Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Enfagrow A+ Ajak Orang Tua Optimalkan Kecerdasan Akademis dan Emosional si Kecil Melalui A+ Masterclass di Kidzania Surabaya

Konten [Tampil]
Enfagrow A+ Masterclass Surabaya

Enfagrow A+ menyelenggarakan A+ Masterclass di Kidzania Surabaya, yang berada di Lagoon Avenue Mall, Surabaya, Minggu 30 Oktober 2022.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa pembicara yang seru banget memberikan tips-tips menarik dan bermanfaat, tentang bagaimana cara agar orang tua atau parents, bisa optimalkan kecerdasan akademis dan emosional anak.

Ada Mom Chelsea Olivia selaku A+ brand ambassador,  dr. Attila Dewanti Sp.A, (K) selaku dokter spesialis anak, serta Ajeng Raviando, Psi selaku psikolog.


Tantangan Nyata Anak-Anak Generasi Alpha 


Kita semua pasti menyadari bahwa, seiring dengan semakin dekat era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity), para anak-anak Generasi Alpha, yang terlahir di masa pandemi, akan menghadapi tantangan klasik para pendahulunya, yaitu digitalisasi dan otomatisasi yang kini diperkirakan para pakar, telah maju sekitar 5 tahun lebih pesat.

Enfagrow A+ Masterclass Surabaya bersama Chelsea Olivia

Hal ini, membuat mereka ada di masa, di mana persyaratan untuk sukses bukan hanya menjadi juara akademis ketika di kelas saja, tapi juga dalam hal memiliki kecerdasan emosional. 

Berdasarkan data terbaru yang dirilis oleh The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), melalui program Learn the Signs Act Early, terungkap bahwa ada 1 dari 6 anak yang berusia mulai dari 3 tahun, mengalami penyesuaian capaian perkembangan - kondisi yang mempengaruhi bagaimana anak-anak bermain, belajar, berbicara, bertindak, atau bergerak. 

Seiring dengan adanya data CDC tersebut, hasil polling online dilakukan oleh Enfagrow A+ bersama dengan Tiga Generasi baru-baru ini, juga telah menemukan terjadinya penyesuaian capaian perkembangan kecerdasan akademis dan emosional pada Generasi Alpha, khususnya yang lahir dan tumbuh pada masa pandemi. 

Melalui polling tersebut, di mana dilakukan dengan menilai sejumlah skillset, diharapkan dapat dikuasai anak pada usia tertentu ini, terungkap bahwa: sebanyak 18,2% responden menyatakan anaknya belum mampu mengikuti instruksi 2 (dua) langkah ketika berusia 2 tahun dan 24,2% responden menyatakan anaknya belum mampu mendorong tangan keluar lubang baju atau mendorong kaki keluar lubang celana saat dibantu berpakaian di usia 12 bulan

Hal ini disebabkan oleh banyaknya perubahan secara signifikan, yang telah terjadi selama masa pandemi melanda, di mana hal ini sebenarnya, tidak hanya terasa berat bagi orang dewasa, namun juga membingungkan bagi anak-anak dan tentunya berpengaruh pada tumbuh kembang si Kecil. 

Hal ini disampaikan oleh Psikolog Ajeng Raviando, Psi, yaitu:
“Kondisi yang tak menentu seperti pandemi juga dapat membuat pola stimulasi dan lingkungan mengalami perubahan yang cukup signifikan, misalnya seperti meningkatnya paparan gadget dan berkurangnya interaksi langsung dengan lingkungan. Kondisi ini dapat mempengaruhi perkembangan otak anak. Segala perubahan ini menambah urgensi untuk menyiapkan si Kecil menghadapi masa depan yang dinamis dan semakin dibalut ketidakpastian. Disini peran orang tua menjadi semakin penting untuk memastikan si Kecil mendapatkan perasaan aman dan mendukung stimulasi untuk optimalkan Kecerdasan Emosionalnya.”

Hal ini tentu saja secara tidak langsung menjadi tantangan tersendiri untuk parents, dalam mengasuh dan mendidik anak-anaknya untuk bisa beradaptasi dengan baik.

Dan karena itulah, demi membantu para parents menghadapi tantangan yang semakin kompleks dalam mendukung tumbuh kembang optimal anak, baru-baru ini, CDC akhirnya membuat penyesuaian surveillance milestones & tools, terutama pada checklist untuk anak usia 15 - 30 bulan , di mana intervensi dini atau sebelum usia sekolah sangat diperlukan, karena bisa berdampak signifikan pada kemampuan anak untuk mempelajari keterampilan baru. 

dr. Lazuardi Putra selaku Category Manager Nutrition Reckitt Indonesia juga turut memberikan penjelasan, yaitu:
“Menyadari bahwa para ibu membutuhkan sebuah panduan baru untuk menjawab tantangan ini, Enfagrow yang mengerti bahwa stimulasi, nutrisi, dan lingkungan merupakan faktor yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak, terutama Kecerdasan Akademis dan Emosionalnya, berinisiatif menghadirkan acara A+ Masterclass yang diadakan di Surabaya 30 Oktober 2022.”

Serunya A+ Masterclass di Kidzania Surabaya


Kebetulan banget nih, di hari Minggu, 30 Oktober 2022 kemarin, saya berkesempatan mengikuti A+ Masterclass di Kidzania Surabaya.

Saya dan kedua anak-anak excited banget mengikuti acaranya, karena tertarik banget dengan sesi bincang para neuro expert yang hadir.

Acara tersebut dibuka pukul 12.00 siang, dan acara intinya dimulai sekitar pukul 1 siang, di mulai dengan kegiatan Mom Summit yaitu acara sesi bincang-bincang dengan neuro expert.

Yang pertama-tama dibuka oleh bapak Donny Wahyudi, yang merupakan Head of External Communications & Community Affairs dari Reckitt, di mana menjelaskan tentang manfaat dari A+ Masterclass untuk mendukung tumbuh kembang generasi Alpha masa kini.

Enfagrow A+ Masterclass Surabaya bersama Chelsea Olivia
Para neuro expert, Chelsea Olivia, dr. Attila Dewanti, Ajeng Raviando dan dr Lazuardi Putra

Lalu, dilanjutkan dengan kehadiran Mom Chelsea Olivia, yang sharing tentang pengalamannya mengasuh Dante, anak keduanya yang lahir di awal pandemi lalu.

Enfagrow A+ Masterclass Surabaya bersama Chelsea Olivia

Banyak hal menantang yang dialami Mom Chelsea dalam mengasuh Dante, karena Dante memang tumbuh di masa pandemi, di mana kesehariannya hanya di rumah saja, berinteraksi terbatas hanya dengan keluarga intinya saja, baik dengan Maminya, Papinya Glen, maupun Kakaknya Nastusha.

Akhirnya, ketika pertama kali diajak keluar, setelah pandemi sedikit longgar, Dante sungguh kebingungan dan membutuhkan waktu sebelum bisa beradaptasi dengan hal-hal yang terbilang baru untuknya.

Lalu dr. Attila Dewanti Sp.A, (K) juga menjelaskan tentang bagaimana pentingnya kecerdasan akademis dan emosional anak, karenanya parents wajib mendukung dan mengotimalkan keduanya untuk anak.

Enfagrow A+ Masterclass Surabaya stimulasi dini si kecil

Salah satunya dengan melakukan stimulasi dini kepada anak, di mana stimulasi tersebut sangat membantu memperbanyak alternatif penghubung sel-sel otak anak.
Dan manfaatnya adalah:
  • Memperbanyak dan memperkuat sinaps
  • Memproses informasi lebih cepat dan kuat
Stimulasi dini dilakukan sebaiknya sejak anak dalam kandungan hingga usia 2 tahun pertamanya, yang biasa disebut 1000 hari pertama kehidupan anak.

Melengkapi curhatan Mom Chealsea, Mba Ajeng Raviando, membenarkan apa yang dirasakan maminya Dante itu memang menjadi salah satu masalah yang banyak dialami para Moms di masa kini.
Karena pandemi memang benar-benar mengubah semuanya, segala hal bisa terjadi tanpa pasti, perubahan juga cepat terjadi, sehingga banyak yang bingung mengira-ngira, arah mana yang benar, terutama tentang pengasuhan.

Dalam acara bincang-bincang ini, beberapa A+ Moms berkesempatan untuk bertanya langsung kepada para expert, ada seorang Moms yang bahkan jauh-jauh dari Semarang datang untuk mengikuti A+ Masterclass di Surabaya ini, selain bertanya tentang tumbuh kembang anaknya,  A+ Moms tersebut juga menanyakan tentang varian Enfagrow cokelat yang telah lama menghilang dari pasar, padahal rasa tersebut kesukaan anak-anaknya.

Ada pula A+ Mom dari Surabaya bernama Cinfung yang menanyakan seberapa penting peran orang tua terhadap tumbuh kembang anak.
Yang tentu saja sangat penting, di mana parents harus bisa menyediakan waktunya khusus untuk masing-masing anak, agar bisa memantau perkembangan anak secara lebih dekat.

Enfagrow A+ Masterclass Surabaya pemenang undian
Para pemenang undian menginap di hotel Sangrilla dan voucher ratusan ribu

Selain acara bincang-bincang bersama para neuro expert, dilakukan juga pengumuman undian, di mana ada 1 A+ Mom beruntung bisa memenangkan hadiah menginap di hotel Sangrilla Surabaya, serta 3 A+ Moms beruntung mendapatkan voucher belanja senilai ratusan ribu rupiah. 

Enfagrow A+ Masterclass Surabaya graduation A+ Kid
Graduation A+ Kid

Setelahnya juga diadakan graduation para A+ Kids, yang seru banget berfoto dengan memakai toga, dengan berbagai tingkah pola lucu khas anak-anak.

Enfagrow A+ Masterclass Surabaya
Para A+ Moms ikut mengabadikan momen graduation si kecil

Dalam acara ini, ada pula kegiatan A+ Mom Checklist, yaitu tes untuk mengevaluasi Kecerdasan Akademis & Kecerdasan Emosional anak.

Enfagrow A+ Masterclass Surabaya

Dan yang paling ditunggu-tunggu para A+ Kids, yaitu A+ Kid Brain Stimulation yaitu aktivitas untuk menstimulasi otak oleh tim dari Kidzania. 

Enfagrow A+ Masterclass Surabaya
Bermain profesi menyusun bata ringan

Enfagrow A+ Masterclass Surabaya
Bermain profesi peran jadi Peter Pan

Melalui A+ Masterclass ini, para Ibu diajak untuk terus memberikan pengembangan Kecerdasan Akademis dan Emosional yang seimbang dimana pun dan kapan pun.

Untuk Kecerdasan Akademis anak, beberapa stimulasi yang bisa kita berikan  pada si Kecil adalah: 
  1. Pemecahan masalah
  2. Memori
  3. Kosa kata
  4. Kognitif
Lalu, untuk pengembangan Kecerdasan Emosional, Moms bisa mengajarkan si Kecil beberapa stimulasi yang sesuai dengan 4 pilar, seperti:
  1. Memotivasi diri
  2. Pengendalian diri
  3. Empati
  4. Leadership

Enfagrow A+ Masterclass Surabaya
Bermain profesi pemadam kebakaran

Selain keseimbangan Kecerdasan Akademis dan Emosional, Enfagrow A+ juga mendukung pemberian nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak melalui kandungan MFGM Pro dan DHA yang lebih tinggi. 

Enfagrow A+ Masterclass Surabaya

MFGM (Milk Fat Globule Membrane) merupakan lapisan alami lemak susu yang kaya nutrisi, yang seringkali hilang dalam proses pembuatan susu bubuk formula. 

Dibutuhkan lebih dari 500 kilogram susu hanya untuk mendapatkan 1 kilogram MFGM, yang mengandung beragam jenis lemak esensial dan protein untuk mendukung perkembangan kognitif dan emosional si Kecil.  

Dan semua itu, bisa Moms dapatkan di susu Enfagrow, sebagai pelengkap pemenuhan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang anak.


Tentang Mead Johnson


Mead Johnson merupakan sebuah perusahaan yang merupakan bagian dari Reckitt
Perusahaan ini merupakan salah satu dari perusahaan pertama yang berasal dari Amerika Serikat, dan telah berkomitmen untuk mendukung nutrisi berkualitas, yang mana berdasarkan penelitian ilmiah untuk usia dini. 

Untuk itu, selama lebih dari 100 tahun, Mead Johnson telah memperkenalkan berbagai produk nutrisi untuk anak usia dini, salah satunya Enfa,  sebuah merek susu untuk balita terkemuka di dunia yang telah dipercaya oleh jutaan keluarga untuk dukung tumbuh kembang anak. 

Ada beberapa produk Enfa yang telah hadir dan menjadi andalan para Moms di Indonesia, diantaranya: Enfamama A+, Enfagrow A+3 Neura Pro, Enfagrow A+4 Neura Pro, Enfagrow A+ Gentle Care, Enfagrow Essentials. 

Selain merek Enfa, Mead Johnson juga memproduksi berbagai merek lain, yaitu produk-produk farmasi dan enteral serta produk-produk nutrisi untuk orang tua.


Penutup


Pandemi memang sudah semakin melonggar, kita semua bersyukur untuk itu.
Namun semua itu bukan berarti kita bisa menarik nafas lega semata.

Masih banyak PR kita, khususnya para parents dalam pengasuhan anak, salah satunya dalam mendukung tumbuh kembang anak.

Khususnya untuk anak-anak Generasi Alpha, yaitu anak-anak yang lahir selama masa pandemi.
Tumbuh besar dalam situasi pandemi, yang mana lingkungannya jauh lebih kecil dan terbatas, dibandingkan anak-anak yang tumbuh di luar masa pandemi, yang bebas beraktifitas di luar rumah.

Untuk itulah, Enfagrow berinisiatif mengadakan A+ Masterclass untuk membantu para orang tua atau parents dalam mengoptimalkan kecerdasan akademis dan emosional si kecil.

Dan kegiatan A+ Masterclass yang diadakan di Kidzania Surabaya, Minggu kemarin, berlangsung sukses dan meriah, dengan berbagai rangkaian kegiatan yang bisa diikuti para A+ Mom, terlebih untuk A+ Kid.


Sidoarjo, 31 Oktober 2022

Sumber: Event Enfagrow A+ Masterclass Surabaya
Gambar: Dokumen pribadi

39 comments for "Enfagrow A+ Ajak Orang Tua Optimalkan Kecerdasan Akademis dan Emosional si Kecil Melalui A+ Masterclass di Kidzania Surabaya "

  1. Alhamdulillah pandemi semakin melonggar ya, Mbak. Jadi beragam acara menarik juga hadir untuk si kecil. Salah satunya Masterclass ini. Pastinya anak-anak happy mencoba berbagai profesi, termasuk memerankan Peterpan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, senang rasanya anak-anak bisa merasakan dunia luar kembali :)

      Delete
  2. Senang bisa ikutan acara seru dan meriah seperti ini. Semoga semuanya sehat selalu ya. Bakalan tidak terlupakan itu pastinya apalagi anak ada bermain peran sebagai pemadam kebakaran. Nilai positifnya pasti akan diingat mereka selalu

    ReplyDelete
  3. Pandemi semakin longgar. Tapi PR untuk mempersiapkan tumbuh kembang anak itu pasti. Nggak bisa longgar. Agar masa depan mereka gemilang. Keren banget acara Enfagrow A+ ya...

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah skrg sdh banyak event offline ya, seperti event Enfagrow A+ ini. Jadi nambah wawasan untuk para orangtua mempersiapkan tumbuh kembang anak-anak.

    ReplyDelete
  5. Bermain di Kidzania ini jadi salah satu cara stimulasi yang tepat untuk anak ya mbak
    Anak tak hanya butuh stimulasi, tetapi juga harus dilengkapi dengan nutrisi

    ReplyDelete
  6. Seruu banget acaranya mba. Ibunya happy bisa dapat ilmu dan hadiah, anak juga senang bisa main bareng teman sebayanya

    ReplyDelete
  7. MashaAllah seru banget kegiatannya, ini ibunya senang dapat banyak insight baru dari enfagrow A+, anak-anak lebih senang lagi mengikuti A+ Kid Brain Stimulation nya

    ReplyDelete
  8. Bagus sekali event yang diselenggarakan Enfagrow ya?
    Enfagrow gak hanya menyediakan produk kesehatan
    Tapi juga membantu orang tua dalam tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  9. Wah seru ya ada kidzania di Surabaya. Aku pernah bawa anak-anak ke Kidzania Jakarta dan memang seseru itu. Memang tempatnya yang luas cocok juga kalau diadakan talkshow di arenanya ya, jadi ortunya bisa dengarin parenting sambil bawa anak-anak bermain.

    ReplyDelete
  10. Aku baru menyadari bahasan generasi alpha ini kaitannya dengan program. Iya ya, setiap generasi punya kekhasan dan tantangannya. Jadi PR banget buat perusahaan untuk membuat program-program yang sesuai. Enfagrow tanggap betul.

    ReplyDelete
  11. wii ini mah asik pol bunda bisa belajar dan anak2 bisa main di kidzania. setauku juga kidzania itu memang arena mainannya melatih life skill juga ya.. mengasah ketrampilan motorik kasar

    ReplyDelete
  12. Enfagrow salah satu produk susu yang memiliki kandungan gizi bagus untuk meningkatkan gizi. Sosialisasinya membuat pembaca mengetahui manfaat susu Enfagrow.

    ReplyDelete
  13. Memang ya enggak gampang saat pandemi membersamai tumbuh kembang anak-anak kita. Maka insiatif dari Enfagrow Aplus dengan Masterclass ini menarik sekali.
    Btw, jadi ingat keseruan bermain peran dan profesi di Kidzania waktu lihat foto-foto putranya Mbak Rey ini..ya ampun anak-anak pasti happy sekali ini!

    ReplyDelete
  14. Pernah juga Aku kak bawa anak event enfagrow anak2 senang Karena Ada permainan edukatifnya Dan kita orangtua dpt insight banget masalah gizi dn tumbuh kembang

    ReplyDelete
  15. Kata Psikolog Ajeng bener juga, paparan gadget karena dua tahun belakangan terkungkung pandemi jadinya memungkinkan anak-anak bingung mulai beradaptasi.
    Sehingga perlu dukungan lingkungan dan keluarga juga ya buat stimulasi sehingga memudahkan mereka bersosialisasi

    ReplyDelete
  16. Jadi paham mengapa karakter anak tidaklah sama. Karena respon mereka terhadap sebuah keadaan juga memengaruhi yaa.. Dan bersama Enfagrow, kembali menimba ilmu sembari bermain bersama anak untuk mencoba banyak hal baru yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  17. Masya Allah ya butuh perjuangan yg ekstra utk generasi alfa.. Perkembangan digitalisasi dan otomatisasi harus seiring dengan perkembangan anak, agar bisa mengikuti perkembangan dan kemauan zaman

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah yah pandemi Uda mulai hilang. Jadi anak-anak bisa main keluar lagi. Bisa ikutan event-event begini seru banget kan yah..

    ReplyDelete
  19. Replies
    1. uwowwwwwwwww, padahal ada tempatnya di judulnya loh, masa iya judulnya juga ga dibaca? wkwkwkwkwkwk

      Delete
  20. Seneng banget liat anak-anak bisa bermain lagi di Kidzania dan mamanya dapet ilmu baru. Penting banget edukasi seimbang antara IQ dan EQ ya seperti di A+ Masterclass ini

    ReplyDelete
  21. Saya pernah pergi ke suatu mall di Jogja dan saat itu ada pameran tentang cara melihat kecerdasan anak, tertariklah saya mendorong anak saya untuk mencobanya. Tak disangka anak saya bisa mengikuti dengan baik dari awal hingga akhir padahal sebelumnya dia belum pernah tes seperti itu. Kalau enfagrow bisa mengadakan acara untuk meningkatkan kecerdasan akademik dan emosional tentu menarik sekali untuk diikuti. Sebab kedua hal itu sangat penting dan akan membentuk kepribadiannya kelak.

    ReplyDelete
  22. Asyik banget bisa ikutan acara yang keren

    ReplyDelete
  23. Seru banget nih acaranya, lengkap ya, ada talkshow, ada doorprize plus ada tes stimulasi anak bareng kidzania pula. Adek sama bunda pasti seneng banget dateng ke acara yang diadakan oleh Enfagrow ini. Semoga semakin banyak acara bertema edukasi untuk di bidang kesehatan anak lainnya ya

    ReplyDelete
  24. Seru banget ini! Anak-anak main di Kidzania, pretend play profesi sementara orang tua belajar parenting untuk dukung tumbuh kembang anak yang optimal

    eh benar lho seperti cerita Chelsea, anak bayiku yang besar saat pandemi jadi butuh proses saat diajak keluar ke lingkungan yang lebih luas. Selama pandemi kan mostly di rumah aja ya, indoor.

    ReplyDelete
  25. Kegiatan bersama Enfagrow ini pasti bermanfaat, selain menyenangkan dan menjadi hiburan juga ya!

    ReplyDelete
  26. acara seperti ini yang dibutuhkan oleh orangtua karena bisa menstimulasi kecerdasan dan tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  27. Sebelum pandemi pun sudah banyak anak-anak yang kurang sosialisasinya. Karena lebih suka berinteraksi dg dunia maya. Apalagi 2 tahunan ada pandemi. Tentunya ini menjadi tantangan bagi orangtua agar anak-anak bisa tetap seimbang tumbuh kembangnya.

    ReplyDelete
  28. Rasanya pas sekali nih event dari Enfagrow A+ ini diselenggarakan di Kidzania Surabaya. Anak-anak yang besar di masa pandemi memang jadi lebih banyak berdekatan dengan gadget, pun nggak selalu leluasa bermain di luar rumah. Butuh perjuahlngan panjang untuk para parents dalam mendukung tumbuh kembang si kecilnya memang.

    ReplyDelete
  29. Senang banget akhirnya si kecil bisa punya tempat bermain dan menyalurkan kreatifitasnya lagi di Kidzania lagi, setelah masa pandemi 2 tahun ini. Generasi Alpha ini memang spesial deh, makanya perlu stimulasi yang spesial juga agar tumbuh kembangnya bisa optimal.

    ReplyDelete
  30. Wah seru banget acaranya. Banyak pengetahuan baru tentunya. Memang ya masa pandemi bikin ruang interaksi jadi terbatas. Stimulasi yang tepat dari lingkungan terdekat sangat dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  31. Kecerdasan Akademis dan Emosional sama penting, walau kadang orang tua masih mementingkan kecerdasan akademis, anak disuruh les, kalau gak ranking dimarahin..

    ReplyDelete
  32. Masa pandemi ini memang berdampak ke banyak hal, ya. Sampai-sampai anak-anak khususnya yang lahir dan mulai tumbuh di masa itu perlu banyak penyesuaian dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Ortu jadinya perlu usaha ekstra juga nih, termasuk lewat jalur asupan berkualitas ya untuk mendukung bukan cuma pertumbuhan tapi juga perkembangan anak.

    ReplyDelete
  33. Salut nih sama Enfagrow yang selaku brand besar tetap memperhatikan tumbuh kembang anak-anak di Indonesia dengan berbagai program dan informasi yang menarik

    ReplyDelete
  34. salut deh sama enfagrow a+ kerennnn banget acaranya, tambah ilmu buat para orang tua sekaligus memberikan tempat hiburan yang baik juga untuk anak, semoga acaranya bisa lebih sering yah mba rey seperti ini

    ReplyDelete
  35. Seru banget sih acaranya, jadi pembelajaran buat aku juga nih kalau ternyata kecerdasan Akademis dsn Emosional sama penting nya. Kadang suka sebel kalau keluarga, saudara saudara yang selalu tanya anak nya rangking berapa? Juara kelas tidak?

    ReplyDelete
  36. Tumbuh kembang anak menjadi hal yang harus menjadi perhatian orang tua sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak bisa optimal..

    ReplyDelete
  37. Wah kegiatan keren kayak gini ada di Malang juga gak ya. Perlu nih mengetahui kecerdasan emosional anak melalui banyak kegiatan positif seperti yang dilakukan enfagrow

    ReplyDelete