Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Hal Penting Dalam Olahraga Menurunkan Berat Badan

Konten [Tampil]
Olahraga Menurunkan Berat Badan

Parenting By Rey - Siapa nih yang setiap melihat tayangan video tentang olahraga menurunkan berat badan, auto disave dengan niat akan dipraktikan.
Tapi nyatanya cuman bikin penuh memori HP aja, karena nggak pernah bisa dipraktikan juga, hahaha.

Saya termasuk di antaranya, meski bukan berarti jarang olahraga, sesekali bahkan bisa dibilang rutin berolahraga, hanya saja sekarang lebih memperhatikan hal-hal penting dalam olahraga, agar bisa sehat, bukannya malah mati jantungan, hahaha.


Faktor Penyemangat Olahraga Menurunkan Berat Badan


Bermula dari shock melihat nilai yang tertera di timbangan badan, lalu diikuti oleh lutut yang manja dan caper dengan rasa nyerinya.
Saya yang sendirian mengasuh anak-anak, berpikir kalau adalah hal utama untuk tetap sehat dan bugar, maka niat untuk menurunkan berat badan semakin kuat.

Dimulai dari mengatur pola makan, yang jujur sampai sekarang masih on dan off, sampai dengan rutin berolahraga.

6 Hal Penting Dalam Olahraga Menurunkan Berat Badan

Sejujurnya ya, saya termasuk orang yang suka berolahraga, hanya saja saya lebih menyukai olahraga dalam ruangan, karena super risih kalau lagi olahraga di luar dan diliat orang (padahal ya cuman dilihat sekilas aja, hahaha).

Suka olahraga ini lebih terpicu ketika ada tujuannya, yaitu untuk menurunkan berat badan, terlebih tujuan ini, bukan hanya semata untuk kecantikan, di mana saya bete banget kalau mau foto kudu jungkir balik cari angle yang nggak memperlihatkan kebulatan badan, hahaha.

Tapi lebih ke arah untuk kesehatan, karena anak-anak masih butuh saya, khususnya yang bungsu, masih butuh digendong sesekali, sementara mamaknya ini seringnya takut gendong dia, karena lutut auto nyeri setelah gendong si Adik.

Begitulah, ketika dihadapkan kenyataan tersebut, niat untuk olahraga semakin menggebu, demi untuk menurunkan berat badan, dan dapat bonus badan jadi lebih ramping *uhuk.

Daripada berharap dari diet melulu ya, saya juga agak kurang bisa disiplin dalam diet dengan mengatur pola makan, karena yang namanya lihat makanan sayang terbuang, masih ada di benak saya.
Pun juga mental buat diet masih harus dibina, karena saya sering migren kalau kurang makan nasi, hahaha.


Memulai Olahraga Menurunkan Berat Badan yang Ternyata Beresiko Juga


Karena alasan di atas lah, saya akhirnya semakin semangat untuk rutin berolahraga, nggak terlalu ekstrim sih.

6 Hal Penting Dalam Olahraga Menurunkan Berat Badan

Hanya menyempatkan untuk membuang kalori yang terpendam setiap hari, dengan joging kelilling kompleks setiap weekends (Sabtu dan Minggu), atau sekadar muter-muter pinggang di dalam rumah di weekdays dengan alat yang biasa disebut Waist Twisting Gym.

Dasar sayanya yang seringnya berlebihan, nggak cuman joging atau muter-muter sampai setengah jam, yang kalau di kalkulasi sama dengan berjalan hingga 3 KM, tapi juga diteruskan dengan mengikuti gerakan fitnes ringan dari aplikasi Woman Fitness.

Asyik sih ya, keringat rasanya membanjiri dengan deras.
Apalagi kalau pas olahraga, si Kakak udah berangkat sekolah, dan si Adik masih tidur, rasanya puas banget tuh menikmati keringat yang keluar dari sekujur tubuh.

Namun sayangnya, hal tersebut tidak berlangsung lama, sekitar semingguan rutin olahraga dengan intensitas yang kadang lumayan berlebih itu, akhirnya saya tepar juga, dimulai dari setelah olahraga saya hampir pingsan.

Jantung saya terasa berdetak aneh.
Saya jadi teringat peristiwa bapak saya yang meninggal tahun lalu.

Meski bapak memang sudah sakit selama 5 bulanan, tapi penyebab meninggalnya sebenarnya karena jantungnya terlalu bekerja keras, sementara jantungnya lemah karena udah berbulan-bulan nggak bisa makan sama sekali, dan tidurpun tidak bisa nyenyak.

Sampai akhirnya bapak mendapatkan tanda-tanda kepergiannya, bapak begitu takut menghadapinya, membuat dia gelisah berjalan ke sana ke mari, jantungnya berpacu lebih cepat dari biasanya, dan akhirnya hal itu jadi penyebab jantungnya berhenti berpacu, huhuhu.

Saya nggak mau dong seperti itu, terlebih anak-anak nggak ada yang liat di rumah.
Dan mulai saat itu, saya bertekad harus lebih realistis dalam melakukan semua hal, even itu hal yang baik seperti berolahraga untuk menurunkan berat badan.


6 Hal Penting yang Harus Diperhatikan dalam Olahraga Menurunkan Berat Badan


Usut punya usut, jantung saya jadi nggak karuan itu, karena saya terlalu mengforsir kinerjanya, tanpa melihat kondisinya.

6 Hal Penting Dalam Olahraga Menurunkan Berat Badan

Bagaimana mungkin saya seenaknya mengajak jantung berpacu cepat, sementara dia tak cukup dalam beristrahat.
Iya, saya kurang tidur sodara, gitu kok berani banget saya olahraga, hahaha.

Dan itulah pentingnya kita harus lebih memperhatikan 6 hal penting dalam melakukan olahraga menurunkan berat badan, seperti:


1. Pastikan sebelumnya telah cukup beristrahat / tidur


Jangan langsung asal tancap gas membakar lemak seperti si Rey ya Parents!
Penting banget untuk menyiapkan kondisi tubuh yang fit sebelum berolahraga, terutama telah cukup beristrahat atau tidur, agar jantung tidak kaget saat diajak berpacu kencang melalui gerakan yang tiba-tiba dalam olahraga.

Jadi gitulah, complicated-nya hidup si Rey, semacam waktunya tuh nggak cukup, atau memang si Rey nya sendiri yang terlalu ambisi, hahaha.
Etapi olahraga menurunkan berat badan buat saya juga penting kan? biar lutut nggak sakit, hehehe.

Oh ya, ini juga termasuk dengan memastikan kondisi medis masing-masing ya, kenali dulu kondisinya, jangan sampai punya penyakit bawaan, eh asal main tancap gas aja, berat badan turun kagak, meninggoy iya, hiks.


2. Pastikan memulai dengan pemanasan dahulu


Pemanasan dalam olahraga itu penting banget, untuk kesehatan jantung dan juga otot.
Bayangin aja, si jantung yang masih santai, tiba-tiba dipacu kencang, apa nggak kaget tuh.

Sama juga dengan otot, dia masih santai dan kaku, eh dihentakan dengan tiba-tiba, yang ada keseleo dan itu malah bikin nambah penyakit baru, hahaha.

That's why saya memilih olahraga jogging duluan sebenarnya, biasanya dimulai dengan jalan santai sambil stretching ringan.


3. Sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh


Jangan lebay kayak si Rey ya, udahlah semalam tidur cuman 2 jam, eh paginya joging 4 KM ditambah dengan fitnes ringan 20 menit, di mana gerakannya luar biasa menguras energi.
Masih hidup aja, udah syukur si Rey ini, hahaha.

Sama juga dengan olahraga angkat beban, biasanya cuman sanggup angkat beban 15 kg, eh ngotot angkat beban 20 kg, yang ada pinggang kecetit entar, hahaha.

Intinya, sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi tubuh, lagian olahraga yang baik itu kan yang penting konsisten bergerak, bukannya mager sebulan, angkat beban 50 kg sejam, hahaha.


4. Lakukan olahraga bertahap


Melakukan latihan olahraga secara bertahap juga penting banget loh Parents, agar jantung lebihsehat dan hasil olahraga lebih terlihat.

Kalau saya biasanya pakai aplikasi khusus gerakan fitnes gitu, jadi saya ikutin gerakan-gerakan yang disarankan, dan memang gerakannya bertahap gitu.

Mulai dari yang ringan, sampai yang intinya alias yang bikin ngos-ngosan, sampai akhirnya stretching pendinginan.


5. Perhatikan asupan air agar tidak dehidrasi


Selalu menyiapkan air minum agar bisa diminum ketika rasa haus menyerang, namun jangan minum dengan kalap, sampai sebotol habis dalam sekejap.

Pengalaman saya, perut jadi terasa nggak nyaman, ketika harus olahraga dengan perut terlampau penuh air, hahaha.


6. Pakai pakaian olahraga yang tepat


Menggunakan pakaian olahraga yang tepat juga penting banget, agar nggak mengganggu gerakan olahraga, serta bikin semangat bergerak.

Nggak perlu pakai baju olahraga branded sih, kecuali memang udah punya, hahaha.
Yang jelas jangan pakai daster kayak si Rey deh.

Jadi, saya tuh pernah, saking malasnya ganti baju, saya olahraga ringan pakai pakaian seadannya, kebetulan juga lagi pakai daster, ya udah pakai itu aja.
Yang ada, paha saya jadi lecet gegara muter-muter di  Waist Twisting Gym, hahaha.

Jadi, usahakan pakai celana ya, kalau ada sih celana yang nyaman dan menyerap keringat, demikian juga atasannya, terlebih kalau punya kulit sensitif kayak saya, kena keringat dikit bercampur pakaian kurang nyaman, yang ada saya nggak konsen olahraga, karena sibuk garuk-garuk gatal, hahaha.


Kesimpulan


Olahraga menurunkan berat badan memang asyik dan penting dilakukan, karena selain lebih sehat, bisa juga mendapatkan bonus tubuh lebih singset tanpa lemak pula.

Namun, bukan berarti hanya asal bergerak saja, harus bisa memperhatikan hal-hal penting yang harus dicermati sebelum melakukan olahraga untuk menurunkan berat badan.

Kalau Parents, ada yang suka olahraga juga nggak?

Sidoarjo, 03 Februari 2022


Sumber: pengalaman pribadi
Gambar: Canva edit by Rey

4 comments for "6 Hal Penting Dalam Olahraga Menurunkan Berat Badan"

  1. Kok pas banget, Mbak Rey. Aku juga lagi program penurunan berat badan, nih. Alhamdulillah, 3 bulan turun 6 kilo. Pelan sih, gak yang secepat dietnya Tya Ariestya. Tapi aku benar-benar menikmati karena badan terasa lebih sehat dan lebih kuat 💪🏽. Selain itu mood juga berasa lebih baik, lebih mudah merasa bahagia. 😇

    Kalau aku untuk olahraga lebih memilih latihan beban, Mbak. Bebannya pakai berat badan sendiri tapi, bukan yang di gym soalnya sayang duitnya. Wkwkwk 🤣. Dan yang aku suka dari latihan beban ini adalah gak perlu waktu lama. Sehari 20-30 menit aja udah cukup (bisa dibagi-bagi, tiap selesai shalat latihan 5 menit biar gak berasa lama 😬). Itu pun pembakaran lemaknya bisa terus berlangsung sampai beberapa jam setelah latihan. 😍

    Terus kalau diet, aku gak pakai yang neko-neko. Cukup kurangi karbo, banyakin sayur dan protein. Protein ini aku butuh lumayan banyak, soalnya sekalian buat bangun otot. Makanya berat badan turunnya pelan, karena emang masa lemak berkurang tapi masa otot bertambah 🙈. Tapi serius, hasilnya memuaskan. Badan jadi jauh lebih singset gitu. 😬

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya ya, kalau lebih santai tapi konsisten itu jauh lebih baik, jadinya kita lakukan dengan mindful, lebih nggak terasa kayak beban.

      Diriku pengen turunin BB biar sehat sih, serius, BB banyak tuh nggak nyaman dan banyak penyakit

      Delete
  2. Akuuu akuuu itu yg cuma ngesave terus disimpan kapan2 aja hahah. Tapi aku setuju deh soal pake baju olahraga yang nyaman, penting itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah, di save aja, trus tenggelam di album :D
      Iya, pakaian nyaman penting banget :D

      Delete