Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan Tips Bermain Salju untuk Anak di Trans Snow World Surabaya

Konten [Tampil]
manfaat bermain salju untuk anak

Bermain salju di Trans Snow World Surabaya? semua anak pasti suka. Demikian juga dengan si Adik Dayyan dan Kakak Darrell, Jumat 31 Mei 2024 lalu berkesempatan merasakan pengalaman pertama bagaikan di Eropa atau negara bersalju lainnya.

Well, sebenarnya ini bukanlah pengalaman pertama buat kakak Darrell sih, ketika dia masih menjadi anak tunggal dahulu, sudah pernah beberapa kali main salju buatan di Grand City Mall, Surabaya.

Tapi, memang sih pengalamannya berbeda, karena dulu kan area bermainnya lebih kecil, dan yang bisa dilakukan cuman nyerok-nyerok es batu eh maksudnya salju buatan tersebut, hahaha.

Nah, kemaren tuh barulah si Kakak khususnya puas banget mainnya, karena bisa seluncuran berkali-kali di tempat yang dingin. Bukan hanya si Kakak, si Adik yang merupakan pengalaman pertama bermain di area dingin tersebut, happy dan nggak mau udahan, hahaha.   


7 Manfaat Bermain Salju Buatan untuk Anak

Btw, tidak sekadar berwisata salju, bermain salju meski cuman buatan, punya manfaat penting untuk anak-anak loh, di antaranya:

wisata salju di surabaya

1. Melatih motorik anak

Di arena wahana salju, ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh anak-anak, di antaranya anak bisa bermain seluncuran atau sekadar bermain lempar salju.

Kegiatan ini tentunya sangat baik untuk melatih motorik anak, agar anak tumbuh lebih fokus dan kuat.


2. Melatih keseimbangan anak

Di area wahana salju buatan Trans Snow World Surabaya, kondisinya lumayan licin, karenanya dibutuhkan koordinasi yang baik bagi anak dalam menjaga keseimbangan tubuhnya agar tidak terjatuh.

Demikian juga ketika anak bermain seluncuran, mereka bisa sekalian berlatih, bagaimana menyeimbangkan papan seluncuran, biar bisa meluncur dengan lurus ke arah bawah.


3. Menyehatkan jantung

Anak-anak bisa lebih aktif melakukan banyak hal di area wahana salju, bisa bolak balik ke bagian atas salju untuk bisa meluncur dengan asyik di atas salju.

tips main salju di trans snow world surabaya

Ditambah dengan udara yang sangat dingin, tentunya akan membuat jantung anak bekerja lebih baik, dan menjadi lebih sehat.


4. Melatih kerja sama 

Beberapa permainan yang bisa dilakukan anak seperti meluncur dengan double sledge ataupun double snowtube.

Untuk hal ini, anak-anak membutuhkan kerja sama yang baik agar bisa meluncur bersama dalam satu seluncuran dengan baik. Dengan demikian anak bisa belajar bekerja sama dengan temannya. 


5. Meningkatkan kreatifitas anak

Anak-anak juga bisa berlatih meningkatkan kreatifitasnya dengan membuat boneka ataupun benda apa saja dari salju yang tersedia.

Hal ini akan memancing kreatifitas dan imajisasi anak akan karya yang dibuatnya dari salju.


6. Meningkatkan daya tahan tubuh anak

Karena di Indonesia sendiri tidak ada cuaca bersalju yang mana suhunya bisa sangat dingin. Karenanya bermain di wahana main salju di Trans Snow World Surabaya bisa melatih dan meningkatkan daya tahan tubuhnya terhadap cuaca yang tidak biasa dirasakan.

Selain itu, perbedaan suhu yang ekstrim, khususnya di saat sekarang, di mana Surabaya lagi panas-panasnya. Pas masuk ke wahana, super dingin banget, pas keluar disambut udara Surabaya yang membara, hehehe.

Kondisi seperti ini tentunya akan melatih dan meningkatkan daya tahan tubuh anak secara lebih baik. 


7. Memberikan pengalaman baru untuk anak

Di Indonesia, tentunya jarang banget ada orang yang pernah merasakan cuaca bersalju, karena memang tidak ada cuaca tambahan salju seperti di negara lainnya.

Karenanya, mengajak anak bermain salju di Trans Snow World Surabaya, akan memberikan pengalaman baru untuk anak. Bahkan untuk parents yang belum pernah merasakan salju di luar negeri.


Tips Mengajak Anak Bermain Salju di Trans Snow World Surabaya

Bermain salju di Trans Snow World Surabaya itu sangat menyenangkan, jangankan untuk anak, para parents juga menikmati pengalaman berada di daerah bersalju, meski hanyalah ala-ala, hehehe.

Namun, akan lebih baik jika sebelum mengunjungi wisata ini, para parents mempersiapkan anak-anaknya, agar bisa maksimal menikmati experience tersebut, di antaranya:

main salju di trans snow world surabaya

1. Pastikan kondisi anak sedang fit

Karena suhu di dalam wahana salju Trans Snow World sangat dingin, dan tentunya berbeda dengan suhu yang biasa dirasakan anak. Karenanya, pastikan anak sedang fit ketika berkunjung ke sini.

Sebaiknya tunda dahulu rencana main ke salju, jika anak sedang batuk pilek atau sakit lainnya, agar tidak membuat penyakitnya semakin parah. 


2. Bawa jaket tebal, sarung tangan, topi dan perlengkapan lainnya

Pastikan membawa jaket tebal dengan luaran sejenis parasut atau waterproof. Hal ini untuk meminimalisir jaket anak basah ketika bermain salju. Pun juga untuk membuat anak tetap nyaman, tidak kedinginan ekstrim untuk suhu yang baru saja dia rasakan tersebut.

Jangan lupa pula untuk membawa sarung tangan yang waterproof, kalau nggak ada bisa bawa beberapa sarung tangan, untuk bisa mengganti sarung tangan anak yang pasti akan segera basah karena bermain salju yang sebenarnya kek es batu itu, hahaha. 

Sarung tangan kering buat anak penting, mencegah tangan anak jadi basah, dingin banget dan bikin anak nggak nyaman.

Bekali juga dengan topi rajut untuk menghangatkan kepala anak, akan lebih baik sih pakai masker, agar pipinya nggak kedinginan, namun pastikan maskernya nyaman, jangan sampai anak malah kesulitan bernafas jika maskernya basah.

Jika parents nggak bawa jaket tebal, bisa beli di area luar wahana maupun dalam wahana kok, tapi ya gitu, mihiiillll, hahaha.

Kalau nggak salah, jaket buat anak tuh minimal 450 ribu, dan masalahnya kita kan hidup di Surabaya yang panasnyaaaaa ampyun. Kapan cobak bisa dipakai lagi tuh jaket, kecuali kita rajin ke Bromo, hahaha.


3. Pastikan anak sudah kenyang dan sudah ke toilet sebelum masuk wahana

Karena waktu bermain sangat terbatas, cuman 2 jam, kadang terasa kurang buat anak-anak terutama yang kuat bertahan di suhu dingin tersebut. Karenanya, pastikan anak-anak sudah kenyang, dan sudah ke toilet sebelum masuk wahana saljunya.

Ada sih toilet dan tenant makanan di sana, tapi selain makanannya mihil juga, pun juga sayang banget waktunya kudu dipakai buat makan dll, hehehe.


4. Siapkan dana untuk membeli makanan hangat di dalam wahana

Nah, meskipun anak sudah makan, kadang cuaca dingin bikin anak lapar lagi, kayak si Kakak kemaren yang udah makan kentang pas di luar, eh baru aja masuk udah merengek makan bakso.

Jangan khawatir, di area salju banyak dijual makanan yang pas buat dimakan ketika suhu dingin. Ada bakso yang per porsinya dijual dengan harga 50ribuan, ada pula ramen kalau nggak salah seporsi 60-65 ribuan.

Yang paling murah ada sosis goreng atau rebus, sekitar 27,500an per biji.

Untuk minuman juga ada teh panas, saya lupa pulak berapa per gelas, tapi tehnya enak. Sosisnya enak, baksonya juga.

Kagak tau sih, mungkin juga terasa enak banget karena suasananya pas, dingin banget soalnya, hahaha.

Oh ya, untuk masalah makanan dan minuman ini, saya juga kurang jelas sih. Kemaren saya sempat baca tulisan di bagian luar wahana, bahwa dilarang membawa makanan dan minuman dari luar. Tapi, saya berhasil membawa minuman dan jajanan ke dalam, nggak diperiksa.

Nggak tahu, apakah memang boleh, atau hanya karena kemaren tuh kami kan datang bersama rombongan TK yang berwisata di situ. Jadi rombongannya banyak banget, sehingga diperbolehkan membawa camilan.   

Kalau diperbolehkan sih, sangat recomended untuk membawa minuman hangat. Saya kemaren bawa teh susu jahe ditaruh di termos kecil, jadi tetap panas meskipun udah lama dibikinnya.


5. Bawa perlengkapan obat-obatan dan pakaian ganti

Jangan lupa bawa perlengkapan obat-obatan, setidaknya minyak telon atau minyak kayu putih, just in case kalau anak nggak kuat dengan suhu dingin yang baru pertama mereka rasakan.

Demikian juga dengan pakaian ganti, termasuk pakaian dalam anak. Karena bisa dipastikan pakaian anak bakalan  basah, terutama celananya.


6. Sounding ke anak bahwa waktu bermain hanya 2 jam saja

Dan yang nggak kalah penting adalah, jangan lupa sounding ke anak sejak dari rumah, bahwa waktu bermain hanya 2 jam saja. Hal ini penting, untuk menyikapi anak-anak nggak mau udahan meski waktu bermain sudah habis.

Pun juga bisa mengajak anak lebih kooperatif dalam memanfaatkan waktu bermain dengan baik. Salah satunya, anak-anak bisa makan dengan kenyang sebelum masuk wahana, biar waktu bermain nggak kepotong dengan harus makan dulu. 


7. Segera keluar dari wahana jika anak tidak kuat dinginnya 

Untuk beberapa anak terutama yang masih berusia balita maupun batita, berada di suhu yang sangat dingin tersebut membuat tubuhnya sedikit 'kaget'. 

Sehingga anak-anak bisa nggak nyaman, sampai menangis kedinginan.

Jika sudah seperti itu, jangan tunda untuk segera keluar dari wahana, setidaknya keluar dari area salju dan menepi di bagian area makan dan minum. Segera berikan minuman hangat, agar tubuh anak tidak terlalu kedinginan lagi.


Kesimpulan dan Penutup

Bermain di Trans Snow World Surabaya tentunya mengasyikan, bahkan bukan hanya untuk anak, tetapi juga untuk orang dewasa.

Bukan hanya itu, ada manfaat yang penting untuk tubuh, kemampuan dan pengalaman anak.

Namun, jangan lupa simak tips penting bermain salju di atas, sebelum membeli tiket Trans Snow World Surabaya ya.


Surabaya, 03 Juni 2024

Parenting By Rey - Reyne Raea

Sumber: Opini dan pengalaman 

Gambar: Canva edit by Rey dan dokpri

1 comment for "Manfaat dan Tips Bermain Salju untuk Anak di Trans Snow World Surabaya"

  1. Trans snow ini, tp yg besar yaa, memang bagus utk memperkenalkan salju dan dinginnya winter ke anak2👍. Apalagi saat main seluncur, itu berasa banget pas main seluncur beneran saat di Jepang, aku aja sukaaaa 😄😄. Selalunya anak2 dan aku pasti milih seluncuran mulu kalo udah ke trans snow Rey. Paling seru.

    Kalo bikin boneka salju, ga terlalu enak, krn tekstur saljunya beda. Tp memang aku ga begitu suka apalagi saat gloves nya bukan yg waterproof. Ga enak bgt tangan kalo sampe basah dan dingin 😂

    Tp aku usahain utk bawa jaket sendiri tiap kesana. Soalnya kalo sewa, aku tuh kdg suka jijik-an Rey. Apalagi sekali pernah yaaa, tapi bukan di trans snow, di wahana salju genting Highland. Dapat jaket yg bau apek. Beuuhh lgs ga betah pengen lepas dan kluar 🤣🤣

    ReplyDelete