Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketika Suami Selalu Meremehkan Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Konten [Tampil]
Suami Meremehkan Pekerjaan Ibu Rumah Tangga

Parenting By Rey - Saya sering banget membaca cerita ngenes tentang bagaimana seorang suami yang terkesan meremehkan pekerjaan istri, khususnya jika istri adalah seorang ibu rumah tangga.

Entah dari yang terkesan meremehkan dengan sikap, sampai yang protes dengan kata-kata ringan tapi bikin hati mencelos, seperti protes karena pulang kerja rumah masih kotor dan berantakan, bahkan tampang istri masih awut-awutan dan bau acem, hahaha.

Well, i know dalam Islam khususnya, diperintahkan agar istri berhias untuk menyambut suami yang lelah setelah seharian mencari nafkah di luar.

Namun, sayangnya khususnya kalau sudah punya anak, impian menyambut suami dengan manis segalanya itu amat sangat penuh tantangan untuk dilakukan.

Bukan hanya dengan protes terhadap pekerjaan rumah yang terlihat istri tak memperhatikannya, tapi dalam pikiran suami sendiri, menganggap pekerjaan ibu rumah tangga itu ya nggak kerja atau bukanlah sebuah kerjaan.

Jadi, kalau misal ditanya oleh seseorang, istrinya kerja di mana? dengan sedikit menahan malu suami menjawab, kalau istrinya cuman di rumah, nggak kerja.
Pengen meneriakinya dengan kata waaattttdeeeeeeffff.... nggak sih?

Saya sendiri, belum pernah sih mengalami hal yang ekstrim masalah ini, hanya sesekali saja paksumsum *eh (saya kasih panggilan itu aja deh, hahaha), terkesan meremehkan kerjaan saya as a housewife (pake bahasa Inggris biar makin keren, hahaha), itupun nggak ekstrim ya.

Hanya perasaan saya aja yang terlalu sensitif, ketika saya mengeluh saat berantem, trus paksumsum malah ngasih solusi yang terkesan mengentengkan gitu.

Mungkin saja dalam hatinya dia meremehkan juga sih, i mean sama aja kayak pikiran lelaki lainnya, namun dia takut untuk mengungkapkan, karena dia tahu, berdebat ama istrinya itu sama aja cari masalah besar, hahaha.


Pekerjaan Ibu Rumah Tangga yang Tak Pernah Terlihat Hasilnya


Nah ini dia nih masalah utamanya, mengapa banyak yang meremehkan pekerjaan ibu rumah tangga, salah satu alasan terbesarnya adalah, karena hasilnya tidak terlihat dengan kasat mata gitu, apalagi hasil kerja berupa uang, seperti hasil 'pekerjaan' yang biasa orang sebut itu 'pekerjaan'.

Suami Meremehkan Pekerjaan istri

Selain itu, juga karena faktor keterbiasaan kali ya, misal sejak kecil jarang bahkan bisa dibilang tidak pernah membantu pekerjaan rumah, menganggap kalau semua kerjaan rumah adalah tugas ibu, dan saat mengerjakan pekerjaan rumah ya sama dengan membantu ibu.

Padahal ya, pekerjaan rumah seharusnya bukan tugas ibu, tapi tugas semua anggota keluarga, karena suatu saat yang namanya life skill untuk diri sendiri aja dulu lah, itu sangat dibutuhkan.

Misal, mencuci baju sendiri, membereskan kamar sendiri, menyapu, mengepel, hingga menyetrika baju sendiri, seharusnya itu dikerjakan sendiri sejak kecil, biar tahu kalau kerjaan itu amat sangat berat, hahaha.

Nah, 2 masalah besar itulah yang membentuk pikiran suami hingga kebanyakan masyarakat, bahwa pekerjaan ibu rumah tangga itu bukanlah pekerjaan.

Jadi, bukan hanya sekadar dibilang, 'nggak kerja', tapi juga dipandang remeh oleh banyak orang, bahkan oleh ibu rumah tangga itu sendiri.

Padahal ya, coba deh yang meremehkan pekerjaan ibu rumah tangga itu, mencoba gantikan posisi ibu rumah tangga sehari saja, dijamin bakalan masuk angin dan pegal-pegal hingga minta dikerokin dalam semalam suntuk, hahaha.

Terlebih bagi yang jarang mengerjakan pekerjaan rumah, dan terbiasa kerja kantoran atau kerja apa saja yang menghasilkan uang.
Duh dijamin pekerjaan rumah tangga bikin depresi seketika.

Mengapa?

Karena pekerjaan rumah tangga itu, nggak terlihat hasilnya secara kasat mata.
Apalagi kalau punya anak ya.

Kita beberes, eh hanya 5 menit semuanya berantakan banget, even yang punya mamak segalak saya ya, rumah rapi itu cuman bisa bertahan 10 menitan, biar kata mamak Rey udah pelototin dan sounding dari yang halus sampai yang menggelagar, tetap aja tuh mainan berada di segala penjuru rumah, sprei diberantakin, lantai baru dipel udah penuh debu dan pasir lagi serta remahan kue lagi, mau nangis nggak sih?

Paksumsum saya sih masih beruntung, karena saya termasuk seseorang penggila kerapian, jadi saat paksumsum pulang, tuh rumah masih berbentuk rumah yang lumayan rapi lah, karena mamak Rey menggelagar mulu kalau liat mainan berantakan, hahaha.

Itu baru masalah rumah yang berantakan (seolah nggak pernah dibersihin), belum lagi pekerjaan lain, kayak memasak, nyuci baju, nyetrika baju, nyuapin anak makan yang kadang bikin kesel banget kalau pas GTM.

Para suami yang kerja di kantor, manalah paham hal itu.

Di mata mereka, hal itu nggak pernah terjadi, karena nggak terlihat hasil kasat matanya, atau bisa dibilang, banyak suami yang nggak peka pake pikirannya, bertanya-tanya.

Tuh anak-anak makin gendut menggemaskan karena apa ya?
Itu baju yang kemaren dibuang di sudut kamar, kok bisa kabur ke dalam lemari, udah rapi dan wangi pulak! Itu masakan kok bisa nangkring sendiri di meja makan? dan lain segalanya, hahaha

Karena pekerjaan rumah tangga itu, tidak menghasilkan uang.

Nah ini dia juga masalah besarnya, karena kebanyakan orang beranggapan bahwa, kerja ya menghasilkan uang.
Sementara pekerjaan ibu rumah tangga, malah mengeluarkan uang, hahaha.

Makanya, jangan berumah tangga aja sekalian, jadi nggak mengeluarkan uang, hahaha.


Tips untuk Ibu Rumah Tangga yang selalu Diremehkan Suami


Nah, kesal banget kan, udahlah wajah kita hampir kembaran ama pantat panci, tangan kita udah sehati ama kanebo kering, bau badan kita udah 11 12 sama bau bawang, pinggang udah kayak pakai sabuk 50 kg, eh pakai ditanya,
"Kok belum mandi, rumah juga masih kotor, kamu seharian ngapain aja sih?"
Coba aja paksumsum nanya saya kek gitu, kayaknya dia bakalan mental sampai ke Wakanda, bukan karena saya tendang sih, tapi karena tendangan ucapan saya yang lembut, tapi mementalkan sejauh jutaan KM, wakakaka.

Pekerjaan ibu rumah tangga yang diremehkan suami

Bayangin, ditanya gitu aja saya udah keluar tanduk, gimana kalau paksumsum berani nanya tentang,
"Wajahmu kok makin kusam sih, bodymu juga udah kayak karung beras!"
Waaahhh cari mati beneran dah itu, hahaha.

Eh sebenarnya paksumsum pernah bahkan sering sih nanya hal itu, bahkan 1 jerawat di muka saya aja, dia heran, cuman memang dia nanyanya di kondisi yang tepat, dan saya udah terbiasa dapat pertanyaan begitu dari teman lelaki lainnya sejak dulu, ibarat kata udah kebal, asal tau sikon aja, hahaha.

Kondisi yang tepat itu misalnya, kayak kemaren kami jalan-jalan, pas abis dandan cantik, pas keluar dan keringatan panas-panasan tiba-tiba wajah saya muncul bintik-bintik gitu, dia heboh dah ngomongin wajah saya yang gitu, padahal dia tahu kalau saya alergi matahari.

Palingan saya jawab, makanya jangan biarkan istrinya keringatan dan kena matahari panas dong! hahaha.

Nah, untuk itu, saya ingin berbagi tips a la mami Rey, gimana sih menghadapi suami yang selalu meremehkan pekerjaan istri sebagai ibu rumah tangga?


1. Minta suami gantiin kerjaan istri sehari saja


Ini yang paling sering para istri as a housewife aka ibu rumah tangga lakukan dan pikirkan sih ya.
Meskipun nggak semua ibu rumah tangga beruntung bisa mewujudkannya, karena kebanyakan sih sudahlah para suami itu meremehkan dengan banyak protes, tapi mereka malas ikut ngerjain pekerjaan rumah pula.

Alasannya capek, padahal ya jujur nih ya, bagi saya yang juga pernah kerja di luar, bahkan lembur-lembur sampai pagi bekerja di proyek, kerjaan saya dulu mah nggak ada apa-apanya dibanding kerjaan ibu rumah tangga.

Kalau suami capek, memangnya istri itu apa? bahkan robot aja, kalau gantiin tugas ibu rumah tangga. dijamin rusak dalam 1 hari dah, karena dipaksa kerja mulu, hahaha.

Nah, bagi yang suaminya bisa diakalin buat gantiin kerjaan istri, bisa banget tuh dicoba, obrolin baik-baik, kalau perlu rayu suami untuk mau kasih istri waktu sendiri atau yang biasa disebut 'Me Time' itu.

Lalu, pilih hari libur untuk keluar dari rumah, jalan-jalan sendiri kek, ke salon kek, atau wondow shooping di mall kek.
Nah, anak-anak tinggalin sama ayahnya, siapin makanan aja deh, berbaik hati biar anak-anak nggak kena maag karena kelaparan diurus ayahnya, hahaha.

Tinggalkan berjam-jam, dan setelah kembali jangan lupa tanya kabar suami, dan tanya mengapa rumah masih berantakan? hahaha.


2. Kasih jawaban elegan yang bikin mental


Nah, sejujurnya saya tuh bisa dibilang jarang banget melakukan hal poin pertama di atas, karena saya juga tipe wanita yang nggak suka keluar sendiri, kalau keluar ya selalu kepikiran anak-anak, jadi keluarnya bareng.

Hal yang sering saya lakukan kalau suami protes tentang kerjaan ibu rumah tangga adalah, menjawabnya dengan elegan, tapi bikin mental sampai Wakanda, hahaha.
Makanya ya, paksumsum kapok meremehkan pekerjaan saya as a housewife, hahaha.  

Kayak gimana sih jawabannya?
Misal paksumsum protes dengan rumah berantakan, dan nggak mau tahu dengan kerjaan yang udah kita kerjakan tapi berantakan lagi, ya udah jawab aja.
"Lah, situ udah kerja tiap hari, rajin banget pula, tapi kok gitu-gitu aja?"
Sederhana, tapi bikin lelaki terluka banget, hahaha.
  
Itu belom ketambahan kalau dibanding-bandingkan dengan ibunya, atau siapanya gitu.
Dibalas pulalah dengan dibanding-bandingkan dengan diri sendiri malah, hahaha.

Misal, 
"Ngurus anak 2 aja kok ngeluh capek, ibu saya dulu ngurus 10 anak, biasa aja tuh!"
Santai aja, nggak usah kepancing, cukup jawab.
"Kerja kayak gitu kok, gitu-gitu mulu, nggak pernah menanjak karirnya, saya aja kerja hanya 3 bulan aja udah jadi anak emas bos!"
Wakakakaka.

Dulu, sering banget Paksumsum mental banget dengan jawaban saya kayak gini, sering juga dibalas.
"Ya nggak bisa disamain lah, kamu gitu karena kamu seorang cewek!"
Dijawab lagi sama si Rey,
"Hei, atasan saya tuh nggak melulu laki, atasan wanita juga sayang sama saya!, lagian saya nggak se'murah' wanita lain, untuk bikin atasan saya sayang sama saya, karena gender saya wanita!"
I told you, jangan berdebat dengan wanita, apalagi dengan wanita cerdas, *uhuk, hahaha.

Jadi intinya gitu ya, i know memang terkesan nggak sopan, tapi sesekali para lelaki atau suami itu harus harus mengerti, kalau digitukan itu nggak enak rasanya.

Meski terkesan biasa aja bagi suami menanyakan apa yang kita kerjakan selama di rumah, tapi itu sangat melukai hati seorang istri, apalagi kalau dibandingkan dengan ibunya.
Padahal, kalau suami dibanding-bandingkan dengan ayah sang istri, pasti juga terluka kan ye?

Masih mending mah, saya selalu membandingkan diri sendiri dengan Paksumsum, hahaha.


3. Beri pengertian dengan komunikasi yang baik


Nah ini sebenarnya cara yang paling baik, kalau kesabaran istri di atas rata-rata, hahaha.
Karena nggak ada masalah yang nggak bisa diselesaikan dengan cara komunikasi yang baik.

Begitu juga dengan masalah suami yang terkesan meremehkan pekerjaan istri sebagai ibu rumah tangga.

Caranya, pilih situasi yang kondusif untuk memulai komunikasi, dan fokus pada perasaan sendiri, tanpa sedikitpun menyinggung masalah suami.

Misal,
"Pi, mami mau ngomong, tau nggak mami tuh sedih kalau papi suka nanya tentang kerjaan mami di rumah, kesannya mami nggak ngapa-ngapain di rumah, padahal kerjaan mami juga banyak loh, saking banyaknya sampai mami udah lelah nggak sanggup lagi bersihin ini itu ketika papi pulang"

Dan sebagainya.

Intinya, fokus menceritakan kesedihan kita, lalu memberikan pengertian kalau pekerjaan rumah itu tidak sesederhana yang dibayangkan suami.

Usahakan jangan menyinggung sedikitpun seperti poin nomor 2 di atas, agar hati suami lebih mudah terketuk untuk memahami kegundahan hati istri.

Untuk poin ini, jujur saya nggak pernah lakukan untuk kasus suami meremehkan pekerjaan ibu rumah tangga, karena Paksumsum sekarang memang nggak berani sama sekali menyinggung hal-hal tentang pekerjaan rumah.

Yang ada, kalau dia di rumah, secepat kilat dia mandi, dan ambil alih semua kerjaan rumah.
Karena pada dasarnya Paksumsum memang anak ibu sih ya, di mana dia udah biasa bantuin ibunya sejak dulu, dan mungkin juga dia udah tahu, kalau istrinya bukan semata ngerjakan pekerjaan rumah, tapi juga cari uang dari rumah, sehingga nggak pernah memberatkan Paksumsum dengan kebutuhan pribadi, bahkan sangat membantu dalam ekonomi yang masih ngos-ngosan menanjaknya.


Kesimpulan


Pada dasarnya, suami yang suka protes dan meremehkan pekerjaan istri sebagai ibu rumah tangga itu, biasanya karena faktor kebiasaannya sejak kecil, ditambah dengan lingkungan.
Namun bukan berarti tidak bisa diselesaikan dengan baik.

Suami mengerjakan pekerjaan rumah tangga

Kalau istri memang masih punya stok sabar, sebaiknya sabar dan nunggu situasi kondusif untuk mengkomunikasikan dengan baik, agar suami paham perasaan kecewa istri yang merasa diremehkan.

Namun, kalau suaminya memang agak 'error', sesekali kasih pengertian dengan cara poin 1 atau 2 di atas juga pas banget tuh, hahaha.

Demikianlah, semoga kalau ada lelaki yang berstatus suami, atau yang akan berstatus suami, bisa paham, kalau perasaan seorang wanita itu lembut banget, jadi hal yang kadang suami pikir biasa, seringnya malah menyakiti perasaannya banget.

So, suami, daripada nanya istri di rumah ngapain aja, apalagi sampai meremehkan pekerjaan istri, mending kalian ikutan gih lakukan pekerjaan rumah.  

Hitung-hitung menyenangkan istri juga, dan bikin istri semakin bucin ama suami, yang mungkin juga nggak sempurna-sempurna amat, alias sama nggak sempurnanya.

Begituh...
How about you, Parents?

Sidoarjo, 28 Januari 2022


Sumber: Pengalaman dan opini pribadi
Gambar: canva edit by Rey

4 comments for "Ketika Suami Selalu Meremehkan Pekerjaan Ibu Rumah Tangga"

  1. Saya pernah sampe ngomong ke suami, iya saya tau. Saya begini krn kerjanya gak ngasilin duit kan jadi gak keliatan. Wkwk yah begitulah mbak. Memang kerjaan kita sering dipandang sebelah mata gegara kerjaan kita gak memghasilkan uang. Dan yg bikin hati sy adem tu denger kata katanya ust adi hidayat mbak. Pokoknya bodo amat aku mah sekarang mereka mau ngomong apa. Toh, yg balas bukan mereka tapi Allah. Aku yakin aku bisa berprestasi dan berkarya daru rumah. Karya ku apa? Anak anakku. Liat aja nanti kalo anak anak udah sukses. Emaknya pasti ngikut kok hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget Mba, sebenarnya karya kita itu luar biasa, mengasuh dan mendidik anak, di mana bahkan profesor terhebat di dunia pun tidak semua sanggup melakukannya :)

      Delete
  2. Aku nonton nussa the movie kmren, yg paling bikin aku nangis termehek itu ttg pengorbanan nussa ke jonni. Nussa merelakan eksistensinya demi kesuksesan bersama (sekolahnya) disitu aku mikir. Posisi ibu rumah tangga ya kek gitu rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom nonton dong saya, memang bener , banyak pengorbanan seorang ibu, tapi kalau saya memilih mengubah impian, sekarang impian saya ada anak di dalamnya, dikejar bareng anak, nggak mudah, tapi worth to try, semangat untuk kita para ibu :)

      Delete