Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Pakai Jasa Antar Jemput Anak Sekolah di Sidoarjo

Konten [Tampil]

 

jasa-antar-jemput-anak-sekolah

Ketika SD, selama 6 tahun si Kakak Darrell menggunakan jasa antar jemput anak sekolah dengan menggunakan kendaraan mobil yang bekerja sama dengan sekolahnya. Alasannya, karena sekolah si Kakak lumayan jauh dari tempat tinggal kami, dan kebetulan ketika anak masuk SD, eh maminya hamil si Adik.

Kehamilan kedua saya memang lumayan riskan, dan penuh tantangan. Rasanya melengkapi banget rasa malas saya untuk kegiatan antar jemput anak naik motor.

Ye kan, saya tuh aslinya nggak jago-jago amat, bahkan penakut banget naik motor. Tapi karena the power of kepepet, jadilah saya paksain untuk bisa naik motor dengan membonceng anak.

Namun, nggak tahu kenapa ya, selain nyuapin anak, antar jemput anak sekolah itu terasa amat sangat membosankan buat saya.

Bahkan saya sudah menyerah dengan kegiatan antar jemput anak sekolah, sejak si Kakak masih TK dong.

Apalagi alasannya selain agak jauh, pun juga jalanannya bikin stres. Udahlah sempit karena lewat jalan tembusan, jalanannya rusak berbatu, penuh dengan rintangan 'polisi tidur' pulak

Belum lagi, si Kakak tuh dulunya kudu 2 kali bolak balik ke sekolahnya di TK. Paginya sekolah, sorenya dia harus balik lagi ke sekolah itu karena ikut ngaji di situ.

Rasanya, habis sudah waktu saya di jalanan sempit itu. Hampir juga sampai di ambang batas nyaris strooke rasanya, gegara harus naik motor sambil ketakutan ketika papasan dengan motor lainnya, di jalan yang super kecil itu, hiks.

Itu belum ketambahan kalau hujan ya, luar biasa hectic-nya karena harus pakai jas hujan, dan harus menempuh perjalanan yang kecil itu.


Kakak Darrell Masuk SD dan Alasan Menggunakan Jasa Antar Jemput Anak Sekolah

Jadi ceritanya si Kakak Darrell akhirnya masuk sekolah dasar Islam di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo, di mana jarak sekolah itu dari tempat tinggal kami di Taman Pondok Jati sekitar 4 KMan.

jasa-antar-jemput-anak-sekolah

Sebelumnya si Kakak emang udah memakai jasa antar jemput ketika dia masih TK. Tapi kami memilih pakai jasa perorangan, yaitu anak kepala sekolah TKnya yang bisa antar jemput si Kakak pakai motor.

Kami bisa dengan tenang pakai jasa anak tersebut yang memang sudah kuliah dan punya SIM, karena sebelumnya si Kakak juga udah kenal Mas tersebut, ketika dia kami titipkan di rumah kepala sekolah tersebut.

Sayangnya, ternyata pakai jasa perorangan tersebut bikin tensi seringnya jadi naik drastis *eh. Ya karena apalagi kalau bukan si tukang anjemnya sering lupa anjem si Kakak.

Kesal banget rasanya, udahlah si Kakak siap-siap lebih pagi, eh yang anjem itu nggak datang. Pas ditelpon eh katanya ketiduran. Bete nggak sih, karena ujungnya saya juga yang harus anjem si Kakak.

Karenanya, ketika si Kakak masuk SD, kami putuskan untuk memakai jasa antar jemput yang bekerjasama langsung dengan sekolahnya, tentunya dengan kendaraan mobil. Alasannya, kalau kendaraan mobil yang diantar jemput pastinya banyak kan. Jadi, kalau supirnya berani malas, maka banyak siswa yang bakal telat ke sekolah.

Dan alasan paling mendasar mengapa kami memakai jasa antar jemput anak sekolah adalah:


1. Jarak sekolah Kakak Darrell Lumayan Jauh

Jarak sekolah SD si kakak dengan tempat tinggal kami lumayan jauh, sekitar 4 KMan. Dan lagi-lagi harus melewati jalanan ramai, macet, sempit dan dua arah pulak. Duh kebayang deh kalau saya harus 2 kali sehari PP melewati jalanan begitu. Bisa cepat stroke dah sayanya.


2. Maminya Hamil Dengan Berbagai Masalah

Yang paling penting juga adalah, si Kakak masuk SD bertepatan dengan mami hamil si Adik. Dan hamilnya masya Allah.... penuh tantangan banget, di mana saya menghabiskan waktu hampir 7 bulanan terbaring karena hyperemesis parah.


3. Mengantisipasi Hujan di Perjalanan

Yang paling rempong dari urusan antar jemput anak sekolah itu adalah, ketika hujan tiba. Membonceng anak sekolah dengan tas gede karena ketika SD si Kakak dilatih jadi anak mandiri disuruh bawa baju ganti mulu di sekolah hampir setiap hari.

Kebayang kan kalau si Kakak naik motor kehujanan, mana jauh pulak, sambil gembol tas gede pulak. 


Plus Minus Menggunakan Jasa Antar Jemput Anak Sekolah 

Dengan memakai jasa anjem anak sekolah, ada begitu banyak hal-hal positif atau keuntungannya khususnya buat anak sekolah, maupun bagi parents, di antaranya:

jasa-antar-jemput-anak-sekolah

Plus atau enaknya menggunakan jasa antar jemput anak sekolah  

1. Anak jadi tidak pernah terlambat sampai di sekolah

Karena memakai jasa antar jemput dengan kendaraan mobil, otomatis yang diantar jemput bukan hanya satu anak doang, tapi banyak. 

Hal ini bikin supir anjemnya akan selalu rajin dan tepat waktu, karena kalau telat maka resikonya ada banyak anak yang akan telat sampai ke sekolah. Tentunya hal ini akan menjadi masalah karena di sekolah si Kakak misalnya, ada perhitungan poin berkurang, jika telat masuk. 


2. Anak jadi lebih aman dan nyaman

Karena menggunakan kendaraan mobil, bikin anak jadi lebih aman dan nyaman selama perjalanan pergi dan pulang sekolah.

Ketika di sekolahpun, mobil anjemnya terparkir di halaman penjemputan sekolah. Dan supirnya akan dengan teliti dan bertanggung jawab mencari anak-anak yang ikut rute anjemnya pergi dan pulang.

Supir selalu bertanggung jawab memastikan anak yang diantarnya sampai dan masuk ke lingkungan sekolah dengan aman. Demikian juga ketika pulang, supir anjem akan dengan teliti mengumpulkan semua anak agar tidak salah masuk mobil jemputan.

Kebetulan juga, di sekolah kakak dulu, keamanannya juga lumayan ketat. Jadi ketakutan saya ketika awal-awal si Kakak ikut anjem, takut dia bingung cari supir anjemnya, secara yang jemput kan banyak ye. Ternyata nggak ada masalah.


3. Anak bisa tetap berangkat dan pulang sekolah meski hujan

Karena supirnya Alhamdulillah selalu disiplin dan bertanggung jawab, serta anak-anak berangkat dan pulang menggunakan kendaraan mobil. Jadinya anak bisa tetap pergi dan pulang sekolah meskipun cuaca sedang hujan.

 

4. Parents tidak perlu repot dengan antar jemput anak ke sekolah

Tentunya parents sangat terbantukan dengan adanya jasa antar jemput anak sekolah ini, karena tidak perlu repot mengantar hingga menjemput anak sekolah lagi. 

Parents hanya perlu memastikan agar anak telah siap sesuai jam yang ditentukan ketika jemput, dan memastikan ada orang di rumah ketika anak pulang sekolah.


Minus atau nggak enaknya menggunakan jasa antar jemput anak sekolah 

Meski terbantukan dengan menggunakan jasa anjem anak sekolah ini, bukan berarti nggak ada sisi negatif atau kekurangannya ya, di antaranya: 

1. Anak harus selalu siap lebih pagi 

Waduuuhh, saya sih udah nggak perlu rempong antar jemput si Kakak sekolah naik motor bolak balik. Tapi, selama 6 tahun dia bersekolah di SD, maminya ini udah di tahap bosaaaaannn banget bangun kepagian buat nyiapin sarapan dan persiapan si kakak berangkat sekolah.

Karena waktu itu si Kakak dijemput pukul 6 tepat, jadi sebelum pukul 6 ya si Kakak harus udah siap di depan rumah, biar nggak bikin anjemnya nunggu.


2. Anak selalu pulang lebih telat

Berangkat lebih pagi, tapi pulangnya lebih sore, karena si Kakak merupakan kloter paling akhir di antar pulang, hahaha.

Kasian sih, dia pulang sekolah pukul 15.30an, eh sampai rumah kadang udah pukul 17.00 bahkan lebih, dalam kondisi terhuyung saking capeknya, hahaha.


3. Harus siapin dana lebih untuk bayar jasa antar jemput

Dan terakhir adalah.... nambahin pengeluaran biaya pendidikan anak. Anjemnya lumayan mihil dong buat kami. Sudahlah SPP si Kakak setiap bulannya fantastis, ketambahan biaya anjem pulak yang setelah pandemi naik jadi 450an kalau nggak salah.

SPP 1 jutaan, anjem 450an, ditambah uang jajan setiap hari. Fix sebulan keknya habis sekitar 2 jutaan hahaha.

Oh ya, biaya antar jemput anak sekolah di sekolah si Kakak ini beragam ya, tergantung jarak sekolah ke rumah masing-masing anak.

Untuk biaya anjem dari SDI Raudlatul Jannah ke Taman Pondok Jati, Sidoarjo. Terakhir tahun 2023 ini adalah 450an.


Kesimpulan dan Penutup

Menggunakan jasa antar jemput anak sekolah itu, sangat membantu banget, khususnya buat saya sebagai parents, maupun anak-anak, khususnya si Kakak ketika sekolah SD.

Meskipun tentunya ada pula plus minusnya, mulai dari anak bisa berangkat sekolah dengan aman dan nyaman, hingga minusnya salah satunya biaya pendidikan jadi membengkak.

Tapi, menurut saya sih worth it, terutama untuk pengalaman kami menggunakan jasa antar jemput anak sekolah di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo.


Surabaya, 05 Oktober 2023

Sumber: pengalaman pribadi

Gambar: Canva edit by Rey

Demikian artikel tentang pengalaman pribadi menggunakan jasa antar jemput anak sekolah di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Pengalaman Pakai Jasa Antar Jemput Anak Sekolah di Sidoarjo"