Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Obat Sirup yang Dilarang, Cek Obat-Obatan Di Rumah ya Parents!

Konten [Tampil]
Daftar Obat Sirup yang Dilarang

Daftar obat sirup yang dilarang, terkait dengan meningkatnya kasus gagal ginjal akut pada anak yang berakibat kematian, akhirnya dirilis oleh BPOM, tepat sehari setelah Kemenkes mengeluarkan himbauan larangan menggunakan obat dalam bentuk sirup sementara.

Akhirnya ya, setelah parno seharian, karena anak-anak memang lagi batuk pilek, dan sedang mengkonsumsi obat batuk dan vitamin dalam bentuk sirup, akhirnya berakhir.
Dan saya akan bagikan di Parenting By Rey kali ini.

BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan, telah merilis nama-nama dari 5 obat jenis sirup yang harus segera ditarik peredarannya. 

Hal ini dikarenakan, ke-5 obat tersebut punya kandungan pencemaran zat berbahaya buat tubuh jika dikonsumsi.
Ada zat Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG), yang kandungannya melebihi ambang batas aman buat tubuh. 

Namun, hal ini belum menjadi sebuah kesimpulan akhir, bahwa terdapat keterkaitan antara penggunaan obat sirup tersebut dengan kasus gagal ginjal pada anak yang meningkat akhir-akhir ini,

BPOM mengatakan, bahwa masih ada beberapa faktor lain, yang menjadi risiko penyebab terjadinya gagal ginjal akut pada anak, seperti infeksi virus, bakteri Leptospira hingga multisystem inflammatory syndrome in children (MIS-C) atau disebut sindrom peradangan multisistem pasca COVID-19.

Meski demikian, keputusan menarik ke-5 obat sirup yang membahayakan tubuh ini sangat tepat, setidaknya bisa menekan salah satu dugaan penyebab penyakit gagal ginjal akut pada anak.

Dan berikut daftar obat sirup yang dilarang beredar karena membahayakan tubuh, yaitu:


1. Termorex Sirup


Termorex sirup merupakan obat demam yang diproduksi oleh PT Konimex.
Obat ini biasanya digunakan sebagai obat penurun panas anak, yang tanpa alkohol, serta dengan kandungan paracetamol dan rasa jeruk. 

termorex sirup ditarik karena berbahaya
Source: tokopedia

Obat ini juga efektif membantu meredakan demam pada bayi dan anak setelah imunisasi, sakit kepala, dan sakit gigi.

Termorex sirup ini memiliki nomor izin edar DBL7813003537A1 dan dikemas dalam kemasan dus serta botol plastik, dengan komposisi per 5 ml : Paracetamol 160 mg.

Alhamdulillahnya, meski obat sirup ini memang terkenal di iklannya, tapi saya sama sekali belum pernah membeli apalagi memberikan ke anak-anak


2. Flurin DMP Sirup 


Flurin DMP sirup merupakan obat batuk dan flu, yang diproduksi oleh PT Yarindo Farmatama.
Obat ini dapat meredakan gejala flu seperti demam sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin yang disertai batuk.

Flurin DMP sirup ditarik karena berbahaya
Source: bukalapak

Flurin DMP sirup memiliki nomor izin edar DTL0332708637A1, dan dikemas dalam kemasan dus dan botol plastik @60 ml.

Adapun komposisinya adalah: 
Per 5 mL : Paracetamol 120 mg, Chlorpeniramine Maleate 0.5 mg, Pseudoephedrine HCl 7.5 mg, Dextromethorphan HBr 5 mg

Dan lagi-lagi bersyukur, saya bahkan baru tahu obat ini, meskipun kandungannya sangat familier buat saya.


3. Unibebi Cough Sirup (Batuk dan Flu)


Unibebi Cough Syrup merupakan sirup obat batuk yang diformulasikan untuk bayi dan anak-anak. Obat ini memiliki khasiat yaitu: dapat menyembuhkan batuk disertai dahak, menurunkan demam, dan meringankan gejala influenza.

Unibebi Cough syrup ditarik karena berbahaya
Source: tokopedia

Unibebi Cough Syrup diproduksi oleh PT. Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, dan dikemas dalam kemasan dus dan botol plastik @ 60 ml.

Adapun komposisinya adalah:
Tiap 5 ml mengandung : Paracetamol 120 mg, Guaifenesin 25 mg, CTM 1 mg


4. Unibebi Demam Sirup (obat demam)


Unibebi Demam (Paracetamol Syrup) merupakan obat sirup yang berkhasiat membantu meringankan gejala sakit seperti sakit kepala, sakit gigi dan menurunkan demam. 
Sirup parasetamol ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak, mulai dari usia balita hingga 12 tahun keatas.

Unibebi demam parasetamol syrup ditarik karena berbahaya
Source: Tokopedia

Unibebi Demam (Paracetamol Syrup) ini diproduksi oleh PT. Universal Pharmaceutical Industries, dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, dan dikemas dalam kemasan dus serta botol @ 60 ml.

Adapun komposisinya adalah:
Tiap 5 ml mengandung : Paracetamol 120 mg


5. Unibebi Demam Drops (obat demam)


Unibebi Demam drops (Paracetamol Syrup) merupakan obat sirup yang berkhasiat membantu meringankan rasa sakit seperti sakit kepala, sakit gigi dan menurunkan demam. 
Sirup parasetamol ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak dari usia balita hingga 5 tahun
Unibebi demam parasetamol drops ditarik karena berbahaya
Source: shopee

Unibebi Demam drops (Paracetamol Syrup) ini diproduksi oleh PT, Universal Pharmaceutical Industries, dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, dan dikemas dalam kemasan dus serta botol @ 15 ml.

Adapun komposisinya adalah : Paracetamol 100 mg/ml


Syukur Alhamdulillahnya nih, saya sama sekali belum pernah membeli dan memberikan obat-obatan sirup di atas untuk anak-anak.

Dan setelah pengumuman BPOM kemarin, tampaknya sudah banyak pihak yang merespon dengan baik, saya coba mencari obat-obatan tersebut di apotik terkenal melalui online, ternyata semua sudah dihapus.

Namun kita masih bisa menemukan obat-obatan ini di beberapa marketplace kayak Shopee dan sebagainya.

Karenanya, dibutuhkan bantuan untuk share informasi ini seluas-luasnya, agar banyak masyarakat yang tahu, terutama untuk obat-obatan yang harganya sangat terjangkau, seperti Unibebi.
Takutnya obat-obatan ini menjadi andalan banyak masyarakat yang belum tahu kalau obat tersebut sudah ditarik peredarannya, karena dinilai membahayakan tubuh manusia.


Penutup


Akhirnya ya, setelah sebelumnya Kementerian Kesehatan Indonesia, telah mengambil langkah nyata, yaitu menghimbau kepada tenaga kesehatan untuk tidak memberikan obat dalam bentuk cair atau sirup kepada pasien. 

Di mana hal ini diberlakukan dengan adanya banyak kasus gagal ginjal akut pada anak secara misterius. 

Dan Alhamdulillahnya, nggak perlu menunggu waktu lama, BPOM akhirnya merilis hasil temuan mereka, dari 5 jenis obat sirup yang dilarang penggunaan maupun peredarannya, karena mengandung zat berbahaya di atas ambang batas aman.

Jadi parents, jangan lupa cek obat-obatan di rumah ya.


Sidoarjo, 21 Oktober 2022

Sumber: https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/158/INFORMASI-KEEMPAT-HASIL-PENGAWASAN-BPOM-TERHADAP-SIRUP-OBAT-YANG-DIDUGA-MENGANDUNG-CEMARAN-ETILEN-GLIKOL--EG--DAN-DIETILEN-GLIKOL--DEG-.html di akses 21 Oktober 2022
Gambar: beberapa sumber

Post a Comment for "Daftar Obat Sirup yang Dilarang, Cek Obat-Obatan Di Rumah ya Parents!"