Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Istri Bersolek Ketika Keluar Rumah itu, Untuk Harga Diri Suami

Konten [Tampil]
Istri Bersolek Ketika Keluar Rumah itu, Untuk Harga Diri Suami

Parenting By Rey - Seorang sahabat pernah menasihati saya, agar mau nabung dan beli emas, setidaknya cincin dan gelang, agar bisa dipakai ketika keluar rumah.

Bagi sahabat saya, emas adalah perhiasan wajib bagi seorang istri, dan juga wajib dipakai bersolek ketika keluar rumah, terutama saat ngumpul-ngumpul keluarga.

Sahabat saya nggak asal ngomong sih, karena dia selalu melihat tangan saya bersih dari perhiasan, bahkan sekadar cincin nikah saja, saya nggak pakai, hehehe.

Alasannya, saya memang kurang terbiasa pakai perhiasan, apalagi emas.
Karena sejak kecil saya hampir nggak pernah pakai emas.

Seingat saya, mama hanya punya perhiasan emas, ketika kami masih di Minahasa.
Sewaktu pindah ke Buton, mama lalu menjual semua perhiasannya, untuk biaya hidup, karena rezeki bapak tidak selancar ketika berada di Minahasa, setelah pindah ke Buton.

Praktis, setelah pindah ke Buton, saya nggak pernah lagi pakai emas, sampai saya menikah karena harus ada cincin buat nikah, hahaha.

Mungkin karena kebiasaan nggak pakai emas itu, saya tumbuh jadi wanita yang nggak terlalu mendewakan perhiasan emas.
Kalau perhiasan lucu-lucu yang dari kayu atau semacamnya sih ada beberapa, itupun jarang saya pakai, hahaha.

Dan karena itu juga, saya bukan termasuk wanita yang terobsesi harus punya emas.
Meskipun dalam hati kadang pengen juga gitu pakai emas kayak lainnya, tapi apalah daya, duitnya selalu kepakai buat yang lain, hahaha.


Istri Suka Bersolek Itu Nggak Selamanya Buruk


Kalau beberapa waktu lalu, saya pernah menuliskan tentang alasan istri malas dandan di rumah, mungkin beberapa orang akan beralasan bahwa,
"Sebenarnya sih nggak masalah istri malas dandan di rumah, cuman masalahnya kebanyakan istri malas dandan di rumah, pas keluar udah kayak mau shooting, dandannya luar biasa!"
Siapa yang juga berpikiran demikian?
Pasti kebanyakan para pria atau suami, dan sedikit istri maha hebat *uhuk

Istri Bersolek Ketika Keluar Rumah itu, Untuk Harga Diri Suami

Kebanyakan orang mempermasalahkan, kalau itu berarti, istri hanya suka bersolek untuk lelaki lain, sementara di depan suami sendiri acak adut.

Tapi hey!
Kata siapa, seorang istri yang keluar rumah, dan bersolek cantik mempesona, lengkap dengan perhiasan wah, adalah untuk terlihat cantik di mata lelaki lain?

APA UNTUNGNYA WOEEEE!!!

Kagak pada mikir apa ya, buat apa coba, seorang istri harus keliatan cantik di mata lelaki lain?
Buat apa?
Biar lelaki lain itu auto belikan jet pribadi? nggak mungkin kan? hahaha.

Padahal ya, jika seorang istri bersolek atau berdandan hebat ketika keluar rumah, itu karena sang istri sedang membanggakan suaminya.

Loh kok bisa?

Coba deh pikirkan, apa yang ada di benak kita semua, ketika kita melihat seorang ibu-ibu cantik, wajah dan tubuh terawat, bajunya bagus, tasnya kece, sandal/sepatu keren, dan ada perhiasan emas bahkan berlian di anggota tubuhnya.

Apa yang ada di benak kita?
"Waahhh ibu-ibu sosialita!"
"Wahhhh, beruntung banget ibu itu punya suami yang peduli padanya!"
"Bikin iri, suaminya royal banget sama tuh ibu!"
Atau di mata, keluarga sang istri,
"Alhamdulillah, anakku bahagia setelah menikah, suaminya hebat dan royal banget"
Ya... kecuali mungkin di depan mertua sih, kalau pas apes dapat mertua yang menyebalkan.
"Astagaaaa... anakku sibuk kerja siang malam, istrinya kerjaannya ngabisin uang anakku saja!"
hahahahaha.

Nah dari semua kalimat itu, siapa yang diuntungkan?
SUAMI!

Nggak peduli sang istri cantik karena jungkir balik mengirit uang belanja.
Bahkan nggak peduli, kalau ternyata istri yang jungkir balik cari uang untuk biaya hidupnya sendiri.
Nggak bakal ada yang peduli, kecuali istrinya jelasin ke satu persatu orang di dunia ini.

Selalu dalam tanggapan orang, suami yang diuntungkan.
Suami yang dipuji.

Kebalikan, kalau istri awut-awutan, biar kata ternyata istrinya yang malas dandan, sementara duit buat perawatan udah dikasih.
Yang disalahkan tetap suami! hahaha.

Jadi saya tuh sering heran dah, kalau ada laki-laki yang julid ketika melihat ibu-ibu suka dandan ketika keluar rumah.


Istri Suka Bersolek Ketika Keluar Rumah Untuk Harga Diri Suami


Kembali ngomongin sahabat saya tentang masalah emas dan bersolek.
Selama pernah menikah hingga 12 tahunan, sejujurnya saya selalu minder ketika berkumpul dengan keluarga ipar dan mertua.

Istri Bersolek Ketika Keluar Rumah itu, Untuk Harga Diri Suami

Ketika lebaran, semua pada ngumpul.
Masing-masing bersolek dengan baju baru kembaran sekeluarga, lengkap dengan perhiasan yang mencolok.

Atau ketika ada acara keluarga, semua kumpul dan semua bersolek, hanya saya yang kucel sendiri, dengan tangan yang bersih dari perhiasan.

Awalnya, saya selalu menghibur diri, kalau saya nggak terlalu mendewakan emas, tapi lama kelamaan saya jadi minder sendiri.
Sebenarnya bukan minder karena merasa jelek dan miskin sih.

Tapi minder, karena kasian di antara saudaranya, suami yang paling ngenes sendiri, hahaha.
Ya jadi mikir gitu, kasian banget, bahkan beliin perhiasaan murah, kok nggak bisa?

Saya jadi teringat akan nasihat sahabat saya tersebut.
Yang buat dia, bahkan senang banget kerja cari duit, tapi duitnya sama sekali nggak mau dipakai buat biaya hidup.

Beda banget sama si Rey, cari uang ya buat dipakai bersama, boro-boro mikirin diri sendiri ye kannn..

Semua uang yang sahabat saya hasilkan itu, ditabung untuk dirinya sendiri, lalu dibelikan emas.
Nggak heran emasnya banyak dan macam-macam modelnya.

Dulunya saya sering bercanda, buat apa sih koleksi emas?
Bikin hidup nggak tenang aja.
Bukannya apa-apa nih ya, saya punya laptop aja yang terlihat berharga di rumah, kalau pas keluar rumah itu suka parno sendiri.

Itu rumah udah dikunci dengan baik nggak ya? Takut ada orang yang bisa masuk dan nyuri laptop saya, hiks.

Karena saya tak punya tabungan atau benda berharga lainnya yang disimpan, bahkan uang cash saja jarang ada di dompet saya, karena saya tipe cashless banget, dan menurut saya, bank adalah tempat paling aman, dan semoga begitu.
 
Dulunya, sahabat saya itu selalu mencubit saya, kalau sayanya udah mulai meremehkan hobi dia yang suka koleksi emas.

Dan dia lalu menjelaskan, kalau sebenarnya dia tuh nggak egois, dia memang nggak pernah bantuin suami dalam hal ekonomi untuk rumah tangga.

Tapi yang dia lakukan dengan membeli hal-hal untuk mempercantik dirinya, adalah bentuk dia membantu suami agar terlihat hebat di mata dunia, terutama keluarga.

Iya, ketika mereka berkunjung pada keluarga, sahabat saya itu pasti akan memakai semua perhiasannya yang terbaru, bersolek yang cantik, dan begitulah, keluarganya, sahabat-sahabat lainnya selalu memujinya, dengan mengatakan, betapa beruntungnya dia karena punya suami yang perhatian, yang membelikan semua kebutuhannya.

Lalu teman saya akan mesem-mesem sendiri, palingan dia ngakak ke saya, sambil bilang,
"Mereka nggak tahu saja, kalau saya nggak kerja, manalah bisa beli emas ini, hahaha!"
Sahabat saya tersebut, bukan ingin mengatakan bahwa suaminya nggak mampu membelikannya perhiasan emas.
Tapi dia hanya ingin agar harga diri suaminya terjaga di mata keluarganya, khususnya keluarganya sendiri.

Ini menjelaskan kepada khalayak, bahwa sesungguhnya apapun yang seorang istri lakukan itu, selalu kembali ke suaminya.

Dia belanja, dia dandan, dia suka pakai pakaian bagus, semua itu untuk suaminya.
Untuk harga diri suaminya.

Karena kita semua tahu kan, bagaimana harga diri seorang lelaki itu?
Yaitu ketika mereka bisa menafkahi keluarganya secara cukup, setidaknya buat lelaki yang bener ya.

Banyak loh, suami yang sebenarnya udah nggak terlalu kekurangan, karena istrinya bisa bantuin cari uang, tapi suaminya tetep stres sendiri, lalu berbuat aneh-aneh yang merugikan pernikahan, gara-gara ego harga dirinya pengen terlihat hebat di mata semua orang, termasuk istrinya.

Betapa pentingnya harga diri seorang lelaki itu.
Makanya suka heran kalau ada istri yang 'terlihat' boros, suaminya auto nyinyir.

Giliran istrinya kucel, eh dia selingkuh, ckckckck.
Lalu mengatakan kepada semua orang, kalau istrinya pemalas, ckckckck.

Jadi begitu ya, pakbapak...
Mertua!

Kalau ada seorang perempuan berstatus istri, yang kayaknya kok di rumah malas dandan, tapi pas keluar rumah kayak model *uhuy!
Nggak perlulah sibuk menghakimi apalagi menuduh istri hanya pengen cantik buat lelaki lain.

Dih, apa untungnya cobak?
Justru, kebanyakan istri tampil cantik itu, ya untuk harga diri suaminya.
Biar suaminya dinilai berhasil membahagiakan istrinya.

Lalu mengapa kok di rumah istri malas dandan, hanya keluar aja baru mau bersolek?
Ya baca aja alasannya di postingan saya beberapa waktu silam ya, hahaha.

Demikianlah.

Sidoarjo, 15 April 2022


Sumber: pengalaman dan opini pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

5 comments for "Istri Bersolek Ketika Keluar Rumah itu, Untuk Harga Diri Suami"

  1. Reeeeeeeeeyyyyy, ini sehatiiiii bangetttt Ama aku 不不不.

    Selama ini males aja tiap kali denger yaaa, bagi wanita jangan terlalu banyak dandan kalo keluar. Toh udah laku. Diiiiih coba aja istrinya begitu, kucel pas kluar, malu ga situ 不.

    Aku kalo dirumah, memang hanya pakai skincare, tapi makeup ga samasekali, biar kulit wajah bernapas lah, ga ketutupan makeup. Kalo skincare mah wajib memang. Dandanan juga cuma pants dan tank top. Tapi wajib hrs rapi dan wangi.

    Nah kalo kluar, aku baru dandan, tampil wangi. Ya demi pak suami juga. Ga mau lah bikin dia malu. Apalagiiii kalo kluarnya mau ketemuan Ama temen2 SMA atau kuliah dia. Atau temen2 semasa dia msh di Finland, Jerman . Soalnya mantan2 dia cantik2 cuy 不不不不. Seriiuuus aku sampe minder pas tau mantan dia cakep semua wkwkwkwkw. Intinya kalo dandan aja aku kebanting, apalagi ga dandan .

    Ya ga mau dong sampe bikin malu pak suami. At least walo kalah cantik, tapi jangan sampe kalah gaya 不. Ga kepikiran blasss aku dandan buat cowo lain. Duuuuh udh anak 2, lagian ngapain Ama cowo lain. Emangnya dia bisa ngalahin pak suami dlm hal kesabaran 不不..

    Bingung makanya Ama orang2 yg punya pikiran gitu. Picik bangettttt

    ReplyDelete
  2. Kalau pulang kampung, saya sering di cibir. Karena tak pakai perhiasan emas. Mungkin mereka mencap hidup saya melarat di rantau orang. Saya gak hobi pakai emas. Apalagi saat pulkam. Seolah2 sengaja pamer. Rasanya, orang jelek dan hitam seperti saya, sekilopon emas melilit tubuh, tetap saja jelek. He he

    ReplyDelete
  3. Kata bang Haji...Berhias perlu, cantikpun perlu untuk menambah gairah, tapi cinta diatas segalanya.不不不

    Jangankan istri mak Rey, Aku dirumah saja dandan ganteng setiap hari....Ciieeiilee!!不不不 Mau sepedahan saja aku dandan ganteng Hooohooo!.不 不 不 Eeh tapi emang benar kok dari sejak masih pacaran aku dan istri meski nggak kemana2 saja tetap dandan.

    Sayapun setuju dengan dirimu mak Rey seorang istri memang lebih bagus berhias diri, baik diluar rumah atau pun didalam rumah. Yang terpenting berhias untuk diri sendiri bukan karena sesuatu atau cari perhatian dengan para tetangga atau dengan si anu.

    Dan masalah seorang istri dandan untuk menyenangkan suami ada benarnya juga, meski terkadang penilaian orang tetap beda2. Akan tetapi meski begitu sebagai seorang wanita memang akan terkesan menarik jika ia bisa merawat dirinya, apapun keadaan yang is alami. Karena untuk tampil cantik juga tidak meski melulu harus dengan biaya besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iniiii baru top . Di manapun aja tampil rapi ya mas . Dirimu Gemini sejati memang wkwkwkwkwkk. Tapi sebagai cewe aku juga suka lah Ama cowo yg rapi, wangi. Ga kucel. Biar gimana, manusia itu suka Ama semua yg terlihat enak dipandang . Cantik jelek mah relatif. Tapi kalo dia bisa dandan dan bisa rawat diri, pasti akan terlihat menarik

      Delete
  4. Setuju banget deh mbak. Masak kita mau tampil kucel sih. Yang jelek-jelek tuh jangan sampai lah ketahuan orang, aib kan harus ditutupi yak wkwkwk. Dan niat dandan memang bukan buat laki-laki lain, tapi tu selain menjaga martabat suami juga bisa jadi kepuasan tersendiri pas lihat wajah fresh.

    Kalau di rumah saya memang kadang dandan kadang ada nggak sih mbak tergantung ada make up baru yang mau dicobain apa enggak haha

    ReplyDelete