumi, ketika belum ada telepon genggam seperti sekarang, telepon rumah pun nggak punya.

Satu-satunya yang bisa membuat kami bertukar kabar, ketika mama ke wartel untuk bisa menelpon saya, meskipun cepat banget, karena biayanya sangat mahal buat kami.

Saya menghibur hati sendiri, ketika merasa makin sendiri di Surabaya, menghibur hati juga ketika melihat teman-teman kos bisa komunikasi dengan ibunya setiap saat melalui telepon di kos.
Saya memaklumi, karena kondisi saya berbeda dengan mereka, di mana saya jauh banget dari orang tua.

Karena sulitnya bisa berkomunikasi, ketika pertama kali saya pulang ke Buton setelah akhirnya bisa bekerja di Surabaya, dan punya gaji sendiri.

Saya lalu mengajak mama untuk membeli sebuah ponsel Nokia jadul yang meskipun cuman bisa buat telepon dan sms, saya rasa itu cukup.

Bukan hanya mama, bapakpun saya belikan ponsel Nokia yang sama, memang bukan smartphone yang canggih, namun selain karena saat itu kemampuan saya cuman bisa beli ponsel segitu, dan juga di tempat orang tua tinggal tuh, saat itu belum sama sekali ada sinyal.

Setelah balik ke Surabaya, saya mewanti-wanti mama dan bapak, agar selalu mengirim sms saat mereka mendapatkan sinyal, biar saya yang telpon.

Nyata, penantian saya tinggallah penantian.
Sejak dulu, sampai sekarang, saya jarang banget bisa berkomunikasi dengan orang tua, terutama mama.

Karena itulah, jarak di antara saya dengan mama semakin besar, dan semakin lebih besar lagi ketika bapak sudah nggak ada.

Dulunya, meski kadang bapak juga jarang bisa komunikasi dengan saya, even by phone.
Tapi bapak akan selalu semangat menyambut saya pulang.
Hal ini berbeda banget dengan mama.


Bermasalah dan Merasa Bersalah Menyakiti Hati Mama


Ketika saya pulang di bulan April 2021 lalu, betapa teririsnya hati ketika mama biasa saja menyambut saya dan kedua cucunya datang.

cara minta maaf kepada orang tua dengan baik

Saya, anak perempuan yang beliau pernah lahirkan dan besarkan, berkunjung ke rumah orang tua setelah 5 tahun nggak pernah pulang, bahkan jarang ada kontak sama sekali.
Datang bersama 2 cucu lelakinya, yang mana satu cucunya baru saja dia temui, sejak si cucu lahir.

Tapi nyatanya mama biasa saja menyambut saya, hanya bapak yang terlihat gembira banget, sayangnya bapak sama sekali nggak bisa bangun, karena memang udah sakit parah.

Karena sikap seperti itu, membuat hati saya jadi punya ganjalan.
Lalu, meledak ketika seminggu setelah bapak meninggal.

Itupun sebenarnya saya awalnya emosi kepada kakak, dan mama membela kakak, membuat saya nggak bisa lagi menahan semua uneg-uneg dalam hati, yang sudah tertahan sejak kecil dulu.

Saya lalu balik ke Surabaya tanpa berbaikan dengan mama, pergi meninggalkan rumah mama dan menginap di hotel selama beberapa hari, sambil menunggu jadwal tiket pulang ke Surabaya.

Nggak usah ditanya bagaimana hati saya, sakitnya double.
Sakit atau lebih tepatnya sedih karena saya merasa beneran udah jadi anak yatim piatu, tanpa keluarga sama sekali.

Bertambah lagi, saya sedih karena telah menyakiti hati mama.
Mama yang mungkin saat itu juga lagi bersedih karena baru saja ditinggal oleh bapak.
Di mana, meski seumur pernikahan mereka selalu cekcok, tapi bapaklah satu-satunya orang yang selalu menemani mama.

Saya akhirnya mengirimkan SMS ketika sudah sampai di Surabaya, meminta maaf karena sudah menyakiti hatinya, lalu meminta maaf juga karena sudah kembali dengan cepat ke Surabaya.
Tapi seperti biasanya, sama sekali nggak ada balasan.
Saya pernah inisiatif menelpon, dan juga sama sekali nggak diangkat.

Meski di sisi hati yang lain, saya masih beralasan, kalau apa yang saya lakukan pada mama itu, hanyalah luapan isi hati saya yang udah nggak bisa dibendung, tapi di sisi hati yang lain, saya rasa apapun alasan saya, rasanya sudah nggak pantas saya membuat mama bersedih.

Meski juga terasa plong, setidaknya mama tahu isi hati saya secara langsung.
Tapi tetap saja, saya ingin meminta maaf kepada mama, sebelum mungkin semuanya akan terlambat.


Cara meminta maaf kepada orangtua


Kalau di masa kecil, kebanyakan orang tua selalu mengalah demi anak, mungkin saatnya sekarang, anak yang harus mengalah dari orang tua.

cara minta maaf kepada orang tua agar dimaafkan

Jadi, saat ada permasalahan, sudah se yang mengalah dan meminta maaf kepada orang tua, agar tidak lagi menyakiti hati orang tua.

Dan berikut 8 cara meminta maaf kepada orang tua dengan baik, yang terus saya latih dan usahakan dimulai praktik kepada orang terdekat.


1. Minta maaf dengan ikhlas


Cara meminta maaf kepada orangtua wajib dicoba adalah dengan cara yang santun serta tulus atau ikhlas.  Pake nada bicara yang lembut, tutur kata yang baik, serta menjaga emosi agar tidak menambah sakit hati orang tua.

Sejujurnya ini lumayan sulit ya buat saya, karena setidaknya diucapkan dengan kata-kata, sementara kami adalah keluarga yang sejak kecil sama sekali jarang mengeluarkan isi hati lewat kata.


2. Mengakui kesalahan tanpa tapi


Nah ini harus benar-benar dilatih dengan cara 'menerima' terlebih dahulu.
Kalau saya membuatnya lebih mudah, dengan cara fokus ke kesalahan yang telah saya perbuat, dalam hal ini adalah telah membuat mama sedih, dan mungkin sakit hati dengan kata-kata saya yang jujur tapi menyakitkan.

Masalah semua kata saya itu mungkin benar dan telah saya tahan sejak lama, pisahkan dari masalah minta maaf kepada orang tua ini.


3. Jujur mengungkapkan rasa penyesalan


Ya itu tadi, karena ikhlas meminta maaf, tentunya tidak lupa juga mengungkapkan penyesalan yang mendalam akan kesalahan saya yang bikin mama sedih.
Dan hal ini tentu saja akan diperkuat dengan minta maaf tanpa tapi.


4. Tidak menyalahkan orang lain


Sama dengan poin nomor 2, sebaiknya memang kita fokus ke masalah utama, yaitu saya merasa bersalah telah bikin hati mama sedih.

Meskipun, dalam masalah saya memang pemicunya adalah kakak saya.
Memang sebaiknya tidak membahas tentang kakak saya di depan mama, karena itu sama aja saya nggak merasa bersalah dan meminta maaf dengan ikhlas.

5. Mengungkapkan segalanya dengan jujur


Mengungkapkan secara jujur ini, saya rasa harus sangat dibarengi sama komunikasi asertif yang penuh kehati-hatian, karena kita juga semua tahu bahwa orang tua tuh perasaannya semakin sensitif.
Jadi, berkata jujur kepada orang tua, tentunya beda dengan berkata jujur kepada orang lain. 

6. Berusaha memahami perasaan orangtua


Maksud dari meminta maaf pada orang tua adalah, karena saya mengakui kalau saya salah.
Karenanya, saya berusaha berlatih menerima dan memahami perasaan mama.

Meski banyak tapi yang berputar di benak, tapi menahan hal itu keluar, adalah sebuah cara yang paling baik dalam meminta maaf kepada orang tua. 

7. Serius menyimak orangtua berbicara


Saya rasa, siapapun akan merasa kesal, jika sedang bicara, tapi lawan bicara nggak menyimak semua ucapannya dengan penuh perhatian.

Apalagi orang tua yang mungkin masih marah kepada anaknya, akibat kesalahan anaknya.
Bukan hanya diam menyimak saja, tapi juga berusaha untuk tidak membantah kata-katanya.
Saya rasa ini maksud paling jelas dari meminta maaf tanpa tapi.


8. Berjanji penuh tak akan mengulangi kesalahan


Ini yang paling menyempurnakan dari semua hal minta maaf pada orang tua, yaitu berjanji sungguh-sungguh, baik kepada orang tua, maupun pada diri sendiri, untuk tidak akan pernah mengulangi kesalahan tersebut.

Setelah saya menjadi sebagai ibu dari 2 anak yang masih kecil-kecil, saya tahu banget bagaimana orang tua mengharapkan anak-anaknya jangan pernah mengulangi kesalahan yang sama lagi.
Dan saya pikir, semua itu yang paling melengkapi minta maaf pada orang tua.

Ah mama, semoga Allah masih memberikan saya kesempatan, untuk bisa bertemu langsung, serta meminta maaf kepada mama, nantinya, aamiin. 

Demikianlah 8 cara minta maaf kepada orang tua yaitu mama, yang terus saya latih dan berharap bisa segera bertemu langsung untuk meminta maaf.

How about you, Parents?

Sidoarjo, 11 Agustus 2021

#RabuParenting

Sumber: 
  • pengalaman pribadi
  • quora.com
Gambar: canva

1 comment for "8 Cara Minta Maaf Kepada Orang Tua Dengan Baik"

  1. Very nice, very useful post! We should obey these rules on daily life. Thank you so much for sharing this post. Greetings from Turkey.

    ReplyDelete