Assalamu'alaikum :)

Salam kenal, saya Rey, ibu dari 2 orang putra. Di blog ini bercerita tentang Parenting, Family dan Healthy

Kegiatan si Kecil di Rumah Dan Hikmah Pandemi

Wednesday, December 30, 2020

Kegiatan si Kecil di Rumah

Parenting By Rey - Kegiatan si Kecil di rumah aja selama pandemi ini sungguh banyak, dan tanpa saya sadari hal tersebut belum pernah saya ceritakan secara detail di blog.

Jadi ceritanya, saya sedang menuliskan sebuah sponsored post di blog personal saya, yang mana bakal menjadi tulisan terakhir mengenai parenting di blog tersebut.

Karena selanjutnya, mulai tahun 2021 yang mana kurang beberapa hari lagi, tema Parenting akan dimuat di blog ini, dan tentu saja tetap setiap hari Rabu.

Dari post tersebut, saya jadi punya ide ingin menceritakan kegiatan anak-anak selama di rumah setahunan ini, pas juga selama hampir setahunan ini diserang pandemi yang entah kapan berakhir.


Hikmah di Rumah saja selama Pandemi


Sudah hampir setahunan ya, pandemi menemani hari-hari kita semua, entah kapan berakhir.
Saya harap, semuanya akan berakhir di awal tahun 2021 nanti, dengan diberikannya vaksin secara merata dan gratis kepada semua masyarakat Indonesia.

Sudah banyak yang tak sabar ingin bebas seperti dahulu, bisa bepergian tanpa was-was, bisa menghirup udara bebas, tanpa dikungkung masker setiap saat.

Yup, karena pandemi ini, hampir 95% waktu kami selama setahunan ini, dihabiskan di rumah saja, bertiga saja, yaitu saya, si Kakak dan si Adik.

Terlebih, ketika si Kakak juga harus menjalani Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ, praktis sudah kami bertiga setiap hari bersama sepanjang waktu.

Setiap hari, kadang bosan juga dengan keadaan seperti itu, di mana ketemunya dengan itu-itu saja, mendengarkan keluhan si Kakak saat PJJ tapi sinyal internet terputus-putus, lalu setelahnya mendengarkan jeritan si Adik ketika berantem dengan kakaknya.

Sungguh bosan rasanya.
Kadang saya merasa ingin marah, ingin pergi sejenak tanpa diekorin anak-anak.
Tapi nggak bisa.

Bagaimana bisa saya menyendiri tanpa anak-anak?
Sementara saya mandi saja si Adik bakalan teriak sambil gedor-gedor pintu.
"Mi... Mami.... Mami pain?" (mami ngapain?)
Etdah, mami lagi bobok Dek! hahaha.

Bosan banget nget nget!
Terlebih ketika saya punya kerjaan, tapi tak punya waktu hening.
Mau dikerjain siang kek, malam kek, para krucil selalu setia menemani (baca: ngerecokin! hahaha).

Semuanya menyebalkan, sampai saya menuliskan kegiatan anak-anak tersebut di post blog personal saya, saya jadi tertegun, betapa selama setahunan ini, banyak banget kemajuan si Adik di mana semuanya karena hikmah dari pandemi ini.

Bukan hanya si Adik, bahkan saya dan si Kakak pun sebenarnya mengalami sebuah hal yang menyenangkan dari hikmah pandemi ini, yaitu kami bisa bonding lebih dekat dan sering melalui kegiatan-kegiatan si Kecil selama di rumah saja.

Dari bonding tersebut, menghasilkan banyak hal positif, khususnya buat perkembangan si Adik, karena memang si Adik mengalami beberapa keterlambatan dalam tumbuh kembangnya, salah satunya adalah Speech Delay.


Kegiatan si Kecil di Rumah saja selama Pandemi


Yup, selama pandemi ini, ada banyak hal yang dilakukan anak-anak di rumah saja.
Mulai dari bangun si Kakak bakalan beberes tempat tidurnya dan menyapu, dan si Adik bakalan ikutan ambil kemoceng buat ngelap debu, yang akhir-akhir ini saya ganti dengan lap basah biar debunya nggak masuk ke pernapasan si Adik.

Setelah itu, mereka bakal makan bersama, termasuk saya juga ikutan makan.
Hal yang jarang kami lakukan jika si Kakak masuk sekolah, karena jadwal makan masing-masing berbeda.

Selama pandemi ini, si Kakak di rumah melulu, jadinya makanpun jadi bareng-bareng terus, dan saya jadi teringat masa kecil saya, di mana meski kami bukan keluarga yang seharmonis keluarga lainnya, tapi kedua orang tua saya selalu membiasakan, bahwa makan itu harus bersama-sama.
Agar tercipta kehangatan bersama, dan makananpun bisa dicicipin oleh semua anggota keluarga.

Selain itu, si Kakak bakalan melakukan hobinya yaitu membaca komik.
Dan dasar si Adik yang peniru ulung, melihat kakaknya fokus membaca bukunya, dia lalu ikutan mengambil buku-buku kakaknya dan mulai membuka lembaran demi lembarannya untuk membacanya.

Dan rasanya hati menghangat banget, ketika melihat situasi tenang, dan pas saya intip, keduanya sedang fokus menekuri buku masing-masing.
Di lain waktu, si Adik bakalan mengajak saya membaca bersama, dia bakal menunjukan gambar yang ada di buku, lalu saya menyebutkan nama bendanya dan si Adik bakalan mengikutinya.

Nggak heran, selama tahun ini kemajuan perbendaharaan kosa katanya begitu pesat, Alhamdulillah. 

Selain itu, si Adik juga suka bernyanyi dan berjoget.
Lagu favorit yang sering dia nyanyikan sih hanya sedikit, ada Bintang Kecil, Tik Tik Bunyi Hujan, hingga Ada Kodok, serta ketambahan Twinkle Twinkle dan Cicak Cicak di Dinding.

Jika si Adik sudah menyanyi, seperti biasa dia akan mengajak saya bernyanyi bersama, terutama jika dia bingung liriknya apa lagi, hahaha.

Kegiatan si Kecil di Rumah Dan Hikmah Pandemi

Si Adik juga suka berjoget, hal ini karena si Kakak memang lagi keranjingan musik yang asyik buat goyang-goyang seperti di Tiktok.
Karenanya, akhir-akhir ini hampir seharian kami menyetel radio, dan ketika lagu dengan musik beat asyik dikumandangkan, si adik akan mengajak saya untuk bergoyang-goyang berjoget hahaha.

Intinya, selama setahunan ini, kami lebih banyak menghabiskan waktu bertiga di rumah aja, namun tanpa saya sadari, ada begitu banyak hal positif dan penuh kenangan yang kami lakukan.
Dan saya tak benar-benar menyadari hal itu dong, sampai saya menuliskan post berbayar tersebut, ckckckck.

Anyway, memang ya, tak ada sebuah hal di muka bumi ini yang terjadi tanpa hikmah, termasuk pandemi yang belum terlihat ujungnya ini.
Di satu sisi ada banyak beban berat yang harus kebanyakan orang pikul, termasuk saya.

Namun di balik itu, tak juga berkekurangan hal baik dan positif yang saya maupun anak-anak dapatkan, salah satunya, bonding bersama anak selama setahunan.

Demikianlah.
Kalau Moms lainnya, punya cerita kegiatan apa aja nih, si Kecil di rumah aja, selama masa pandemi ini?
Share yuk :)


Sidoarjo, 30 Desember 2020

#RabuParenting

Sumber : pengalaman pribadi
Gambar : Canva edit by Rey 

Comments