Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Mudah Bikin Anak Gemar Membaca Buku Ala MamiRey

Konten [Tampil]

cara mudah bikin anak gemar membaca

Anak gemar membaca di zaman maraknya gadget saat ini, tentunya menjadi sebuah anugerah banget buat parents. Dan saya adalah salah satu mom, yang beruntung karena punya anak-anak yang suka baca. 

Tentunya hal ini tidak terjadi begitu saja, ada peran parents khususnya saya sebagai mom, di dalamnya. 

Tapi jangan khawatir, peran saya bukanlah sesuatu yang sangat teoritis atau sangat bergantung pada teori parenting yang banyak beredar di medsos sekarang.

Melainkan perjalanan jatuh bangun learning by doing being a mom, ada trial error-nya, ada sedihnya, ada happy-nya. Dan tentu saja, pada ujungnya, hanya bahagianya yang tertanam di pikiran dan hati. 

Seperti kita tahu ya, ada begitu banyak manfaat anak gemar membaca. Selain hal-hal umum yang penting seperti membiasakan literasi pada anak, membuat anak berpikir lebih kreatif dan inovatif karena buku adalah jendela dunia.

Nah, untuk kondisi saya, membuat anak gemar membaca tuh, awalnya dari alasan yang receh, yaitu saya sumpek liat anak-anak HPan terooossss, nonton TV terooosss, hahaha.  


10 Cara Mudah Bikin Anak Gemar Membaca Buku Ala MamiRey

Karena kesal liat anak mager dengan gadget, sementara mereka bisa sih dilarang untuk enggak screen time. Tapi kasian juga liat mereka jadi diam kebosanan sendiri.

Karena itu, saya selalu membolehkan mereka minta buku bacaan, terutama yang mereka suka. 

Kebetulan banget, si Kakak memang udah duluan menyukai buku sejak kecil. Gara-gara kesukaan saya kalau ke mall, pasti mampir ke toko buku, biar kata nggak jadi beli sesuatu, tapi dengan baca-baca beberapa buku, udah senang banget.

bawa bayi ke toko buku gramedia
Ada bayi di lantai toko buku, hahaha

Dari situ, si Kakak mulai suka buku terutama komik, dan minta dibeliin untuk bisa dibawa pulang. Di rumah pun, si Kakak membaca semua buku komik yang dibelikannya.

Dan, dari situlah dia tumbuh menjadi anak yang suka baca, dan meng-influence adiknya.

Secara step by step, berikut saya rangkumkan, 10 cara mudah untuk bikin anak jadi gemar membaca buku berdasarkan pengalaman pribadi ala MamiRey, yaitu: 


1. Kenalkan buku sejak dini 

Perjalanan membuat anak-anak gemar membaca itu, bermula dari diri saya sendiri sih. Kebetulan banget saya memang suka baca sejak kecil.

Karenanya, ketika si Kakak lahir hampir 14 tahun lalu, meski saat itu akses ilmu parenting tidak semudah sekarang. Tapi satu hal yang tidak saya lewatkan adalah, ingin membuat anak saya jadi suka baca kayak maminya.

Jadi, bahkan sejak bayi, di antara banyak mainan bayi yang lucu-lucu, yang semuanya pengen dibelikan. Maklum kan baru punya anak pertama, mana punya sendiri pula, karena saat itu masih kerja. Jadi saya sering banget beliin si Kakak bayi sebuah buku.

buku untuk bayi
Bayi main buku, hehehe

Buku yang dari kain, lalu nambah ke koleksi buku dengan jenis yang lebih tebal. Padahal mah, sama si bayi tuh buku, cuman digigit, hahaha.

Ketika adiknya lahir, hal ini masih berlaku. Alih-alih beli mainan lucu yang mahal, saya lebih pilih membelikan buku sebagai mainannya.


2. Bacakan buku sejak dini

Tidak hanya membelikan buku, tapi saya dulu sering banget membacakan buku buat si Kakak ketika bayi.

Dan ketika adiknya lahir, lucky me, karena kakaknya sudah suka baca, jadi saya minta dia baca buku bayi adiknya, di dekat adiknya dengan suara yang kencang, hahaha.


3. Contohkan gemar membaca

Anak-anak meniru parents-nya kan, karenanya jika ingin anak suka baca, pastikan parents dulu yang gemar membaca.

Akan lebih baik jika kedua parents mencintai buku, makin mudah membuat anak gemar membaca buku sejak dini.


4. Batasi dengan ketat penggunaan gadget atau screen time

Sebenarnya poin penting dari semua cara yang saya tuliskan adalah ini. Luar biasa banget loh godaan distraksi dari gadget ini. Bikin sesuka apapun anak pada buku, bisa teralihkan kalau dia udah kenal dan kecanduan gadget.

Karenanya, pastikan membatasi screen time secara disiplin. Kalau perlu, hanya bolehkan anak-anak menikmati screen time, sejam dalam weekend aja. Alihkan waktu mereka ke buku.


5. Biarkan anak menjadi bosan

Sekali dua kali, anak-anak lebih memilih screen time dong. Dan kadang karena saya juga harus bekerja dari rumah, biasanya saya kebablasan nggak mengawasi mereka, sehingga screen time-nya berlebihan.

Kalau sudah begini, sulit banget memaksa anak-anak menghentikan screen time dan pindah ke buku. Yang ada mereka ngambek, dan nggak mau ngapa-ngapain.

Kalau udah begini, biasanya saya biarin aja sampai mereka merasa bosan sendiri, lalu akhirnya meraih buku dan mulai membaca.


6. Jangan mendikte buku bacaan anak

Sama dengan kita orang dewasa, anak-anak juga akan menyukai sesuatu, kalau itu menarik baginya. Karenanya, pastikan tidak mendikte buku bacaan anak. Biarkan mereka memilih sendiri buku kesukaannya, selama itu memang buku untuk anak sesuai batas usianya.

anak gemar membaca

Seperti si Kakak yang dulunya hanya menyukai komik, karena ada gambarnya. Saya tidak pernah memaksa si Kakak untuk mau membaca buku cerita lain.

Sampai akhirnya setelah SD kelas 4 atau 5 ya, dia mulai membaca semua buku, termasuk buku yang bukan komik, saking nggak ada lagi yang bisa dibacanya.

Bahkan, buku KIA adiknya dia baca juga dong, lalu dia protes, karena kata maminya, si Adik tuh lahir dari perut mami yang dibedah.

Sementara di buku KIA, ada gambar anak lahir nggak dari perut, huwaaaaaaa, hahahaha. 


7. Perbanyak buku bacaan menarik di rumah

Jangan lupa untuk memperbanyak atau menambah koleksi buku bacaan menarik di rumah. Kalau si Kakak, setelah bosan membaca komiknya berulang kali, akhirnya dia mulai merambah buku-buku maminya yang bukan komik.

anak gemar membaca

Tentunya, sebelumnya dia akan menanyakan ke maminya, apakah dia boleh membaca buku tersebut. Apakah buku itu bisa dibaca oleh anak-anak?


8. Pelajari buku kesukaan anak dan belikan jenis buku tersebut

Untuk menjaga kegemaran anak dalam membaca buku, pastikan kita mengetahui apa sih jenis buku yang disukai anak-anak. Lalu, pastikan untuk sering membelikan buku tersebut buat anak.

Bisa dengan cara sebagai kado keberhasilan di sekolah, termasuk kado ulang tahun.


9. Sering-sering ajak anak ke toko buku atau ke perpustakaan

Mengajak anak-anak ke toko buku, dan juga di perpustakan sangat membantu bikin anak jadi semakin gemar membaca. 

mengajak anak ke perpustakaan

Seperti kebiasaan saya sejak dulu, ketika ke mall pasti mampir toko buku. Belakangan ketika saya harus sibuk antar jemput anak-anak sekolah, saya menemukan sebuah perpustakaan yang nyaman dan lengkap.

Dan anak-anak sangat senang diajak ke perpustakaan daerah di Surabaya tersebut. Karena punya banyak pilihan buku yang bsia dibaca dan dipinjam.


10. Jangan pelit belikan buku bacaan kesukaan anak

Ini poin yang mempertegas poin 8, di mana membelikan buku kesukaan anak, bisa jadi cara mudah untuk mempertahankan kegemaran anak akan membaca buku.

Jadi, jangan pelit untuk sering-sering membelikan buku tersebut buat anak. Dan pastikan membeli buku terbaik yang disukai anak-anak. Agar bacaan anak-anak juga lebih bermanfaat.


Rekomendasi Buku Bacaan Anak yang Menarik Dan Bermanfaat

Memilih buku bacaan terbaik untuk anak itu penting, tentunya berdasarkan kesukaan anak ya. Kalau si Kakak, dia lebih menyukai komik cerita.

Beberapa di antaranya komik serial Keluarga Super Irit, Si Juki, atau kadang juga dia memilih serial buku Why.

Berbeda dengan adiknya, setelah saya sering mengajaknya ke perpustakaan, akhirnya saya paham, kalau si Adik tuh lebih suka buku-buku sains dan teknologi.

Semua buku yang ada sainnya sering dipinjam, lalu kadang sedih kalau akhirnya tiba waktunya harus dipulangkan ke perpustakaan.

Karenanya, saya sudah menetapkan deretan buku-buku sains, sebagai wishlist buku bacaan bermanfaat yang akan saya belikan untuk si Adik. 

Buku Ensiklopedia Sains untuk Anak
Sumber: awalcemerlang.com

Seperti 'Buku Ensiklopedia Sains untuk Anak' yang dijual oleh Awal Cemerlang. Buku ini dijual dalam bentuk 1 set dan berisi 12 tema/eksemplar yang kesemuanya mengenai Sains. 

Teman-temanya pun menarik, mulai dari Fun Science, Geography, Solar System, Prehistoric Life, Asia, Inventions, Human Senses, Jakarta, Ancient Kingdoms, Great Explorer, Disaster dan Digestive System.

Menarik banget ya.

Apalagi, masing-masing temanya berisi 40 halaman full colour dengan ilustrasi yang menarik, yang tentunya disukai anak-anak. Tentunya bakal jadi hadiah menarik buat si Adik Dayyan, karena dia memang menyukai buku-buku sains seperti itu.

Yang pengen beli juga bisa langsung order di Tokopedia Awal Cemerlang


Kesimpulan dan Penutup

Pentingnya bikin anak gemar membaca di era maraknya gadget, bikin parents dituntut untuk selalu mengsupport anak akan hal tersebut.

Baik dengan memberikan contoh gemar membaca, membatasi penggunaan gadget, hingga menyediakan buku-buku menarik yang sesuai dengan minat anak. 

Ada 10 cara mudah yang saya terapkan hingga anak jadi gemar membaca, yaitu : mengenalkan buku sejak dini, membacakan buku, memberikan contoh, dan membiarkan anak memilih buku sendiri. Selain itu, penting untuk sering membawa anak ke toko buku atau perpustakaan dan tidak pelit membelikan buku bacaan kesukaan mereka.

Salah satu rekomendasi buku bacaan anak, Buku Ensiklopedia Sains untuk Anak, yang memiliki berbagai tema menarik dan ilustrasi yang menyenangkan, yang menjadi kesukaan Adik Dayyan.


Surabaya, 09 Juli 2024

Sumber: 

  • Opini dan pengalaman pribadi
  • https://awalcemerlang.com/konten-edukasi/buku-ensiklopedia-sains-untuk-anak/ diakses 9 Juli 2024
Gambar : Canva, dokpri dan awalcemerlang.com

12 comments for "10 Cara Mudah Bikin Anak Gemar Membaca Buku Ala MamiRey"

  1. Jangan lupa juga konsep MENCONTOHKAN dari orang tuanya. Biasanya anak terdorong untuk rajin membaca karena orang tuanya melakukan hal yang sama. Sering-sering juga mengenalkan anak pada berbagai genre buku anak supaya tidak merasa bosan. Gak selalu baca buku serius, tapi juga buku-buku lucu yang mengajak anak berinteraksi secara langsung.

    ReplyDelete
  2. setuju banget semua tipsnya
    Tentang jangan mendikte buku anak, saya pernah
    hihihi ...pengalaman tak terlupakan
    Dengan alasan pelajaran biologi, matematika dll akan lebih mudah dipahami lewat komik, saya beli bukunya dong
    walau harganya mahal (karena buku asing yang diterjemahkan), tetep saya beli
    Eh gak disentuh anak-anakku dong
    Hiks :D

    ReplyDelete
  3. Cara paling ampuh selain mencontohkan adalah semua gadget disita atau no internet connection. Baru deh pada nyari buku bacaan, akhirnya terpaksa membaca meskipun akhirnya ketiduran. Begitulah yang terjadi di rumahku, hehee

    ReplyDelete
  4. Yup, kebiasaan membaca ini memang mesti dipupuk sejak dini, bisa dengan mengenalkan dan membacakan buku buat anak-anak.

    Anak-anakku (dan aku) juga suka baca serial komik Keluarga Super irit dan Why mbak. Udah jadi 1 rak sendiri di rumah kedua seri ini. Dan masih banyak yang belum ke beli

    ReplyDelete
  5. Aku sedih banget waktu mendapati keponakan-keponakan gak ada yang suka baca. Tapi karena lokasinya berjauhan, gak bisa ikut mantau dan kasih contoh. Semoga masih banyak orang tua yang peduli dengan kebiasaan membaca. Kalaupun anak susah dipisahkan dari gawai, orang tua perlu mengenalkan bacaan lewat gawai. Jadi gawainya bukan sekadar buat nonton hiburan.

    ReplyDelete
  6. Menurut saya, anak bisa menjadi bosan ketika screen time karena belum menemukan aktivitas yang lebih menarik selain di gadget. Makanya, memang harus dicari berbagai aktivitas pengganti yang disukai anak. Termasuk menyediakan berbagai bacaan yang disukai anak-anak

    ReplyDelete
  7. kesimpulannya nampol banget itu mbak
    jika ingin anak terbiasa dengan budaya membaca dan dekat dengan buku
    perlu ngasih contoh lebih dahulu sembari mengenalkan mereka dengan dunia literasi

    ReplyDelete
  8. Dari 10 cara yang disebutkan mami Rey di atas, kami sudah menerapkan di rumah. Alhamdulillah anak-anak kami jadi sangat hobi membaca.

    ReplyDelete
  9. Koleksinya kaka banyaak yaah..
    Seneng banget ngliat anak-anak hobi baca. Rasanya kalau diajak diskusi tuh pandangannya jadi luas dan lebih bijaksana dalam menghadapi masalah.

    ReplyDelete
  10. Setujuuu.. Saya adalah orangtua yang juga mempraktikkan membaca nyaring untuk anak. Membacakan anak buku sesmdari usia masih hitungan bulan. Manfaatnya juga sudah saya rasakan.

    ReplyDelete
  11. Mengenalkan sejak dini, itu memang cara paliiiiing ampuh. Aku simple juga cara supaya anak2ku suka baca, tiru cara papa. Yg mana papa udh mulai beliin kami buku2 bacaan bahkan sejak anak2nya msh dlm perut. Saking sukanya baca, papa tuh udh kumpulin bacaan anak buat kami Rey. Kalo kata mama dibacain dari sejak dlm perut, trus pas bayi sampe akhirnya anak2nya tertarik utk mulai belajar baca. Apalagi dulu papa sering tugas ke LN, tiap pulang yg dibawa buku cerita anak yg hardcover dan bergambar. Aku msh ingettt banget cerita ttg Peter and Jane, yg gambarnya bagus2 bener 😍😍.

    Makanya aku rutin beli buku anak, dan bacain cerita ke mereka. Si adek malah sampe usia segini kalo tidur msh wajib dibacain cerita.

    Sementara fylly tiap bulan ada buku yg memang dia minta utk dibeliin rutin.

    Intinya pembiasaan sejak kecil, ditambah pula keluarga besarku sendiri suka baca. Makanya anak2 jadi keikut suka

    ReplyDelete
  12. Wah mantab abis nih. Setuju banget kalo ortu juga harus beri contoh mereka suka baca buku juga, jangan cuma nyuruh anak baca buku.

    ReplyDelete